cerita mbun

Cara Membuat Template Blog Agar User Friendly. Perhatikan Hal Berikut!

28 komentar
Template blog user friendly

Memilih template blog sering kali membuat bingung. Bukan hal yang mudah memilih template blog namun juga bukan hal yang sulit jika kita tahu cara membuat template blog agar user friendly.

Beragamnya template blog membuat kita semakin bingung memilih yang mana, apalagi bagi kaum perempuan, template yang lucu sangat menarik perhatian. Padahal tidak semua template yang lucu-lucu itu bisa user friendly. Bisa aja blognya malah bikin berat dan loading lama.

Niatnya mau pasang template lucu biar pengunjung tertarik justru malah membuat loading lama dan akhirnya pengunjung malah pergi meninggalkan blog kita. Duh nggak mau kan?

Apa Itu Template Blog?

Berbicara template, memangnya apa sih template blog itu? Kenapa harus user friendly? Bagi Blogger, template blog sudah tidak asing lagi, yaitu desain pada sebuah blog yang memuat navigasi, widget dan kategori pada blog.

Kita tidak perlu repot-repot memasang desain dari awal. Kita tinggal pasang saja sesuai template yang kita pilih. Sebelumnya, aku sudah pernah menulis cara pasang template pada blogspot.

Dengan adanya template blog ini memudahkan kita untuk melakukan branding dan menarik pengunjung untuk membaca artikel di blog kita. Tentunya hal tersebut harus kita optimasi. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar blog kita user friendly alias mudah digunakan.

Salah satu contoh cara menambah gadget Identitas Blogger sebagai berikut: 
  • Sediakan satu foto yang akan ditampilkan, ukuran persegi, boleh 100x1080.
  • Buka dashboard blog.
  • Pilih "Tata Letak".
  • Pilih "Tambahkan gadget".
  • Pilih gadget html/javascript.
  • Edit bagian "Judul" dan masukkan kode ke bagian "konten".
  • Edit sesuai kebutuhan (nama blogger, email, tagline dan lain-lain.
Jangan lupa setiap melakukan edit html atau mengubah template, harus di back up dulu ya agar jika mengalami error bisa dirubah ke pengaturan awal. 

Caranya ada di dashboard blog, pilih Tema, klik bagian tanda panah pilih cadangkan atau back up. 

Mengulik template ini butuh waktu yang fokus, tapi kalau udah fokus malah nggak bisa diganggu. Tapi, jangan sampai asik ngulik template sampai gak nulis-nulis ya, hehe.

Cara Membuat Template Blog User Friendly

Membuat template blog user friendly
Mau kan blognya mudah digunakan oleh pengunjung? Begini caranya agar blog mudah digunakan:

1. Template yang Sederhana

Banyaknya tampilan template yang rame, bisa bikin berat blog. Pilih template yang sederhana namun tetap terlihat indah agar blog mudah digunakan.

2. Navigasi yang Mudah Dipahami

Navigasi di blog seperti menuntun pembaca untuk mencari tulisan sesuai yang dibutuhkan pembaca. Memilih template dengan memperhatikan navigasi yang mudah dipahami membuat pengunjung blog senang berlama-lama di blog kita karena jelas yang mereka cari letaknya dimana. 

Perlu diperhatikan adalah navigasi untuk mencari kategori, arsip dan sitemap. Biasanya tampilan kategori ada disebelah kanan dan artikel di sebelah kiri karena mata kita terbiasa melihat ke arah tersebut.

3. Mobile Friendly

Hampir pembaca sekarang menggunakan smartphone untuk melakukan banyak aktivitas termasuk membaca. Atur tampilan template sehingga pembaca akan merasa nyaman jika sedang membaca melalui handphone

Aku termasuk yang banyak melakukan aktivitas di handphone karena bisa dibawa kemana-mana termasuk sambil menjaga anak, hehe. Vivo V27 5G sangat membantuku sebagai Blogger, karena bisa edit dan posting dari handphone. 

4. Loading Template yang Cepat

Posisikan kamu sebagai pengunjung. Pasti males ya kalau lagi cari sesuatu di blog orang lain tapi malah loadingnya lama banget? Hal seperti ini terlihat kecil namun besar dampaknya. 

Kecepatan mengakses blog sangat penting karena loading yang lama bisa membuat blog kita ditinggalkan pengunjung. Pembaca membutuhkan waktu yang cepat untuk mencari sesuatu atas pertanyaannya. Kalau loadingnya lama, gimana jawaban yang dicari mau terpenuhi?

5. Pilih Warna dan Font yang Jelas

Pilih font yang memudahkan pembaca untuk membaca artikel kita dengan jelas, sehingga pembaca nyaman membaca artikel kita.

Perhatikan juga ukurannya jangan terlalu kecil atau besar. Jangan memilih font yang miring atau bersambung kecil-kecil karena sangat menyulitkan pembaca. 

