cerita mbun

5 Etos Kerja Hotelier di drama King The Land

18 komentar

 

Drama Korea King the land

Seperti biasa aku tahu drama yang seru King The Land dari suami, wkwk. Tapi, tumben banget nih dia nonton drama romantis gini, biasanya lebih tertarik sama drama bertema hukum atau politik.

Ternyata ada Im Yoon-ah (SNSD) pemeran drama King The Land sebagai Cheon Sa-rang. Disini, Yoon-ah beradu akting bersama Lee Jun Ho member 2PM sebagai Gu Won. Akting mereka bangus banget, Yoona tuh emang cocok dipasangkan sama siapa aja ya, tapi sejuah ini aku sangat suka Yoona sama Lee Jun Ho.

Meski banyak yang bilang ini termasuk drama romantis biasa yang menceritakan kisah antara si kaya dan si miskin, tapi menurutku drama King The Land beda dari drama romantis kebanyakan. Tidak melulu soal romance, namun drama ini juga bernuansa komedi dan mengisahkan tentang etos kerja sebagai Hotelier.

Sinopsis King The Land

King The Land tayang pada 17 Juni 2023 setiap hari Sabtu dan Minggu di JTBC. Drama romance 16 episode ini disutradarai oleh Im Hyun-wook dan ditulis oleh Choi Rom. 


King The Land menceritakan seorang Chaebol yang kaya dan ganteng bernama Gu Won. Gu Won bersaing dengan kakaknya untuk memiliki Hotel yang bernama The King. Katanya sih, hotel The King ini beneran ada loh di Korea. Penasaran, aku pun mengetik di Google hotel The King, dan ternyata memang beneran ada hotelnya bernama sama.

Tidak hanya menceritakan kisah cinta Sa-rang dan Gu Won, tetapi juga menceritakan 2 sahabatnya yang kerja di grup yang sama namun beda profesi. Sama seperti Sa-rang, mereka juga memiliki etos kerja yang baik hingga layak mendapatkan posisi yang bagus.

Ada kisah cinta Go Won-hee sebagai Oh Pyung-hwa dan Kim Jae-woon sebagai Lee Roo-woon yang tak kalah manisnya yang sama-sama berprofesi pramugari, serta Kim Ga-eun sebagai Kang Da-eul sebagai manager toko di sebuah mall yang juga milik The King. Kebayang ya kaya rayanya seperti apa? Di semua bidang ada loh, hehe.

Senangnya punya persahabatan seperti mereka yang saling support masalah pekerjaan dan selalu ada disaat mereka saling membutuhkan satu sama lain. Kang Da-eul meski sudah menikah dan punya anak, masih menjaga persahabatannya. Ada sisi parenting juga yang bisa dilihat dari kisahnya Kang Da-eul, bahwa suami istri sebaiknya bersikap saling terbuka apa pun yang terjadi.

Kembali ke Gu Won, karena punya masa lalu yang tidak menyenangkan di masa kecil membuat dirinya menjadi pendiam dan jarang senyum bahkan sampai membenci orang yang senyum karena menurutnya senyum orang lain itu palsu. 

Berbanding terbalik dengan Sa-rang, yang dibesarkan oleh neneknya, meski hidup sederhana namun Sa-rang menyukai senyum. Berbicara senyum ini aku jadi ingat Woo Yong Woo yang suka senyum sama siapa aja, termasuk ketika dia sedang sidang di pengadilan. 

Cheon Sa-rang dan Gu-won
Sumber: Instagram @yoona_lim

Dari kecil Sa-rang sudah bercita-cita menjadi Hotelier. Pantas saja Sa-rang bisa mencapai karir terbaiknya ya. Menjadi Hotelier yang dituntut harus selalu senyum, membuat Gu Won membenci Sa-rang, padahal meski pekerjaan Sa-rang tetap melakukannya dengan tulus. Bukan senyum palsu seperti yang Gu Won pikir.

Yaaa, namanya juga satu kantor ya dan sering dilibatkan dengan pekerjaan, akhirnya benih-benih cinta itu mulai tumbuh. Tapi, Gu Won masih gengsi aja mengungkapkan perasaannya. Ahh dasar cowok malu-malu mau!

