cerita mbun

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun. Anak Semakin Kreatif!

Mainan edukasi anak 3 tahun

Anak 3 tahun merupakan fase anak senang bermain. Tidak heran sebentar-sebentar minta dibelikan mainan. Bahkan sudah punya mainan favoritnya.

Sama halnya dengan Aqlan kalau sudah asik bermain dengan mainannya tidak ingin diganggu. Aku termasuk yang jarang membelikan anak mainan, karena aku belinya mainan edukasi saja.

Tapi, aku juga heran kenapa semakin hari mainan semakin bertambah banyak padahal aku tidak merasa membelikan mainan, haha. Mungkin bisa banyak begitu karena dibelikan kakek dan tantenya. Plus hadiah ulang tahun Aqlan yang lagi-lagi hadiahnya mainan.

Tentu saja aku senang, aku jadi bisa hemat tidak usah membelikan mainan, hehe. Saking banyaknya, tak jarang aku sering menginjak mainan yang berserakan di lantai.

Tidak usah dibayangkan, rasanya sakit banget. Apalagi kalau udah menginjak mobilan kecil alamaaakk langsung nyes ke dada sakitnya. Mungkin bagi Bunda ada yang bingung, emang ada manfaatnya mengenalkan anak mainan edukasi? Tentu ada dong, simak manfaatnya dan rekomendasi mainan edukasi untuk anak 3 tahun yuk!

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Tadinya aku sempat berpikir, ngapain sih banyak mainan gini lebih baik main sama orang tuanya atau sama teman saja. Kan lebih asik jadi rame? 

Ternyata mainan juga punya peran penting loh untuk perkembangannya. Ada beberapa manfaat mainan edukasi untuk anak 3 tahun berikut ini. 


1. Meningkatkan Motorik

Menggerakkan mainan membantu meningkatkan motorik halusnya. Gerakan mata dan tangan membantu kordinasi anak untuk bisa konsentrasi.

Meningkatkan indera penglihatan, penciuman, pendengaran dan perabaannya. Memegang mainan membantu anak merasakan berbagai tekstur ukuran kecil dan besar.

Mainan seperti puzzle bantu anak konsentrasi untuk mencari bagian mana yang cocok agar menjadi gambar yang sempurna. Anak jadi konsentrasi sedang melakukan sesuatu. 

2. Mengasah Kreatifitas

Mainan edukasi mengasah kreatifitas anak. Anak akan memilih mainan mana yang akan dimainkan.

Anak usia 1 tahun mungkin belum bisa memainkan dengan benar, namun disitulah kreatifitasnya semakin diasah. Anak jadi kreatif untuk mencoba memainkannya.

Manfaat mainan edukasi anak 3-5 tahun



Jika tidak sesuai pun biasanya anak akan mengumpulkan mainan berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. Mainan lego bisa meningkatkan kreatifitasnya karena anak bisa membuat apapun yang ia inginkan dari lego tersebut.


3. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Mainan edukasi anak 1-3 tahun seperti menyusun donat mungkin bisa membuatnya kesal karena salah memasukkan ukuran donat. Dari situ, ia akan mulai belajar sabar dan berpikir bagaimana semua donat bisa tersusun dengan rapi.

Lama-lama anak akan paham kalau donat disusun dari yang paling besar dulu sampai paling kecil. 

4. Melatih Fokus Anak

Anak yang bermain mainan edukasi juga belajar banyak loh Bun. Dari situ anak belajar fokus agar bisa memainkannya dengan benar.

Mainan seperti papan huruf dan angka membantu fokusnya untuk menyusun angka dan huruf. Mainan ini juga menyiapkan anak untuk memasuki sekolah.

5. Melatih Problem Solving

Mainan edukasi seperti menyusun puzzle melatih ia untuk belajar menyelesaikan masalah. Mainan set profesi seperti masak-masakan, dokter-dokteran, membantu menyelesaikan masalah bagaimana jika ia menjadi seorang chef, dokter, guru dan lainnya. 

Juga mengajarkan ia memiliki rasa tanggungjawab. Bagaimana caranya ia memainkan peran, mempraktikkan apa yang sering ia lihat. 


Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 3 Tahun yang Disukai Anak

Ada begitu banyak mainan edukasi. Dari harganya yang pas di kantong sampai yang mahal. Tidak perlu memaksakan membeli jika tidak sesuai budget.

