cerita mbun

Mainan Edukasi Anak 3 Tahun Laki-laki. Anak Pasti Suka!

Mainan edukasi anak laki-laki

Memiliki anak laki-laki itu energinya luar biasa besar banget. Seperti nggak pernah ada capenya. Aku yang lihatnya aja cape, gimana dia yang seharian beraktivitas? Kalau di ibaratkan handphone, kaya nggak pernah lowbet, haha.

Mungkin ada juga anak perempuan yang memiliki energi besar seperti anak laki-laki. Tapi, beda aja gitu kalau anak laki-laki dia lebih berotot dan tenaganya besar.

Aqlan dari usia 1 tahun aja dia udah bisa angkat meja plastik yang besar dan berat untuk ukuran anak 1 tahun. Angkat beban berat tuh seperti enteng bagi anak laki-laki dan berani mencoba banyak hal.

Untuk menyalurkan energi aktifnya, kenalkan mainan edukasi yang tepat untuk anak laki-laki. Mainan edukasi anak 3 tahun bantu meningkatkan kognitifnya. Apalagi Aqlan ini senang banget loh main sendirian. Kadang ada rasa khawatir juga, boleh nggak ya anak laki-laki main sendirian?

Anak Laki-laki Main Sendiri. Memangnya Tidak Apa-apa?

Sempat terbesit perasaan khawatir Aqlan lebih senang main sendiri dibanding bersama teman-temannya. Apakah empati Aqlan kurang ya? Apakah dia tidak suka bersosialisasi? Apakah dia tidak bisa berbaur dengan temannya?

Tapi, kalau ada teman-temannya yang mengajak main, dia berbaur juga sih. Hanya saja kalau nggak ada teman bermain, dia suka bermain sendiri.
Manfaat anak laki-laki main sendiri
Syukurlah hanya kekhawatiranku saja, dari hasil riset aku menemukan kalau ternyata baik bagi perkembangan anak 3 tahun jika anak laki-laki senang bermain sendiri.

1. Anak Lebih Mandiri

Anak yang bermain sendiri mengharuskan segala sesuatunya sendiri. Tidak mengandalkan orang tua atau orang disekitarnya.

Jika merasa membutuhkan sesuatu ia akan berusaha sendiri, kalau sudah tidak bisa baru ia akan meminta tolong. Anak lebih mandiri karena mengupayakan sendiri dulu baru meminta pertolongan.

2. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Puas main sendiri dan berhasil melakukan sesuatu dengan sendiri menumbuhkan rasa percaya dirinya. Aqlan senang sekali membuat proyek jalan tol dengan mainan mobilan kontruksinya. 

Pasir untuk membuat jalan ia masukkan ke dalam truk menggunakan beko dan membentuk seolah-olah jalan sungguhan. Hal itu terlihat dari senyumnya yang begitu puas berhasil membuat jalan tol versi dirinya.

3. Anak Jadi Lebih Tenang

Bermain mainan edukasi sendiri membuat anak jadi lebih tenang. Anak yang suka tantrum mungkin akan lebih baik jika bermain sendiri karena ia bebas melakukan apapun tanpa harus bertengkar dengan temannya.

Biasanya anak jadi tantrum karena ingin memiliki mainan punya temannya, sedangkan temannya tidak mau meminjamkannya. Hal tersebut bisa memicu pertengkaran. Kalau satu nangis, dijamin yang lain jadi ikutan menangis.

Lebih berpeluang bertengkar jika main bersama teman dibandingkan main sendiri. Bukan berarti main bersama tidak baik, tapi ada kalanya kita aja yang dewasa butuh space sendiri kan? Hehehe.

4. Menemukan Minat Anak

Anak yang bermain sendiri memiliki ketertarikan khusus pada sesuatu. Ia menyukai sesuatu tanpa ingin diganggu orang lain.

Seperti Aqlan yang menemukan kecintaannya pada mobil kontruksi. Bantu anak menemukan minatnya sendiri. Mungkin setelah besar nanti ingin memimpin pembangunan infrastruktur.

