cerita mbun

7 Pelajaran Kehidupan dari Han Yi An, Drama Korea Doctor Lawyer

12 komentar
                               

                                     Insight drakor Doctor Lawyer



Tahu Drama Korea Doctor Lawyer ini dari suamiku yang sudah menamatkan serial drama tersebut duluan. Dia sendiri tahu dari fyp di Tiktok. Anyway, dia kalau mau tahu drakor apa yang sedang hipe ya carinya di tiktok. Biasanya suka banyak yang up. Nah, kalau aku ya tahunya dari suamiku, haha.

Biasanya aku nonton drakor tentang medis atau hukum aja. Tapi, ini dunia medis dan hukum jadi satu. Judulnya bikin penasaran. Semakin penasaran episode selanjutnya, ketika pas lihat ternyata yang main adalah So Ji-sub.

Peran So Ji-sub biasanya lucu tapi karismatik dan sebagai CEO. Kali ini dia jadi tokoh yang cerdas dan berani. Suka banget setiap perannya, gak pernah bosen. Pertama liat So Ji-sub ini di drakor The Master's Sun dan Oh My Venus.

Para Pemain Drama Korea Doctor Lawyer

Cast drakor Doctor Lawyer
Para pemain Doctor Lawyer
Sumber: kepoper.com



Judul: Doctor Lawyer

Pemeran:

So Ji-sub sebagai Han Yi An

Lim Soo Hyang sebagai Geum Seok Young

Shin Sung-rok sebagai Jayden Lee

Lee Joo-bin sebagai Lim Yu-na

Lee Gyeung-young sebagai Gu Jin-gi

Lee Dong-ha sebagai Gu Hyun-seong

Jung Min-ah sebagai Jo Da-rom

Kim Yoon-seo sebagai Jung Yun-jeong

Jo Hyun-sik sebagai Kang Dae-woong

Sutradara: Lee Yong-seok

Penulis: Jang Hong-cheol

Produser: Park Jae-sam, Yoo Byung-sul, Lee Seung-hee

Jumlah Episode: 16

Genre: Thriller, Hukum, Drama, Medis

Jaringan: MBC TV

Durasi: 60 menit per episode

Rilis: 03 Juni - 23 Juli 2022

Sinopsis Drama Korea Doctor Lawyer


Han Yi An adalah seorang ahli bedah torakoplastik yang jenius. Dia adalah dokter hantu yang menggantikan Gu Hyun-seong di rumah sakit Banseok. Saat itu ia diminta untuk melakukan operasi darurat pasien VIP tanpa mengetahui identitas pasien.

Han Yi An melakukan perintah tersebut, namun sayangnya ternyata ia dijebak. Saat itulah awal mula permasalahan terjadi. Ia dijebak melakukan malapraktik sehingga menyebabkan pasien lain meninggal yang merupakan adik dari kekasihnya. Sehingga lisensi medisnya dicabut dan difitnah telah melakukan penyuapan.

Hal tersebut membuat dirinya dipenjara dan menyebabkan ibunya meninggal dunia. Tapi ia tidak mudah menyerah begitu saja, 5 tahun kemudian dia menjadi pengacara medis untuk mengungkap kasusnya dulu serta membela dan menghukum orang-orang yang melakukan malapraktik.

Perjalanan mengungkap kejahatan inilah yang bikin seru dan menegangkan. Banyak hal yang tak disangka-sangka terjadi. Selama nonton ini nebak-nebak ceritanya gimana.

Perjalanan Kehidupan dari Han Yi An, Drama Korea Doctor Lawyer


Episode 1 aja udah dibikin mikir banget. Tapi, tenang aja ada karakter Kang Dae-woong, perawat sekaligus sahabatnya Han Yi An yang bikin lucu sepanjang cerita. Masih bisa ketawa walau sedikit, hehe.

Dari karakter Han Yi An aku belajar kalau perbuatan jahat itu jangan dibalas jahat lagi. Balas dendamnya dengan cara cerdas dan tetap taat peraturan. Han Yi An ingin penjahatnya dihukum sesuai hukum yang berlaku. Berikut 7 perjalanan kehidupan dari Han Yi An, Drama Korea Doctor Lawyer.

1. Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Lain

Han Yi An dijebak oleh Gu Jin-gi
So Ji-sub sebagai Han Yi An.
Sumber: Drakor. id

Han Yi An begitu setia pada tempat ia bekerja. Dia melakukan apa saja yang diperintahkan selama niatnya adalah menolong pasien. Dia berkeyakinan kalau dia adalah seorang dokter yang harus menyelamatkan pasien, tidak peduli jahat atau baiknya pasien tersebut.