Perjalanan kisah cinta mereka ini yang lucu dan romantis banget. Gu Won yang nggak pernah senyum jadi senyum terus semenjak kenal Sa-rang. Gemes banget kalau lihat mereka senyum, saltingnya nyampe sini, hehe.

King The Land bukan hanya menceritakan kisah romantisnya aja, tapi juga bagaimana akhirnya Sa-rang bisa mewujudkan cita-cita yang sebenarnya. Oh iya, sebelum sama Gu Won, Sa-rang sempat pacaran sama Coi Te-hwan sebagai Seo Chung-jae yang selalu sibuk sama dunianya.

Kalau suami melihat dari segi politik bagaimana cara mengelola hotel, kalau aku lebih melihat bagaimana Sa-rang bekerja. Aku seperti melihat aku saat bekerja di sebuah perusahaan dulu. Sa-rang adalah kita semua yang melalui kerasnya kehidupan melalui dunia pekerjaan. Tapi, masih ada loh orang seperti Sa-rang gini yang enjoy banget sama pekerjaannya.

Kalau semua orang kerja tulus kaya Sa-rang, yakin deh perusahaan pasti bakal maju. Etos kerja seorang Hotelier seperti Sa-rang wajib banget kita terapkan di dunia kerja nih. 


5 Etos Kerja Sa-rang di Hotel King


Baru tahu istilahnya profesi Sa-rang adalah Hotelier. Aku kira istilahnya sama saja staff atau karyawan hotel biasa. Kebanyakan memang banyak yang menganggap hotelier itu semua orang yang bekerja di hotel. Seperti di King The Land di subtitle-nya menjelaskan kalau Sa-rang seorang Hotelier.

Padahal Hotelier sendiri adalah orang yang bertanggung jawab terhadap operasional hotel, seperti manager. Pokoknya jabatan manager ke atas. Sedangkan disini Sa-rang bukan manager, hanya staff biasa.

Tapi, ya gapapa kita masih bisa belajar dari sa-rang bagaimana etos kerja yang baik jika kerja di hotel atau di mana pun. Etos Kerja Hotelier yang ditampilkan Sa-rang di King The Land adalah etos kerja yang pada umumnya diterapkan oleh karyawan dimana pun ia bekerja.

Hotel The King Korea
Sumber: Instagram @yoona_lim

Apa sih etos kerja? Dilansir dari Gramedia.com, Etos Kerja merupakan cerminan produktivitas, semangat serta kedisiplinan dalam diri. Untuk mencapai karir yang tinggi, tentunya harus mempunya etos kerja yang tinggi. Secara tidak langsung etos kerja ini cerminan dalam diri kita.

Memiliki etos kerja sangatlah penting di dunia pekerjaan. Orang lain akan lebih menghargai kita dan mengapresiasi kinerja kita. Terlebih bisa jadi motivasi kerja bagi orang lain. Menerapkan etos kerja sehari-hari bisa membuat karir kamu semakin cemerlang seperti Sa-rang, yang tadinya ia dipandang sebelah mata, dengan etos kerjanya Sa-rang dilihat begitu penting bagi orang lain.

Sebagai Blogger, etos kerja dan etika Blogger terhadap klien juga perlu dijaga. Meski kita tidak berhubungan langsung dengan publik, tetapi etos kerja dan etikanya perlu diperhatikan melalui tulisan kita agar pembaca bisa menikmati tulisan kita.

Nonton King The Land, yang pertama aku notice adalah cara Sa-rang menghadapi dunia kerja yang mengingatkan aku ketika bekerja di sebuah perusahaan. Berikut etos kerja Sa-rang dalam drama King The Land yang perlu kamu tiru.

1. Senyum yang Tulus

Dengan slogan hotel The King yaitu "Hermes" para staff dituntut untuk selalu senyum. Termasuk Sa-rang yang selalu mengingatnya saat interview untuk selalu bersikap "Hermes" sambil memeragakan senyum manisnya.

Kata Hermes jadi candaan aku dan suami kalau aku lagi ngambek wkwkwk. Sa-rang mengingatkan kita semua untuk selalu senyum dalam kondisi apapun.

2. Melayani Sepenuh Hati

Bukan hanya slogan yang sering kita dengar, tapi Sa-rang beneran melakukan etos kerja dengan baik. Sa-rang menyambut tamu layaknya raja. Sehingga tamu yang datang ke hotel The King menjadi puas karena pelayanan dari Sa-rang.

