cerita mbun

Kenapa Ingin Jadi Blogger? Ini Alasannya!

Alasan jadi Blogger


Aktifnya aku membagikan link artikel di media sosial, mungkin membuat orang bertanya-tanya alasan aku menjadi seorang Blogger. Dari sekian banyak profesi, kenapa aku memilih menjadi seorang yang tidak linier sesuai bidang keilmuanku, yaitu hukum. Apalagi nilaiku juga cukup bagus jika aku ada di profesi hukum. Terlebih aku sudah pernah merasakan ada di dunia hukum setelah lulus kuliah dengan bekerja di kantor notaris.

Lalu, kenapa aku tetap memilih menjadi seorang Blogger ditengah gempuran teman-teman yang memilih bekerja sebagai lawyer? Apakah aku tidak ingin seperti mereka? Apakah profesi Blogger cukup menjanjikan dibanding Lawyer atau sebaliknya?

Alasan Ingin Jadi Blogger 

Aktualisasi diri jadi Blogger

Alasan aku menulis di blog sebelumnya sudah pernah aku tulis beserta cara pengelolaan waktunya. Menurutku profesi apapun itu baik dan tidak bisa dibandingkan. Asalkan kita bisa tanggung jawab dengan pilihan kita dan bisa fokus dengan apa yang sedang kita kerjakan. 

Berikut alasan kenapa aku ingin jadi Blogger sampai sekarang:

1. Sebagai Aktualisasi Diri

Banyak sekali platform menulis yang bisa kita gunakan sebagai wadah untuk aktualisasi diri. Blog adalah tempat aku bisa mengutarakan banyak hal yang berisik di kepala. Bisa menyampaikan pendapat atau keresahan dari sudut pandangku.

Untuk orang introvert seperti aku yang lebih banyak diam, menulis adalah jalan ninjaku, hehe. Aku termasuk orang yang “malas” banyak bicara di depan orang banyak, merasa habis energinya jika terlalu lama ada di keramaian. Untuk itu, aku ingin jadi Blogger agar aku bisa mengaktualisasikan diriku di tempat yang cocok versiku a.k.a satu frekuensi dengan kepribadianku, hehe.

2. Mengasah Kemampuan Menulis 

Aku ingin jadi Blogger karena aku senang menulis sedari kecil. Tapi, baru aku sadari justru setelah aku dewasa. Dengan menjadi Blogger, aku bisa mengasah kemampuan menulis karena selalu ada saja yang bisa aku tulis. 
"Rasanya apa yang aku rasakan, lihat dan dengar selalu ingin aku tulis dan bagikan kepada orang banyak. Apalagi jika hal tersebut relate dengan kehidupanku dan orang banyak."
Mengasah kemampuan menulis bisa aku rasakan dengan bergabung bersama Komunitas Blogger. Disana aku banyak mengasah kemampuan menulisku. Semakin mempelajari tentang Blogger, semakin tidak tahu apa-apa karena ternyata banyak sekali ilmu blog yang bisa kita pelajari. 

3. Memanfaatkan Dunia Digital 

Dunia digital semakin berkembang pesat. Semua proses sekarang lebih banyak melalui online. Turut mempengaruhi berbagai macam profesi, termasuk Blogger. Profesi di era digital sekarang lebih dinamis, tidak harus selalu bekerja di kantor selama 8 jam, dari pagi hingga sore.

Dunia digital membuat pekerjaan bisa dilakukan dimana saja, seperti menjadi Blogger. Blogger bekerja secara dinamis dan fleksibel yang bisa kita kerjakan di rumah. Bahkan sambil bermain dengan anak. Menjadi Blogger sangat cocok bagi ibu yang memilih menghabiskan banyak waktu di rumah. Walau banyak juga yang menjadikan Blogger sebagai pekerjaan sampingan.

4. Sebagai Rekam Jejak

Blog bisa sebagai jurnal online yang bisa kita baca lagi kemudian hari. Aku ingin ketika Aqlan dewasa atau sudah bisa membaca bisa membaca semua tulisanku. 

Aku juga menuliskan perkembangan anak di blog sebagai bahan pembelajaran dalam mendidik anak. Semoga juga bisa menebar manfaat bagi orang lain sesuai dengan pengalamanku. 

Blog secara tidak langsung juga bisa sebagai track record kita dalam dunia menulis. Mengingatkan apa saja yang sudah kita tulis. Akupun merasakan sekali step by step yang tidak mudah, tapi terlihat hasilnya. 

5. Sebagai Personal Branding

Blog juga bisa sebagai personal branding kita ingin dikenal sebagai apa. Menulis di blog membuat aku semakin mengenal diri aku sendiri dan tahu apa yang aku mau.

Sebagai profesional kita sudah membuat portofolio dengan apa yang kita sudah tulis di blog. Blog menjadi tempat aku bertumbuh dengan banyak mempelajari hal yang baru.