Sifat baik itulah yang dimanfaatkan oleh Gu Jin-gi, Direktur Yayasan Banseok untuk menjebak Han Yi An. Diam-diam dia tidak terima kalau Han Yi An jadi bayang-bayang anaknya Gu Hyun-seong yang juga dokter bedah torakoplastik yang tidak kompeten. Ya, kenapa nyuruh Han Yi An buat gantiin operasinya dong pak? Haduh mohon maaf jadi emosi, wkwk.

Percaya sama orang bagus, tapi tetap waspada ya. Kita tidak pernah tahu niat hati seseorang. Kita juga tidak pernah bisa mengukur kedalaman hati seseorang. Padahal kesan yang dikeluarkan Gu Jin-gi terhadap Han Yi An adalah dokter favoritnya Gu Jin-gi, ternyata tidak. Justru dia yang menjebaknya.

2. Kembali Bangkit Setelah Dikhianati

Han Yi An menolong terdakwa dokter Park Kitae
Han Yi An menolong terdakwa Park Kitae
Sumber: drakor.id

Meski dipenjara selama 2 tahun atas tuduhan malapraktiknya, Han Yi An tidak ingin menyerah begitu saja. Ketika keluar dari penjara, dia melanjutkan sekolah hukum agar bisa menjadi pengacara medis. Kehadirannya menjadi pengacara membuat semua orang kaget.

Dalam keadaan terpuruk kita harus segera berpikir cepat ya, agar bisa melanjutkan hidup. Emang dasarnya Han Yi An udah cerdas, ketemu aja jalannya jadi pengacara, hehe.

Tapi, kok cepet banget ya Han Yi An jadi pengacara di Korea? Kalau di Indonesia butuh 7 tahun untuk menjadi Pengacara. 4 tahun pendidikan akademik untuk mendapatkan gelar, lalu dilanjutkan dengan pendidikan Advokat dan magang. 

Tidak tahu hukum di Korea untuk jadi pengacara berapa lama. Kalau dikaitkan di Indonesia bisa secepat itu, mungkin Han Yi An ikut kelas akselerasi saat kuliah, hehe. 


3. Tetap Fokus Dengan Tujuan

Han Yi An mendapatkan lisensi medisnya kembali
Han Yi-an berhasil melakukan operasi sulit
Sumber: drakor.id


Pastinya gak mudah ya melanjutkan hidup dengan meninggalkan semuanya. Bener-bener sendirian. Meski begitu, Han Yi An tetap fokus dengan tujuan mengungkap kebenarannya.

Dia juga tidak menghubungi Geum Seok Young kekasihnya, tidak menjelaskan apa rencananya. Hubungannya pun jadi kandas gara-gara operasi tersebut. 

"Fokus" ini jadi hal yang berharga banget buat aku pribadi yang susah fokus. Semoga aku bisa tetap fokus seperti Han Yi An yang mencapai tujuannya. Begitu juga aku yang selalu ingat alasan ngeblog untuk apa. 

4. Pengorbanan Seorang Kakak

Geum Seok Young sudah tahu pelakunya
Geum Seok Young yang sangat mencintai adiknya
Sumber: drakor.id


Geum Seok Young begitu ingin mengungkap kebenaran dan sudah tidak bisa menahan diri lagi. Tapi, ia seorang jaksa yg harus objektif menilai sesuatu dengan aturan hukum. Ia sangat mencintai adiknya sehingga dia memilih sebagai jaksa yang menangani kasus medis.

Pengorbanannya membuahkan hasil ketika Han Yi An membantunya menangani kasus tersebut. Dia mencurigai seseorang, tapi dia juga harus bisa menahan diri sebagai jaksa.

Berat banget pasti yaa jadi Geum Seok Young ini. Memperjuangkan kasus adiknya sendiri yang sudah meninggal. Duh, pasti udah pengen langsung mukul aja lihat pelakunya. 

5. Sejahat Apapun Seseorang, Dia Pasti Mencintai Keluarganya

Gu Jin-gi tertangkap sedang bersama Yoon misun
Mulai ada titik terang dari kasusnya
Sumber: drakor.id


Banyak tenaga medis yang dihasut oleh Gu Jin-gi untuk mengikuti perintahnya. Tapi banyak juga yang pelan-pelan mengikuti hati nuraninya berkat Han Yi An.

