cerita mbun

Manfaat SEO On Page, Apa Saja Ya?

6 komentar

  

manfaat seo on page bagi blogger pemula



Manfaat SEO on page bagi pemula semakin aku rasakan di materi ke-6 ini. Untuk yang masih pemula seperti aku, belajar seo on page cukup tricky. Tapi, semakin penasaran ingin tahu lebih dalam mengenai optimasinya.

Aku kira menulis blog semudah lewat jalan tol, ternyata tidak sama sekali. Dari tugas pertama menulis tentang Big Why Ngeblog, alasan kuat kita untuk ngeblog sampai sekarang harus teliti sama perintilannya.

Istilah SEO on page sendiri sebenarnya aku sudah gak asing, karena sering disebut di berbagai grup komunitas. Banyak juga yang mengadakan webinarnya. Tapi tetap saja sulit karena tidak tahu dasarnya.

Untuk itu penting banget manfaat belajar seo on page dari dasar. Aku beruntung menemukan kelas blogspedia coaching yang menjelaskan secara detail dan terperinci dari hal yang sangat mendasar.

Sehingga kita tahu dasar dari belajar seo on page ini. Ketika akan memperdalam, tidak bingung lagi. Maka, aku rangkum hasil kelas yang dibimbing leh Coach mbak Marita, agar mudah dipelajari. Khususnya untuk pemula.

Mengenal SEO On Page Bagi Pemula


SEO (Search Engine Optimization) merupakan optimasi pada blog kita agar banyak yang mengunjungi. Agar tulisan kita menjadi rangking satu di mesin pencari Google. Maka, dari itulah perlu adanya optimasi.

Pengen kan artikel kita sampai dibaca orang apalagi sampai bermanfaat bagi orang lain? Siapa sih yang tidak mau? Itu adalah impian banyak blogger.

Teknik Optimasi SEO Bagi Pemula


Untuk mengoptimalkan belajar seo on page, ada 3 cara yang bisa kita gunakan.

1. Teknik White

Cara yang murni, tanpa tipuan kode algoritma. Ini yang sedang kita pelajari.

2. Teknik Black

Cara cepat untuk menduduki posisi page one. Sebaiknya kita mnghindari cara ini dan jangan ingin tahu lebih dalam. Karena seolah-olah yang membaca itu adalah manusia, padahal mesin.

Ada toolsnya tersendiri. Cara “haram” ini sebaiknya kita hindari ya, karena kalau Google menyadari, artikel kita bisa di banned atau hilang. Bukan hanya tulisan kita tapi blog kita juga bisa hilang. Jangan ya, serem!

3. Teknik Grey

Teknik yang menggabungkan keduanya. Dengan menggunakna cara baik dan tidak baik. Namanya juga abu-abu, hehe.

Langkah Dasar Pemula Belajar Seo On Page


Kaidah-kaidah yang terdapat dalam SEO on page



SEO sendiri ada dua jenisnya. Ada SEO on page dan SEO off page. SEO on page berkaitan langsung dengan blog kita. Sedangkan off page hubungannya dengan menaikkan Domain Authority (DA).

Nah, yang akan dibahas disini adalah tentang SEO on page. Tentang kualitas tulisan agar menarik perhatian Google. Tentunya kita mau dong buat tulisan yang berkualitas.

1. Judul

Sematkan keyword atau kata kunci yang memudahkan Google untuk mencari tulisan kita. Jangan terlalu panjang. Mbak marita bilang 55 karakter adalah yang ideal.

Boleh juga menerapkan clickbait pada judul agar orang tertarik untuk membaca. Tentu, judul dan isinya harus sesuai ya. Aku sendiri sebel banget kalau menemukan tulisan yang judulnya A, isinya B.

Boleh juga dengan rumus kata pemanis diawal, lalu kata kunci dibelakangnya. Atau kata kunci dulu, baru kata pemanis.

Contohnya seperti judul ini, “Manfaat Seo On Page, Apa Aja Sih?.” Aku menerapkan kata kunci dulu, baru pemanis.

2. Permalink

Keyword juga dimasukkan ke dalam permalink. Maka dari itu permalink juga jangan terlalu panjang. Maksimal 75 karakter.

Kita bisa cek permalink disebelah kanan dashboard. kita bisa mengeditnya agar tidak terlalu panjang. Kalau judulnya pas, permalink tidak akan terpotong.

3. Deskripsi

Kita juga bisa tulis kata kunci pada bagian deskripsi. Jangan lupa karakternya maksimal 150 karakter.

4. Paragraf Pertama

Kata kunci juga dimasukkan pada paragraf pertama. Boleh di awal tulisan, ditengah atau diakhir.

5. Stop Cara Jadul Penulisan Keyword

Aku gak ngalamin cara jadul penulisan keyword, karena tim menulis zaman now, hehe.

Ternyata dulu kata kunci itu ditulis dengan huruf tebal, miring dan digaris bawahi. Gak kebayang yaa, ramenya sebuah artikel kaya gimana, hehe.

6. Paragraf Akhir

Maksimal sekali ya kita mengoptimalkan SEO. Dan pondasinya ada di kata kunci. Sepertinya kata kunci ini selalu muncul dimana-mana.

Aku sendiri juga sampai kaku nulisnya karena harus mikirin kata kunci. Jadi kagok, hehe. Agar tulisannya bisa nyambung dengan kata kunci. Nah untuk paragraf akhir ini juga bisa kita masukkan ke dalam penutup.

