cerita mbun

Belajar Ngeblog Bersama ODOP Blogger Squad. Makin Paham!

2 komentar
ODOP Blogger Squad
Alhamdulillah aku berhasil juga mengikuti challenge OPREC ODOP Batch 11 yang kegiatannya sudah aku tulis di tulisan sebelumnya. Sedikit bisa bernafas lebih lega karena menulis setiap hari berhasil aku taklukan. Tapi, ternyata tantangan belum benar-benar selesai. Jalan masih panjang guys.

Oh iya, selain berhasil menyelesaikan tantangan OPREC ODOP Batch 11, ternyata aku dapat juara sebagai peserta terbaik dari Grup Dee Lestari karena berhasil menyelesaikan tantangan tepat waktu, tidak punya hutang dan aktif mengikuti kegiatan sehingga perolehan nilaiku tinggi. 

Wah senangnyaaaa, semakin senang karena hadiahnya langsung di transfer ke dompet digital, hehe. Tidak sangka bisa juga, walau sambil ngos-ngosan.

Setelah itu, kami beramai-ramai masuk ke grup besar WhatsApp Komunitas ODOP. Sesuai janji dari kakak-kakak peje, bahwa jika kami berhasil lulus, kami boleh bebas memilih ingin program apa di Komunitas ODOP.

Ada banyak program yang ditawarkan ODOP. Mulai dari ODOP Blogger Squad (OBS), ODOP Tembus Media (OTM), ODOP Nulis Buku (ONB), Reading Challenge ODOP (RCO) dan ODOP Writing Challenge (OWC). Kamu boleh pilih salah satu atau semuanya juga boleh. Ingin hati mengambil semua programnya, tapi apa daya waktu dan raga ini tak sanggup. Menarik banget semua programnya ya?

Aku memutuskan untuk ikut 2 program saja karena memang mau mendalami lagi dalam 2 program tersebut. Aku memilih ODOP Blogger Squad (OBS) dan ODOP Tembus Media (OTM). Rencananya tahun depan mungkin akan ikut yang nulis buku. 
"Fyi, program ODOP dibuka setiap tahun. Jadi, kalau sampai tidak menyelesaikan tugas, konsekuensinya kita dikeluarkan dari grup. Kalau mau gabung lagi, nunggu pembukaan tahun depan. Begitu juga kalau kita mau ikut program yang lain."
Dari tadi sebut-sebut melulu ODOP Blogger Squad. Emang apa sih?

Apa Itu ODOP Blogger Squad?

ODOP Blogger Squad atau kami biasa menyebutnya dengan OBS adalah program ODOP untuk belajar ngeblog dari nol yang dibimbing oleh coach yang keren-keren pastinya. 

OBS dimulai dengan perkenalan pada 12 Juli, uniknya perkenalan dimulai dengan nama dan cita-cita semasa kecil. Wah jadi flashback, dulu pengen jadi dokter tanpa tahu betapa susahnya pelajaran sains, haha. 

Materi pertama disampaikan oleh Mbak Nimas Achsani tentang adab menuntut ilmu. Bahwa penting banget kita sebagai Blogger punya adab ketika sedang belajar termasuk dalam OBS ini. 

Kedua, kembali disampaikan oleh Mbak Nimas tentang menggali big why ngeblog dan adab Blogger. Seperti diingatkan, untuk apa sih nulis di blog? Ngapain sih cape-cape mengulik blog?

Tahun lalu sudah pernah nulis big why ngeblog dan sekarang big why itu masih sama dan yang menjadi pondasi ketika rasa malas menghampiri. 

ODOP Blogger Squad
Materi ke-3 disampaikan oleh Pak Yonal Regen, tentang "Niche dan Istilah-istilah dalam Blog". Niche ini penting banget untuk optimasi blog, tapi semua kembali lagi ke kita, yang penting menulis dulu aja.

Istilah-istilah dalam blog juga penting untuk kita ketahui untuk memudahkan kita komunikasi, masa tahu penggunaannya tapi nggak tau istilahnya, nanti gimana menyebutkannya? Bingung kan? Hehe.

Selanjutnya materi ke-4 disampaikan oleh mbak Karunia Sambas. Beliau ini seorang bidan loh, tapi sangat suka menyibukkan dirinya dengan menulis termasuk mengulik blog ini. Materinya berhubungan dengan dashboard Blogger. Hal yang pertama kita lihat tentunya dashboard ya karena disana tempatnya kita akan menulis, jadi kita juga harus paham apa saja yang bisa kita maksimalkan dalam dashboard ini.

Materi yang ke-5 spesial banget nih yang ditunggu-tunggu sama peserta OBS 2023, yaitu proses mengubah alamat blogspot ke TLD (Top Level Domain). Cara order dan setting domain memang cukup membutuhkan waktu, untuk itu deadline diberikan selama 2 minggu. 

Tidak terasa sudah materi ke-6 aja di minggu ini kami kembali belajar ngeblog kali ini tentang keyword dan optimasi SEO yang dibawakan oleh mbak Jihan Mawaddah.
"Untuk bisa sampai ke "monetisasi blog", kita perlu kuasai basic SEO agar artikel semakin "bernilai", -Jihan Mawaddah
Konsep belajar ngeblog bersama ODOP Blogger Squad itu satu minggu 2 kali materi. Setiap habis materi diberi tugas dengan menulis di blog, lalu kita submit tulisan kita melalui google form.

