cerita mbun

Kafe Alam Bogor, Sensasi Minum Kopi di Tengah Hutan Pinus

31 komentar
Kafe Alam Bogor

Mau sedikit flashback, ketika bulan puasa kemarin, aku dan suamiku menghadiri acara buka puasa bersama (Bukber) di Bogor. Kok jauh banget sih Fid di Bogor? Iya, karena suamiku dulu sekolah SMA di Bogor, jadi ya kami bukbernya di Bogor. Tidak mungkin di Karawang, karena cuman suamiku saja yang dari Karawang. Banyak yang dari luar kota lain, tapi mayoritas warga Bogor.

Sehabis acara bukber aku memang pengen review tempat acara bukbernya yang berada di Kafe Alam Bogor, tapi you know me so well, aku senang menunda-nunda. Jangan ditiru ya, huhu. 

Untuk ukuran aku yang tinggal di kota Karawang yang sangat panas, Kafe Alam Bogor bikin aku nggak bisa move on, karena tempatnya yang sejuk, bersih dan instagramable. Agak norak sih, tapi ya gimana orang wilayah panas diajak ke gunung gitu sungguh hal yang menakjubkan, sekali-kali ngadem yakaaannn.

Terima kasih ya panitia, sudah memilih tempat sebagus ini, aku jadi bisa membagikan apa yang aku lihat dan rasakan melalui tulisan ini. Ada apa aja di Kafe yang buka 24 jam ini? Baca tulisannya sampai selesai ya, karena banyak hal yang menarik di Kafe Alam Bogor yang mungkin bisa jadi inspirasi tempat buat kamu wisata bareng pasangan, teman atau keluarga. 

Kafe Alam Bogor Cocok untuk Tempat Healing

Siapa yang udah penat sama rutinitas sehari-hari tapi pengen cari tempat healing yang nggak jauh dari Ibukota? Kafe Alam inilah tempat yang cocok untuk healing. Jaraknya tidak jauh dari Ibukota, udah bisa merasakan sejuknya udara yang nggak bisa kamu nikmati di Ibukota karena sudah terlalu banyak polusi.

Saat keluar tol Cigombong memasuki Bogor saja sudah terasa aroma sejuk dan menyegarkan yang khas dari kota Bogor. Jalan menuju Kafe Alam Pancawati Bogor ini cukup bikin deg-degan. Pasalnya jalannya yang menanjak dan tidak terlalu luas cukup bikin aku worry. Terbiasa sama jalanan di Karawang yang datar, dibawa menanjak dikit aja udah takut. 

Apalagi ketika sampai Bogor, kami sudah disambut hujan. Itulah yang bikin aku takut, takut jalannya licin karena hujan turun sangat lebat. Tapi, Alhamdulillah kami sampai dengan selamat.

Begitu dekat dengan tempat parkit, kami memberi tahu teman-teman bahwa sebentar lagi kami sampai dan bertanya apakah ada payung, secara kami membawa anak yang tidak mungkin kami biarkan hujan-hujanan. Bukan hanya Aqlan, kami satu mobil dengan teman suami yang juga membawa anak kecil. Jadi, kami butuh payung. 

Hujan sangat deras tidak mungkin kami keluar dari mobil ke lokasi begitu saja, bisa basah kuyup. Untungnya, jarak parkir ke kafe, tidak terlalu jauh. Petugas disana juga sigap membawakan kami payung. Baju aman tidak kena basah, repot juga kalau kena basah karena kami tidak bawa baju ganti, kecuali Aqlan yang bahkan sudah aku siapkan baju ganti beserta jaketnya. Mengingat cuaca di Bogor pasti dingin.

Kafe Alam Pancawati Bogor

Kami langsung disambut teman-teman suami, bertahun-tahun tidak berjumpa, riuh sorak sorai mereka bisa aku rasakan. Kafe Alam Caringin Bogor ini cocok banget untuk tempat healing. Melihat mereka yang sudah usia 33+ begitu gembira melepas rindu bahkan terlihat kekanak kanakan seperti kembali ke zaman masa putih abu-abu. 

