cerita mbun

Ide Me Time Bagi Ibu Rumah Tangga. Tak Perlu Merasa Bersalah!

2 komentar

Tanpa perlu merasa bersalah

Mengurus keluarga sangat mengurus tenaga. Belum lagi pekerjaan rumah yang tidak pernah ada habisnya. Apakah ada hari libur untuk Ibu Rumah Tangga? Kayanya kalau tidak meliburkan diri sendiri ya tidak akan pernah ada hari libur ya Bun, hehe.

Kalau sudah lelah mengurus rumah, rasanya pengen me time sebentar saja. Tapi, perasaan bersalah dan nggak tega selalu menghantui tatkala ingin me time keluar rumah yang tanpa membawa anak.  

Sudah punya waktu dengan diri sendiri, pikiran Ibu masih saja terpaut sama anak dan urusan rumah. Ya, maklum sehari-hari di rumah bersama anak, ganti kegiatan lain tapi kok masih kepikiran aja? Mikirnya kasihan sama anak nanti nangis nggak, apakah sudah makan atau belum dan perintilan yang lainnya. 

Duh, 2024 udah jangan mikir overthingking gitu lagi ya Bun, kan anak ada di tangan yang tepat sama Ayah, kakek & nenek, kerabat, pengasuh atau siapa saja yang Bunda percayakan. Insya Allah aman karena dari kegiatan me time Bunda akan banyak mendapatkan manfaatnya sehingga Ibu jadi percaya diri.

Apa Itu Me Time?

Banyak perubahan yang tejadi setelah menikah dan punya anak. Bagi Ibu Rumah Tangga seringkali merasa terjebak dengan rutinitas pekerjaan domestik. Makanya penting sekali bagi Ibu Rumah Tangga untuk melakukan me time demi menjaga kewarasannya agar tidak mudah meledak.

Me time adalah aktifitas rehat sejenak dari kegiatan domestik yang banyak menyita perhatian. Sesekali kita boleh kok bodo amat sama pekerjaan rumah kalau kita sudah lelah. Tanpa sadar, diri sendiri yang bisanya bikin badan lelah.
Tidak apa-apa me time saat kita belum nyuci, masak, ngepel, angkat jemuran. Kita Ibu Rumah Tangga, bukan asisten rumah tangga, hihi. 
Menurut psikolog anak dan keluarga, Samanta Ananta mengatakan bahwa Ibu Rumah Tangga perlu membahagiakan diri sendiri sebelum memberikan kebahagiaannya untuk orang lain. Diri sendiri akan merasa lebih utuh membahagiakan orang lain setelah diri sendiri terpenuhi. 


Manfaat Me Time Bagi Ibu Rumah Tangga 

Lihat kursi nggak simetris, langsung kita betulkan. Lihat sendok dan garpu tidak pada tempatnya juga kita beresin. Mainan anak apalagi sudah nggak kehitung berapa kali dibereskan. 
Me time artinya
Kalau aku, yang penting rumah bersih dan tersedia makanan anak aja udah aman. Sisanya nanti aja diberesinnya kalau udah nggak lelah demi menjaga daya tahan tubuh juga biar nggak gampang cape karena tenaganya akan dipakai untuk besok, lusa dan seterusnya. Tapi sesekali melupakan juga tidak apa, hehe. 

1. Mencegah Stres

Melakukan rutinitas harian yang sama rentan mengalami stres. Meski terlihat baik-baik saja dari luar, sebenarnya Ibu juga butuh meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Masalah dalam rumah tangga juga bisa membuat stres. Kalau kita belum terkoneksi dengan diri sendiri hal tersebut bisa membuat kita merasa lelah dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya. 

Dengan rehat sejenak dari aktifitas harian, kita bisa mecegah stres dan depresi itu terjadi. Sehingga Ibu bisa kembali mengurus keluarga dengan baik dan pikiran yang lebih fresh

2. Membantu Mengelola Emosi

Me time membuat pikiran ibu jadi lebih rileks. Ibu jadi bisa berpikiran jernih saat menghadapi masalah rumah tangga.

Saat me time ada waktu untuk mengelola emosi agar tidak melampiaskan kemarahannya pada anak dan suami. Kalau tangki cinta Ibu sudah terisi, Ibu jadi bisa membagi cinta untuk suami dan anaknya.

3. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Dengan me time kita jadi tahu akan kebutuhan kita. Lebih mengenal diri sendiri maunya apa. Tidak mudah marah sama pasangan karena kebutuhannya sudah terpenuhi. 

Kalau kita sudah kenal diri sendiri kita akan lebih mudah untuk mendidik anak dan tidak mudah mengomel tidak jelas apalagi sampai marah-marah sama anak. 

Pernah lihat Ibu sampai marah besar sama anak yang tidak sengaja menumpahkan minum? Hal tersebut bisa karena kurangnya Ibu mengenal diri sendiri karena tidak ada waktu untuk me time.

4. Tidak Menyesali Pernikahan

Dilansir dari Siap Nikah, kita bisa merasa menyesal dengan pernikahan karena merasa tidak adil diperlakukan oleh suami dan anak. Emosi negatif ini bisa muncul jika kita tidak punya waktu dengan diri sendiri. 

Sebegitu pentingnya me time bagi diri sendiri agar tidak menjadi overthingking terhadap hubungan dengan pasangan. Apalagi sampai jadi berandai-andai, jangan ya Bun.

5. Meningkatkan Produktivitas

Istirahat sejenak dari kegiatan sehari-hari bisa membuat produktivitas kita meningkat. Kalau udah istirahat kita jadi punya tenaga lagi untuk mengurus keluarga.

