cerita mbun

Menulis Setiap Hari Bersama Komunitas ODOP. Melatih Konsistensi Menulis

Melatih Konsistensi Menulis


Aku tahu Komunitas ODOP (One Day One Post) ini dari teman-teman blogger yang sebelumnya mengikuti challenge bersama Komunitas ODOP. Ada mbak Dyah dan mbak Nita yang sebelumnya kenal mengikuti kelas menulis yang sama. Bisa satu satu grup whatsapp bersama mereka karena ada tugas tertentu. Mereka bukan hanya teman blogger, tapi juga kakak yang mengayomi adiknya untuk terus berkembang di dunia blog. Mereka panutanku banget.

Makanya, ketika mereka cerita tentang kelas literasi yang digawangi oleh Komunitas ODOP ini tentunya aku sangat antusias. Tapi, sayangnya saat itu belum mulai Open Recruitment (OPREC) bagi peserta baru. Namun, mereka dengan senang hati akan mengabarkan jika challenge menulis dari ODOP ini dibuka. Baiknya mereka, bukan hanya membagikan info, tapi ilmu juga. Masya Allah, semoga kebaikan mereka selalu Allah balas dengan kebaikan juga.

Selain dari mereka berdua, aku juga tahu informasi Komunitas ODOP dari mbak Dewi yang sama-sama sebelumnya juga satu kelas menulis denganku. Mbak Dewi juga membagikan keseruan mengikuti challenge dari ODOP yang tidak hanya menulis dari blog, tapi juga belajar menulis fiksi. Wah, tentunya aku semakin penasaran dengan Komunitas ODOP ini.

Awal Mula OPREC ODOP 2023  

Akupun mulai kepo dengan Komunitas ODOP dan follow akun instagramnya agar tidak ketinggalan informasi kalau nanti opent recruitment. Namun, bukan infofrmasi menulis di blog yang aku dapat saat itu, melainkan menulis di instgaram yang diadakan oleh Komunitas ODOP. Informasi tersebut aku dapatkan dari Mbak Eka yang membagikannya kepadaku dan bertanya apakah mau ikut challe-nya atau tidak.

Bak gayung bersambut, akhirnya aku memutuskan ikut meski menulis di instagram, tapi itu adalah satu langkah untuk aku semakin dekat dengan komunitas ODOP yang keren ini, ciyeeeeee. Saat Ramadan Writing Challenge (RWC) mau selesai, salah satu panitia mengumumkan bahwa OPREC ODOP Batch 11 2023 akan segera dibuka. Semakin tidak sabar, aku pantengin terus instagramnya, hehe.

One day one post

Sambil menunggu sambil nebak-nebak berhadiah, hehe. Kayanya sih abis lebaran nih dibukan open recruitment-nya. Ternyata betul dan pendaftaran ditutup tanggal 7 mei dengan telah menyelesaikan tulisan di blog dengan tema kenakalan remaja.

Alhamdulilllah saat pengumuman peserta OPREC ODOP Batch 11 diumumkan, terpampang jelas namaku. Seneng banget bisa lulus syarat mengikuti challenge. Mulai saat itu aku mempersiapkan diri untuk mengikuti challenge.


Sekilas tentang Komunitas ODOP

Komunitas ODOP ini digagas oleh seorang guru blogger, pebisnis online dan pengasuh di sekolah sosial Rumah Muda Indonesia, bernama Syaiful Hadi yang punya prestasi dan karya yang segudang. Kemudian kepengurusannya diteruskan oleh kakak-kakak keren dalam kepenulisan. Tahun ini, Komunitas ODOP diketuai oleh mbak Nimas Achsani dan Wakil Ketua Pak Yonal Regen.

Program-program Komunitas ODOP ini banyak banget loh, ada ODOP tembus media, blogger squad, nulis buku, reading challenge ODOP dan writing challenge. Sekilas aja ya, karena aku juga belum pasti lulus nih, hihi. Ini pekan ke-6 dimana pekan penutup dan paling menentukan apakah peserta lulus atau tidak. Mudah-mudahan lulus semua dan bisa mengikuti semua program ODOP yang keren. Aamiin.

Kegiatan Selama OPREC ODOP 2023

Selain ditantang untuk menulis setiap hari di blog dengan jumlah minimal kata yang semakin hari semakin naik seperti harga telor ayam yang gak mau turun (malah curhat), hehe. OPREC ODOP 2023 punya banyak kegiatan yang bikin aku sendiri ngos-ngosan karena harus mengikuti kegiatan plus menulis juga.

Aku baru bisa menulis saat Aqlan tidur. Saat Aqlan tidur siang, aku mulai menulis. Saat Aqlan tidur malam, biasanya aku melakukan swasunting dan memasukkan infografis ke dalam tulisan biar enggak garing banget ya kan. Sambil kegiatan biasanya aku sambil edit tipis-tipis tulisan, hehe. Kegiatan beres, artikel pun tayang. Baru bisa tidur deh.

Cape gak sih? Iya cape banget lah. Apalagi aku yang keseharian sama anak laki-laki 2,5 tahun yang aktifnya bikin geleng-geleng, hehe. Belum lagi urusan domestik yang gak selesai-selesai, tapi rasa cape itu terbayar karena banyak materi keren bertaburan selama kegiatan OPREC. 