Suamiku malah niat banget datang pakai baju SMA. Bukan, bukan bekas baju sekolahnya dulu karena sudah jelas pasti tidak cukup. Suami membeli seragam sekolah SMA demi bisa mengenang kembali masa putih abu-abu.

Mereka sangat have fun dan sejenak melupakan aktivitas yang bikin mumet. Melihat teman-teman suami, seperti sedang melihat anak-anak SMA kumpul, padahal sudah bapak-bapak dan ibu-ibu, saking serunya.
"Tidak hanya untuk menikmati sensasi minum kopi di tengah hutan pinus, tapi juga bisa sebagai tempat acara seperti bukber atau kumpul keluarga karena tempatnya yang luas banget. Di atas ada rooftop yang cukup luas untuk melihat pemandangan dari atas yang bikin takjub. Mata kami dimanjakan banget sama keindahan alam yang serba hijau."
Areanya luas, tapi tidak rata, gimana ya namanya juga di tengah hutan pinus dan ada di wilayah dataran tinggi. Jadi, cukup bikin aku pusing karena Aqlan yang super aktif idak bisa diam semua dijelajahi, mana bekas hujan kan licin takut jatuh. Tapi, tetap aku biarkan dia explore semua sambil di awasi.

Biasanya kalau lagi di tempat makan gini, aku tidak cape karena suami yang pasti jagain Aqlan membiarkan aku makan dengan santai, karena di rumah udah repot. Beruntungnya bukan sosok Fatherless yang cuek bebek tidak mau ikut andil dalam menjaga anak.

Tapi, karena ini acaranya suami dan aku juga ingin suami menikmatinya melepas rindu bersama teman-temannya jadi aku tidak mau ganggu, biar aja aku yang handle, tapi anaknya juga maunya sama ayahnya terus, hihi.

Alamat Kafe Alam Bogor

Kafe Alam 24 jam ini beralamat di Kp. Cipare RT. 03/12, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kenapa teman-teman suami memilih bukber di Kafe Alam Bogor, bukan di sekolah? Kebetulan bangunan sekolah suami sudah tidak ada lagi karena satu dan hal yang lain. 

Letaknya yang strategis, dari keluar tol Cigombong lurus terus menuju pasar Cikereteg, dari pasar belok kanan ke arah Pancawati. Tidak terasa tahu-tahu udah sampai, sekitar 2 jam dari Karawang. 

Saat menuju pasar, melewati bangun sekolah SMA Proklamasi yang sudah datar dengan tanah suami menunjukkan kosannya yang dulu dan mulai bercerita tentang masa-masa sekolahnya. 

Harga Menu Kafe Alam Pancawati Bogor 

Harga menu Kafe Alam Pancawati Bogor relatif lumayan mahal menurutku. Tapi, ya wajar aja sih sekelas kafe kan emang gitu ya harganya. Saat itu karena ada acara bukber yang berkedok reuni, jadi semua sudah disiapkan panitia. Kami bayar acara bukber sudah termasuk kaos dan makanan.

Makanannya termasuk makanan pembuka kolak dan makanan berat seperti nasi, ayam goreng, sayur asam, tahu, tempe lalapan dan sambal. Aku tidak sempat makan kolak, karena udah lapar jadi makan nasi dan sayur asam. Rasanya enak banget. 

Kafe Alam Bogor



Baru kali ini aku makan makanan khas Sunda di kafe yang bumbunya meresap sempurna. Lalu aku pesan sosis dan kentang kesukaan Aqlan. Dia juga begitu menikmati makanannya. Ada juga cemilan manis seperti surabi, pisang keju, dan lain-lain.

Menuju malam aku pesan menu yang ada di Kafe Alam Bogor, yaitu bakso. Membayangkan suasana malam yang dingin dihangatkan dengan bakso kayanya enak.  Harga semangkok bakso bervariasi mulai dari 30 ribu. Harganya memang lumayan tapi terbayar dengan rasanya yang enak banget. 

Karena ciri khasnya kopi, tentu saja banyak varian kopi mulai dari 25 ribu. Suami juga memasan kopi hitam yang aku coba sangat pahit dan kental. Tapi, itulah ciri khas kopinya. 