6. Perhatikan Widget

Jangan terlalu banyak widget sehingga menyulitkan pembaca dan blog menjadi ramai karena widget. Jadinya bukan banyak tulisan malah banyak widget, hahaha.

7. Sosial Media

Masukkan sosial media kamu di blog dan hubungkan ke media sosialmu. Memudahkan pembaca untuk membagikan artikelku jika dirasa bagus. 

Selain itu pembaca bisa menghubungi kamu melalui media sosialmu. Senang kan kalau tiba-tiba ada yang DM "Mbak terima kasih ya tulisannya sangat membantu" atau "bagus banget tulisannya". 

Meskipun nggak melulu hal positif yang masuk DM, tapi kalau ada kalimat positif begitu, bikin semangat nulis kan? hehe.

8. Gunakan Goolge Analytics

Gunakan google analytics GA4 untuk mengetahui perilaku pengunjung blog kita, jadi kita bisa perbaiki apa aja yang dibutuhkan template kita dan mengoptimasi SEO.

Sebegitu pentingnya kan peran template ini bagi blog atau website? Lebih jauh mari kita bahas pentingnya blog yang mudah digunakan.

Pentingnya Blog yang User Friendly


Tampilan blog yang user friendly sangat penting salah satunya untuk mengoptimalkan SEO dan menaikkan trafik blog. Beberapa hal penting lainnya mengapa template blog itu harus user friendly adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Pengunjung Blog

Kita mau kan pembaca setia kita datang lagi ke blog kita? Mau juga kan pengunjung dengan mudah dan nyaman membaca artikel di blog?

Template yang user friendly secara tidak langsung sudah membuat pengunjung berinteraksi dengan blog kita. 

2. Mengoptimalkan SEO

Seperti yang sudah aku jelaskan tadi, template yang user friendly membantu kita mengoptimalkan SEO dengan navigasi yang mudah, penggunaan kata kunci, meta deskripsi yang jelas dan URL yang baik sesuai kata kunci.

3.  Blog Terlihat Profesional

Tampilan blog yang user friendly membuat blog rapi dan terlihat profesional. Mau kan semakin di lirik klien?

Lalu bagaimana kriteria blog yang user friendly itu?

Kriteria Blog yang User Friendly 

Kriteria blog user friendly
Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk menunjang blog agar user friendly:

1. Harus Konsisten

Konsisten menulis adalah kunci utama agar blog kita mudah digunakan dan ditemukan pembaca. 
Mulai dari minimal menulis satu minggu sekali, kalau sudah biasa lanjut menjadi 2 minggu sekali. Gunakan content plan agar kamu terbiasa dan punya jadwal untuk posting blog. 

Kalau kita jarang posting, bagaimana artikel kita bisa diindeks oleh Google? Bagiamana juga pengunjung mau membaca artikel kita kalau blognya aja sepi. 

2. Memiliki Link yang Sesuai

Memasukkan internal link di dalam tulisan yang relevan dengan tulisan tersebut. Biasanya sesuaikan dengan kata kunci.

Dengan begitu pembaca jadi tahu lebih dalam tentang artikel yang sedang ia cari. Jadi saling mengaitkan satu sama lain.

3. Konten Berkualitas 

Konten yang berkualitas juga membuat pengunjung merasa nyaman lama-lama ada di blog. Apalagi jika kita punya sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang.

Kalau konten berkualitas dengan mudah dan sukarela pembaca akan membagikan tulisan kamu. Aku sendiri sering melakukan hal yang sama, jika aku menemukan tulisan yang menurutku unik dan relate denganku, aku akan membagikannya.

4. Judul dan URL yang Pendek

Beri judul artikel yang menarik atau boleh menggunakan clickbait asalkan isi artikel sesuai dengan judul. Jangan sampai pembaca merasa dibohongi karena judulnya tidak sesuai dengan isi . Aku juga suka sebel kalau menemukan artikel pas di klik ternyata isinya beda. Bisa-bisa disambat pembaca nih, hehe nggak mau kan?

URL juga jangan sepanjang jalan kenangan ya, cukup memantik kata kunci saja. Ingat, kalau URL itu maksimalnya 75 karakter dihitung dari huruf "h" di https. Kalau kepanjangan nanti gimana? Nantinya akan terlihat oleh Google terpotong. 

5. Aktifkan Kolom Komentar

Berinteraksi dengan pembaca di kolom komentar membuat blog semakin hidup. Membalas komentar dengan sopan akan membangun relasi antara penulis dan pembaca. Jangan dicuekin ya komentarnya, hehe. 

6. Tidak Banyak Iklan

Memasang google adsence Mungin menguntungkan bagi pengguna blog tetapi kita juga harus memikirkan kenyamanan pembaca. Tidak perlu banyak memasang iklan sampai menyulitkan pembaca saat membaca artikel.