Alhamdulillah longgar ya, nggak setiap hari menulis. Selalu penasaran sama materi selanjutnya kira-kira ada apa lagi ya? Kenapa sih aku memilih bergabung dengan ODOP Blogger Squad? 

Kenapa Memilih ODOP Blogger Squad?

Sebelumnya aku memang pernah mengikuti kelas serupa. Tetapi, aku tidak mau berhenti sampai disitu. Semakin belajar ngeblog, justru aku semakin penasaran dan merasa banyak hal yang harus aku gali lebih dalam lagi.

Meskipun aku sudah sibuk dengan dunia domestikku, aku masih cari kesibukan lagi dengan mengulik blog yang semoga bisa membuka pintu-pintu rezeki aku. 

Rasanya senang sekali ketika tulisan kita bermanfaat bagi orang lain, apalagi sampai di apresiasi. Bukan perihal uang, tapi lebih ke asas kebermanfaatan. 

Untuk itu penting buatku untuk terus belajar ngeblog agar tulisanku semakin banyak yang menikmati dan merasakan manfaatnya. Bersyukurnya aku juga mengulik blog bersama ODOP Blogger Squad yang aku rasakan sendiri manfaatnya.  

Manfaat Mengikuti ODOP Blogger Squad

ODOP Blogger Squad
Sudah materi ke-6, banyak manfaat yang aku rasakan dalam ODOP Blogger Squad ini. OBS ini akan dilaksanakan lebih dari 2 bulan. 

1. Upgrade Skill Ngeblog

Ilmu ngeblog itu terus berkembang. Tidak cukup hanya kita ingin menulis lalu mempublikasikannya. Sah-sah saja jika ngeblog hanya untuk senang-senang tanpa tahu ilmunya. Nulis sesuka hati kita tanpa ada yang melarang. 

Tapi, bukankah lebih bijak kalau kita menggunakan ilmu untuk membagikan tulisan kita? Kalau kita menulis dengan ilmu, Insya Allah makna tulisan kita akan sampai ke pembaca. 

2. Menambah Relasi Pertemanan

Squad baru, sudah pasti pertemanan dan lingkungan baru. "Bertemu" dengan berbagai macam karakter orang dan latarbelakang membuat belajar ngeblog ini semakin seru dan aku mendapatkan pembelajaran juga dari mereka. 

Tak jarang, pertanyaan mereka pun relate dengan yang aku ingin pertanyakan. Kadang saling bertukar pikiran dan pendapat. Semakin memperkaya khazanah kita bukan?

3. Konsisten Menulis

Berkumpul dengan orang-orang yang satu visi dan misi lebih memudahkan kita mencapai tujuan. Ada yang menyemangati saat lelah, ada yang membagikan ilmunya saat kita tidak tahu dan ada yang saling mendukung satu sama lain agar sama-sama tidak di kick dari grup. 
"Lidi tidak akan bisa bekerja jika hanya satu, lidi bisa bekerja jadi sapu jika jumlahnya banyak."
Bergabung dengan komunitas, Insya Allah akan selalu berdampak positif dan bisa menghasilkan sesuatu yang baik 

4. Menambah Konten Menulis di Blog

Tentunya jika kita rajin mengerjakan tugas, akan menambah Konten tulisan di blog. Jadi tidak ada alasan lagi buat nggak ada ide. Ide itu banyak, aplikasinya yang susah, hehe.

Tapi, semua bisa diatasi apalagi ada setoran harian untuk menulis di ODOP. Memacu semangat untuk terus membuat konten menulis. 

5. Pengalaman yang Berharga

Mengulik blog secara bersama-sama menjadikan pengalaman yang berharga untuk setiap materinya. Apalagi ini belajar ngeblog secara gratis. Tidak boleh disia-siakan justru harus dimanfaatkan.

Bertemu dengan teman-teman baru juga tak lepas dari pengalaman yang menyenangkan. Selalu ada cerita tersendiri dari ODOP Blogger Squad.

Kesimpulan

ODOP Blogger Squad adalah program ODOP yang berisikan orang-orang yang belajar ngeblog mulai dari nol atau basic. Mengulik blog dari hal yang mendasar hingga profesional.

Kegiatannya membawa banyak manfaat khususnya bagi diriku sendiri. Belajar ngeblog seperti ini penting sekali bagi seorang Blogger untuk meng-upgrade skill. 

Bagaimana, kamu juga tertarik untuk gabung bersama ODOP Blogger Squad? Pantengin terus instagramnya ya!

Related Posts

2 komentar

  1. Sepertinya group ODOP tepat untuk saya belajar ngeblog secara konsisten. Apakah untuk masuk ada kriteria misalnya blog harus minimal memiliki sekian artikel agar bisa masuk group ODOP Blogger Squad? Saya ingin bergabung menggunakan blog baru, agar bisa memulai dari nol. Informasinya dong mba

    Salam kenal ya

    BalasHapus
  2. Hai salam kenal kak. Nggak ada syarat khusus kak yang penting punya blog dan konsisten. Mungkin tahun depan ada Oprec lagi kak, pantengin terus aja Instagram nya @komunitas.odop. Sukses ya 😊

    BalasHapus

Posting Komentar