cerita mbun

Tips Memilih Pakaian Lebaran untuk Anak Laki-laki

5 komentar

Tips memilih pakaian lebaran untuk anak


Lebaran sebentar lagi, THR sudah cair belum nih buibu? Kalau sudah cair biasanya langsung membeli perlengkapan buat lebaran nanti ya termasuk membeli pakaian baru untuk anak.

Lebaran tidak harus wajib menggunakan pakaian baru ya, gunakanlah pakaian terbaik kita. Lagian siapa ya yang mencetuskan pertama kali lebaran harus pakai baju baru? Haha.

Kalaupun Bunda ingin membelikan baju baru untuk anak ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips memilih pakaian lebaran untuk anak laki-laki.

1. Pilih yang Berbahan Nyaman

Anak kecil apalagi anak laki-laki energinya besar seperti tidak pernah ada habisnya ya. Bertemu banyak sanak saudara saat lebaran membuatnya semakin aktif berlarian kesana kemari bertemu dengan teman sebaya membuatnya ingin selalu bermain.

Pilih bahan yang nyaman bagi anak agar anak tetap nyaman meski seharian beraktivitas. Bahan baju yang nyaman tidak akan membuat keringat berlebih di badan. Anak tidak akan merasa kegerahan saat harus bermain karena bahannya yang dapat menyerap keringat. 

Kalau anak tetap merasa nyaman, anak tidak mudah tantrum. Kalau tidak tantrum, silaturahmi pun jadi aman terkendali ya Bun, hehe. Sebelumnya aku sudah pernah menulis rekomendasi baju bayi yang nyaman dan murah

2. Sesuaikan Ukuran dengan Badan Anak

Tips memilih pakaian lebaran untuk anak laki-laki selanjutnya adalah sesuaikan baju dengan tubuh anak. Ini yang sering kebanyakan orang tua lakukan adalah mem,lilih ukuran baju yang agak besar katanya biar tetap terpakai sampai besar. Biar awet, kepakai lama.

Bunda, coba rubah mind set-nya kalau kita beli baju itu untuk digunakan hari ini, bukan untuk nanti. Khawatir baju akan kelonggaran dan anak semakin tidak nyaman.

Dulu mama sering banget belikan baju yang ukurannya lebih besar saat aku kecil, nyatanya tetap saja tidak bisa terpakai lama dan aku tidak nyaman menggunakannya. Jadi yang terpenting ukurannya pas dengan badan anak, tidak longgar dan ketat.

Makanya aku sesuaikan ukuran dengan anak, kalaupun mau agak besar hanya nambah 1 cm, dan kalau misalkan belanja online yang datang ternyata kebesaran, aku lebih baik memotongnya lagi di tukang jahit. Baju yang pas di badan anak membuat anak leluasa bermain. 

3. Pilih Warna yang Cerah

Bagi yang anaknya berkulit gelap kaya Aqlan, pilihlah warna terang. Pemilihan warna terang bagi anak membuatnya terlihat lebih ceria dan ekspresif. Kalau warna gelap lagi, jadinya nggak kelihatan, hehe.

Warna-warna terang seperti biru, putih, kuning atau sage bisa menjadi pilihan warna terang yang tetap lucu dipakai anak laki-laki. Warna pastel juga masih bagus kok dan terlihat cerah dipakai anak.

4. Pilih Motif yang Bisa Dipadupadankan

Memilih pakaian lebaran anak laki-laki yang bisa dipadupadankan. Meskipun membeli baju koko sekalipun masih bisa loh kita mix and match untuk bepergian atau sehari-hari di rumah.
Memilih pakaian lebaran untuk anak
Sudah 3 kali beli baju koko saat lebaran, bajunya masih bisa di mix and match dengan baju atau celana yang lain di hari-hari biasa atau untuk pergi jalan-jalan setelah lebaran.

Mungkin karena baju koko laki-laki simple ya, jadinya mudah untuk dipadupadankan. Celana kokonya bisa dipadupadankan dengan kemeja lain, begitu juga dengan bajunya bisa dipasangkan dengan celana jeans atau bahan..

5. Ajak Anak untuk Memilih Baju

Jangan lupa selalu libatkan anak dalam membeli keperluannya. Aku selalu tanya, "Aqlan mau beli baju apa?" Atau "Baju ini mau nggak?"

Kalau senang warna dan motifnya biasanya dia lebih antusias. Seperti biasa dia akan memilih baju dinosaurus atau mobil beko. 

Selain baju, hal sama yang aku lakukan kalau beli skincare Aqlan. "Aqlan parfume-nya ganti ya, yang ini mau nggak?" 

Mengajaknya berdiskusi dalam memilih pakaian lebaran, membantunya untuk membentuk karakter pemimpin pada anak. Jadi ayah bunda tidak perlu ragu untuk bertanya pada anak dan jangan paksakan pilihan kita juga ya.

6.  Modelnya Simple

Memilih pakaian lebaran untuk anak sebaiknya yang model dan motifnya simple tidak terlalu banyak atribut yang menyulitkan anak untuk beraktivitas. 

Tidak seperti baju perempuan, pakaian laki-laki memang lebih simple dibanding perempuan. Paling hanya kemeja dan kaos. 

7. Pilih Setelan Koko  

Biar bisa dipadupadankan dengan baju yang lain, tips memilih pakaian lebaran untuk anak laki-laki pilih setelan koko. Setelan koko baju dan celana biasanya lebih murah dibandingkan dengan baju kokonya saja.

Tidak perlu lagi mencari celana untuk baju koko karena sudah sepasang. Celananya jadi bisa dipadupadankan. Kembali sesuai selera ya, aku pernah juga beli baju kokonya saja karena beli sarimbit satu keluarga.

Untuk laki-laki tidak ada celananya, jadi harus beli lagi untuk celana. Semenjak itu aku lebih suka beli baju setelan koko agar tidak usah mencari celana lagi dan lebih hemat, hehe. 

8. Manfaatkan Diskon dan Gratis Ongkir

Jika ayah bunda membeli pakaian lebaran melalui online, jangan lupa manfaatkan diskon dan gratis ongkir. Ini sih semuanya juga suka ya, malah nyari yang gratis ongkir, wkwkwk.

Belanja sesuai kebutuhan ya, jangan sampai kalap apalagi terkena Compulsive Shopping Disorder

Kesimpulan

Hal terpenting dalam tips memilih pakaian lebaran untuk anak laki-laki adalah kenyaman dan keamanannya. Meskipun motifnya bagus dan warnanya lucu tapi tidak nyaman digunakan untuk anak buat apa? Anak akan malah jadi rewel seharian lebaran.

Tidak usah memaksakan belanja jika tidak ada budget-nya. Sesuaikan membeli pakaian lebaran yang sesuai dengan budget ya!


Related Posts

5 komentar

  1. ga kerasa tinggal beberapa hari lagi ya lebaran. wah ini tipsnya bagus sekali mbak, cocok pas mau cari baju lebaran untuk anak-anak

    BalasHapus
  2. Anak lakiku rekues jins mbak, sudah ga mau baju koko, koleksinya sudah ada beberapa yang baju kok ini, dan sudah ga mau dipilihkan, pilih sendiri model dan warnanya

    BalasHapus
  3. Pilih pakaian lebaran cowok lebih mudah ketimbang cewek ya, karena model tidak terlalu banyak juga. Selain itu, warnanya mudah dipadu padankan dengan berbagai jenis celana.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah dua anak laki-laki sudah tertunaikan untuk baju lebarannya. Gampang-gampang susah ternyata memilih baju untuk mereka ini. Jalan akhirnya, ta suruh mereka saja untuk belajar memilih dan menentukan sesuai keinginan mereka. Ternyata simple juga maunya mereka ini, ga terlalu neko-neko juga motifnya, yang penting nyaman

    BalasHapus
  5. Anak laki pakai setelan koko kebayang ganteng yah. Apalagi kalau kembaran sama Ayah. Plus peci yang sesuai. Yang penting nyaman dan engga bikin gerah yah. Keren deh, silaturahmi ke keluarga besar.

    BalasHapus

Posting Komentar