Cukup kita atur iklan di tempat yang tidak menggangu kenyamanan pembaca. Jujur saja kadang aku sendiri kurang nyaman membaca blog yang terlalu ramai dengan iklan. Makanya, untuk saat ini aku belum tergerak untuk memasang iklan karena memposisikan sebagai pembaca yang jadi kurang nyaman jika terlalu banyak iklan.

Apalagi iklan yang selalu muncul jika kita sedang asik membaca. Sulit ketika di tutup malah menghubungkan ke tab lain. Bikin emosi jadinya. Kalau blog user friendly, pengunjung pun jadi nyaman dan kembali lagi mengunjungi log kita. 

Kesimpulan

Template blog ini perannya penting sekali agar mudah digunakan baik Blogger maupun pengunjung blog. Blog yang user friendly akan mudah di notice orang lain dan orang betah lama-lama di blog kita. 

Jika suatu hari pengunjung membutuhkan sesuatu, dia akan datang lagi ke blog kita. Karena ketika mereka mencari artikel kecepatannya tidak harus sampai menunggu lama.

Sudahkah template blog kamu user friendly? Kalau belum yuk benahi satu-satu. 

Related Posts

28 komentar

  1. Wah bener bgt kalo ketemu template lucu itu bikin bolak balik ganti² template. Tp itu dulu sebelum kenal SEO. Bener bgt kalo ngulik template itu bikin pusing tp juga bikin nagih. Tp skrng blm pengen ganti template lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mbak belum pengen ganti soalnya belum mau puyeng ngoprek template hahaha

      Hapus
  2. Sudah lama sekali membuat template blog yang user friendly...sepertinya sekarang saatnya untuk upgrade ilmu template ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yookk sekarang ada upgrade template baru looohh

      Hapus
  3. wah keren, mau dong diajari sama mbak fida

    BalasHapus
  4. Terakhir ngulik template waktu pelajaran blogspedia harasanya luar biasa. Sepertinya google search console ini yang perlu di perbaiki lagi

    BalasHapus
  5. Jujurly saya sebel banget kalau berkunjung ke blog yang iklannya banyak banget, bukannya melarang iklan, boleh-boleh saja tetapi kalau berlebihan dan mengganggu membaca kan akhirnya males juga untuk melanjutkan membaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa sama mbak Dy, apalagi yg iklannya bikin geli gitu loh sebel bgt nggak mau liat 🤢

      Hapus
  6. Wah, jadi ingat waktu ikut kelas blog di Blogspedia. BAgian ini sih yang menurutku paling seru... tapi juga yang paling banyak makan waktu...

    BalasHapus
  7. Baru minggu kemarin bahas template blog, duh belum kepikiran lagi mau uprek template. Memang butuh fokus dan konsentrasi. Sedang aku waktunya terbatas. Biarin aja deh dulu. Meski ada versi terbaruu dari viksioner haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama mbak soalnya harus fokus. Belum siap juga ngopreknya wkwkwk

      Hapus
  8. Dah lama bgt ga otak atik template blog, rasanya kadang pengen ganti juga biar ga bosen.. tpi krna udah cinta ma template yg skrg plus udah ga sanggup rasanya edit html yg bkin mata melotot jdi ya pertahankan yg udah ada dlu >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener mbak itu yg pengen gak mau gantinya yaa, belum siap kalau puyengnya.

      Hapus
  9. Memiliki blig memang butuh tahu hal seperti ini. Apalagi edit template, banyak hal yang harus dilakukan agar template bisa seo friendly. Asik ya,ngoprek template

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik bgt pak, tapi jangan sam0ai lupa nulis wkwkwk

      Hapus
  10. Duh, jadi pengen ngulik kode template lagi deh jadinya biar makin user friendly. Kayaknya templateku tuh masih rada berat kalau loading di awal.

    BalasHapus
  11. aku jadi inget hampir 2 tahun lalu terakhir otak atik template, tidaaaak mudaaaah wkwkwkw, harus mikirin warna tema juga. sudah aku ga mau otak atik template lagi wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama juga ya mbak nggak utak atik lagi. Hahaha kok kaya trauma ya mbak 😂🤣

      Hapus
  12. Keren kak Alfi, blog nya juga enak di lihat. Nyaman ketika d baca.

    BalasHapus
  13. Utak-atik template ini emang jadi kerjaan paling seru di blog menurutku. Saking serunya, sering bikin lupa waktu, keasyikan dan akhirnya malah gak nulis-nulis, wkwkwk.. Poin terakhir mbak, gak terlalu banyak iklan, ini bener sih kalo emang bikin user betah. Aku sampe sekarang belum berani pasang iklan, padahal pengen, karena ya itu. Takut iklannya malah ganggu kenyamanan pembaca...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha perlu waktu khusus ya mbak kalau buat utak atik template, soalnya malah jadi keasikan. Duh iya banget, pengen belajar, tapi kalau pasang masih maju mundur, huhu.

      Hapus

Posting Komentar