cerita mbun

Cara Memasang Google Search Console Terbaru dan Fitur-fiturnya

22 komentar
Fitur-fitur GSC

Google Search Console merupakan tools gratis dari google yang berfungsi untuk menganalisis performa blog kita. Kita juga dapat melihat trafik blog kita sehingga bisa kita maksimalkan untuk membuat tulisan yang semakin berkualitas.

Sederhananya kita meminta indexing pada google untuk mencatat tulisan kita sehingga bisa ditemukan di mesin pencari. Loh, memang google tidak mencatat? Bukannya Google sudah bisa mencatatnya sendiri? Google memang akan mencatat halaman artikel sendiri, namun butuh waktu yang lama karena bukan hanya kita yang menulis di blog.

Untu itu, kita melakukan indexing agar google meng-index artikel terbaru kita lebih cepat. Sebelumnya, aku juga sudah pernah menuliskan cara memasang google search console, yang tidak butuh waktu lama. Hasilnya, ada beberapa artikel yang memang bisa di index lebih cepat oleh google.

Sebelum memasang google search console, kita ketahui dulu fitur-fitur apa saja yang ada di google search console.

Fitur-fitur Google Search Console  


1. Overview

Awal membuka GSC, kita akan melihat tempilan overview yang berbentuk seperti gambar rumah. Pada bagin overview kita bisa melihat tampilan trafik pengunjung blog kita.

2. Performance

Fitur untuk melihat trafik

Berisi informasi seberapa baik konten kamu. Ini adalah salah satu fitur utama yang untuk melihat bagaimana blog kamu tampil dalam hasil pencarian Google. Kamu juga bisa melihat data tentang tampilan, klik, CTR (Click-Through Rate), dan posisi rata-rata situs web ksmu dalam hasil pencarian.

3. Coverage

Jumlah artikel yang sudah di index oleh google. Dalam fitur ini kamu bisamelihat bagaimana google mengindeks blog kamu. Kamu bisa melihat halaman mana yang sudah diindeks, termasuk kata kunci yang digunakan pengguna untuk menemukan blog kamu. 

4. Experience

Berisi pengalaman kita saat berinteraksi dengan blog.

5. User Experience Report

Google Search Console juga memberikan informasi tentang pengalaman pengguna di blog. Kita bisa melihat metrik seperti LCP (Largest Contentful Paint), FID (First Input Delay), dan CLS (Cumulative Layout Shift) yang berhubungan dengan kecepatan dan stabilitas blog.

6. Link Report

Fitur ini membantu kamu melihat tautan yang mengarah ke blog kamu. Kamu juga bisa memantau tautan baru yang ditemukan oleh Google dan memeriksa tautan yang mungkin berpotensi merugikan blog.

7. URL Removal Tool

Jika kamu ingin menghapus halaman atau konten dari hasil pencarian Google, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mengajukan permintaan penghapusan. Sehingga kita bisa optimasi SEO lebih baik lagi. 

8. Mobile Usability

Kamu bisa melihat bagaimana Googlebot untuk ponsel mengindeks blog kamu. Ini penting karena Google sekarang menggunakan indeks.

9. Sitemaps

Kamu bisa mengirim sitemap blog kamu ke Google melalui Search Console. Sitemap ini membantu Google memahami struktur blog kamu dan mengindeksnya dengan lebih baik.

10. Crawl Errors

Google Search Console juga membantu kamu mengidentifikasi masalah teknis pada blog yang dapat memengaruhi kinerja pencarian. Ini termasuk masalah seperti error crawl, masalah indeks, dan peringatan keamanan.

11. Change History

Fitur ini melacak perubahan yang kamu buat di blog dan memberikan pandangan tentang bagaimana perubahan tersebut dapat memengaruhi kinerja pencarian.

12. Security Issues Repor

Google Search Console memberikan peringatan keamanan jika ada masalah keamanan yang perlu kamu tangani segera, seperti infeksi malware.

Cara Memasang Google Search Console di Blogspot


1. Buka laman Google Search Console (GSC) di browser.
Klik Start now atau mulai

2. Klik start now atau mulai sekarang

3. Selanjutnya kita membuat properti. Untuk akun blogspot, kita pilih yang URL prefix, lalu klik continue atau terus.

4. Masuk ke pengaturan untuk verifikasi akun GSC kita. Kalau menggunakan blogspot, cukup dengan cara HTML Tag atau Google Analytics. Setelah itu akan otomatis terverifikasi.

5. Lalu pada tab baru kita buka akun Google Analytics kita untuk menyambungkan GA dan GSC. Klik bagian admin, lalu klik “Tambahkan” dan verifikasi.

6. Selamat domain kamu sudah terdaftar di google search console!

Cara menghubungkan google analytic dan google search console

Proses ini yang membuatku agak bingung, karena tampilan dulu yang sekarang beda. Cara untuk menghubungkan google analytics dan google search console lebih detail. Kamu bisa membandingkan caranya dengan melihat artikel cara pasang GSC yang ada di atas.

1. Buka Google Analytics di browser.

2. Klik admin, pilih properti yang ingin Anda tautkan dengan Google Search Console.

3. Scroll ke bawah pilih Tautkan dengan Google Search Console.
Pilih tautkan google search console

4. Maka akan muncul tampilan terbaru dari Google Search Console. Pilih properti yang akan ditautkan dengan Google Analytics. Klik Tautkan.
Klik pilih properti

5. Setelah memilih blog kamu, klik pilih akun Google Analytics akan mengonfirmasi tautan properti dengan Google Search Console.