Tidak heran kalau Sa-rang dapat bintang tiga di hotelnya dan menjadi pegawai terbaik berturut-turut. Prestasi yang luar biasa di tempat kerja bukan?

3. Inisiatif

Sa-rang melakukan aturan hotel dengan baik. Ketika tamu hotel butuh bantuan, dia dengan sigap inisiatif membantunya karena dia tidak ingin tamu kecewa.

Sa-rang inisiatif untuk mencatat hal apa saja yang ia ketahui dan pelajari. Jadi, ketika dibutuhkan oleh tamu, catatan itu akan bermanfaat. Sa-rang adalah contoh orang yang bekerja tapi mau belajar

4. Bekerja dengan Tim

Meski dihadapkan dengan rekan yang iri, tapi Sa-rang tetap berbuat baik dan profesional. Itulah yang membuatnya diakui oleh rekan kerjanya karena kemampuannya. Bukan karena ada orang dalam.

Mental seperti Sa-rang ini yang patut ditiru, biasanya kita dijulidin sedikit sudah nyerah dan ingin resign. Tapi, Sa-rang beda, dijulidin rekan kerja dia malah semakin membuktikan kemampuan dirinya. Hingga akhirnya kemampuan Sa-rang memang layak diterima rekan-rekan kerjanya.

5. Siap Mental

Diluar ekspektasi, hari pertama kerja Sa-rang malah ditempatkan di ruang gym sebagai pengelap keringat bekas bokong orang. Sa-rang tetap menikmati pekerjaan tersebut dan tidak mengeluh. 

Dengan kesabarannya dia pun bisa menjadi staf hotel dan tidak mengelap tempat gym yang penuh dengan keringat lagi. Sa-rang membuktikan meskipun lulusan D2, dia mampu melakukan etos kerja dengan baik.

Kesan Menonton King The Land 

Drama yang bikin aku senyum-senyum sendiri ini sukses bikin aku play terus soundtrack- nya. King The Land membawa angin segar untuk genre drama romantis yang biasanya bernuansa melow dan melankolis bahkan seringkali terkesan lemah. Sosok Sa-rang yang lembut tapi pemberani ini membuat drama romantis yang dibalut komedi ini jadi tambah seru. 

Sayangnya aku tidak sekuat Sa-rang hingga mencapai karir tertingginya. Drakor ini cocok untuk kamu yang baru lulus yang akan memasuki dunia kerja. King The Land sendiri menjadi gambaran dunia kerja pada umumnya.

Drama romantis dan komedi
Sumber: Instagram @yoona_lim

Drama yang tayang di Netflix ini membuat aku nggak bisa move on sama senyumnya Sa-rang yang beneran tulus dan cocok banget menjadi Hotelier. Kalau kamu bekerja di hotel, bisa nih mencontoh bagaimana kinerja Sa-rang disini, beneran melayani dengan sepenuh hati. Sama senyumnya Gu Won yang pas banget chemistry-nya sama Sa-rang. Jadi, lihatnya nggak bosen dan malah menunggu-nunggu mereka tayang.

Pembeda drama ini dengan drama romantis yang lainnya adalah karakter Sa-rang yang percaya diri dan peran Ayah yang terbuka. Walaupun saat di awal terkesan adanya patriarki, tapi sosok Ayahnya pada akhirnya bersikap terbuka juga.

Biasanya kalau orang kaya menyukai gadis miskin, gadis tersebut akan minder atau menjauh dan sebagainya. Berbeda dengan Sa-rang, yang membuatnya overthingking bukan karena "status sosial"-nya, akan tetapi karena cita-cita sesungguhnya yang belum terwujud.

Hal yang aku suka dari Sa-rang, dia pede aja pacaran sama Gu Won, tanpa memikirkan apapun. Karena mereka juga saling menyukai, terus memang kenapa? Apa yang perlu dikhawatirkan? Sa-rang juga tetap profesional ketika bekerja di keluarga Gu Won. Keren banget memang Sa-rang.

Kalau kamu pernah nonton What's Wrong with Secretary Kim, kata teman Blogger yang suka review Drama Korea juga di blognya, ceritanya hampir mirip yang menceritakan kisah romantis. Walaupun aku juga belum pernah nonton sih. 

