Cerita Mbun

Hilangnya Rasa Cinta dalam Pernikahan. Harus Bagaimana?

Tanda-tanda hilangnya rasa cinta dalam pernikahan

Menjalani pernikahan bukan sesuatu yang mudah. Adanya dua kepala di dalam satu rumah seringkali menyebabkan perbedaan pendapat hingga bertikai satu sama lain. Hal sepele pun bisa menjadi besar jika tidak cepat diselesaikan.

Tidak seperti saat awal berencana menikah yang menggebu-gebu, setelah menikah justru dihadapkan dengan berbagai kelumit persoalan. Melakukan kebiasaan sebagai operasional seperti biasa tanpa adanya keintiman juga bisa membuat hilangnya rasa cinta dalam pernikahan.

Hilangnya cinta dalam pernikahan ini harus segera kita identifikasi ya, kenali tanda-tandanya sebelum terlambat dan menyesal. Jika tidak dirawat, maka pernikahan juga bisa kandas bak tanaman yang tidak disiram.

Tanda-tanda Hilangnya Rasa Cinta dalam Pernikahan

Memikirkan diri sendiri

Nikah bertahun-tahun mungkin bisa membuat sebagian pasangan merasa jenuh dan monoton tidak seperti saat bertemu yang saling mencintai satu sama lain. Merasa hubungan sudah “stuck” sehingga salah satu merasa terjebak dalam keadaan tidak tahu harus melakukan apa-apa.

1. Tidak Rindu Saat Jauh dengan Pasangan

Kalau suami kerja aja rasanya kanget banget ya, hehe. Apalagi waktu pengantin baru, rasanya gak mau ditinggal jauh-jauh. Agak berlebihan, tapi itulah saat-saat indah pasagan yang baru menikah.

Nah, kalau kamu udah gak ada da rasa rindu padahal udah lama gak bertemu karena harus berpisah jarak, bisa jadi tanda-tanda hilangnya rasa sayang dalam pernikahan. Akhir-akhir ini lagi marak berita perselingkuhan public figure.

Seperti klarifikasi penyanyi Virgoun alasannya berselingkuh adalah larena hilangnya rasa sayang.

“Yang jelas perasaan sayang itu pernah ada dan sungguh-sungguh ada. Saya menyesal karena tidak tegas dan tidak jujur serta berani dan mengungkapkan kenapa rasa itu bisa sampai hilang. –Virgoun Teguh Putra Tambunan

Nah, kan bahaya banget ya jika kita tidak jujur terhadap pasangan. Sebaiknya apa yang kita rasakan kita ungkapkan kepada pasangan ya.

2. Memikirkan Diri Sendiri

Sudah tidak peduli lagi terhadap apa yang dilakukan pasangan. Bersikap cuek dan bodo amat terhadap padangan. Tidak lagi berusaha menyenangkan pasangan. 

Nah, makanya nih para suami kalau istrinya masih ngomel-ngomel bersyukur yaa, itu tandanya istri kamu masih sayang sama kamu, hehe. 

3. Merasa Nyaman Sendiri

Tidak terbuka lagi kepada pasangan bahkan tidak melibatkannya pada aktivitas tertentu. Merasa nyaman jika sendirian daripada harus sama pasangan dan anak. saking nyamannya sendiri, tidak pernah lagi menikmati liburan bersama. Jangan dibiarkan ya, ini gak baik loh!

Kalau ada masalah sebaiknya segera dibicarakan. Apalagi kalau ada masalah keuangan keluarga, mesti disampaikan secara terbuka.  

4. Tidak Ada Hasrat

Sudah tidak ada lagi gairah untuk berhubungan. Padahal menjalin hubungan intim adalah momen yang penting bagi pasangan suami istri. Saat yang tepat untung bonding. Tapi, bagaimana bisa bonding kalau hubungan saja sudah tidak mau? 

5. Jarang Berbaur dengan Keluarga Besar

Hubungan suami istri melibatkan dua keluarga besar. Jika salah satu tidak ada yang ingin berkomunikasi atau menjauhkan diri dari keluarga besar, tentunya itu bukan hal yang baik dan harus dicari solusinya.

6. Sudah Tidak Sejalan 

Berbeda pendapat hal yang wajar ya, tapi jika sudah berlebihan dan merasa tidak sejalan lagi perlu di waspadai. 

Seperti rumor yang terjadi pada pasangan selebriti Desta dan Natasha Rizky yang dikabarkan beda keyakinan soal pandangan hidup. Duh, semoga aja gak bener ya. Soalnya suami nge-fans banget nih sama Desta. Semoga baik-baik aja. Lagian pada kenapa sih orang-orang? Hmmmm.

Cara Mengembalikan Rasa Cinta yang Hilang dalam Pernikahan

Liburan bersama pasangan

Orang tua yang baik belum tentu pasangan yang baik. Banyak orang yang lupa kalau cinta dalam pernikahan harus dirawat agar tidak layu. Dengan peran yang baru menjadi orang tua biasanya hubungan dengan pasangan bisa luntur. Untuk mengembalikan rasa cinta terhadap pasangan, coba tips berikut:

1. Berhenti Berekspektasi pada Pasangan

Kita boleh ya memberi masukan pada pasangan agar lebih maju, tapi jika menuntut dan ekspektasi untuk sempurna apalagi sampai membayangkan jadi seperti orang lain, jangan ya. Bisa merusak sebuah hubungan. 

