cerita mbun

Cara Memasang Google Search Console dan Manfaatnya, Mudah Kok!

Posting Komentar
Manfaat GSC



Setelah memasang Google Analytics untuk mengetahui banyaknya pengunjung yang melihat blog kita. Kali ini, aku akan membahas cara memasang Google Search Consule dan Manfaatnnya.

Agar website kita dapat terindex oleh Google, maka penting sekali untuk menggunakan tools Google Search Console. Simak yuk, apa yang dimaksud dengan Google Search Console, cara menggunakannya, manfaat beserta fitur yang ada di GSC.


Apa Itu Google Search Console?


Layanan gratis untuk webmaster



Dilansir dari Wikipedia, Google Search Console (GSC) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Keuntungan bagi pengguna Blogspot, verifikasi akan dilakukan secara otomatis jika email yang terdaftar di Google Search Console sama dengan email yang terdaftar di Blogger. Jadi, kita tidak perlu menambahkan secara manual untuk verifikasinya.

Manfaat Google Search Console


                                    Membantu menemukan keyword GSC

Banyak manfaatnya ketika kita menggunakan Google Search Console. Kita bisa menganalisa kesalahan atau keyword apa saja yang bisa kita explore lagi lebih lanjut.

Semakin mempelajari kaidah SEO, membuatku semakin banyak yang harus dipelajari. Ternyata, keyword saja tidak cukup untuk membuat tulisan kita muncul di halaman google. sudah dibaca saja Alhamdulillah, apalagi sampai muncul di halaman teratas Google, hehe.

1. Membantu Menemukan Keyword Populer


Google Search Console membantu menemukan kata kunci yang popular pada blog kita. Sehingga kita bisa mengetahui mana kata kunci yang efektif untuk kita explore lagi dan mana yang kurang efektif untuk SEO.

2. Melihat Halaman yang Terindeks Google


Google Search Console akan membantu kita mengidentifikasi halaman mana yang lebih banyak pengunjungnya dibandingkan halaman lainnya di mesin pencari.

3. Melihat Data Trafik Google


Google Search Console juga memberikan informasi terkait seberapa banyak pengunjung mengklik tulisan kita, perangkat apa saja yang digunakan untuk berinteraksi dengan blog kita. Apakah melalui mobile atau dekstop.

4. Inspeksi URL


Dengan memberikan Sitemap (Peta Situs) pada Google Search Console seperti kita memberikan daftar isi pada Google. Sehingga Google tahu halaman mana saja yang ada di blog kita. Hal ini membantu Google melakukan crawl di blog kita sehingga bisa mengidentifikasi blog lebih cepat.

Cara Memasang Google Search Console


Cara memasang Google Search Console ini cepat dan mudah kok, yuk ikuti tahapannya!

1. Buka dashboard blog, klik bagian setting cari Google Search Console lalu klik edit. Nanti kita akan diarahkan ke halaman GSC. Atau bisa langsung mengunjungi beranda GSC dengan mengetik Google Search Console di mesin pencari.

Bagian setting edit GSC



2. Klik mulai, maka akan muncul pilihan domain atau URL. Karena aku menggunakan blogspot, aku memakai URL. Memasukkan URL blog pada kolom “Masukkan URL”. Lalu, klik “Continue”.

                                Melihat performa di GSC


3. Masuk ke pengaturan untuk verifikasi akun GSC kita. Ada cara verifikasi yang bisa kita pilih: menggunakan HTML Tag, Google Analytic, file HTML, Google Tag Manager dan DNS. Karena aku menggunakan blogspot, cukup dengan cara HTML Tag atau Google Analytics. Setelah itu akan otomatis terverifikasi.

4. Boleh saja jika ingin menambahkan kode HTML Tag. Caranya buka keterangan yang ada di HTML Tag, copy kodenya dan masukkan pada bagian bawah <head> di HTML template blog kita.

5. Lalu pada tab baru kita buka akun Google Analytics kita untuk menyambungkan GA dan GSC. Klik bagian admin, lalu klik “Tambahkan”.

6. Pada bagian ini, GSC juga menyarankan untuk menghubungan GA4. Dan aku pilih sekalian untuk menghubungkan kedua akun tersebut, GA-UA dan GA4. Lalu klik “Simpan”.

7. Pada bagian “Semua Produk”, scroll ke bawah cari “Search Console” dan klik “Sesuaikan Tautan”. Dan selamat GA dan GSC sudah terhubung!

Jangan lupa memasukkan XML Sitemap untuk memberi tahu informasi pada mesin cari tentang blog kita. Penambahan XML Sitemap juga membantu mesin pencari untuk mengindeks konten di blog kita dan memberi tahu link mana yang lebih penting daripada link yang lainnya.

8. Klik “Peta Situs” lalu masukkan kode sitemap.xml maka nanti akan muncul status sukses.

                                Sitemap Google Search Console

Mengenal Fitur Google Search Console


Agar semakin memahami fungsi dari GSC, kita pahami ya fitur-fitur apa saja yang ada di GSC ini agar memudahkan kita menggunkannya.

1. Bagian Performa

  • Total Klik adalah angka berapa kali blog kita diklik oleh pengunjung di halaman Google. ketika pengunjung kembali dan mengklik tautan yang sama, tetap dihitungnya satu kali klik.
  • Total Tayangan adalah angka yang menunjukkan berapa kali muncul di halaman Google. meski tidak di klik tautannya, hanya dilihat saja sudah termasuk hitungan total tayangan.
  • CTR (Click Through Rate) adalah pembagian total klik dibagi total tayangan lalu dikali 100. Contoh, jika tautan muncul 20 kali di hasil pencarian dan mendapatkan klik sebanyak 10 klik, CTR-nya adalah 50 persen.

2. Inspeksi URL

Setelah membuat postingan, sebaiknya kita memasukkan URL. Jika ada notif URL ada di google dengan tanda hijau semua, berartis udah oke.

Aku coba masukkan URL artikel lain, sempat mengalami “URL tidak ada di Google.” klik saja “Minta Pengindeksan” disamping kanan.

3. Index

Pada bagian ini kita memiliki unsur Halaman, Peta Situs dan Penghapusan.

  • Halaman ini menunjukkan kesalahan pada saat crawling. Pada bagian ini kita jadi mengetahui bagian mana pada blog kita yang mengalami kerusakan.
  • Peta Situs. Pastikan format peta situs ini XML ya. Peta situs ini ibaratkan daftar isi pada blog kita. Sehingga Google juga tahu halaman blog kita.
  • Penghapusan. Fitur ini berfungsi untuk menghapus halaman mana yang ingin kita hapus.

4. Pengalaman

Bagian ini memililiki unsur penting yaitu Pengalaman Halaman, Data Web Inti dan Kebergunaan Seluler. Pada bagian pengalaman halaman menunjukkan pengalaman pengunjung yang berkunjung pada blog kita. Dengan mencakup jumlah tayangan URL dan peresentasi URL yang bagus

Pada data web inti,  menunjukkan kualitas pengalaman pengguna saat mengunjungi blog kita. Sedangkan untuk Kebergunaan Selular, bisa dipakai untuk mengontrol kegunaan selular pada blog sehingga performa lebih cepat.

Kesimpulan


Banyak sekali manfaatnya memasang Google Search Console. Sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan apa saja yang ada pada blog. Ternyata banyak banget yang harus diperbaiki setelah aku memasang Google Search Console ini.

Gimana, kamu sudah pasang juga belum di blogmu?









Related Posts

Posting Komentar