6. Menghasilkan Uang

Jadi Blogger menghasilkan uang

Sewaktu aku kuliah, aku meyakini kalau blog itu pasti bisa menghasilkan uang. Hanya saja aku tidak tahu bagaimana caranya. Mencari tahu pun bingung lewat apa karena dulu internet belum ramai seperti sekarang. 

Sekarang, media sosial sendiri sudah ramai, sehingga kita bisa mengakses banyak hal termasuk bagaimana caranya jadi blogger pemula. Akupun mulai mencari tahu kelas-kelas blog melalui instagram, hingga aku menemukan komunitas blogger dan bertemu dengan banyak orang yang keren-keren sesuai bidangnya. Bayangkan, dari rumah saja aku sudah bisa "bertemu" banyak orang dan menjalin relasi melalui blog. 

Alhamdulilah dengan memanfaatkan media sosial tersebut, aku bisa sedikit demi sedikit menghasilkan uang dari blog. Memang belum banyak, tapi lumayan untuk jajan cilok, hihi. Bisa balik modal karena pasang TLD, hehe. Biar kelihatan hasilnya, akupun mencatatnya setiap ada pemasukan dari blog. 

Dulu mau masuk kuliah aku mikirnya bidang literasi sulit untuk mencari pekerjaan, makanya aku pilih bidang yang lain agar mudah mencari pekerjan. Justru dengan menjadi Blogger inilah aku bisa berkarya dan berdaya yang semoga menjadi pintu rezeki aku kedepannya. Aamiin.  

7. Ingin Berkarya dan Punya Banyak Waktu untuk Keluarga

Salah satu alasan aku ingin jadi blogger adalah aku ingin bisa bekerja di rumah. Dengan begitu aku bisa menghemat ongkos transportasi dan keluarga bisa aku pantau secara langsung. 

Setelah punya anak, semakin dilematis pengen kerja tapi nggak mau meninggalkan anak. Ya, Blogger inilah yang bisa kerja dinamis dari mana saja. Kalau hitung-hitungan gaji dan pengeluaran, rasanya lebih boros bekerja di kantor. Belum lagi bayar pengasuh anak, transportasi, makan, dan lain-lain. Apalagi jika gajinya masih satu digit. Rezeki Allah memang luas dan tidak terbatas. Tapi, sebagai manusia penting untuk punya pertimbangan.

8. Pusing yang Menyenangkan

Pusing kok menyenangkan? Gimana sih maksudnya? Jadi gini, kita kan pasti pernah ya kerja dan menemukan kesulitan? Gimana rasanya? Pasti ingin menyerah kan? Atau malah jadi gak semangat kerjanya? 

Nah, jadi Blogger juga sama, ada pusingnya. Tidak hanya sekedar asal nulis saja, tapi menggunakan ilmu agar tulisan kita mudah dipahami pembaca sehingga pesan yang ingin kita sampaikan bisa dipahami oleh pembaca. Proses belajar juga tidak mudah seringkali mengalami kesulitan yang justru malah semakin penasaran. 

"Kalau udah suka, sesulit apapun rasanya tidak ingin menyerah. Sama halnya dengan pasangan. Iyakan?"

 

9. Bisa Menulis Sesuai Bidang Keilmuan

Jangan salah loh, di blog juga kita bisa menyampaikan keilmuan sesuai bidang yang sudah kita pelajari di kampus atau sekolah. Target jangka panjangku ingin menulis niche tentang hukum. Meskipun sudah banyak media besar yang membahas hukum, toh gapapa kan? Aku juga bisa sekalian upgrade keilmuanku.

Ilmu selalu berkembang, agar tidak mudah lupa, aku menuliskannya di blog. Termasuk ilmu yang aku pelajari melalui webinar online. Rasanya sayang sekali jika berhenti di aku dan tidak aku bagikan.

10. Menjalin Relasi

Setelah masuk dunia blog, aku sering dibuat terkagum dengan tulisan orang lain. Teman Blogger yang lain berhasil menginspirasiku melalui tulisannya. Bukan hanya tulisan bahkan melalui obrolan seru kami di sebuah chat mampu mengubah sudut pandangku terhadap suatu hal. Dari mulai obrolan yang serius hingga ngobrolin drama korea dan berujung gibah, hehe.

Berbeda latar pendidikan, pekerjaan, kebiasaan, adat, tempat tinggal mampu menyatukan kami. Aku seperti bertemu dengan teman lama. Aku banyak banget belajar dari mereka. Terima kasih ya, teman-teman Bloggerku.

Penutup

Alhamdulillah aku sudah berhasil melewati tantangan menulis setiap hari bersama Komunitas ODOP dan sudah ada di grup besar ODOP.

Namun, perjuangan belum selesai ternyata. Karena aku memilih grup OBS (ODOP Blog Squad), ada tantangan lagi untuk mempelajari blog hingga prosesnya selesai dan tidak di kick dari grup.

Untuk itulah tulisan ini ada. Hari pertama nulis tantangan tentang tema alasan kenapa ingin jadi Blogger. Adakah yang sama alasannya denganku?


Related Posts

Posting Komentar