cerita mbun

Kampung Turis Karawang, Tempat Wisata Terlengkap untuk Keluarga

Posting Komentar
Destinasi wisata terlengkap di Karawang
Sumber foto: Google/ Marcos Koswara 

Semenjak punya anak, rasanya aku menjadi pilih-pilih kalau urusan bepergian apalagi ke tempat wisata. Soalnya biar semua kebutuhan kami terpenuhi. Bukan hanya kebutuhan anak, tapi Ayah dan Bundanya juga dong biar sama-sama enak, hehe. Jadi tidak gampang loyo dan bener-bener pergi ketempat wisata, buka hanya sekedar pindah tempat ngasuh aja.

Lagian udah lama juga aku nggak staycation bareng keluarga gini. Tahun lalu aku dan Aqlan jalan-jalan ke Tempat Wisata Ujung Aspal. Biasanya kami pergi cuman sebentar saja, lebih seringnya malah ke mall daripada ke alam. Padahal kan untuk mengembangkan nutrisi otak anak butuh sensori play salah satunya dengan mengenalkan alam.

Aku jadi kembali teringat akan Kampung Turis Karawang gara-gara ada teman yang brtanya, “Kalau di Karawang ada hiden gems gitu nggak sih buat family yang lagi liburan?”. Seketika aku langsung teringat sama Kampung Turis Karawang yang langsung aku rekomendasikan.

Dulu, waktu sekolah aku pernah kesana bersama teman tahun 2012 kalau tidak salah. Sudah pasti banyak yang berubah sekarang. Dulu cuman ada restoran dan waterpark saja, sekarang udah lebih lengkap lagi yang jadi tempat wisata impian aku bersama keluarga kecilku.

Lokasi Kampung Turis Karawang

Karawang emang terkenal panas apalagi daerah kawasan industri, rasa terbakar aja kulit. Selain daerah panasnya, Karawang juga punya daerah pegunungan yang sejuk. Ke arah selatan, Karawang punya tempat wisata yang sejuk dibawah kaki Gunung Sanggabuana. 

Daerah Loji Karawang terkenal dengan curugnya. Ada berbagai curug disana. Salah satu yang terkenal adalah Curug Cigeuntis. Aku pun pernah ke Curug Bandung bersama teman-teman kampus saat itu. 

Lokasi Kampung Turis Karawang berada di Kampung Parakan Badak, Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat 41362. Rute menuju Kampung Turis Karawang cukup jauh. Tapi, worth it dengan pemandangan alam yang disuguhkan. 

Kalau habis dari Kampung Turis jangan lupa beli durian, karena daerah Loji ini banyak yang jual durian di sepanjang jalan. Pohon durian tumbuh dengan subur di dataran tinggi Loji.

Sejarah Kampung Turis Karawang

Siapa yang sangka kalau Kampung Turis Karawang ini dulunya berasal dari warteg, semacam rumah makan sederhana. Karena tempatnya kecil banyak pelanggan yang makannya sampai ke belakang karena tempatnya yang sejuk. Padahal dulunya adalah sebuah tebing yang penuh ilalang.

Mak Haji Suhaya merintis usahanya dengan menu sop buntut andalannya. Barulah pada tahun 2011 pembangunan tempat wisata dimulai. 

Dulu baru ada waterpark dan restoran saja. Bar menyusul destinasi yang lain. Dari yang hanya puluhan meter, sekarang sudah mencapai 4 hektar dengan maksimal pengunjung 5.000 orang. 

Alasan Ingin ke Kampung Turis Karawang

Seperti yang aku bilang tadi, karena Kampung Turis Karawang adalah destinasi tempat wisata terlengkap di Karawang, jadi aku ingin kami bermain sepuasnya sekaligus bisa menginap disana.

Jarang ada destinasi wisata selengkap ini. Biasanya hanya Waterboom saja, atau restoran saja. Mainnya dimana, menginapnya dimana, hehe. Kalau di Kampung Turis Karawang sudah satu paket lengkap disini semua ada.

Sebelumnya aku udah punya tips liburan ala Ibu muda seperti aku. Yuk intip, ada apa aja di Kampung Turis Karawang ya?