Bunda bisa memanfaatkan benda yang ada di rumah. Namun, jika Bunda ingin membelikan anak mainan edukasi, ada beberapa rekomendasi yang bisa Bunda coba kenalkan pada anak.

1. Puzzle

Ada berbagai macam bentuk puzzle, mulai dari puzzle potongan seperti gambar buah-buahan ada juga puzzle balok dengan berbagai macam gambar kesukaan anak seperti macam-macam hewan. Aqlan dulu suka bebek, jadi aku belikan puzzle bebek. 

Aku sudah mulai mengenal puzzle dari usia Aqlan belum 1 tahun. Disesuaikan saja jenis puzzle yang cocok berdasarkan usia anak. Meskipun saat itu Aqlan belum paham, tapi dia senang memainkannya. Memasukkan kepingan puzzle ke dalam balok membuatnya antusias.

Ia terlihat senang ketika sudah jadi bentuk puzzle-nya. Semula aku bantu, lama-lama jadi terbiasa. 


2. Balok Susun

Balok Susun merupakan mainan edukasi yang bisa melatih daya ingat dan fokusnya. Anak akan mencocokkan bentuk balok sesuai ukuran agar bisa masuk ke dalam stick.

Tidak apa jika anak salah menyusunnya, proses menyusunnya juga jadi bahan pembelajaran bagi anak.

3. Lego

Lego mainan edukasi yang legendaris masih ada saja dari zaman aku kecil sampai aku punya anak, lego tetap menghiasi dunia permainan anak, hehe.

Rekomendasi mainan edukasi anak 3 tahun

Kadang bukan anak saja yang seru memainkan lego, tapi orang tuanya juga, haha. Seru banget ya main lego itu kita bisa menyusun membentuk jadi apapun. Bisa jadi tangga, gedung, atau jembatan. Kreativitas anak akan terlihat dari situ.

Apalagi sekarang juga beragam bentuk lego, yang paling lengkap harganya juga lumayan. Kalau Aqlan suka membentukmya jadi gedung tinggi dan menyusunnya berdasarkan warna. Kita bisa menemaninya sambil menyebutkan warna-warna dari lego.


4. Pasir Kinetik

Siapa yang anaknya suka main pasir? Mainan edukasi anak 3 tahun seperti pasir kinetik ini juga bisa membantu kreatifitas anak.

Pasir warna warni membuat anak asik bermain dengan pasir. Anak bisa membentuk pasir dengan benda yang ia miliki. Bisa membuat istana pasir dari ember kecil, kura-kura dengan cetakan agar yang tidak terpakai, atau membuat bentuk sendiri meski tidak mirip gambar aslinya, hehe.


5. Alat Musik

Jika anak menyukai bidang seni, kenalkan anak dengan mainan edukasi berupa mainan di bidang seni seperti Xylophone dengan dilengkapi alat pemukulnya yang bisa mengeluarkan bunyi dan menarik perhatian anak.

Melatih otak kanannya untuk bermain musik. Anak 3 tahun senang bernyanyi dan menari. Bermain musik juga banyak menggunakan aktivfitas fisik yang bisa merangsang motorik kasarnya.


6. Set Mainan Profesi

Bagi anak perempuan, mungkin senang memainkan mainan edukasi berbagai macam peran seperti main masak-masakan, guru, dokter dan profesi lainnya.

Anak bisa berimajinasi membayangkan peran yang sering ia lihat. Dengan mainan masak-masakan anak senang bisa terlihat seperti ibunya yang memasak di dapur. 


7. Papan Huruf dan Angka

Bermain papan huruf dan angka bantu anak siap untuk sekolah. Sambil bermain, anak belajar berhitung dan mengingat huruf. Belajar membentuk huruf sesuai namanya.

8. Donat Susun

Menyusun donat dari yang ukurannya besar hingga yang kecil. Donat susun bisa mulai dikenalkan dari usia kurang 1 tahun dan masih relevan hingga usia 3 tahun.

9. Finger Painting

Selanjutnya ada mainan finger painting, mainan edukasi anak 3-5 tahun. Jika anak senang main kotor-kotoran, finger painting cocok karena mainan ini merupakan kegiatan melukis dengan tangan sebagai kuasnya.

