cerita mbun

6 Alasan Menulis Menggunakan Blogspot. Platform yang Paling Nyaman

Platform menulis yang bikin nyaman


Alhamdulillah setelah pengenalan Komunitas ODOP (One Day One Post) oleh Cak Heru, semalam materi disampaikan oleh mbak Jihan Mawaddah tentang mengenal Blog. Mbak Jihan ini udah gak asing di dunia blog. Siapa yang gak kenal beliau yang namanya sering terdengar sebagai pemenang blog?

Pantas saja disebut sebagai langganan juara, sejak tahun 2020 Mbak Jihan sudah memenangkan 65 lomba. Wah, daebak ya!

Gimana nulisnya? Seberapa banyak risetnya? Apa gak tidur? Wkwkwk itulah pertanyaan konyol yang terbesit di kepalaku saat CV Mbak Jihan dibagikan oleh moderator.

Senang sekali punya kesempatan ini, secara sudah lama jadi followersnya mbak Jihan, ada kesempatan diskusi bareng, beliau yang juga sebagai ketua ODOP tahun lalu.

Mengenalkan blog dengan sangat jelas, membuatku berpikir, “Iya yaa, dari sekian banyak platform menulis, kenapa aku menulis menggunakan blogspot? Kenapa aku bisa begitu lama konsisten menulis di blogspot, bukan platfrom yang lain?"

Apa itu Blog?

Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi seperti artikel, foto atau video. Kalau aktivitas mengelola blognya disebut Blogging. Termasuk yang sedang aku lakukan, menjaga konsistensi dan alasanku menulis.

Apa Sih Manfaatnya Blogging?

Manfaat ngeblog sudah aku rasakan sendiri sejak lama. Aku ingin merekam jejak perkembangan dan pertumbuhan anakku serta pengalaman pribadiku. Kadang curhat colongan, hehe. Selain pengikat ilmu dan perekam jejak, manfaat aktivitas blogging adalah sebagai berikut:

1. Sebagai personal branding

Karena suka menulis di blogspot, membentuk brandingku sebagai penulis. Kalau kata mbak Jihan ketika pengenalan diri, udah agak usah ngasih kartu nama lagi. Kasih lihat saja alamat blog kita.

Ini bener banget, suatu waktu pernah ada teman yang bertanya padaku bagaimana proses melahirkan di rumah sakit, langsung aku share linknya aja, gak usah cape-cape menjelaskan lagi, hehe.

2. Menambah portofolio

Meski sekarang memilih bekerja di rumah, penting banget untuk menambah portofolio kita. Mengasah skill itu penting meski sudah jadi Ibu. Menyalurkan kreatvitas melalui blogspot.

3. Membangun jaringan

Blogger ini pada keren-keren loh. Wawasan dan pengalamannya luas banget. Backround pekerjaan dan pendidikannya juga sudah ga di ragukan lgai. Seneng banget bisa berkenalan dengan berbagai macam latar penulis dengan sudut pandang yang beraneka ragam.

4. Mendapatkan penghasilan

Dari blog juga kita bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja sama klien atau mengikuti berbagai lomba. Kalau diseriusi, blogspot juga bisa menghasilkan uang.

5. Mengasah skill menulis

Dengan blogging, kita semain berpikir bagaimana mempercantik blog kita dan tulisan. Tentunya kita ingin banyak mengasah skill menulis agar riset semakin dalam dan pengetahuan semakin luas. Seperti yang sedang aku lakukan dengan mengikuti challenge dari Komunitas ODOP.

Mengapa Memilih Menulis di Blogspot?

Tidak perlu hosting

Karena dari awal aku kenalnya blogspot, jadi yaudah aku nulis di blogspot sampai sekarang, hehe. Aku belum coba WordPress sih. Jadi gak bisa juga aku bandingkan ya. 

Tapi sekarang aku coba nulis di salah satu UGC, dan Alhamdulillah langsung published. Tapi, aku lebih nyaman nulis di Blogspot. Apapun platformnya selalu ingat kata Mbak Jihan,

“Jangan pernah ngeblog ketika teman-teman memang tidak suka menulis, tidak suka membaca, atau maunya yaa mendapatkan informasi sepotong-potong, instan, dan tanpa melalui proses berpikir yang panjang.” –Mbak Jihan Mawaddah
Berikut alasan kenapa aku masih suka nulis di Blogspot:


1. Fiturnya sederhana


Fitur-fitur di Blogspot menurutku mudah bisa dipahami oleh pemula. Bagi pemula, gak usah bingung karena toolsnya ga terlalu rumit.