1. Villa Kampung Turis Karawang

Kalau dulu belum ada penginapan Kampung Turis Karawang. Jadi, karena ada Aqlan aku pengen staycation disana. Habis seharian bermain langsung menginap di Villa Kampung Turis Karawang.
Villa kampung turis karawang
Sumber foto: Instagram @kampungturis_
Harga villa Kampung Turis Loji Karawang ini juga bervariatif mulai dari 1.500k saat weekday dan 2.200k saat weekend dengan maksimal 8 seat. Fasilitas yang didapat ada 2 kamar tidur full AC, 2 kamar mandi, 1 unit TV, water heater, dan kulkas.

Harga tersebut sudah termasuk sarapan, tiket waterpark, perahu bebek, terapi ikan dan plataran sanggabuana. Penginapan ekslusif dengan view danau yang memanjakan mata.
Kita juga bisa menikmati udara segar di bukit Sidampyak dengan view gunung Sanggabuana.

2. Outbond

Seru banget nih kalau buat keluarga kesini bisa cobain outbond-nya. Kalau buat Aqlan ada taman kelinci bisa kasih makan kelinci. Anak-anak pasti suka banget. Di taman kelinci ini ada ayunan, kursi taman, main jungkat jungkit dan trampolin juga. Bisa sekalian foto-foto karena tempatnya juga instagramble banget.

Selain itu, ada juga jga taman teletubbies sekalian nostalgia sama film masa kecil orang tuanya sih ini, wkwk. Di bukit teletubbies ini ada patung Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Poo. Hayoo, siapa yang suka nonton film anak-anak ini berarti kita seumuran, hehe. 

Anak past suka lihat miniatur patung-patung itu. Ditambah ada terapi ikan, mandi bola, perahu bebek. Lengkap kan? Bisa puas ngajak main anak, bunda bisa sambil santai aja di cafenya.

Tidak hanya buat keluarga, disini juga ada pendopo untuk acara-acara atau meeting perusahaan. Langsung aja nih ajak juga teman-teman kantor kesini. 

3. Waterpark

Waterpark di Kampung Turis Karawang juga luas banget. Cocok banget ini untuk yang suka main air kaya Aqlan.

Harga tiket masuknya mulai dari 25K saat weekday dan 40k saat weekend. Berenang cocok banget kalau saat liburan anak sekolah. Bisa jadi pilihan keluarga. 

4. Dangiang Restoran

Makan di saung-saung dengan pemandangan sawah dan diatas kolam ikan. Sejuk banget dengan menu khas sunda yang enak banget. Menu yang enak masih aku ingat sampai sekarang.
Harga villa kampung turis loji karawang
Sumber foto: kampungturis_
Aku nggak suka ikan asin, tapi disini ikan asinnya enak banget kriuk gitu seperti kita makan kerupuk, sayur asamnya juga enak. Ini sih yang buat aku pengen kembali lagi ke Kampung Turis kangen sama masakannya.

Menu andalan Dangiang Restoran ada gurame tauco, daging sapi lada hitam dan sop buntut. Diolah dari bahan baku kualitas sehingga rasanya enak sekali. Untuk menu dessert-nya ada pisang goreng coklat keju, kentang goreng dan minuman segar. Dulu aku pesan jus stroberi dan alpukat yang seger banget. 

5. Orabica Cafe

Buat yang suka nongkrong dan ngopi, cafe-nya cozy banget. Dengan suasana sejuk Karawang dimalam hari bisa merasakan kehangatan kopi dan alunan live music. Orabica Cafe Kampung Turis, cafe yang nyaman untuk kopi jadi mengingatkan aku waktu ngopi di Kafe Alam Bogor

Wah aku dan suami suka banget nih cafe yang sejuk dan ada music live gini. Buat pecinta kopi wajib banget nih merapat kesini. 

Kesimpulan

Kampung Turis Karawang merupakan destinasi wisata terlengkap di Karawang. Lengkap banget semua ada disini dari mulai outbond, villa, waterpark, restoran dan cafe. Cocok ajak keluarga kesini. 

Wisata impian tidak perlu yang jauh asalkan bisa quality time bersama keluarga. Semoga terwujud karena Ayah


Related Posts

Posting Komentar