Penasaran gimana Sa-rang bekerja dengan etos kerja yang tinggi dan mewujudkan cita-citanya? Berakhir seperti apa kisah cintanya Sa-rang dan Gu-won? Makanya yuk tonton. Akan ada Ahn Se-ha sebagai No Sang-shik yang bakal menghibur kalian dengan tingkah konyolnya.


Kesimpulan

Drama Korea King The Land merupakan drama romantis yang dibalut dengan komedi. Rekomendasi banget untuk kamu pecinta drama Korea yang romantis tapi tidak melulu menampilkan kisah percintaan yang membosankan. Nonton King The Land sangat menghibur untuk aku yang butuh hiburan, hehe.

Pokoknya kamu wajib nonton soalnya aku kasih nilai 9 untuk drama King The Land. Ada ynag udah nonton? Apa yang kamu petik dari drama King The Land? Ceritakan juga di kolom komentar yaa. 

Related Posts

18 komentar

  1. Belum lihat sih tapi jadi tertarik setelah baca artikelnya mbak fida, Memang ya drakor itu asik untuk dilihat dan ceritanya juga menarik untuk diikuti apalagi selalu ada nilai-nilai positif yang disampaikan.

    BalasHapus
  2. Hihihi aku ngga nonton drama ini sih. Tapi Lee Jun Ho emang secakep itu. Etos kerjanya wajib ditiru. Meski dia banyak di benci apalagi krn latar belakang pendidikannya. Tapi ketulusan dalam bekerja itu bisa membantu kita sih. Meski kenyataannya kadang terbalik. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyataan di dunia kerja emang nggak semudah itu ya mbak, wkwkwk tapi harus tetep punya etika pastinya.

      Hapus
  3. Yang bisa dipwtik ya? Buahnya atau hikmahnya nih? Ternyata usaha yang dilakukan dengan benar-bemar, apapun tantangannya akan membuahkan hasil terbaik bagi diri

    BalasHapus
  4. Waw dapet rating 9 per berapa nih?? per 10 kah? nyaris sempurna deh. Aku mau juga deh nonton film King The Land ini, karena genre komedi romantis ya aku suka banget. Yang pasti nggak ayang-ayangan mulu aja haha.
    Btw, setau aku juga istilah hotelier itu untuk posisi eksekutif nya perhotelan sih, bukan staff biasa. Bebaskeun lah..yang penting kita nonton aja dulu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa dong mbak per 10. Hahaha nggak kok mbak nggak ayang-ayangan mulu kok mba nggak sempet mereka kan kerja terus, wkwk. Bebaskeun aja udah lah yaa yang penting nonton hahaha.

      Hapus
  5. Menarik nih mbak dramanya, genre yang aku suka komedi romantis, berapa episode sih ini? orang yang bekerja di hotel itu ya meskipun lagi jutek tetup harus senyum ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbaa harus senyum terus, hehe. Ada 16 episode mbaa, hayu nonton.

      Hapus
  6. Kalau drama romantis dibalut dengan komedi sih pasti rekomendasi banget ya, apalagi aktor utamanya itu loh bikin gemes #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru kalau ada komedinya jadi menghibur. Aktornya ganteng dan cantik, hihi.

      Hapus
  7. Pemeran drakor itu memang all out ya, jadi seperti cerita sungguhan dan pas googling eh ada juga hotel dengan nama yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, totalitas banget drama korea tuh dari mulai cerita sampai pemilihan ost tuh bener-bener dipikirkan secara matang.

      Hapus
  8. Aku belum nonton ini tapi cuplikannya udah beredar dimana-mana. Buat dapatin kesimpulan etos kerja ini pastinya perlu nonton full. Jadi penasaran deh meski udah kelewat lamaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbaa nonton, banyak berseliweran ya cuplikannya, hihi.

      Hapus
  9. Im Yoon-ah dan Lee Jun Ho dapat banget ya chemistry nya di film ini... Tapi kok aku belum bisa menyimpulkan tentang 5 etos kerja seperti yang ditulis di atas ya? Apa karena aku baru nonton 1 episode? Oke deh, lanjut lagi nontonnya...

    BalasHapus
  10. Wah wah harus nonton full semua dok, hehe. Hayu lanjut doook.

    BalasHapus

Posting Komentar