cerita mbun

Manfaat Menggunakan Top Level Domain Bagi Blogger

Manfaat menggunakan Top Level domain bagi Blogger
Awal ngeblog tentunya aku masih pakai bawaan dari Blogspot alias gratis. Setelah belajar blogging, barulah aku ganti menggunakan TLD (Top Level Domain). 

Cara setting domain cukup mudah. Banyak penyedia jasa domain yang bisa kita pilih. Kalau aku pertimbangannya dengan mencari customer service yang ramah dan pelayanan memuaskan. Fast respon jika aku tanya sesuatu dan mau bantu ketika aku punya kendala. Pastinya harga yang sesuai kantong, hehe.

Tidak terasa sudah satu tahun aku menggunakan TLD dan melakukan perpanjangan domain. Alhamdulillah balik modal karena setelah menggunakan domain mulai ada tawaran job yang datang. 

Domain sangat penting bagi pengguna Blogspot atau Wordpress. Bisa saja kita masih menggunakan bawaan dari Blogspot secara gratis dan menikmati layanannya. Meski gratis, sudah bisa publish artikel dan memilih template dari Blogspot. 
"Hanya saja, penggunaan domain yang masih gratis kurang terlihat profesional dan sulit untuk optimasi SEO. Sedangkan jika sudah TLD, kita bisa optimasi SEO."
Sebelum mengetahui manfaatnya lebih lanjut, simak dulu apa sih TLD itu dan apa saja jenisnya?

Apa Itu TLD?


TLD (Top Level Domain) merupakan komponen dalam sebuah URL. Domain terletak di akhir URL setelah kata dot. Nama domain mungkin sering kita dengar, namun kita tidak tahu kalau itu namanya TLD. 
Top level domain
Sumber: pixabay
Ada banyak jenis-jenis domain, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD), Country Code Top Level Domain(ccTLD) dan Sponsored Top Level Domain (sTLD). Paling terkenal yang gTLD, yaitu, .com, .net, .info, .org. Domain tersebut juga dibuat berdasarkan fungsinya. 

  • .com digunakan untuk komersial, namun juga bisa digunakan untuk hal lain. 
  • .net yang artinya networking, digunakan untuk jaringan, seperti IT atau teknologi.
  • .info dgunakan untuk platform informasi.
  • .org digunakan untuk kepentingan organisasi. Jarang sekali jika digunakan untuk blog pribadi.
Kamu pasti sering dengar .com kalau kamu mau buka sesuatu di website? Itulah yang disebut Tp Level Domain. Jadi, udah tahu kan kamu mau pilih yang mana? Sebelumnya, mari perhatikan hal-hal berikut jika kamu ingin menggunakan TLD.
 

Hal-hal yang  Harus Diperhatikan Saat memilih Domain

Untuk menunjang pemakaian domain, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak ganti-ganti domain.
  1. Nama domain jangan terlalu panjang, karena salah satu parameter  SEO on page, yiatu panjang maksimal 75 karakter dimulai dari huruf "H" di https. Kebayang kan kalau nama domain panjang ditambah judul artikel jadi panjang banget?
  2. Jangan mengunakan angka dan strip. Konon katanya jika menggunakan angka dan strip maka akan naik spam score-nya.
  3. Pilih nama yang unik dan mudah diingat orang, agar memudahkan orang lain yang akan berkunjung ke blog kita. Kalau namanya susah seperi achjarelpk.com, kira-kira orang jadi males nggak buat berkunjung? Kalau aku sih males banget harus mengetik nama domain yang seperti itu.
  4. Jangan menggunakan nama alay, seperti akusayangkamuselamanya.com. Haduh udah panjag, alay pula.
  5. Domain juga bisa sebagai branding. Untuk itu, harus hati-hati dan matang dalam milih apakah mau menggunakan nama sesuai niche blog kamu, nama asli atau nama pena. Blog aku lifestyle, maka aku pilih ama asli saja agar mudah diingat orang lain.

Manfaat mengunakan TLD Bagi Blogger

Top level domain berbayar
Sumber: pixabay
Banyak manfaat yang aku rasakan setelah menggunakan TLD selama 1 tahun, yaitu:

1. Terlihat Profesional

Dengan menggunakan Top Level Domain, blog kamu terlihat lebih profesional dan terpercaya. Beda kalau belum menggunakan TLD orang cenderung tidak mudah percaya dengan konten yang kita tulis.

Karena menggunakan TLD, ada effort yang serius, sehingga orang percaya dengan konten yang kita tulis. 

2. Blog Mudah Diingat

Jika sudah TLD, orang akan notice dengan blog kita. Memudahkan pembaca mengunjungi kembali blog kita. Mau kan diingat terus sama orang lain? Hehe.

3. Semakin Banyak Tawaran Job

Bukan hanya pembaca organik, tapi klien juga akan mencari blog yang "profesional". Dengan begitu banyak tawaran job yang dipercayakan ke kita. 

Mau kan kerjasama sama klien? Biar bisa perpanjangan domain terus, hehe 

4. Branding Blog

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, domain juga bisa sebagai personal branding. Misalkan blog kita niche parenting, dengan nama parenting orang akan mudah mengenal kita sebagai parenting enthusiast.

5. Mempromosikan Produk


Jika kamu menggunakan domain untuk bisnis, ini adalah hal yang tepat. Kamu bisa membangun kepercayaan konsumen dengan promosi produk kamu di blog. Memudahkan orang mengenal produk yang kamu tawarkan.

6. Sebagai Investasi

Jika kamu berhasil membangun blog kamu, bukan tidak mungkin ada orang lain yang akan melirik blog kamu untuk dibeli. Di grup komunitas saja banyak yang "menjual" domainnya dengan harga yang fantastis. 

Hal tersebut bisa sebagai investasi masa depan. Menarik bukan?

7. Optimasi SEO

Domain juga bisa membantu kita untuk optimasi SEO. Dengan mengggunakan kata kunci pada domain, dapat membantu meningkatkan hasil pencarian di google. 

Seperti teman-teman blogger yang mempunyai niche khusus di blognya, menggunakannya sebagai domain juga. 


Kesimpulan

Pilih jasa penyedia domain yang terpercaya jika kamu ingin menggunakan TLD dan pastikan domain kamu belum ada yang memiliki. Memperhatikan betul nama domain yang akan kamu gunakan agar bisa dipakai seumur hidup dan tidak ganti-ganti di kemudian hari.

Banyak manfaatnya jika kita menggunakan TLD, daripada menggunakan yang gratis. Kita punya hak penuh atas blog yang kita gunakan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggantinya dengan TLD? Yuk, segera ganti TLD dan rasakan manfaatnya!



Related Posts

Posting Komentar