Sejahat apapun seseorang, pasti akan mencintai keluarganya. Dan berkorban untuknya. Meski tidak dibenarkan, mereka juga nekat melakukan kejahatan demi keluarganya.

Tetap ya, keluarga itu nomor satu. Tempat kita kembali saat kita lelah. Tempat kita diterima dalam keadaan apapun.


6. Sekali Berbohong Seterusnya Akan Berbohong

Cho Jung-hyun menyesali perbuatannya
Cho Jung-hyun menyesali perbuatannya 
Sumber: drakor.id


Perawat Cho Jung-hyun awalnya tidak ingin melakukan kejahatan, tapi dia terpaksa. Awal pertama terpaksa jadi keterusan sampai Han Yi An yang membuat dia menghentikan kejahatannya.

Kalau orang udah berbohong, maka dia akan terus menutupi kebohongan berikutnya. Jangan pernah sekali-kali mencoba ya. Urusannya jadi panjang seperti kasus ini dan akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Harus berani bilang tidak untuk sesuatu yang tidak baik"

7. Mengikuti Hukum yang Berlaku

Geum Seok Young pingsan saat sidang
Geum Seok-young melakukan sidang pembunuhan adiknya
Sumber: drakor.id


Han Yi An sebagai pengacara dan jaksa Geum Seok Young tetap mengikuti hukum yang berlaku untuk menangkap penjahatnya. Meski mereka menggebu-gebu sudah tahu siapa pelakunya. Tapi, mereka tetap menghargai dan mengikuti proses sidang yang berlaku.

Nah, segimana pun kita tidak menyukai sesuatu yang bisa merugikan kita, kita harus bisa tahan ya. Jangan sampai justru malah berbalik kita yang jadi pelakunya. 

"Ingat kalau negara kita adalah negara hukum. Maka sesuatunya harus sesuai dengan hukum yang berlaku"


Kesimpulan


Drama Korea ini rekomendasi banget. Meski bergenre thriller, tapi membuat aku ingin terus melanjutkan nonton sampai selesai dengan cepat. Gak sabar sama endingnya.

Kelebihan drakor Doctor Lawyer ini ada pada penguatan tokohnya. Tokohnya banyak banget dan semua jadi bagian dalam peran tersebut. Seolah-olah seperti semuanya tokoh yang penting dan tokoh utamanya.

Nah kalau kekurangannya drakor Doctor Lawyer ini ada pada alur cerita yang bikin aku gak paham. Gak dijelaskannya maksud dari Jaksa senior Choi Jae-woong membantu Gu Jin-gi menuduh Han Yi An melakukan malapraktik tanpa melakukan penyelidikan. Langsung percaya gitu aja.

Padahal di awal dia terkesan sebagai Jaksa senior yang idealis dan mengayomi bawahannya Geum Seok-young. Kalau aku boleh nebak sih, dia melakukan hal tersebut karena suka sama Geum Seok-young. Dia senang kalau Geum Seok-young bisa putus dari Han Yi An, hehe.

Bintang 1 sampai 5, aku kasih bintang 4,9 untuk drama ini saking serunya, hehe. Ada yang udah nonton juga? Sharing yuk insight apa yang kalian dapat dari Drama Korea Doctor Lawyer ini? 








Related Posts

12 komentar

  1. Waktu tahu So Ji Sub main drama baru.. cuzz langsung pindah haluan nonton So Ji Sub sampai kelar. Nungguin dia main drama lama sih... tema yang dipilih juga selalu menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kabarnya dia hiatus yaa selama 4 tahun huhu bikin kangen pasti pas ada lagi langsung nonton ๐Ÿ˜‚

      Hapus
  2. Cakep banget masukin list dulu ah buat ndrakorrrr hehe

    BalasHapus
  3. Udh masuk list dr lama ini tp blm d tonton2๐Ÿ˜‚, thanks mb sharingnya

    BalasHapus
  4. Ahh padahal pengen nontonin drama ini tp ya ngga jadi melulu.. Banyak pelajaran yang bisa diambil dr tokoh ini ya mbak. Ngena banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa mbak banyak bgt insight nya. Wah, aku kira mba Eka udah nonton ๐Ÿ˜…

      Hapus
  5. sepertinya perlu ngumpulin amunisi dulu sebelum nonton drakor yang satu ini...

    BalasHapus
  6. Wahhh kayanya bagus banget mbak jadi pengen nonton...aktore nggak ngebosenin

    BalasHapus

Posting Komentar