7. Jumlah Kata

Jumlah kata ini banyak mazhabnya. Ada yang bilang harus 500, 800, 1000 sampai 2000 kata. Kita sesuaikan saja dengan kebutuhan tulisan kita.

Kira-kira yang sedikit katanya sudah mencakup kata kunci belum? Atau yang panjang bisa menjawab isi dari mesin pencari tidak? Jangan-jangan hanya mengulang kata saja dan jadi melebar kemana-mana.

Maka dari itu 800 kata dianggap ideal untuk menulis bagi pemula yang belajar seo on page. yang terpenting isinya bukan?

8. Optimalkan Paragraf

Optimalkan paragraf dengan kata-kata yang jelas dan padat. Tidak melebar kemana-mana. 1 paragraf terdiri dari 2 atau 3 kalimat.

9. Heading

Heading ini berarti judul dalam tulisan. Judul ini terbagi dalam H1 (Judul artikel), H2 (Judul dari Isi Artikel) dan H3 (Sub Judul) dan H4 (Judul Kecil). Minimal ada 1 kata kunci yang muncul didalam heading.

10. Optimasi Gambar

Optimasi pada gambar ini aku sendiri sering lupa. Karena terbiasa uplaod gambar sesuka hati. Tidak memperhatikan gambar yang padahal bisa kita optimasikan.

Jangan lupa untuk selalu menuliskan tentang Title dan Alt Image. Judul gambar dan alternatif kita isi dengan kata yang berbeda. Kreasikan saja katanya.

Oiya, sebeum upload kita ubah dulu nama filenya untuk lebih mengoptimalkan SEO. Rubah dengan nama judul tulisan kita menggunakan tanda hubung. Contohnya manfaat-belajar-seo-on-page-bagi-pemula.

Ukuran juga perlu kita perhatikan. Jangan sampai ukuran gambar memberatkan blog kita. Kalau ukurannya besar, kita edit dulu ukurannya jadi kecil.

11. Link Pada Artikel

Ada dua internal link yang bisa kita masukkan ke dalam tulisan kita. Yaitu Internal link dan Eksternal Link.

Internal link adalah link yang menghubungkan ke artikel lain di dalam blog kita. Internal link harus memiliki keterkaitan dengan tulisan yang sedang ditulis. Sebaliknya, eksternal link yang menghubungan ke arah tulisan diluar blog kita.

Minimal kita sisipkan 3 internal link dan 1 eksternal link. Diprioritaskan untuk internal link terlebih dahulu daripada eksternal link. Jika tidak ada sama sekali internal link, lebih baik tidak memasukan esternal link meski hanya satu.

12. Gunakan LSI Keyword

LSI ini padanan kata agar kita tidak megulang-ulang sebuah kata kunci. Tapi tetap harus hati-hati karena bisa menimbulkan makna yang lain.

13. Share di Media Sosial

Untuk membranding kita sebagai blogger juga kita bisa share tulisan ke media sosial. Kalau aku lebih banyak share di Instagram dan Facebook. Agar orang lain juga bisa baca tulisan kita.

14. Inspeksi URL

Agar tulisan kita cepat terindex Google, kita bisa inspeksi URL sebelum kita publlikasikan tulisan kita.

Manfaat Belajar Seo On Page


Manfaat mengoptimalkan SEO on page


Penting sekali bagi kita untuk belajar bagaimana mengoptimalkan SEO on page. Akan terlihat perbedaannya ketika kita mempraktikkan SEO atau tidak.

1. Meningkatkan Trafik Pengunjung pada Blog 

Semakin tulisan kita ada diatas mesin pencari, semakin banyak yang mengunjungi blog kita dengan cara organik.

2. Pembaca Tepat Sasaran

Dengan mengoptimalkan SEO, pembaca kita jadi tepat sasaran. Mesin pencari akan mengarahkannya ke blog kita jika kata kuncinya sudah tepat. 

3. Meningkatkan Branding

Dengan mengoptimalkan SEO, kualitas tulisan kita akan semakin bagus. Menunjukkan branding kita semakin kuat.

4. Menambah Pendapatan

Selain hobi menulis, blog juga bisa mendatangkan pendapatan. Tentunya jika kita bisa mengoptimalkan teknik SEO dengan maksimal. 

Penutup

SEO sangat penting untuk memudahkan mesin pencari menemukan tulisan kita. Sehingga tulisan kita bisa dibaca oleh orang lain lebih luas bukan hanya di circle terdekat kita saja.

"Cintai dulu blog kita. Ketika menemukan kesulitan kita akan semakin tertarik untuk mengetahuinya."

Tentunya tidak mudah, mengingat banyak sekali saingannya. Tapi, tidak menghalangi proses belajar kita. Tetap semangat yaa!















Related Posts

There is no other posts in this category.

6 komentar

  1. Yuhuu!! Yuk, tetap semangat belajar. Meskipun printilannya banyak, mari kita belajar bareng2 dengan sebaik mungkin di kelas ini ya mbaak. Semangatt!!

    BalasHapus
  2. makasih sudah sama-sama ingetin printilan SEO mba, yuk yuk semangat

    BalasHapus
  3. Iya mba seo itu agak tricky memang. Kayaknya udah diterapkan dengan betul ternyata melesat atau malah ada yg kelupaan. Yuk semangat yuk kita bisa

    BalasHapus
  4. Jam terbang kata mbak Mar juga mba hehehe yuk semangaaaat 💪🤗

    BalasHapus

Posting Komentar