Fasilitas Kafe Alam Bogor 

Kafe Alam Pancawati Bogor ini terdapat berbagai fasilitas yang mumpuni. Ada ruangan indoor dan outdoor. Meja dan kursi yang estetik terbuat dari kayu-kayu menambah suasana semakin estetik.

Terdapat toilet dan mushola tak jauh dari pintu masuk. Toiletnya bersih dengan desain tradisional namun terkesan mewah. Aku suka desain toiletnya. 

Banyak spot foto yang bisa kamu coba kalau berkunjung ke Kafe Alam Bogor. Buat Mom Blogger juga bisa foto-foto dengan background view asli pemandangan hutan pinus beserta anak dan suami. Area parkirnya juga cukup luas. Bisa parkir di depan pintu masuk, atau di belakang yang menuju pohon pinus. 

Cara penyediaan makanannya juga dibuat dalam saung dan gerobak gitu. Ciri khas yang sangat tradisional seperti makanan kaki lima, tapi rasa bintang lima. 

Kesimpulan

Kalau dikasih kesempatan pengen lagi kesana, minum kopi di tengah hutan pinus, hangat banget. Melupakan sejenak aktivitas yang padat. 

Kafe Alam Bogor tempat yang cocok untuk healing atau kumpul bersama keluarga dan teman-teman. Varian menunya sangat enak dan bikin nagih. Terpenting pelayanannya ramah-ramah dan sigap bantuin kita kalau kita lagi butuh bantuan atau menanyakan sesuatu.

Kalau kamu kesana, pasti kamu merasakan hal yang sama dengan aku. Puas dengan semua yang ada di Kafe Alam Bogor.

Buat yang di sekitar Bogor, boleh banget nih cobain mampir ke Kafe Alam Bogor ya. Pasti jadi gak mau pulang, hehe. 


Related Posts

31 komentar

  1. Minum kopi di alam terbuka dengan pemandangan hijau dedaunan sih paling juara vibe-nya. Nikmat ke perutnya dapat, indah dalam pandangan matanya juga dapat. Paling jago dah teman-teman yang bisnis kafe memilih tempat dengan tema alam seperti Kafe Alam Bogor, pastinya bikin kita pengen balik lagi ke sana

    BalasHapus
  2. Suka banget sama kafe yang nuansa nya hijau begini..adem dan sejuk meskipun kadang2 harganya juga lumayan ya hehehe

    BalasHapus
  3. wah hijau-hijau gitu aku juga suka, adem dan sejuk ya, serasa dekat dengan alam

    BalasHapus
  4. Ini yang didaerah caringin ya? Sempet lewat di fyp tiktok ku yang review tempatnya. Jadi pengen kesana deh pas mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak di caringin, tepatnya di pancawati. Yuk cobain kesana mbak, nggak nyesel deh.

      Hapus
  5. Sekarang makin banyak tempat kulineran yang mengusung tema alam. Sekalian juga sih yaaa... Buat healing pikiran dan perut sekaligus. Boleh dicoba nih kalo kapan-kapan ke Bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bener perut juga perlu healing mbak, wkwk.

      Hapus
  6. rasanya puas ya mbak, bisa menikmati kafe alam di bogor dengan santapan makanan lezat dan bumbu meresap. ngiler bacanya....hhhha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puas banget mbaaak, makan dan pemandangannya, hehe.

      Hapus
  7. aduh, mantep banget sih ini bisa ngopi di tengah hutan. bikin rileks banget. tapi kayaknya buat aku yang golongan darah o harus siap2 bawa sofel ya hehe. padahal aku suuka banget main ke alam tp selalu musahan sama nyamuk :))

    BalasHapus
  8. belum dateng, membayangkannya saja sudah bahagia, menghirup kopi hangat ditemani gorengan sembari menghirup aroma pinus yang fresh banget. huiiiiiih beneran memanjakan jiwa dan raga sih kalau seperti ini. Jadi pengen bertandang langsung dan membuktikannya

    BalasHapus
  9. Belum sempat kesana, padahal dekat dan susana kafenya asri banget.