Pilih properti di google analytics

6. Pilih URL yang akan kamu tautkan.

Mengonfirmasi tautan google analytics

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah ini, Google Analytics dan Google Search Console akan terhubung. Kamu akan dapat melihat data pencarian organik, seperti kata kunci, posisi pencarian, dan banyak lagi, di dalam laporan Google Analytics.

Pastikan kamu memiliki izin yang sesuai di kedua akun (Google Analytics dan Google Search Console) dan bahwa kamu menggunakan akun yang sama saat melakukan tautan agar semuanya berfungsi dengan baik.

Submit Sitmap ke Google

1. Kita buka kembali Google Search Console 

2. Di panel kiri, pilih Sitemap. Klik tombol Tambahkan/Test Sitemap yang ada di bagian kanan atas.

3. Masukkan bagian terakhir URL sitemap  "sitemap.xml" dan klik Submit.
Peta situs Google Search Console

Periksa Status Sitemap:

Setelah kami mengirim sitemap, Google akan mulai mengindeks halaman-halaman yang tercantum dalam sitemap tersebut.

Kamu bisa melihat laporan dan status pengindeksan sitemap kamu melalui Google Search Console untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Selamat, kamu telah berhasil mengirim sitemap kamu ke Google. Pastikan untuk memperbarui sitemap kamu secara berkala jika kami menambahkan atau menghapus halaman dari blog, agar Google tetap up-to-date tentang konten di blog kami. 

Kesimpulan

Google Search Console adalah alat yang penting bagi blogger untuk memantau dan meningkatkan visibilitas blog  dalam hasil pencarian Google. Ini membantu kami memahami bagaimana blog bekerja di dunia online dan memberikan pengetahuan tentang apa yang perlu kita perbaiki atau tingkatkan.

Blogger harus paham hak dasar seperti ini, karena buatku pribadi jadi lebih semangat ketika artikelku muncul di halaman google. Aku jadi tahu apa saja yang disukai oleh pengunjung blogku dan tulisan mana saja yang harus diperbanyak. 

Kamu sudah memasang Google Search Console? Yuk ceritakan bagaimana proses kamu memasangnya, apakah menemukan kendala?

Related Posts

22 komentar

  1. Saya follow blog ini ya... Google search console ini penting agar artikel terindeks Google dan bisa menjangkau pembaca yang lebih luas. Thx infonya

    BalasHapus
  2. GSC ini penting banget ya. Setelah web diubah jadi TLD sebisa mungkin langsung dikonekkan ke GSC. Biar segera ke indeks sama google. Terima kasih sudah berbagi... ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap bener banget mbak, biar bisa muncul di mbah google.

      Hapus
  3. GSC selalu saja update fiturnya ya dan akan selalu bertambah. Saya hanya paham sama sebagian fiturnya saja termasuk inspeksi url. Tapi setiap bulan ada saja notif untuk memperbaiki ini dan itu, kadang bingung mau perbaiki yg mana lagi kalau validasinya gagal 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk sama mbak aku juga masih belajar. Ilmu blogging tuh emang update terus.

      Hapus
  4. Wah, serunya Mba Fida. Aku jadi pengen memperbaharui GSC, nih. Dulu awal waktu pasang GSC kita barengan ya, mba. Kali ini Mba Fida udah utak atik GSC lagi. Jadi mupeng ngikut jejaknya agar lebih tau tulisan mana saja yang disukai pembaca dan perlu diperbanyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa mbak Susi ayook kita belajar bareng-bareng lagi.

      Hapus
  5. GSC ini berguna banget untuk para blogger, apalagi yang ingin cepat dapatkan monetize adsense, bisa gunain ini untuk banyakin konten yang terindeks

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kak, cuman aku belum pasang adsense nih.

      Hapus
  6. Penjelasannya lengkap banget...Saya juga pakai GSC untuk percepat konten blog terindeks Google. Benar-benar tools powerful dan gratis lagi dari Google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tools yang memudahkan bagi Blogger ya kak.

      Hapus
  7. Semenjak memperdalam blog ternyata GSC ini penting banget buat para blogger. Jadi mulai indeks pelan-pelan.

    BalasHapus
  8. Google Search Console itu wajib banget dipasang sama blogger. Tiap beres posting tulisan, saya pasti langsung minta pengindeksan biar di-noticed Mbah Google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah rajin banget mbak, aku belum kalau sampai ngecek setiap habis posting. Wah ini harus dicontoh!

      Hapus
  9. Sampai sekarang masih suka bingung gimana memperbaiki yang suka merah-merah itu, utak atik sendiri nggak ketemu juga. Emang harus ikut kelas google console ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mbak semakin dipelajari malah semakin bingung

      Hapus
  10. Aku heran nih ada beberapa artikelku yang tidak terindeks oleh GSC, akhirnya aku indexing ulang. Memang harus teliti ya memastikan artikel sudah keindex apa belum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu aku juga ada kak, emang harus pinter-pinter analisis

      Hapus
  11. keren mbak fida, ternyata GSC punya banyak fitur untuk memantau web atau blog kita ya, saya juga mau ikut belajar pasang GSC ahhh...

    BalasHapus
  12. Selama ini aku belum memanfaatkan Google Search Console dengan baik nih. Indexing cuma pas ada job aja, biar cepet masuk Google Analytics 😅 Aku simpen dulu artikelnya ya mbak. Biar kalau mau ngoprek lagi, tinggal liat dari sini 😁

    BalasHapus

Posting Komentar