Kegiatan ini termasuk ke dalam kegiatan sensorik anak dan membantu menguatkan jari-jarinya sekaligus juga mengenalkan berbagai macam warna pada anak. Kan katanya berni kotor itu baik, hehe. 


10. Intelligence Stick

Intelligence Stick bantu mengenalkan matematika pada anak. Membantu anak menghitung jumlah stick. Mengajarkan anak penjumlahan dan pengurangan sederhana.


Kesimpulan

Manfaatkan fase bermain anak dengan mengenalkan mainan edukasi. Dengan mainan edukasi anak bisa belajar mengenal berbagai bentuk, ukuran dan warna.

Ada berbagai macam mainan edukasi, sesuaikan dengan kebutuhan anak. Mainan edukasi membantunya menguatkan jari-jari dan belajar kognitif serta emosionalnya. 

Baca juga artikel selanjutnya tentang Mainan Edukasi untuk Anak Laki-laki. Gimana nih Bunda, apa mainan favorit si kecil?


Referensi:

https://www.jakartanotebook.com/blog/mainan-edukasi-anak-knp/

https://www.ibupedia.com/artikel/rekomendasi/rekomendasi-12-mainan-edukasi-anak-usia-3-tahun-yang-menarik

Related Posts

28 komentar

  1. Semua mainan di atas udah pernah nyoba alhamdulillah, baik di rumah maupun di sekolah. Tapi yah gitu wkwkwk kalo di rumah gabisa bertahan lama kecuali sama bapaknya. Ibunya ga telaten :((

    BalasHapus
  2. Sekarang makin banyak macam dan lucu-lucu bentuknya. Kalau dipikir-pikir yang buat kreatif banget ya.

    Pas anak kecil, belum pernah beli pasir kinetik. Tapi saat di TK mereka mainnya

    BalasHapus
  3. Semua mainan edukasi tersebut yang dipakai anak-anak saya di usia 3 tahunan. Di rumah dan di sekolah. Yang paling dia suka adalah puzzle. Serumit apapun dia berusaha menyelesaikan.

    BalasHapus
  4. Saat membaca bagian menginjak mainan anak, saya langsung ngilu, Mbak. Soalnya pernah merasakan. Apalagi kalau mainan itu ada bagian tajamnya hehehe.
    Tapi sekarang mainan adukatif semain beragam. Terus awet dan tahan lama. Misalnya puzzle, dan susun balok. Itu bisa dipakai buat adiknya lagi.

    BalasHapus
  5. Yang belum punya di rumah tuh intelligence stick. Kayanya seru ngajak anak-anak bermain mengenal matematika dasar menggunakan intelligence stick ini. Must try ini

    BalasHapus
  6. Anakku sampai usia 11 masih suka main lego. Mainan seperti Lego, puzzle, dll memang meningkatkan kesabaran dan motorik halus anak ya.


    Walau habis itu bundanya pusing beresinnya gimana wkwkw.

    BalasHapus
  7. Kelima manfaatnya punya pengaruh bagus ya untuk kecerdasan si kecil.
    Cuss nih tinggl pilih games edukatifnya.
    Apalagi ini juga membantu buat yang masih single sesmisal mau ngadoin buat anak temen yang ultah haha

    BalasHapus
  8. Melihat mainan anak tiga tahun yang masih saya simpan jadi teringat bagaimana cerianya anak saat itu bermain dan tertarik dengan donat susun, balok, lego, sampai pasir buatan.
    Sekarang anaknya sudah gede, hehehe

    BalasHapus
  9. Wah saya jadi ingat mainan apa saja yg pernah dimililki anak saya, mulai dari pasir kinetik, puzzle, lego dan lainnya. Tapi kebanyakan sudah enggak lengkap.

    BalasHapus
  10. Mainan nggak sembarang mainan ya. Kalau mainan edukasi sudah jelas selain menjadi hiburan buat anak juga akan memberikan manfaat buat pertumbuhannya.

    BalasHapus
  11. Sekali dayung dua pulau terlampaui ya mbak. Anak senang, edukasi pun dapat. Tapi ya gitu, orang tuanya harus telaten biar nggak hilang satu persatu.

