cerita mbun

10 Tips Menikmati Liburan ala Ibu Muda. Liburan Jadi Menyenangkan!

Liburan jadi menyenangkan


Sendiri di rumah lebih menyenangkan bagi orang Introvert seperti aku. Bisa melakukan banyak hal dan gak pusig liat orang di keramaian. Tapi, lama-lama di rumah juga bosan ya. Sesekali aku ingin menikmati liburan karena penat seharian mengerjakan urusan domestik berulang-ulang.

Tapi anehnya, kalau di rumah terus bosan pengen jalan-jalan, sedangkan lagi jalan-jalan malah pengen cepat-cepat pulang, hehehe. Begitulah aku yang gak bisa lama-lama di keramaian. Bawaannya udah pusing aja liat orang banyak. Cape banget rasanya.

Apalagi ada guyonan kalau liburan Ibu Muda cuman "pindah tempat ngasuh" aja. Kenyataannya emang bener kok, wkwkwk. Aku masih ngejar-ngejar anak, nyuapin, ganti pempers dan melakukan aktivitas yang lainnya seperti di rumah. Padahal ekspektasi kita liburan itu menikmati pemandangan sambil santai-santai, ya kan? Berfoto ria dan berduaan bersama sami, hehe.

Semenjak jadi Blogger, aku kalau kemana-mana pasti mikirin buat cari spot foto yang bagus untuk keperluan blog dan buat konten di Instagram atau tiktkok. Gimana mau dapat foto yang bagus, kalau masih kejar-kejaran sama anak? Hihi

Tapi, aku gak mau stigma liburan cuman "pindah tempat ngasuh" aja jadi bikin liburanku bersama keluarga gak happy. Aku gak mau kehadiran sang buah hati justru malah terkesan jadi beban saat liburan. 

Makanya, aku tepis stigma itu agar kami bisa menikmati liburan dengan bahagia, walaupun kalau cape masih tetep dong, hehehe. Pentingnya liburan bagi Ibu muda, agar ibu tidak depresi apalagi depresi pasca melahirkan

Menciptakan kebahagiaan


Berikut tips menikmati liburan ala ibu muda versi aku. 

1. Merubah Pola Pikir

Rubah mindset kita, kalau kita sedang bermain bersama anak dan suami. Beda tempat ngasuh justru harus jadi tempat yang menyenangkan sekalian refreshing dari aktivitas sehari-hari yang gak ada habisnya. Seperti yang aku lakukan, bisa dengan mengajaknya berfoto bersama. 

Kalaupun anak lari-larian, yasudah kita juga ikut kejar-kejaran aja. Asik kan? kapan lagi kita bertingkah seperti toodler? Kalau anak udah besar gak akan bisa.

2. Menciptakan Kebahagian

Bukankah memiliki keturunan adalah hal yang kami impikan? Maka dari itu, kami yang menciptakan kebahagiannya dengan tetap melakukan apa yang kami suka dengan buah hati kami. Bahwa kami sedang menciptakan momen yang indah bersama anak. Liburan sambil edukasi anak bukankah hal yang baik?

3. Berbagi Tugas dengan Pasangan

Kita bisa bergantian menjaga si kecil bersama pasangan. Gantian untuk mengganti pempers, gendong atau kegiatan lain agar kita tidak terlalu lelah saat sedang jalan-jalan. 

Setiap makanan di luar atau jajan enak di Karawang biasanya suamiku yang justru lebih lelah dibanding aku. Dia malah membiarkan aku makan dengan nyaman karena tahu di rumah penatnya gimana mengurus anak dan domestik dalam satu waktu. Terima kasih suami, hihi.


4. Jangan Jadikan Beban

Inget kalau kita lagi liburan. Sayang banget kan kalau sampai liburan malah jadi bete dan gak menikmati? Manfaatkan kegiatan liburan ini untuk quality time bersama keluarga. Jangan menjadikannya beban, nanti yang ada malah kita mudah bosan.

5. Pilih Tempat Liburan yang Ramah Anak


Bunda bisa pilih temat liburan yang aman dan nyaman bagi anak. Jadi, ketika anak bermain, orang tua gak teralu khawatir kalau anak melakukan hal-hal yang bikin sport jantung, hehe. Pilih dengan yang ada fasilitas Playground sangat membantu loh, Bun.

6. Menikmati Staycation di Hotel

Bonding dengan anak


Staycation di hotel atau villa juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi lelah dari kejar-kejaran sama anak loh, Bun. Tidur dengan suasana yang berbeda. Memanfaatkan kolam renang untuk berenang bersama keluarga juga bisa menjadi pilihan.

7. Bawa Mainan Anak

Kalau Aqlan suka banget sama mainan mobilan truk, jadi solusinya dengan membawa mainan kemana-mana. Agar anak anteng dengan mainannya. Meskipun gak menjamin juga, karena biasanya ditempat baru Aqlan akan explore tempatnya, hihi.

Setidaknya dia bisa adaptasi bersama mainannya. Bunda bisa coba juga dengan membawa mainan kesukaannya ya. Aku meski ada acara keluarga juga tetap selalu bawa mainan anak. Ukurannya yang kecil aja yang dibawa, kalau yang besar repot juga, wkwkwk.

8. Membawa Cemilan Kesukaan Anak

Pastikan kebutuhan makanan anak terpenuhi ya Bun. Biasanya anak akan anteng kalau udah kenyang dan makannya tercukupi. Jangan sampai dehidrasi saat liburan ya. Bukannya menikmati, malah jadi sakit. Huhu jangan ya.

9. Tidur yang Cukup

Pastikan juga anak tidur malam dengan cukup. Sehingga paginya badannya segar dan bisa bermain dengan gembira. Kalau anak tidur dengan nyenyak di malam hari, dipastikan saat jalan-jalan akan penuh dengan kerewelan ya, hehe.

10. Manfaatkan untuk Bonding dengan Anak

Sambil liburan, Bunda bisa loh memanfaatkan momen kebersamaan ini untuk bonding kepada anak. Quality time bersama anak ternyata jauh lebih menyenangkan. Ternyata meski cape jauh lebih menyenangkan liburan bersama anak daripada harus sendirian.


Penutup

Jangan sampai kita gak menikmati liburan ya Bun. Kapan lagi kita menikmati momen liburan bersama keluarga. Justru kita harus memanfaatkan momen-momen seperti ini yang bagus untung bonding kita kepada anak. Gimana nih Bun, punya tips apalagi? Boleh komentar di kolom komentar ya. Selamat liburan!


Related Posts

2 komentar

Posting Komentar