Kegiatan me time juga bermanfaat kalau lagi mengalami burnout saat menulis. Perlu cari kegiatan lain yang bikin semangat on lagi. 

Ide Me Time Ibu Rumah Tangga ala Aku

Stigma tentang Ibu yang sedang me time masih ada saja loh. Stigma kalau Ibu harus kuat dan nggak boleh sakit itu sama sekali tidak betul. Ibu juga manusia, nggak melulu kuat setiap harinya walau terlihat kuat itu kadang juga dikuat-kuatin aja, hehe.

Pentingnya me time bagi ibu rumah tangga

Ibu juga boleh sakit kalau emang harus sakit. Ya masa orang sakit lemes harus dipaksa aktivitas gimana ceritanya? Kan Ibu bukan robot. Ibu juga butuh istirahat sejenak dari rutinitas. 

Pegawai kantoran saja dalam satu minggu ada libur dua hari, Sabtu dan Minggu untuk mengembalikan produktivitas agar kinerja mereka semakin bagus. Begitu juga Ibu Rumah Tangga yang perlu istirahat agar bisa produktif lagi mengurus keluarga. 

Ide Ibu me time bisa dimulai dari hal yang kita sukai atau mencoba hal yang baru. 

1. Tidur Siang

Bagi yang memiliki anak usia toodler seperti aku, tidur siang menjadi impian sekali. Sudah bangun dari subuh dan menyiapkan segala sesuatunya untuk keluarga, rasanya pengen istirahat dengan tidur siang yang berkualitas.

Kalau anak tidur siang, enak bisa ikut tidur walau saat kita masih pengen tidur anak sudah bangun duluan. Biasanya kalau bisa tenang tidur siang gini saat suami libur karena ada yang jagain anak selama tidur siang dan itu enak banget Bun. Benar-benar nikmatnya tidur siang perlu dilakukan meski tidak setiap hari. 

2. Nonton Film Favorit

Bun, terakhir kali kapan nonton film favoritmu? Coba diingat-ingat jangan-jangan kamu selalu skip untuk melewatkan film terbaru yang sebenarnya pengen kamu tonton karena merasa tidak memiliki waktu untuk nonton.

Selalu melewatkan film terbaru dengan alasan "nanti aja nontonnya", nanti-nanti terus sampai udah basi nontonnya ya Bun, hehe.

Buat yang suka nonton Drama Korea bergenre komedi romantis kaya aku, nonton drama itu jadi pelepas penat banget. Drama Korea sangat menghibur aku yang butuh hiburan. 

3. Jajan Jajanan Favorit

Sesekali nggak masak gapapa ya Bun. Kita tidak perlu memasak setiap hari jika lelah. Jika ada kelebihan rezeki, Bunda bisa memesan dengan aplikasi pesan makanan atau membeli di warung makan terdekat. 

Memakan makanan enak yang kita sukai bisa mengembalikan mood jadi lebih baik. Biasanya selepas gajian aku memilih untuk tidak memasak biar kami makan di luar saja.

4. Jalan-jalan Pagi

Tidak perlu olahraga yang berat, diawali dengan jalan-jalan pagi menghirup udara segar juga bikin kita lebih rileks. Udara segar yang kita hirup bikin kita merasa bahagia.

Kebetulan aku tinggal di pedesaan yang masih banyak sawahnya. Kalau pagi-pagi udara masih sejuk dan kadang terlihat kabut. 

5. Bertemu Teman

Di rumah terus yang diajak ngobrol setiap hari sama anak. Pengen juga ketemu orang biar ada interaksi meski aku juga tidak terlalu suka keramaian dan intens ketemu orang, tapi sesekali aku kangen juga ngobrol sama manusia dewasa selain suami, haha.

Bunda bisa menghubungi teman lama untuk mengajak bertemu atau mengunjungi rumahnya bisa jadi ajang silaturahmi. Beruntungnya aku tinggal di dekat rumah teman lamaku sewaktu sekolah. Jadi kamu bisa saling berkabar kalau bosen di rumah. 

6. Merawat Diri

Merawat diri bisa di lakukan di rumah atau pergi ke salon. Aku biasanya lebih memilih di rumah yang sesuai budget saja. Maskeran di rumah sekalian ajak suami juga biar sama-sama glowing

Merawat diri membuat kita tampil lebih percaya diri. Meski kita lakukan untuk diri sendiri, merawat diri perlu kita syukuri karena telah diberi kesehatan untuk bisa menjaga keluarga.

Kesimpulan

Penting sekali me time bagi Ibu Rumah Tangga yang setiap hari berkutat dengan pekerjaan domestik. Rasa bosan, lelah, jenuh pasti menghampiri di sela-sela kesibukan dan keadaan Ibu yang mudah lelah.

Ibu wajib untuk meluangkan waktu dengan diri sendiri. Baik di rumah atau pergi jalan-jalan ke rumah. 10 menit saja sudsh berarti sekali untuk istirahat sejenak dari rutinitas. 

Ide me time bagi Ibu Rumah Tangga di atas bisa ibu coba lakukan meski terlihat sepele tapi penting untuk kesehatan mental Ibu Rumah Tangga. Kalau Bunda biasanya ngapain kalau me time?


Referensi:

https://siapnikah.org/ini-lho-pentingnya-me-time-buat-kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga/

Related Posts

2 komentar

  1. baru tahu arti me time, "Me time adalah aktifitas rehat sejenak dari kegiatan domestik yang banyak menyita perhatian.". kirain foya-foya... okelah, nice post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Betul itu artinya me time kak 😊

      Hapus

Posting Komentar