cerita mbun

Gaya Hidup Sehat ala Nana Mirdad dan Andrew White

14 komentar
Tips pola makan dan hidup sehat ala selebriti




Pertama kali serius ikut IG Live yang diadakan oleh Velvet Junior. Bukan karena give away-nya, tapi karena materinya juga menarik. Karena kalau untuk give away-nya hanya seru-seruan aja. Justru malah dapat give away-nya di acara live talk dengan materi yang lain.

Saking seriusnya mau belajar pola makan dan hidup sehat ala Nana Mirdad dan Andrew White, aku udah bilang jauh-jauh hari ke suami untuk jagain Aqlan selama aku ikut live talk-nya. Gak mau sampai ada yang terlewat.

Kebetulan saat suami libur aku bisa ikutin dari awal sampai akhir. Selama dijaga oleh Ayahnya Alhamdulillah Aqlan juga gak rewel. Bisa sambil menyimak dan jawab pertanyaan juga.

Seneng banget saat masa pandemi Velvet Junior banyak mengadakan Live Talk di Instagram. Bisa mendapatkan ilmu di masa pandemi juga bisa mempraktikan gaya hidup sehat ala Nana Mirdad dan Andrew White.

Apalagi kalau anaknya susah makan. Jangankan makanan yang sehat, yang gak sehat pun kadang susah ya. Gak usah khawatir, Nana Mirdad dan Andrew White punya solusi agar anak-anak mau makan makanan yang sehat. Yuk simak. 

 Live Talk Berbagi Inspirasi Gaya Hidup Sehat Keluarga


Live Talk Berbagi Inspirasi Gaya Hidup Sehat Keluarga
Sumber: Instagram @velvetjunior


Acara ini disponsori oleh Velvet Junior di Instagramnya dalam rangka Give Away piyama yang lucu. Acara ini tanggal 26 januari 2021 tapi materinya masih membekas di ingatan, karena relate banget sama kehidupan aku yang juga sedang mengurus bayi.

Dipandu oleh Mbak Novita Angie yang seru banget, gak kerasa acara berakhir begitu saja. Sudah satu jam berlalu ternyata menyimak tips dari pasangan selebriti yang menerapkan pola makan dan hidup sehat.

Saat itu kebetulan Aqlan dalam fase mau makan dan tipsnya sangat membantu aku sampai sekarang untuk memberikan makanan yang sehat untuk Aqlan. Meskipun susah, tapi harus terus coba. Tips dari Nana Mirdad ini melekat banget di otak aku, wkwk. Apalagi juga pola asuhnya mereka yang fleksibel tapi mengena di hati anak-anaknya. 

Menerapkan Gaya Hidup Sehat Setelah Punya Anak


Nana dan Andrew mulai merasa pentingnya pola hidup sehat saat mereka mempunyai anak. Awalnya sangat susah tapi lama-kelamaan jadi kebiasaan. Bukan hanya diterapkan untuk anak mereka, tapi mereka sebagai orang tua yang dicontoh oleh anak-anak harus juga menerapkan pola hidup sehat.

Dalam menerapkan gaya hidup sehat, Nana dan Andrew membagi tugas. Nana yang menjaga pola makanan sehat mereka. Sedangkan Andrew menjaga pola olahraga. Apalagi saat pandemi, olahrga harus tetap dijaga.

Apa yang Memotivasi Nana dan Andrew Menerapkan Pola Hidup Sehat Untuk Anak-anak?


Menerima bahwa suatu saat mereka akan tumbuh besar dan keluar dari rumah untuk berbaur dengan masyarakat. Sebagai pegangan, dari rumah mereka sudah dikenalkan dengan pola hidup sehat. Sehingga ketika sudah diluar rumah, mereka akan terbiasa dengan pola hidup sehat.

Tapi, adakalanya makan makanan yang “gak sehat”. artinya saat sedang ingin makan cake, ya makan aja sekali-kali. Cake juga bukan berarti tidak baik bukan? Kadang kita juga ingin makan sesuatu yang kita inginkan.

Bagaimana disela-sela Kesibukan Nana dan Andrew Menjaga Pola Hidup Sehat?