Rasanya juga gak fair menuntut orang lain sempurna tanpa merubah diri kita lebih baik. Bukankah kita sudah menerimanya sejak akad nikah dulu?

2. Selalu Bertanya Kabar

Udah ketemu setiap hari di rumah, rasanya udah gak perlu lagi ngasih kabar atau chat WhatsApp. Saling berkabar meski sudah menikah tetap perlu ya. Untuk menjaga keharmonisan komunikasi dengan pasangan.

Aku setiap hari selalu bertanya pulang jam berapa, padahal udah tau juga jadwalnya. Tapi, itu caraku untuk menjaga komunikasi. Dalam seminggu pasti ada video call untuk Aqlan agar Aqlan merasa sosok Ayah selalu hadir.

3. Sentuhan Fisik

Perbanyakan sentuhan fisik bisa menumbuhkan cinta yang hilang dalam pernikahan. Dengan saling menyentuh juga membangkitkan hormon oksitosin. Bisa dengan berpelukan sambil ngobrol banyak hal.

4. Hindari Gadget

Fokus sama pasangan jika lagi bersama. Nikmati momen berdua jangan sambil pegang gadget ya. Walau kadang, aku juga ga bisa lepas dari gadget, pengennya difoto terus jadikan story deh, wkwkwk. 

5. Liburan Bersama

Sesekali boleh kok jalan-jalan berdua. Anak bisa kita ajak bareng atau titipkan sama kakek dan neneknya, hehe. Mengenang masa-masa indah berdua, bikin kita kangen masa-masa indah dulu loh!

6. Ciptakan Suasana Romantis

Kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Biasanya suami selalu menggodaku kalau aku udah ngambek. Terlihat usahanya untuk menjaga hubungan. Kamu juga bisa coba cara ini dengan memanggil sayang kepada pasangan. 

Bertutur kata lembut dan mencuri perhatiannya. Mencairkan suasana agar terasa nyaman dan romantis. Kalau seperti ini public speaking diperlukan ya untuk menjaga harmonisasi tersebut.


Penutup

Yuk kenali tanda-tanda Hilangnya rasa cinta terhadap pasangan. Jangan-jangan tandanya ada di kamu. Kalau misalkan cara mengembalikan rasa cinta yang hilang sudah dicoba, tetapi masih gagal. Kamu bisa menghubungi konselor pernikahan ya, biar dicari solusinya bareng-bareng. Semoga rumah tangga kita semua terhindar dari bahaya dan selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.
Alfida Husna
Menulis mampu membuatku meluapkan berbagai macam perasaan. Sarjana Hukum yang senang baca buku, nonton Drama Korea dan minum kopi. Dapat dihubungi melalui email alfidahusna@gmail.com

Related Posts

26 komentar

  1. Wah bermanfaat sekali informasinya. Terima kasih kak, semangat yaa

    BalasHapus
  2. Keren nih kak, karena ga cuma bahas penyebabnya, tapi juga dikasih solusinya. Mantaps

    BalasHapus
  3. Ini tuh bikin antara terinformasi sama deg-degan krn kami lagi LDM hehehe

    BalasHapus
  4. memupuk cinta seumur hidup bener2 harus berpondasi agama, komunikasi dan kepercayaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak mesti dipupuk dengan 3 hal itu 🤗

      Hapus
  5. Sangat penting dibaca oleh semua yang sudah berumah tangga. Setidaknya dari tulisan ini bisa mengevaluasi kira-kira seberapa besar kualitas hubungan dengan pasangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca oleh siapa aja. Bener bgt kak biar makin harmonis ya 🤗

      Hapus
  6. Konselor pernikahan itu emang beneran ada, ya? Kukira adanya cuma di drakor aja. 🙄

    BalasHapus
  7. Nggak tau kenapa setiap kali mampir ke blog kaka ini, saya merasa insecure... 😥
    Bagus banget mulai dari pembahasan semua pemaparan solusi. Keren pokoknya 🙈👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, jangan insecure dong kak. Kita kan lagi sama² belajar 🤗

      Hapus
  8. Aku suka sekali baca tulisan kakak selalu informatif terus rapi~

    BalasHapus
  9. Meski belum berumah tangga, tapi tulisan ini informatif untuk dijadikan referensi bekal ilmu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, penting untuk bekal nanti ❤️

      Hapus
  10. Hilangnya cinta pada pasangan ini bisa terjadi di tahun keberapapun pernikahan ya, harus waspada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, harus dirawat terus cintanya ❤️

      Hapus
  11. Wahh sangat informatif! Terima kasih kak atas referensinya untuk menambah wawsan.

    BalasHapus
  12. Jangankan yang menikah, dalam fase pacaran pun banyak yang mengalami. Sebuah ilmu buat para bujang, Terimakasih

    BalasHapus
  13. Saya juga syok liat kabar para public figure yg keliatannya adem tau2 kabarnya mau pisah 😢 Tapi itu juga bikin saya sadar kalau pernikahan memang sesuatu yg harus diperjuangkan. Padahal kalau udah bertahun2 bareng rasanya kayak "udah kenal sama pasangan" jadi gak merasa perlu berjuang lagi. Perasaan seperti ini yang berbahaya, karena kita gak pernah tahu di masa depan bakal menemui kerikil seperti apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener bgt mbak. Padahal udah bertahun-tahun berat pasti ya. Justru itu kita harus semakin memupuk cinta ❤️

      Hapus

Posting Komentar