    BalasHapus
  10. Review di blog ini ciamik, jadi bikin yang baca penasaran..
    Kalau suasana dan staff-nya sudah oke, apalagi ditambah dengan siapa dan obrolan yang seru tentu jadi sempurna :)

    BalasHapus
  11. Review di blog ini ciamik, jadi bikin yang baca penasaran..
    Kalau suasana dan staff-nya sudah oke, apalagi ditambah dengan siapa yang menemani dan obrolan yang seru tentu jadi sempurna :)

    BalasHapus
  12. Salfok sama suami mba fida yang datang reuni pakai baju SMA, kocak banget wkwk. Ya ampun, udah tutup sekolahnya ya? :'(

    Duh, ngebayangin di tempat adem, banyak pohon, pas banget di sini lagi panas gini bawaannya jadi pingin ke Kafe Alam Bogor buat ngadem :D

    BalasHapus
  13. Bogor ini sebelas dua belas dengan Bandung. Banyak banget cafe-cafe adem kaya gini bikin betah kalau nongkrong lama-lama, apalagi kumpul sama temen

    BalasHapus
  14. Belum pernah ke Bogor huhuhu
    Baca review cafenya jadi pengen deh sekali2 bisa main ke Bogornya, aku tuh dari dulu penasaran sama suasana puncaknya (semoga niatnya ke sananya bisa segera terealisasi)

    BalasHapus
  15. Astaga racun buat jalan-jalan dan njajan ini. Di Bogor ini adem, terakhir ke sini entah kenapa mager disuruh balik lagi. Hahaha.. next time aps ke Bogor mampir sambil menghirup bau pinus di cafe... ☕

    BalasHapus
  16. I feel you Mba, tinggal di Bekasi pun kerasa bgt panasnya.. jdi berasa refreshing bgt ya ngopi2 di Bogor.. tpi ya itu tracknya cukup menantang yaa
    Sebenernya penasaran sama foto2 menu makannya disana

    BalasHapus
  17. Daerah Pancawati ini ya? Klo soal harga&rasa gmn Kak? Yg paling favoritnya apa? Aku senang coba cafe2 dg view yg tjantik

    BalasHapus
  18. Wah iya nih, buat yang biasa di daerah panas emang nemu tempat sejuk gini pasti loncat-loncat kegirangan. Sama kayak saya. Tempatnya enak adem dan nyaman ya sepertinya. Apalagi fasilitas dan fungsi tempatnya flexible dan juga enak. Ditambah menu manakan dan kopinya juga masuk lah ya.

    BalasHapus
  19. Vibes ngopinya berasa banget ya di Kafe ini. Sejuk dan kopi yang dihidangkan hangat. Harus bawa buku untuk jadi teman baca nih..

    BalasHapus
  20. Wah foto-fotoya kurang Mba...jadi kepo saya sama Kafe Alam Bogor. Pas nih besok Minggu ke sana ada acara, bisa nih melipir sebentar ke sini. Seru ajak anak-anak juga nih

    BalasHapus
  21. Mantep Alfida... membacanya menyenangkan. Kafe Alam bogor ya, makasih ya buat referensinya. kebetulan saya tim pemburu kafe bernuansa alam gt sih. hehe

    BalasHapus
  22. Membayangkan minum kopi di tengah hutan pinus. Sambil baca buku atau nulis. Hmmm. Saya pikir kalau pergi ke tempat beginian jangan ngajak orang cerewet. Bakalan ngeganggu kesyahduan.

    BalasHapus
  23. Baca artikel ulasannya aja udah buat Teddy penasaran Kak. Kafenya di Bogor ya? Sayang tidak dapat Teddy kunjungi hehe, Teddy di Pontianak.

    Keren-keren ya Indonesia ini, banyak sekali kafe unik kayak gini, selain bisa makan & minum, kita diajak menikmati keindahan alam yang terpampang di depan mata. Benar-benar jadi adem.

    Terima Kasih ya Kak.

    BalasHapus
  24. Wah kalau ngopinya di tengah alam gini jadi asyik ya. Jadi terasa adem dan menenangkan sekaliiii. MasyaAllah

    BalasHapus
  25. dingin dingin nikmatin hutan pinus sambil minum kopi gitu nikmat banget ya kak, wkwkwk semenjak punya anak sulit bisa gitu wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar