cerita mbun

Cara Mudah Anak Belajar Mengaji. Yuk ke Albata Aja!

51 komentar

Belajar mengaji ke Albata


Transformasi digital membawa banyak kemudahan bagi kita semua terutama dalam pola pembelajaran. Termasuk dalam mengenalkan agama untuk anak. Sudah tugas kita sebagai orang tua untuk menanamkan tauhid dan aqidah pada anak.

Di zaman sekarang banyak kenakalan remaja terjadi. Penting untuk kita mengenalkan ajaran Islam untuk anak agar anak bisa mengontrol dirinya sendiri. Aku sudah mengenalkan agama pada Aqlan bahkan sejak dalam kandungan melalui murottal yang aku dengarkan di dekat perutku atau aku sendiri yang membacakan Al-Qur'an.

Saat waktunya salat magrib tiba, kami mencontohkan bagaimana kami beribadah dan membaca Al-Qur'an. Ibadah tersebut menjadi kegiatan rutinitas yang Aqlan lihat setiap hari dari ayah dan bundanya. Tidak heran, setiap kami salat, Aqlan turut mengikuti kami di belakang.

Begitupun saat aku mengaji, Aqlan antusias ingin mengaji juga dengan mulutnya komat kamit meniruku. Lucu banget tingkahnya. Tentunya hal seperti ini harus kita arahkan ya, Bun agar kita juga bisa menutrisi otaknya dengan keimanan yang kuat. Peran orang tua sangat penting untuk memupuk pondasi agama tersebut.

Bagaimana Caranya Agar Anak Mudah Belajar Mengaji?

Punya anak toodler luar biasa aktif itu nano-nano banget rasanya. Rasa ingin tahun dan mencoba sesuatunya tinggi sekali. Aktifnya kadang bikin pusing juga ya, hehe.

Nah, anak yang seperti itu harus kita arahkan untuk kegiatan positif seperti belajar mengaji. Berikut cara mudah anak belajar mengaji.

1. Mengenalkan Buku Huruf Hijaiyah

Aqlan sudah aku kenalkan buku sejak dalam kandungan. Membaca dengan nyaring untuk mengenalkannya literasi dengan membeli buku bacaan. Nah, selain literasi buku yang gambar buah-buahan dan hewan, aku kenalkan juga board book yang berisikan huruf hijaiyah.

Jika keuangan terbatas, tak usah memaksakan membeli buku, kita juga bisa mencetaknya dari gambar yang kita unggah. Lumayan hemat kan? Hihi.

2. Menempelkan Bacaan Huruf Hijaiyah

Lembaran huruf hijaiyah bisa kita tempelkan di tembok untuk belajar mengaji. Semakin anak sering melihatnya, semakin anak menyukainya dan jadi terbiasa. Membiasakan sesuatu yang baik, akan terus diingat oleh anak.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Karena anak masih senang bermain, kita bisa pilih waktu yang tepat untuk belajar mengaji pada anak. Waktu yang tepat juga bisa kita manfaatkan untuk bonding dengan anak. Sambil belajar dan bermain kenapa nggak? Biasanya aku gunakan waktu tersebut saat abis salat mabrib atau malam hari menjelang tidur. Jadi, gak perlu marah sama anak ya kalau sulit menerapkan pembelajaran kepada anak, hihi.

Momen quality time bersama dengan anak dengan kita kenalkan bacaan Al-Qur'an. Aku jadi teringat saat kecil dulu belajar mengaji dengan mama setelah salat magrib, waktu yang tepat untuk belajar mengaji. Sehingga membentuk pola asuhku yang sama terhadap Aqlan kalau urusan mengaji.

4. Selingi dengan Sholawat

Sambil belajar mengaji kita juga sambil mengajarkan anak sholawatan yuk, Bun. Pasti anak suka dan gak mudah bosan. Bisa kita kenalkan dengan sholawat yang populer seperti Allahul Kafi dan lain sebagainya.

5. Memanfaatkan Digital

Semua serba digital, dari transaksi hingga literasi. Kalau di sekitar rumah sudah tidak ada tempat belajar mengaji seperti zaman kita dulu, nggak usah khawatir. Albata menghadirkan belajar mengaji online yang bisa kita akses cukup dari rumah saja dengan tenaga pendidik yang terampil dan sudah teruji kualitasnya.

6. Menggunakan Metode Montessori

Perkembangan dunia parenting ini semakin upgrade ya, termasuk dalam hal pembelajaran. Belajar mengaji online dengan kelas montessori ini ya cuman di Albata tempatnya, membuat anak happy dan tidak merasa tertekan saat belajar mengaji.

Kelas Montessori ini bukan hanya dilakukan untuk kegiatan belajar umum aja, tapi juga bisa diterapkan untuk anak yang belajar mengaji online. Banyak sekali manfaatnya. Apa aja ya manfaatnya?


Manfaat Belajar Mengaji Online Menggunakan Kelas Montessori

Mengaji online dengan Kelas Montessori

Metode montessori ini dikembangkan oleh dr. Maria Montessori. Metode ini menekankan pada kebebasan, pembelajaran langsung dan aktivitas anak dalam kelompok dan permainan.

Kelas montessori membebaskan anak untuk mengembangkan dirinya secara mandiri. Konsepnya adalah kita yang mengikuti anak. Sehingga anak jadi lebih ekspresif dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.

1. Anak Lebih Mandiri

Kelas montessori ini mendidik anak jadi lebih disiplin dan mandiri dalam hal belajar. Mengembangkan keterampilan mengontrol diri jadi lebih baik.

2. Anak Mudah Bersosialisasi

Dalam kelas montessori anak dikolompokkan sesuai usianya. Sehingga anak mudah bersosialisasi. Anak akan belajar menghormati dan menghargai teman-temannya. Anak mudah berinteraksi dengan orang lain.

3. Melatih Anak Memecahkan Masalah

Anak diberikan kebebasan untuk mereka berpikir terhadap masalah. Mereka akan belajar dari kesalahan dan memecahkan sebuah permasalahan dengan menganalisisnya. Anak mampu berpikir kritis. Sebagai orang tua kita jadi lebih mengenal bahasa cinta anak.

4. Membantu Kreativitas Anak

Anak jadi kreatif karena diberi kebebasan melakukan sesuatu. Orang tua tetap mengawasi. Anak mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Sehingga mampu menciptakan sesuatu yang baru.

5. Mengasah Motorik Anak

Kemampuan motorik anak perlu diasah terus agar anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Kemampuan tersebut bisa didapat dengan belajar mengaji online di Albata.


Mengenal Albata, Tempat Belajar Mengaji Online Bagi Anak

Siapa yang baru pertama kali dengar Albata atau malah udah nggak asing sama Albata? Albata merupakan solusi yang tepat agar mudah belajar mengaji bagi anak. Orang tua yang kesulitan mengajarkan anak belajar mengaji, bisa mendaftarkan anaknya belajar di Albata. Emang ada apa aja sih di Albata?

Albata adalah Lembaga Pendidikan Islam untuk anak-anak yang berfokus pada Tauhid, Adab, Fiqh, Sirah, Tahsin dan Tahfidz dengan pengajaran “fun learning” mengadopsi Metode Montessori yang banyak manfaatnya bagi perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini.

Ada berbagai macam pilihan kelas di Albata:
  • Toodler
  • TPQ
  • Kindergarten
Untuk TPQ (Tempat pendidikan Quran) sendiri, berdasarkan Qur’an dan Sunnah ditujukan untuk anak usia 3-7 tahun. TPQ Kids tersedia online dan offline.

Belajar mengaji online pada kelas TPQ Kids Online Private ini biayanya terjangkau loh, Bun. Dengan bisa merasakan kelas Montessori satu bulan cukup membayar Rp. 750.000,- 8 kali pertemuan dalam durasi waktu 40 menit.

Albata, tempat belajar mengaji online bagi anak

Bisa hemat dengan menabung setiap pertemuan 93 ribuan atau 25 ribu dalam sehari. Hematnya dapet, kelas TPQ Kids Online Private juga dapet, hihi.

Kenapa Harus Belajar Mengaji Online di Albata?

  • Berdasarkan Qur’an dan Sunnah. Pembelajaran TPQ Online ini gak sembarangan ya Bun, Albata mengacu pada Al-Qur'an dan Sunnah yang bisa dipertanggungjawabkan.
  • Metode Montessori. Untuk membangun pembelajaran yang menyenangkan, Albata menggunakan metode montessori. Kelas montessori membantu anak untuk berkembang dalam belajar mengaji online.
  • Pengajaran terbaik. Di Albata, pembelajaran sangat fokus karena pengajarannya 1 kelas maksimal 5 orang anak. Aplikasi yang digunakan juga khusus anak-anak loh. Bukan zoom yang biasa dipakai untuk orang dewasa. Tersedia juga kelas online private dan home visit.
  • Ustadzah Ternama. Pembelajaran di Albata dibimbing oleh Ustadzah terpercaya dan amanah yang diseleksi dari universitas ternama. Zaman sekarang, perlu juga mencari ustad atau ustadzah yang terpercaya. Albata juga sudah tersebar di beberapa kota besar.
"Alhamdulillah anak saya jadi senang mengaji dan menghafal surat pendek yang diajarkan di kelas". -Salah satu testimoni dari orang tua wali.
Masih bingung dan punya banyak pertanyaan lainnya? Kunjungi website Albata yaa!



Albata
(62) 81334436
Email: assalamualaikum@albata.id
Kantor: Babatan Indah B9 No. 1 Surabaya

Related Posts

51 komentar

  1. sekarang ngaji juga bisa online ya. jadi nggak perlu repot nganter anak-anak lagi hihi
    penting banget emang memperkenalkan cara membaca alquran dengan benar sejak dini. jadi nggak kesulitan nanti kalo gede
    aku sendiri baru ngaji waktu SMP karena masuk sekolah islam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang anak TK aja programnya udah keten-keren, ya, kak...masyaallahu

      Hapus
    2. Betul mbak Dea, kita tinggal temani ngaji saja di rumah, hehe. Wah keren sekolah Islam jam belajarnya jadi lebih banyak.

      Hapus
  2. Zaman semakin berkembang, metode mengaji juga makin beragam ya, kak. Metode Montessori yg diterapkan di Albata ini pastinya sanagt memperhatikan kebutuhan anak secara individu. Duh moga segera hadir yang kaya gini di Rangkasbitung ya, hehe. Aamiin
    Dede Aqlan pasti pinter banget, nih, masyaallahu secara dapat uswah yang bagus dari kedua orang tuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beragam banget mbak. Gapapa nggak ada di Rangkasbitung kan bisa online mbak, hehe.

      Amiin yaa Allah semoga doanya terkabul. Makasih mbak Nita 😍

      Hapus
  3. Dulu itu belajar mengaji harus di guru mengaji di musala. terus lebih sering beramai-ramai. Pengalaman krucil saya, itu yang lama ngantre gilirannya. Tapi pas berhadapan dengan guru ngaji, paling lama 5 menit. Akhirnya lebih banyak mainnya. Belum lagi kalau ada anak yang suka usil atau jahil. Kalau sekarang lebih dimudahkan bisa belajar mengaji online ya, Mbak. Jadi bisa seenjoy anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa gantian yaa, ehh pas giliran cuman sebenar. Iya Alhamdulillah melalui online waktunya juga jadi fleksibel.

      Hapus
  4. Makasih infonya kak, sekarang si bontot agak susah nih kalo di sruh ngaji. Mungkin dengan metode montessori si bontot lebih tertarik. Dicoba dulu aja.

    BalasHapus
  5. Kalau dulu kan urusan ngaji tinggal cari guru ngaji yang ada disekitar tempat tinggal nah kalau sekarang karena tinggal di kota lumayan sulit kan ya. Membantu banget nih adanya Albata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak kalau jauh ke tempat mengaji, belajar melalui online solusinya.

      Hapus
  6. Ternyata banyak cara yaa untuk mempermudah anak belajar mengaji, bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan anak tentunya.

    BalasHapus
  7. Belajar mengaji dengan konsep kelas montessori pastinya sangat menarik untuk anak-anak sekarang. Belajar mengaji menjadi sangat menyenangkan dengan pakam tertentu yang tetap harus dipatuhi anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak jadi lebih menyenangkan belajar mengaji onlinenya.

      Hapus
  8. Memudahkan banget ya kehadiran Albata ini, apalagi kelasnya bukan hanya bisa luring tapi juga daring. Pas untuk anak-anak belajar mengaji dengan konsep montessori bikin anak makin mudah mempelajarinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak solusi banget untuk belajar mengaji.

      Hapus
  9. Masyaallah, sekarang bukan urusan belanja dan interaksi sosial saja yang semakin dipermudah secara daring, mengaji pun bisa secara online. Pengajarnya pun ustaz/ah yang memiliki kualifikasi. Barakallah Albata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak semua urusan jadi lebih mudah.

      Hapus
  10. Segalanya dimudahkan dengan adanya internet nih. Bahkan mengaji pun bisa dilakukna secara online. Syukurlah ada Albata, lebih menarik dan engga bosan...

    BalasHapus
  11. Biasanya penerapan Metode Montessori ini hanya pada pelajaran umum. Kini bisa diterapkan untuk pelajaran mengaji dan pastinya bikin anak merasa happy saat belajar. Albata keren banget dengan penerapannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener eon, enaknya sekarang tuh semua berkembang pesat ya termasuk metode belajar... jadi yang asik2 dan seru2 tuh sekarang ngga cuma sekolah, ngaji pun ternyata bisa seseru dan semenarik itu buat anak2...

      Hapus
  12. Albata kelasnya beragam, ya, ada offline dan online. Metodenya Montessori pula, pastinya banyak yang suka karena kelasnya lengkap mulai dari toddler sampai remaja

    BalasHapus
  13. masyaAllaah, mau coba juga ah buat Isya, kebetulan dia ini kalo ngaji di rumah banyak alasannya, diajarin ibunya banyak jawabnya wkwkw tp kalo belajar sama orang lain biasanya jadi lebih semangat

    BalasHapus
  14. Metodenya bagus, pengajarnya terbaik suasananya juga menyenangkan. Insyaallah bikin anak belajar nyaman dan mudah menyerap materi yang diberikan. Pasti banyak yang suka belajar di Albata

    BalasHapus
  15. Jadi inget dulu kalau belajar mengaji harus datang langsung ke Taman Pendidikan Al Qur'an dekat rumah. Saat itu pun metodenya belum ada Montenssori, jadi kadang untuk belajar tuh kurang semangat.

    Senang juga sekarang ada sarana belajar mengaji untuk anak-anak dengan metode belajar yang jauh lebih menyenangkan dan fleksibel. Jadi, orang tua bisa tetap mengawasi anak-anaknya dalam belajar mengaji Al-Qur'an.

    BalasHapus
  16. Metode Montessori ini memang andalan bagi banyak orang tua terutama millennial parents jaman jigeum yang kebanyakan sadar pendidikan. Karena ternyata anak tuh perlu dirangsang, montessori ini salah satu metode yang bisa banget merangsang kemampuan anak untuk segala aspek terutama kemandirian dan sosialisasi...

    Kalo liat sekilas di web albata tuh ngajinya kayak main2 ya, maksudnya sambil main sambil belajar gitu. Ini bagus banget buat anak2 yang memang dunianya masih main2.. Nah, aku kan jadi pengen ngerasain sendiri ya gimana sensasinya, serunya, tapi kan mana mungkin aku balik jadi anak TK lagi wkwk..

    Jadi ya udahlah, emaknya nggak bisa ngerasain, biar anakku aja yang ngerasain.. hahaha

    BalasHapus
  17. Pengen banget deh sekolahin anak pas kecilnya di Montessori, tapi suka terkendala sama dana. Di Albata ini sistemnya sudah bagus ya, pelajaran mengajinya dapat, konsep montessorinya juga dapat, masyaallah :)

    BalasHapus
  18. Banyak juga ya cara untuk mempermudah anak belajar mengaji, bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan anak tentunya.

    BalasHapus
  19. Bagus sekali, Mbak. Teknologi bukan untuk dimusuhi. Begitu juga ilmu parenting yang datang dari luar Islam. Bisa kita manfaatkan untuk memberikan pendidikan terbaik buat buah hati :)

    BalasHapus
  20. Sbg orangtua, wajib banget mengajarkan anak tentang mengaji sebagai bekal saat dewasa dan persiapan mati nanti.

    Di era teknologi spt ini, mengaji pun bs dilakukan di mana saja. Bahkan ada pelajaran online kayak di sini. Seru bgt tuh pasti pengajarannya. Smg jd anak sholeh sholehah ya.

    BalasHapus
  21. Metode pendidikan Montessori ini bisa juga ya ternyata diterapkan untuk belajar mengaji. Tentunya sangat memudahkan buat si kecil belajar karena tekniknya yang menyennagkan

    BalasHapus
  22. Masyaallah sekarang orang tua gak perlu khawatir lagi nyari tempat yang cocok untuk belajar mengaji anak2 usia 3-7 tahun ya kak. Bisa di Albata, harganya terjangkau deh dengan jumlah dan durasi pertemuannya

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah jaman sekarang sebagai orang tua dimudahkan sekali dalam.membimbing anak belajar baca tulis berhitung dan mengaji.

    Banyak media yang bisa digunakan supaya anak2 tidak bosan yaa (gusti yeni)

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah, ada kelas yang menarik ya, Kak. Jadinya anak-anak bisa belajar dengan menyenangkan. Tertarik buat nyoba nih,apalagi bisa online, terus menerapkan kelas montessori lagi. Kerena dan cocok banget jadi pilihan

    BalasHapus
  25. anak saya nih belajar ngaji di albata, alhamdulillah suka sih sm sistemnya dan cara mengajar ngajinya

    BalasHapus
  26. Senang dengan kehadiran Albata bisa menyajikan metode islamic montessori di Surabaya. Sayang lokasinya jauh banget dari rumah. Kalau dekat sudah fix saya sekolahkan anak TK di situ

    BalasHapus
  27. Banyak media yang bisa dikenalkan kepada anak sekarang, nah media warna warni lucuu mudah diingat anak dalam proses belajar. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  28. Senangnya para buah hati punya ortu seperti Kakak ini. Paham banget untuk mengajarkan kebaikan dan kehidupan beragama sejak usia dini. Metodenya juga bisa dipraktikkan dengan mudah.

    BalasHapus
  29. Lo Albata sudah ada di Surabaya to, wah menyenangkan nih, bisa rekomendasikan ke saudara nih yang kapan lalu cari sekolah montesori tapi berbasis Islam

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah perkembangan zaman, mengaji pun tak terbatas oleh ruang dan waktu.

    Mengaji online untuk toodler pun bisa dilakukan online di alabata ya mbak . Sekarang tidak ada lasan tidak mengaji sehari ya mbak

    BalasHapus
  31. Wah program di Albata bagus juga ya. Kalau untuk aku pribadi, dalam menghafal Quran Aku kurang suka yang metode online. Soalnya aku jadi nggak bisa ketemu langsung dengan gurunya dan tidak bisa bertanya secara privat jika ada yang ingin ditanyakan

    BalasHapus
  32. Coba dulu ketika saya kecil sudah ada program Albata ini, pasti saya bisa cepat membaca Al Qur'an. Bagus banget ada program Albata untuk anak agar makin bisa belajar Al Qur'an

    BalasHapus
  33. Saya jadi tertarik dengan program Albata ini. Penjelasannya lengkap. Memang benar kita nanti sebagai orang tua harus mempersiapkan generasi qurani yang kuat menghadapi zaman serba maju teknologi mundur akhlak ini.

    BalasHapus
  34. Sekarang mau belajar mengaji juga sudah gampang, salah satunya melalui program Albata ini yang penjelasannya lengkap dan sesuai dengan kemajuan teknologi, jadi anak juga mudah belajarnya.

    BalasHapus
  35. Baru pertama kali ini mendengar tentang program Albata. Sepertinya saya sangat tertarik dengan programnya yang sistematis dan terstruktur dengan baik

    BalasHapus
  36. wah sangat bermanfaat, terimakasih tips and tricknya kak :D

    BalasHapus
  37. Solusi yang sangat bagus untuk mereka yang tinggal di perkotaan, atau daerah yang akses guru ngajinya tidak banyak. Tapi yang tinggal di desa seperti saya juga bisa menyekolahkq anak di sini..

    BalasHapus
  38. Solusi belajar seperti ini cocok banget untuk keluarga Muslim Yang ingin anaknya bisa ngaji dengan lancar tapi di sekitarnya gak ada guri ngaji

    BalasHapus
  39. Sekarang engga ada lagi alasan engga ada guru ngaji. Bahkan Albata ada pilihan online. Praktis dan anak-anak bisa tetep teredukasi.

    BalasHapus

Posting Komentar