cerita mbun

Sinar Mas Land Kembangkan Hunian Nyaman dan Aman dengan Konsep Livable City

8 komentar
Sinarmas land kembangkan kota layak huni
Saat akan menikah dengan suami, kami merencanakan nanti akan tinggal dimana dan konsep rumah seperti apa yang kami inginkan. Sebagai seorang introvert yang lebih menyukai berlama-lama tinggal di rumah, tentunya aku ingin rumah dengan nuansa yang tenang, nyaman dan pastinya aman sehingga meski suami ada dinas keluar kota nantinya aku tidak akan takut sendiri di rumah.

Hunian nyaman ini menurutku bukan hanya impian kami berdua, tapi juga impian bagi kebanyakan orang yang tinggal di kota-kota besar. Dimana jumlah penduduk yang banyak tidak sebanding dengan lingkungan tempat tinggal yang ikut semrawut. 

Kami ingin tinggal di hunian yang nyaman dengan Konsep Livable City, sehingga kami bisa merasa quality time yang berkualitas jika sedang di rumah, juga bisa bersosialisasi dengan tetangga. Konsep Livable City kini hadir memberikan solusi bagi pasangan suami istri yang menginginkan rumah idaman yang nyaman dan aman.

Apa itu Konsep Livable City?

Konsep Livable City atau biasa disebut dengan kota layak huni adalah dimana masyarakatnya bisa tinggal dengan aman dan nyaman di suatu kota. Apalagi kota besar, kemacetan dan polusi udara kini kian menjadi masalah yang serius.

Padatnya jumlah penduduk tidak sebanding dengan ruang untuk tempat tinggal. Konsep livable city ini juga berkaitan dengan lingkungan dengan adanya ruang terbuka hijau dan pohon yang tumbuh disekitar tempat tinggal.

Keadaan kota yang semrawut itu jelas membuat kita tidak nyaman dan merasa tidak aman. Selain itu bisa juga menimbulkan berbagai macam penyakit jika lingkungan tempat tinggal tidak bersih dan tidak adanya fasilitas penunjang yang lainnya.  

Kota layak huni
Sumber: ecatalog.sinarmasland.com
Kami sendiri mendambakan lingkungan tempat tinggal yang asri, dimana terdapat banyak pepohonan dan halaman depan rumah dipenuhi dengan tanaman yang bisa membuat suasana menjadi asri dan segar. 

Memiliki anak yang super aktif inginnya main diluar rumah terus, membuat kami juga harus memikirkan tingkat kenyamanan dan keamanan bagi anak. Dengan terciptanya livable city ini membuat keluarga juga semakin harmonis dan terlindung kemanan dan kebersihannya. 

Sebagai seorang Blogger yang merdeka aku juga lebih banyak bekerja dari rumah. Ide-ide bisa muncul dari lingkungan rumah yang nyaman. Aku selalu percaya kalau rumah yang nyaman bisa membuat semangat dan kreatifitas meningkat, sehingga bisa lebih produktif lagi. 

Tinggal di kota besar, bukan hanya kenyamanan namun keamanan juga perlu diperhatikan. Banyak berita kriminal sekarang yang mengincar anak kecil, dengan berbagai modus kejahatan membuat kami juga khawatir jika anak main di luar.

Makanya, untuk memenuhi hunian nyaman idaman kami, perlu diperhatikan indikator Livable City, apa saja hal yang membuat kami merasa nyaman dan aman tinggal di rumah sendiri.

Indikator Hunian dengan Konsep Livable City

Untuk mewujudkan kota layak huni atau livable city, perlu adanya penunjang dari semua aspek. Dari mulai aspek fisik seperti prasarana dan tata ruang hingga non fisik seperti hubungan sosial dengan tetangga dan kegiatan ekonomi. Maka dari itu, konsep livable city harus memenuhi indikator berikut:

  1. Tersedianya kebutuhan dasar seperti perumahan yang layak, air bersih, sanitasi, listrik, pangan dan kebutuhan lainnya.
  2. Tersedianya fasilitas umum dan fasilitas sosial (transportasi umum, taman, fasilitas kesehatan dan lainnya.
  3. Tersedianya ruang publik untuk berinteraksi dan hubungan sosial.
  4. Keamanan dan keselamatan
  5. Kualitas lingkungan
  6. Mendukung fungsi ekonomi, sosial dan budaya 
  7. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan
Apakah tempat tinggal kamu sudah terpenuhi indikator livable city? Coba cek disekitarmu apa lagi yang harus ditingkatkan untuk mencapai livable city?

Apakah transportasi publik memadai? Apakah ada akses untuk pejalan kaki? Atau kegiatan ekonomi yang bisa menunjang kebutuhan kamu? Kalau masih banyak masalah di sekitar lingkungan, untuk yang punya kesabaran setipis tisu kaya aku, bisa jadi di rumah malah marah-marah melulu.

Alhamdulillah sekarang di beberapa kota besar di Indonesia sudah terpenuhinya konsep livable city yang diciptakan oleh Sinar Mas Land. Peduli terhadap lingkungan hijau dan akses kemudahan tinggal di kota. 

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

Kembangkan hunian nyaman
Sumber: Instagram @sinarmas_land
Sinar Mas yang namanya sering terdengar dimana-mana bukan hanya memiliki perusahan besar, namun juga banyak menaungi berbagai bidang termasuk bidang properti, yaitu Sinar Mas Land. Sinar Mas Land sendiri merupakan pengembang properti terbesar dan proyek yang beragam di Indonesia. 