2. Masih didukung Google 


Tidak loading karena masih didukung Google. Keamanannya tidak diragukan lagi. Sayangnya pengaturan keamanan default tidak bisa diubah-ubah karena kita menggunakan platform yang tertutup.

3. Template yang simple


Banyak beragam desain lucu dan simple menurutku untuk Blogspot. Tinggal kita pilih dan aplikasikan saja yang mau kita pakai. Template nya juga worth it untuk kerja sebuah website.


4. Blogspot tidak perlu hosting

Karena sudah didukung oleh google tadi, Blogspot juga tidak memerlukan hosting. Cuman karenaibaratkan yang punya lahan Google, kita tinggal bikin rumah aja, tapi harus mengikuti algoritma Google. Setting domainnya juga cukup mudah dipahami langkah-langkahnya.

5. Menulis di rumah sendiri 

Blogspot itu bagiku seperti rumah online kita secara pribadi. Jadi kalau secara hak kepemilikan, kita bisa dengan bebas mau ngapain aja kan? Hehe. 


6. Tidak terikat apapun

Karena rumah milik sendiri, kita tidak terikat apapun, kecuali kita sendiri yang memilih bekerja sama dengan orang lain. Tapi, itu pun dengan ketentuan yang sama-sama kita sepakati. Saling melengkapi satu sama lain dengan membuat konten.

Penutup

Untuk saat ini Blogspot adalah platform menulis ternyaman bagiku sendiri. Karena aku merasakan sendiri dampaknya pada kehidupanku. Dengan menulis di blog juga bisa sebagai healing dari pikiran yang begitu berisik.

Kalau kamu, platform menulis apa yang bikin kamu nyaman?

Related Posts

24 komentar

  1. Iya paling simple sih kalau ngga mau ribet dan cuma fokus nulis. udah dari 2013 pake tapi hiatus, sekarang dipake pun masih nyaman apalagi yang versi apps di android. terlope

    BalasHapus
  2. Keren banget nih tips buat blogger pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tips mbak, tapi alasan. Dibaca lagi ya, hehe.

      Hapus
  3. Awalnya wordpress, trus pindah ke blogspot, trus karena nyari template yang menarik pindah wordpress lagi. Randomnya aku. 🙈😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku belum nyoba wordpress kak 😂

      Hapus
  4. Sama nih. Aku sejak awal pakenya blogspot jadinya uda males mau nyobain lain.. Lumayan simple dan mudah untuk pemula sih. Dan yg jelas emang produknya google jadi lebih ngerasa aman aja.

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat utk yang lagi bimbang mau pilih blog spot atau cms lainnya 😄

    BalasHapus
  6. wah informasi yang sangat bermanfaat kak. aku jadi pengen banget nulis. apalagi tulisan kakak menyenangkan dan enak dibaca. terima kasih kak.

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas informasinya kak. Saya jadi tertarik mau nyoba blogspot.

    BalasHapus
  8. Waah lengkap rangkumannya kak. Terima kasih jadi bisa baca-baca lagi

    BalasHapus
  9. Setuju! Haha, aku sempet mabok pas pertama kali belajar pakai WP self hosted. Kayak ada gap yg besar antara pakai blogspot atau wordpress. Aku udah coba beberapa ugc, WP gratis, WP self hosted, dan blogspot. Masih merasa blogspot paling nyaman karena simple tapi bisa dipersonalisasi. Kalau WP, memang lebih banyak pilihan untuk personalisasi. Tapi buat nyettingnya kudu belajar-belajar lagi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap banget mbak udah semua dicoba. Aku belum nyoba wordpress nih, huhu

      Hapus
  10. Blogspot tidak perlu hosting ini jadi poin plus banget memang. Apalagi untuk newbie blogger yang masih minim budget. Terus langkah-langkah setting domainnya juga cukup mudah dipahami blogger pemula seperti ku.

    BalasHapus
  11. Menarik banget! Aku setuju sama alasan kak Alfi. Karena aku sebagai pengguna blogspot juga demikian, haha.Dan terima kasih kak, reminder ilmunya, yang kemaren dibawa sama kak Jihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama ya, hehe. Sama2 belajar ya kak 🤗

      Hapus
  12. Nyaman pakai Blogspot ataupun Wordpress. Tapi kalau dah kelamaan pakai Wordpress, balik ke Blogspot lagi jadi gemees wkwk..

    BalasHapus

Posting Komentar