cerita mbun

Kue Khas Lebaran. Mana Favoritmu?

10 komentar
Kue lebaran tradisional sunda

Ramai di media sosial dalam sebuah video yang menunjukkan pembuatan kue bagi orang yang mager dan suka rebahan. Kue coklat dalam bentuk kemasan dipotong dan dimasukkan ke dalam toples. Tidak butuh waktu yang lama, jadilah kue lebaran, haha.

Ada-ada saja ide kreatifnya. Apa akan tahan lama ya kalau dimasukkan ke dalam toples gitu? Bukannya lebih bagus emang udah dalam kemasan aslinya? Hihi tapi boleh juga sih dicoba ide kreatif kue khas lebaran 2024.

10 hari menjelang Ramadan, kita sudah sibuk menyiapkan kue buat lebaran. Kue yang manis atau gurih. Modern dan tradisional. Kalian tim mana nih, beli atau buat sendiri?

Macam-macam Kue Khas Lebaran 2024

Meski bahan dan cara membuatnya sama, terkadang ada rasa berbeda saat menikmatinya. Kenapa ya kue khas lebaran ini semakin enak kalau dimakan saat hari raya? Kalau dimakan saat hari biasa malah rasanya biasa saja.

Bagi penjual kue khas lebaran juga menjadi keuntungan dan keberkahan setiap tahun. Banyak yang mencari kue khas lebaran baik dikonsumsi sendiri maupun dijadikan hampers bagi kerabat dan rekan-rekan.

1. Kue Nastar

Kue nastar lebaran
Sumber: Canva
Kue Natar masih menjadi primadona kue khas lebaran 2024. Masih banyak yang mencari kue nastar karena rasanya yang lembut, manis dan gurih jadi satu. 

Kue yang berbahan dasar tepung terigu dan butter ini yang paling banyak dicari. Aku sendiri pernah menjual kue nastar bersama temanku. Alhamdulillah ikut merasakan keberkahan dengan penjualan yang lumayan.

Siapa yang tak suka kue nastar? Rasanya yang gurih di luar dan manis degan selai nanasnya membuat lebaran kamu menjadi semakin meriah.

2. Kue Kastangel

Kue kastengel lebaran
Sumber: Canva
Kue dengan parutan keju diatasnya juga sangat lezat dinikmati saat hari raya. Rasa keju yang dipannggang di atas kue khas banget bikin nagih saat lebaran tiba.

Aku juga suka kue kastengel nih, rasanya yang gurih cocok disuguhkan saat ada tamu yang ke rumah. Aku suka bentuknya yang tidak terlalu panjang dan pendek. Jadi terlihat cantik di dalam toples.  

3. Kue Putri Salju

Kue putri salju
Sumber: Canva
Butiran gula putih diatasnya menambah lembut kue putri salju saat dimakan. Dinamakan kue putri salju karena dengan serbuk gula yang serba putih seolah seperti salju.

Bentuknya menyerupai bulan mudah untuk digenggam dimasukkan ke mulut. 

4. Cookies Coklat

Kue cookies coklat
Sumber: Canva
Kue khas lebaran identik dengan kue kering. Kue yang lainnya berbahan coklat. Agar tidak bosen dengan varian keju, coookies coklat bisa jadi pilihan membuat kue khas lebaran menambah menu kue.

Dengan taburan choco chips di atasnya membuat cookies coklat terlihat sangat lezat. Anak-anak biasanya menyukai cookies coklat ini. Daripada beli dapat sedikit, mending bikin yuk dan ajak anak untuk membuatnya.

5. Kue Semprit

Kue semprit lebaran
Sumber: Canva
Mirip kue sagu bentuknya dan mirip kue nastar rasanya, kue semprit juga banyak dibuat untuk lebaran. 

Dibuat dengan adonan yang dikerucutkan, membuat variasi bentuk kue semprit ini terlihat indah. Di atasnya diberi 1 buah choco chips.

6. Kembang Goyang

Kue kembang goyang
Sumber: Canva
Bukan hanya kue khas lebaran yang umum dicari, namun kue khas tradisional Sunda juga banyak dicari saat menjelang Ramadan.

Di daerah tempat tinggalku banyak yang menjual kue khas lebaran jika sudah kelewat setengah bulan puasa.

Aku sih tim beli dan memesannya untuk dibawakan nanti ketika lebaran sudah dekat. Turut memajukan UMKM juga kan? Wkwkwk.
Bukan hanya 

Kembang goyang yang cara buatnya adonan digoyang-goyang saat sudah masuk ke dalam minyak panas. Dengan bentuk berlubang-lubang mempunya rasa manis yang khas. Manisnya tidak terlalu manis dan tidak gurih.

7. Kue Ali atau Cincin

Kue Ali atau kue cincin
Sumber: Canva
Dalam bahasa Sunda disebut kue Ali karena bentuknya yang seperti cincin bulat melingkar. Sekilas mirip donat namun ini lebih kecil dan dibuat dengan gula merah.

Saat ada yang jual kue khas lebaran ini di depan rumah Aqlan langsung bilang, "mau donat Mbun" katanya sambil nunjuk kue Ali, wkwkwk.

8. Akar Kelapa

Kue akar kelapa
Sumber: Canva
Masih dengan kue tradisional. Ada yang suka akar kelapa? Jika yang punya keluhan sakit gigi sebaiknya menghindari dulu kue akar kelapa ini.

Pasalnya kue akar kelapa ini agak keras mirip biji Ketapang. Namun ada juga yang dibuat tidak keras dan tetap renyah. Hati-hati aja jika memakan akar kelapa yang keras. 

Aqlan juga suka banget kue akar kelapa nih. Kayanya Aqlan ini memang pecinta kue khas lebaran versi tradisional ya, hehe.

9. Biji Ketapang

Kue biji Ketapang
Sumber: Canva
Biji Ketapang rasanya enak, manis dan gurih. Cocok banget untuk menemani liburan lebaran di rumah. Kalau sudah ngemil biji ketapang itu nggak kerasa tahu-tahu udah habis aja.

Aku juga lebih suka versi biji Ketapang yang tidak keras. Kalau terlalu keras malah sakit kena gigi. 

10. Kue Bawang

Kue stik lebaran
Sumber: Canva
Kue bawang atau biasa juga disebut stik jadi andalan Mama banget kalau di rumah suka buat kue ini. Biasanya aku yang bagian motongnya.

Bentuknya panjang mirip stik, makanya disebut kue stik. Cocok dimakan dengan bakso atau mie instan. Enak banget ini yang paling aku favoritkan versi gurihnya, hehe.

Related Posts

10 komentar

  1. Aku tim yang mager mau bikin-bikin ginian, seriusannn. Mending aku pesen aja ke temen, menyukseskan UMKM hahaa. Kalau kue khas lebaran yang wajib ada di meja rumah pastinya nastar, kastangel, putri salju, sama sagu keju. Kembang Goyang juga masih susah susah gampang, ngga tiap rumah menyuguhkan, jadi hidden gem banget kalo nemu!

    BalasHapus
  2. Paling disuka nastar, karena pas dikunyah lembut, pas di lidah terasa banget selainya. Saya sih, istri bikin sendiri di rumah. Sambil jualan soalnya.hehe

    BalasHapus
  3. Kalau ngomongin kue lebaran, jelas ke-3 teratas yang jadi favorit akohhhh. Nastar, Kastangel dan Putri salju. Gak tahu, kalau menurutku, ketiganya tuh enak banget. Apalagi kalau nastar yang ada cengkehnya itu kak hehe

    BalasHapus
  4. Saya suka cookies apalagi yang cokelat. Suka kembang goyang karena nostalgia masa kecil. Terakhir kue bawang karena suka yang gurih-gurih. Kalau yang lain. Saya kurang suka. Hehehe.

    BalasHapus
  5. Nastar dan kastengel ini favoritku banget. Walau nggak merayakan, tapi tiap hari lebaran datang ke tetangga.pasti suguhannya dua kue ini.

    BalasHapus
  6. Waduh, kayaknya favorit saya nggak ada di atas. Kalau berkunjung ke rumah orang saat lebaran, aku paling suka berburu Rengginang, hehe...Suka banget deh pokoknya.

    BalasHapus
  7. Aku paling doyan nastar. Rasanya emang kudu ada nastar di rumah saat lebaran. Terus kastangel, putri salju sama kue bawang. Duh, kerasa banget nikmatnya.

    BalasHapus
  8. Nomor 7, di Bandung disebutnya ali agrem. Waktu KKN di kawasan Cicalengka, aku ditandain sama orang-orang kampung karena suka banget ngemil kue satu itu. Sampe diajak nginep di rumah pembuat kuenya untuk lihat langsung proses pembuatannya :))

    BalasHapus
  9. Kalo aku sih yang paling oke si putri salju ini dan insyaAllah ngga bosen2 hehehe.. kalo yang lain murni buat suguhan tamu ajaa >.< justru aku jarang banget makannya

    BalasHapus
  10. Favorit saya di sini ada banyak kak. Dari mulai nastar, kastengel, biji ketapang, kue bawang ... itu semuanya saya suka banget. Karena gak terlalu manis. Nastar sama kue bawang terfavorit karena gak pernah bikin bosen

    BalasHapus

Posting Komentar