cerita mbun

Pola Asuh Ibu Tunggal dalam Drama Korea The Good Bad Mother

2 komentar
Pola asuh the good bad mother
Sumber: mydramalist.com


Banyak Drama Korea yang bagus di bulan April. Sama-sama sedang on going dengan Doctor Cha, The Good Bad Mother juga tak kalah menariknya. Drama Korea yang dibintangi Ra Mi-ran artis senior dan aktor muda Lee Do-hyun merupakan perpaduan yang ciamik. Akting keduanya mampu membuat rating The Good Bad Mother tinggi. 

Selain Ra Mi-ran dan Lee Do-hyun, pemeran The Good Bad Mother banyak yang enggak asing. Aku berusaha mengingat pemain The Good Bad Mother yang lain pernah main di drama mana aja dengan melakukan riset. Ternyata pemain The Good Bad Mother yang lain juga berperan di drama yang tak kalah bagusnya.

Siapa aja sih pemain The Good Bad Mother yang mampu mencuri perhatian penontonnya? Yuk intip!

Pemain The Good Bad Mother

Luput dari pandanganku, ternyata Choi Kang-ho (Lee Do-hyun) ini yang juga berperan dalam drama The Glory. Akting di The Good Bad Mother bagus banget sampai aku tidak mengenalinya. Tidak mudah memainkan dua karakter orang dewasa dan anak kecil.

Jin Young-soon (Ra Mi-ran) juga keren banget di Reply 1988 memerankan seorang ibu yang kocak. Bareng juga sama Choi Moo-sung (Song Woo-byeok) di drama yang sama. Bedanya disana dia pendiam banget enggak pernah ngomong, kalau di The Good Bad Mother jahatnya gak ketolong, hehe.

Paling gak nyangka juga ada Lee Mi-joo (Ahn Eun-jin) karakter gadis ceria juga di Hospital Playlist. Potongan rambut bob emang cocok banget di Ahn Eun-jin.

Duh kok jadi bahas drama-drama yang lain sih? Huhu. Soalnya aku takjub banget sama aktingnya yang benar-benar menjiwai karakternya sehingga sulit dikenali. 
  • Lee Do-hyun as Choi Kang-ho
  • Ahn Eun-jin as Lee Mi-joo
  • Ra mi-ran as Jin Young-soon
  • Yoo in Soo as Bang Sam-shik
  • Hong Bi Ra as Oh Ha-yeoung

Profil Drama Korea The Good Bad Mother


Judul: The Good Bad Mother
Penulis: Bae Se-young
Sutradara: Shim Na-yeon
Genre: komedi, drama, slice of life
Episode: 14
Tayang: 23 Apri 2023
Saluran: JTBC


Sinopsis The Good Bad Mother

The good bad mother menceritakan tentang perjuangan seorang ibu tunggal yang membesarkan anaknya. Pola asuh yang tegas dan disiplin membuatnya terlihat sebagai ibu yang "jahat".

Kematian ayahnya membuat Jin Young-soon mendidik Choi Kang-ho begitu keras dan ambisius untuk menjadi jaksa agar bisa mengungkap kematian ayahnya yang janggal. Impian Jin Young-soon terwujud, namun tanpa sadar pola asuhnya membuat Choi Kang-ho menjadi orang yang sangat dingin, sombong dan tidak punya empati.

Dalam proses mengungkapkan kasus kematian ayahnya, jalannya sangat tidak mudah hingga ia harus mengalami kecelakaan yang membuat dia seperti anak kecil usia 7 tahun.

Bukan hal yang mudah membesarkan anak seorang diri. Ditambah ibu tunggal yang harus mengurus peternakan babi peninggalan suaminya. 

Dibalik hubungn ibu dan anak, tidak lepas dari kisah romntisme hubungannya dengan Lee Mi-joo yang juga banyak menimbulkan luka.

Emang bagaimana sih pola asuh di drama The Good Bad Mother? Bagaimana peran Lee Mi-joo dalam drama tersebut? Yuk simak sampai selesai ya. Jangan lupa nonton dramanya juga!

Pola Asuh Ibu Tunggal dalam The Good Bad Mother 

Kisah ibu dan anak The Good Bad Mother
Sumber: idmb.com


Tanpa sadar pola asuh dalam The Good Bad Mother ini ternyata berdampak negatif di masa depan. Berkat kecelakaan itu, Jin Young-soon diberi kesempatan kedua untuk memperbaiki pola asuh yang kurang tepat di masa lalu. 

1. Bersikap Otoriter

Jin Young-soon soon (Ra Mi-ran) menjadi ibu yang otoriter terhadap anaknya Choi kang-ho. Kang ho harus menuruti perintah ibunya agar fokus menjadi jaksa jika dewasa nanti. Pola makan dan hobi juga diatur. Kang-ho tidak boleh makan terlalu kenyang nanti akan cepat mengantuk sehingga dia tidak bisa belajar.