5. Bantu Anak Siap Sekolah

Anak yang mungkin tadinya kemana mana harus dengan orang tua, rasanya lengket terus sama orang tua. Bahkan ditinggal ke kamar mandi pun nangis.

Dengan bermain sendiri anak jadi sudah terbiasa ketika sekolah nanti. Sudah berani dan tidak menangis lagi jika tidak ada orang tua di sekolah.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 3 Tahun untuk Laki-laki

Kenali minat anak pada mainan tertentu. Dari mainan tersebut kita bisa membuat story telling dengan anak.

Berikut mainan edukasi anak 3 tahun Laki-laki yang bisa dimainkan sendiri. 

1. Mobilan Kontruksi

Lebih hemat membeli mainan yang satu bundling, sudah satu paket dengan mobilan yang lain. Ada banyak beragam paket mobil kontruksi.

Mobilannya berisi dumtruck, molen, gelinding dan lain-lain. Biasanya aku juga sambil bercerita ketika Aqlan sedang bermain mobilan.
Mainan anak laki-laki 3 tahun
“Wah muat banyak ya pasirnya. Coba masukkan lagi pasirnya ke dumtruck, masih cukup tidak ya?”


2. Dinosaurus Figure

Selain mobilan, figure dinosaurus juga jadi hal yang menarik bagi anak laki-laki 3 tahun. Banyak bentuk dinosaurus, ada yang besar dan kecil, ada yang sedang mengaum atau tidak.

Figure dinosaurus membuat anak betah bermain sendiri. Meningkatkan imajinasi anak saya bermain.

3. LCD Writing Tablet

Mainan anak edukasi Laki-laki 3 tahun ini cocok bagi yang senang menggambar atau belajar menulis. Bisa dihapus lagi dan tersedia pen dengan warna warni.

Layar LCD nya aman bagi anak-anak karena dilengkapi dengan anti-blue light dan anti radiasi. Tabletnya praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

4. Balok Iqra

Balok iqra memudahkan anak belajar huruf-huruf hijaiyah. Mengenalkan huruf hijaiyah merupakan cara mengajarkan anak membaca Al-Qur'an. 

Mengenalkannya sejak dini juga menambah kecintaannya pada Al-Qur'an. Terdiri dari beberapa kubus kayu yang cocok digunakan untuk proses belajar anak.

5. Fun Doh Extruder

Bahan dasar lilin plastisin ini aman digunakan untuk anak. Anak bisa membantuk lilin jadi gambar yang anak mau. Dilengkapi dengan cetakan hewan, mengenalkan anak nama-nama hewan dan benda disekitarnya.

Anak bisa membentuk gambar apa saja dengan lilin tersebut. Warnanya yang beragam menambah keseruan bermain lilin. 

6. Senter Proyektor

Senter Proyektor bisa menjadi sarana edukasi bagi anak. Dengan mengganti tutup lampu senter dengan beraneka ragam gambar hewan, transportasi dan huruf. 

Kesimpulan

Mainan edukasi anak 3 tahun banyak pilihan beragam yang bisa dimainkan anak. Pilih mainan yang mengedukasi anak. Manfaatkan kegiatan bermain anak dengan mengenalkan benda di sekitarnya. 

Anak laki-laki cenderung memiliki tenaga yang besar dibanding anak perempuan. Wadahi keaktifan tersebut dengan berbagai mainan edukasi.

Selanjutnya baca juga artikel Mainan Edukasi Anak 3 Tahun Perempuan. Share yuk Bunda, mainan edukasi apa yang paling disukai oleh anak?



Referensi:

https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/manfaat-anak-main-sendiri/

https://bp-guide.id/AXgog5Ta

Related Posts

20 komentar

  1. Anakku yang laki sukanya mobil-mobilan, puzzle dan menyusun balok blok. Plus main sepeda roda 3. Kalau udah main ga bisa diganggu

    BalasHapus
  2. Anak usia 3 tahun lagi suka banget eksplorasi ya, mb. Bisa juga di ajak main mobil-mobilan di pasir, main dinosaurus di taman sambil petka umpet yak. Pasti seru!

    BalasHapus
  3. Bener nich balok iqro sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak, ini juga cocok sepertinya untuk anak perempuan ya mbak. Nanti cuz mau beli aku.