Oiya, kami para peserta dibagi kedalam dua grup. Grup pertama bernama Buya Hamka. Grup kedua bernama Dee Lestari. Aku ada di grup kedua. Kebetulan aku suka banget sama novel Dee Lestari, semesta seperti mendukungku untuk ada di grup itu bertemu dengan teman-teman yang luar biasa tak kalah kerennya. Grup Dee Lestari dibimbing oleh Kak Siti dan Kak Tia yang sangat peduli kepada kami. 
"Pada kesempatan ini aku mau bilang terima kasih juga untuk Kak Siti dan Kak Tia selama 6 pekan ini selalu menunggu kami setoran tulisan agar kami tidak punya hutang, memenuhi point dan tidak ditendang dari grup".
Apalagi aku yang suka mepet-mepet jam Cinderella, hehe. Komunitas mana coba yang panitianya mengayomi sampai sedetail ini ditanyain kabar terus? 

Aku spill ya beberapa kegiatan selama OPREC ODOP 2023. 

Komunitas ODOP 2023

1. SJLD

Satu Jam Lebih Dekat, dalam kegiatan ini para peserta mengenalkan dirinya terkait kegiatannya, kenapa suka nulis, karya-karyanya, dan lain-lain. Kami menyebutnya bintang SJLD. Speechless, ternyata yang jadi bintang ditunjuk langsung oleh panitia yang bahkan panitia grup sendiri belum tahu. Benar-benar kejutan!

Setelah memperkenalkan diri, dibuka sesi pertanyaan buat yang ingin lebih dekat dengan para bintang. Biasanya dari masing-masing grup ada dua orang, jadi total 4 orang. Baru aja semalam nih aku jadi bintang, hihi.

2. Materi Kulwap

Materi yang diberikan oleh paniti OPREC ODOP Batch 11 dengan narasumber yang keren yang membagikan ilmunya terkait blog dan literasi. Konsepnya disuksi dan tanya jawab di akhir sharing. Kadang diskusi langsung tergantung dari kebijakan narasumber. Berikut materi yang sudah disampaikan selama kegiatan berlangsung:

  • Pengenalan Komunitas ODOP - Heru Sang Amurwabumi (Ketua ODOP 1st)
  • Mengenal Blog Oleh Jihan Mawaddah (Blogger)
  • Mengenal Tulisan Fiksi - Achmad Ikhtiar (Fiction Enthusiast)
  • Mengenal Tulisan Nonfiksi - Sakifah (Penulis, Dosen, Blogger)
  • Mengenal Perubahan Tata Bahasa dari PEUBI ke EYD V - Dyah Yuukita (Penulis dan Editor)
  • Writerpreneur - Nimas Achsani (Blogger dan Content Writer)
  • Teknik Menulis Cerita Anak (Cernak) - Karunia Slyviany Sambas (Bidan, Penulis, Blogger)
  • Mengangkat Isu Viral Menjadi Sebuah Tulisan Opini - Utamy Ningsih (Ibu Rumah Tangga dan Penulis)
  • Personal Branding Sebagai Penulis - Yonal Regen (Blogger & Teacher)
  • How to Review a Book - Simiati Nurwakhidin (Blogger & Teacher)
  • 5 Key Writing Strategies - Widyanti Yuliandari (Blogger, Dosen)
Wow banget kan materinya? Daging semua materinya, yang cuman bisa didapatkan di Komunitas ODOP 2023. Jadi, tunggu apalagi, ikutan challenge-nya di tahun depan ya! 

3. Bedah Tulisan

Bedah tulisan adalah saling memberi masukan terhadap tulisan yang dipilih panitia untuk dibedah. Peserta bebas memberikan masukan asal dengan sopan dan bersifat membangun agar tulisannya bisa diperbaiki lagi untuk pembelajaran. Peserta yang tulisannya dipilih untuk dibedah boleh menanggapi masukan tersebut.

Jujur, aku selalu deg-degan takut kalau tulisanku yang dibedah, hahah. Tapi, sejauh ini aku belum dapat giliran, wkwk.  

4. Posting Harian

Memposting tulisan di blog setiap harinya dan disetorkan. Jika tidak sempat menulis dalam satu hari, maka menjadi hutang yang harus dilunasi dihari berikutnya. Alhamdulillah aku gak pernah hutang, mudah-mudahan minggu ini gak ada hutang juga ya.

Setiap kegiatan diberi point. Masing-masing punya point-nya sendiri. Ini yang buat aku salut sama Komunitas ODOP sampai segitu detailnya memberikan nilai. Jadi, benar -benar gak ada kesempatan untuk leha-leha. Alhamdulillah aku termasuk yang tiap Minggu dapat nilai tertinggi walau sambil ngos-ngosan dan mepet tipis-tipis, hahaha. 

Penutup


Begitulah pengalamanku mengikuti OPREC ODOP 2023 Batch 11 ini, penuh drama dan lika-liku tapi tetap semangat. Aku juga sempat drop karena kelelahan mengatur waktu. Tapi, itu semua bukan halangan karena ingat tujuan utama disini untuk apa.

Yuk, kamu juga jangan ragu buat ikutan ODOP di tahun depan ya. Pasti banyak kejutan-kejutan menarik lainnya! Aku sangat merekomendasikan kalian untuk gabung Komunitas ODOP. 

Pesanku semoga kegiatannya lebih terstruktur dan materinya lebih keren lagi. So Love ❤️




Related Posts

Posting Komentar