Tidak membiarkan Kang-ho melukis dan tidak mengizinkan Kang-ho ikut wisata bersama teman-temannya saat sekolah. Pola asuh yang kurang tepat seperti ini menimbulkan luka bagi Kang-ho yang menganggap ibunya jahat. 

2. Menentukan Cita-cita Anak

Dari kecil Kang-ho sudah diarahkan untuk menjadi jaksa. Padahal ia tidak ingin menjadi jaksa. Tapi, Kang-ho tetap menuruti perintah ibunya. Dia tidak bisa bermain seperti layaknya anak kecil, tugasnya hanya belajar agar bisa menjadi jaksa.

Tugas kita sebagai orang tua harusnya mengarahkan anak ingin jadi apa. Bukan menentukan cita-citanya. Berikan pilihan pada anak membuatnya mengenali bakat dan minatnya serta meng-explore lebih jauh lagi apa yang ia sukai.

3. Inner Child yang Meninggalkan Luka di Masa Depan

Saat Kang-ho mengalami Amnesia Retrograde yang cukup parah sehingga tidak bisa mengingat apapun, yang tersisa hanya kenangannya saat usia 7 tahun. Dalam ingatannya hanya kejadian yang membuat dia sedih yang ia ingat.

Seperti tidak mau makan karena dulu ibunya melarang untuk tidak makan terlalu kenyang. Kang-ho tidak pernah menikmati makanannya. 
Pola asuh seperti ini mengajarkan kita untuk tetap berperilaku baik kepada anak. Karena anak merekam perilaku dan perkataan yang berulang. Katakan hal yang baik sehingga anak akan mengingat kenangan indah bersama orang tuanya dan tidak punya inner child yang belum selesai.

 

4. Bersikap Dingin dan Tidak Berempati

Pola asuh tersebut ternyata membuat Kang-ho menjadi orang yang dingin, tidak mudah tersenyum. Terlihat setiap momen penting seperti kelulusan, dalam foto Kang-ho tidak pernah tersenyum.

Sikapnya pun menjadi dingin kepada ibunya. Bahkan saat pengangkatan jaksa, dia sengaja tidak mengundang ibunya. 

5. Support System Terbaik

Meski pola asuh yang dilakukan Young-soon kurang tepat, support system terhadap anaknya cukup bagus. Ibunya rela melakukan apa saja demi anaknya. Rasanya emang semua ibu gitu ya?

Meski Kang-ho bersikap dingin, jauh dalam hatinya dia rindu sama ibunya. Apalagi saat Kang-ho sakit, ibunya tetap jadi support system yang baik untuknya hingga Kang-ho kembali sembuh. 

Kesan Menonton The Good Bad Mother 

Profil pemain The Good Bad Mother
Sumber: Instagram Netflixid

Aku suka banget sama aktingnya. Drama Korea ini sangat rekomendasi untuk di tonton. Drama slice of life yang benar-benar relate sama kehidupan kita di dunia nyata. Dibalut dengan komedi yang lucu.

Drama ini banyak mengajarkan tentang pola asuh, bukan hanya keluarga Kang-ho saja tapi keluarga yang lain juga. Dengan nuansa kehidupan di desa Jou-ri.
"Begitulah orang tua dan anak, meski tak bicara, bisa saling tahu dari tatapannya." -Ibu Lee Mi-joo
Sayangnya, di drama ini gak diceritakan pola asuh kepada Bang Sam-shik yang dewasanya menjadi pencuri. Emang dari kecil aja dia udah iseng banget sama Kang-ho. Orang tuanya selalu menyesal telah mendidik dia, tapi gak diceritakan bagaimana proses mendidiknya.

Overall drama The Good Bad Mother yang paling aku tunggu. Lee Do-hyun ganteng banget disini, hehe. Gak membosankan dramanya. Sebuah drama yang seru itu bagiku yang kalau ditonton tahu-tahu udah selesai aja. Enggak berasa nontonnya. 

Penutup

Kita bisa belajar ilmu parenting juga dari sebuah film seperti pola asuh yang diperlihatkan pada Kang-ho. The Good Bad Mother seperti judulnya memperlihatkan bagaimana baik buruknya seorang ibu. 

Ibu memang tidak sempurna. Tapi, ibulah yang paling mencintai kita dan mengerti kita. Penasaran sama dramanya? Yuk langsung tonton aja! 




Related Posts

2 komentar

  1. Banyak pelajaran yg bikin mewek tapi banyak kocaknya juga film ini. Paling ngakak pas Sam-shik mau nyelamatin Kang-ho pas kebakaran. Plot twist.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya aku ngakak bgt pas bagian itu. Udah dibikin sedih duluan, ehh ngakak di akhir 😂

      Hapus

Posting Komentar