    BalasHapus
  4. jadi ingat anakku dulu suka mobil-mobilan dan menyusun balok, sampai banyak banget koleksi mobilnya dan sekarang entah kemana.. hehehe.. informasi yang bagus mbak, terima kasih

    BalasHapus
  5. anak laki-laki tenaganya betul-betul super yaa, dari bayi kayak kuat banget wkwkwk tapi kayaknya memang di design begitu ya sm Allah karena nanti jadi penopang untuk ibunya, sodara perempuan, istrinya dan anak perempuannya

    BalasHapus
  6. balok spon nisa juga jadi pilihan mainan edukasi mbak, anak bisa menyusun bentuk sesuai keinginan mereka, ada juga lego yang besar jadi tidak mudah tertelan anak

    BalasHapus
  7. LCD writing tablet ini yang adekku dulu punya. Karena dia suka nulis dan menggambar jadilah dibelikan. Lumayan juga bisa menghemat kertas. Pernah ku belikan mainan masak-masak hilang satu persatu wkwk.

    BalasHapus
  8. Mantab ya Mba pilihan mainnannya. Anakku suka yang balok iqro. tapi kendalamya baru sebentar udah ilangilanh

    BalasHapus
  9. Mainan Anak laki-laki seru-seru juga ya mbk, anakku tiga-tiga nya cewek semua.. Jadi mainan boneka dan peralatan masak-masak an sampek numpuk banget dirumah hehheee... Tapi anak pertamaku suka juga mainan puzzle dan menyusun balok blok

    BalasHapus
  10. Anakku sukanya mobil-mobilan. Kemanapun kalau jalan-jalan pasti minta dibeliin mobil-mobilan, kalau udah dilaksanain belinya anteng dah dia

    BalasHapus
  11. anak saya laki-laki dulu waktu kecil hobinya main bola dan mobil-mobilan. Kemana-mana bawa bola...tendang-tendang di rumah bolanya. sejak usia 1 tahun suka banget bola. Kalau mobilan dia senengnya ngoleksi mobil hotweel sampe koleksi banyak banget sampai sekarang dia udah mahasiswa koleksi mobilnya masih ada.

    BalasHapus
  12. Jadi inget anak lanang yang sekarang belajar di pesantren. Dulu paling suka beli mainan hot wheels, trus ganti lego, dan yang sampai sekarang masih dikoleksi adalah rubik beraneka bentuk.

    BalasHapus
  13. jadi inget anak-anak pas kecil, kalau habis gajian selalu minta dibelikan mainan. Kalau nggak tru trukan, ya puzzle, lego dll.

    BalasHapus
  14. Kalau Afira sukanya main yang harus ada interaksinya, nih, Jadi jarang banget dia main sendirian kalau nggak gabut atau ditinggal tidur orang tuanya. Hehe.

    BalasHapus
  15. Mainan itu memang penting banget ada di rumah yang ada toddlernya ya kak. APalagi untuk menstimulus motorik anak. Jadi kalau anak suka bermain dan berantakan, sebaiknya ayah bunda bisa memahami

    BalasHapus
  16. Wahh ini cocok nih buat ponakanku hihi, kebetulan bulan depan ultah, bisa kali yah dikasi kado ini wkwkw

    BalasHapus
  17. Mantab rekomendasinya Mbak. Tapi anaku udah di atas balita e.. bisa buat ponakan nih

    BalasHapus
  18. Anakku yang cowok selain suka mobil mainan, juga suka main tembak-tembakan. Tingkahnya lucu gitu

    BalasHapus
  19. Aku kok tertarik balok iqro mbak, betewe itu kalau mau beli dimana ya? barangkali ada linknya aku di japri ya mbak

    BalasHapus
  20. pas banget mbaa .. aku lg cari kado buat temen yg baru lahiran anak laki-laki.. gak bingung lagi deh mikirin apa ya kado yang gak cuma bagus tapi juga bermanfaat untuk jangan panjang buat si penerima.. makasi banget buat referensinya mbaa..

    BalasHapus

Posting Komentar