    BalasHapus
  12. Anakku juga suka banget main pasir kinetic, tapi emang bisa bantu meningkatkan kreativitas anak. Trus waktu diajak ke pantai beneran, duh senengnya luar biasaaa. Alhamdulillah jadi bisa mengenalkan pasir betulan hehee. Pokoknya kenalin sebanyak-banyaknya deh mainan edukasi sesuai usia.

    BalasHapus
  13. Anak saya betah main mainan begitu di tempat penitipannya aja. Kalau di rumah yang dimainin cuma mau mobil mobilan yang disuka

    BalasHapus
  14. Mainan edukasi anak sekarang makin banyak macamnya dan bagus-baguuuus. Harganya juga variatif, yang 10 rebu juga ada. Aku jualan, soalnya. Hehehe... Gemes sih sama mainan edukasi ini.

    BalasHapus
  15. sekarang mainan anak makin beragam jenis dan bisa jadi sarana edukasi juga. ihh seneng deh liatnya.

    BalasHapus
  16. Aku ikutan seneng nih sama mainan edukasi. Beberapa di atas juga udah punya. Tapi anak memang seneng banget sama mainan yg bikin penasaran.

    BalasHapus
  17. Dari mainan yang ada, saya belum beli lego. Oh tidak, saya tidak sabaran kalau itu ada yg hilang satu biji. Bisa-bisa saya yg emosi mencarinya. Wkwkwkw

    BalasHapus
  18. Pernah coba hampir semua kecuali alat musik karena menurutku nggak sesuai sama anakku. Bisa ganggu konsentrasi sama bikin dia overstimulasi.

    BalasHapus
  19. Semua mainan di atas alhamdulilah udh bs kebeli semua buat si kecil. Ya ini atas bantuan teman2 kreator sih yg bikin konten spt ini. Shg bs mendidik anak lbh kreatif dlm proses pendidikannya sejak dini.

    BalasHapus
  20. Saat anak berusia 3 tahun memang banyak kegiatan ayng dapat dilakukan untuk menstimulus kemampuan otaknya. Bisa dibantu dengan mainan edukasi seperti yang disebutkan di atas.

    BalasHapus
  21. Lego, Puzzle, Balok Susun, Donat Susun, ini nih mainan yang setiap hari berserakan keberadaannya di ruang tengah rumahku karena anak-anakku yang memang masih kecil-kecil main. Tapi ada beberapa juga yang belum kuberikan, semisal pasir kinetik.

    BalasHapus
  22. Aku juga seneng kasih anakku mainan-mainan edukatif, yang masih aku cari puzzle peta dunia,, mudah-mudahan nanti dapat model Yang sesuai yang aku ingin

    BalasHapus
  23. Ini nih, lego sama balok susun tersangka yang diyam-diyam suka menyakiti kaki malem-malem. Huhhu, nyut-nyutan banget nginjek mainan anak ini. Aku pikir setelah anak usia 3 tahun gakkan terjebak, tapi ternyataaa.. masih. Huhuhu~

    Seneng yaa.. ada banyak pilihan mainan edukasi.
    Pasir magnetik ini lumayan ngebersihinnya. Gak sesusah pasir zaman dulu...

    BalasHapus
  24. Kalau anakku dibelikan puzzle binatang,tiap hari itu melulu yang dibawa kemana-mana. Kadang malah dibeliin mainan nggak digunain karrna dia sukanya interaksi. Hehe. Pernah juga keinjek tapi keinjek bebek kecil yang bunyi gitu. Wkwk

    BalasHapus
  25. Aku kalau bingung beli apa buat hadiah lahiran, kadang aku belikan buku bantal. Lumayan, bisa buat alat permainan edukasi juga kan?

    BalasHapus
  26. Ah sama banget. Dulu ketika anak masih kecil jika waktunya bermain pasti deh seluruh ruang tamu jadi playground, hehe...

    BalasHapus
  27. gak tau kenapa kalo bicara soal mainan edukasi anak, saya yang paling semangat, hahaha. sampai bingung mau yang mana dulu yang dibeli, karena respon anak yang juga antusias sih ya jadi ikutan semangat

    BalasHapus
  28. mainan edukasi yang tepat bukan sekedar anak senang bermain, tapi bisa menstimulasi motoriknya ya. Dan ternyata mainan edukasi itu banyak juga

    BalasHapus

Posting Komentar