Kamu tahu gak? Ternyata Sinar Mas Land ini sudah berkiprah di bidang properti selama lebih dari 40 tahun loh. Pantes saja tidak heran kalau Sinar Mas Land ini bantu mewujudkan tempat tinggal yang nyaman dengan konsep livable city yang mengacu pada 4 pilar, yaitu:
  • Live, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.
  • Learn, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.
  • Work, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industri, serta area komersial.
  • Play, mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.
Kawasan livable city ini bisa dilihat dengan adanya proyek Sinar Mas Land yaitu, BSD City Tangerang, Kota Deltamas di Cikarang, Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Nuvasa Bay Batam, Bogor, Balikpapan, Surabaya.

Waaaahhh lengkap sekali ya? Semua fasilitas ada. Tidak heran kalau konsep livable city ini yang didambakan semua orang yang ingin hunian nyaman dan aman. 

Dengan kerja kerasnya mewujudkan hunian nyaman dengan konsep livable city, Sinar Mas Land memang pantas mendapatkan penghargaan. Beberapa penghargaan yang didapatkan oleh Sinar Mas Land.
  • Penghargaan FIABCI (Tahun 2017-2019) Meraih 2 FIABCI Awards untuk Indonesia Convention Exhibition - Kategori Purpose Built
  • Penghargaan Asia Pacific Property (2019) 9 kali memenangkan Asia Pacific Property Awards untuk proyek Green Office Park BSD City - Kategori Pengembangan Perkantoran
  • Penghargaan Asia Pacific Property (2019) 9 kali memenangkan Asia Pacific Property Awards untuk proyek Green Office Park BSD City - Kategori Pengembangan Perkantoran
  • Penghargaan MIPIM Asia (2019) Properti pemenang Penghargaan MIPIM Asia sebanyak 4 kali. BSD City - Kategori Proyek Mega Futura Terbaik
  • Penghargaan Asia Property (2017) 2 kali memenangkan Asia Property Awards. BSD City - Kategori Pengembangan Township Terbaik
  • Penghargaan Indonesia Property (2020) Menjadi pemenang Penghargaan Indonesia Property sebanyak 7 kali, Caelus @BSDCity, Tangerang - Perumahan dengan Pengembangan Tinggi Terbaik, Pengembangan Perumahan Terbaik
  • Penghargaan BCI Asia (2016, 2020, 2021) Meraih BCI Asia Awards sebanyak 3 kali. Sinar Mas Land - 10 Pengembang Terbaik
  • Penghargaan World Branding (2021) 3 kali memenangkan World Branding Award dalam kategori Brand of the Year
  • Penghargaan Global Good Governance (3G) (2021) Memenangkan 2 kategori yakni Green Innovation and Solution Award 2021 dan 3G Innovation in Environmental Solutions Award 2021

Kesimpulan

Hunian yang nyaman dan aman adalah impian bagi semua orang. Dengan konsep livable city, kota yang layak huni menjadikan kita merasa nyaman tinggal di lingkungan tersebut.

Sinar Mas Land kembangkan Konsep livable city di beberapa kota besar. Sudahkah kamu tinggal di kota dengan konsep livable city? Apa saja yang masih harus di tingkatkan di lingkungan tempat tinggalmu?



Referensi:

https://www.sinarmasland.com/id

https://disdukcapil.pontianak.go.id/menggagas-kota-masa-depan-indonesia-menuju-kota-pontianak-yang-berkelanjutan-dan-berdaya-saing-ditulis-oleh-syamsul-akbar

https://www.handalselaras.com/seberapa-layak-huni-kota-kota-di-indonesia/




Related Posts

8 komentar

  1. Konsep liveable city memang sudah diterapkan di banyak negara dan itu digunakan Sinar Mas agar lingkungan tempat tinggal nyaman dan aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya mbak, jadi aman dan nyaman tinggal di rumah sendiri.

      Hapus
  2. Di dekat rumahku di Surabaya sini mbak ada apartemen baru, tinggi banget, bersih mevvah kalo keliatan dari luar. Saking tingginya, kalo aku keluar ke depan rumah nih, gedung apartemen ini bisa keliatan. Aku tanya ke suami, "mas itu yang baru dibangung gedung apa ya?"

    "Kayaknya apartemen kalo liat modelan gedungnya."

    Gedungnya masih baru banget. Aku empat tahun tinggal di rumahku ini. Itu gedung baru sekitar 2 tahun kayaknya, sejak pandemi lah. Ngimpi banget bisa punya apartemen kayak gitu.

    Dan... tahu nggak sih, setelah aku kepo-kepo, ternyata apartemen itu termasuk salah satu projectnya Sinar Mas Land lo?! Apa ya aku nggak auto mupeng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku juga mau punya apartemen hahah. Sinar Mas Land juga propertinya ada di Surabaya mbak.

      Hapus
  3. Sinar mas ini selalu punya konsep hunian yang keren menurutku. Kalau enggak salah di BSD Jakarta juga ada hunian yang dibangun sama Sinar Mas dan hampir mirip dengan konsep ini. Enggak heran sinar mas penjualannya cukup meningkat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak BSD City juga termasuk salah satu propertinya.

      Hapus
  4. Sinar Mas ini memang keren banget, desain hunian yang mereka ciptakan ini benar-benar menjawab keperluan masyarakat akan kehidupan yang damai dan tentram

    BalasHapus

Posting Komentar