Menurut Nana, jadi ibu rumah tangga itu multitasking. Setiap hari semuanya dikerjakan. Beda kalau kita bekerja diluar, ada jam kerjanya. Ada saat kerja, ada saat istirahat.

Maka dari itu, kita harus disiplin sama diri sendiri. Harus punya rutinitas sehingga kita terbiasa dengan pola hidup sehat.

Dalam kesibukan kita, harus punya waktu sendiri alias me time. Me time tidak perlu lama-lama. Cukup 5 menit juga kita sudah bisa me time.

Me time sangat menjaga kesehatan mental. Kalau mental kita sehat, fisik juga sehat. Nana dan Andrew percaya kalau mental dan fisik saling berhubungan. Mental sangat berperngaruh terhadap pola hidup sehat. Sehingga selain menjaga fisik tetap sehat, mentalnya juga perlu dijaga.

Bagaimana Cara Andrew White Membagi Waktu Dalam Kesibukannya?


Sependapat dengan Nana, Andrew juga merasa dirinya harus disiplin. Melakukan rutinitas setiap harinya justru merasa kita bikin lega.

Sebisa mungkin Andrew juga tetap melakukan olahraga di hari libur. Atau sekedar workout untuk tetap bisa olahraga. Kita juga perlu istirahat agar kembali fit. Badan juga butuh istirahat.

Seberapa Sering Melakukan Aktivitas yang Melibatkan Anak-anak?

Anak butuh bermain dengan teman-temannya

Lihat dulu bagaimana kondisinya. Kadang anak juga punya kegiatannya sendiri. Kalau udah kebanyakan main gadget, baru diajakin olahraga atau bermain bersama.

Meski bermain dengan temannya, tapi tetap ada waktu juga dengan keluarga. Buat peraturan kalau hari libur waktunya bersama keluarga. Anak juga punya kebutuhan bersama temannya. Tidak melulu harus dengan keluarga, tapi tidak melupakan keluarga.

Nana mencoba membuat anaknya membantu di dapur tapi dengan making fun, artinya mereka tidak merasa dibebani meski sedang membantu maminya di dapur. Membantu yang menyenangkan, boleh dicoba nih Bun. Jadi kita juga tidak memerintah dan anak tidak merasa dibebani.

Anak juga harus belajar berempati dan berkompromi. Belajar menghargai pendapat orang lain. Dengan mengajaknya diskusi bersama.

Gimana Cara Nana Menyajikan Menu Sehat Untuk Anak?


1. Browsing untuk mencari resep makanan. Kalau terbiasa di dapur jadi menemukan balance bumbu apa saja yang harus digunakan atau tidak. Perpaduan sayuran dengan sayuran yang lain.

2. Harus menemukan versi aslinya dulu. Misalkan masak semur daging dengan rasa semur daging yang menurut orang enak, baru dibuat vesi sehatnya. Dengan mengurangi bumbu tertentu.

4. Apa yang Nana masak, semuanya harus dimakan. Memberi penjelasan bahwa memasak itu susah loh, jadi kita harus menghargai apa yang sudah dimasak dengan memakannya.

5. Goreng tempe dengan minyak banyak dan air fryer itu rasanya akan beda. Lebih enak dengan menggunakan minyak yang banyak. Tapi, anak-anak harus bisa juga menerima versi sehatnya.

Gimana Caranya Membuat Anak-anak Mau Makan Sehat dan Pola Hidup Sehat?

Tips anak mau makan dengan pola hidup sehat



1. Biasakan anak makan makanan rumah. Jelaskan kandungan gizi dari makanan tersebut. Jangan terbiasa maunya apa. Karena sekarang mudah banget untuk mendapatkan makanan. Tinggal pesan abang ojol, makanan udah sampai depan rumah, hehe.

2. Pinter bikin menu variasi setiap harinya. Jangan itu-itu saja. Ini sama dengan saran dokter waktu kulitnya alaergi. Aku diharuskan kreatif membaut menu setiap harinya. Memang menguji kesabaran banget.

3. Jangan dimarahi kalau anak gak mau makan. It's not easy makan salad. Memang gak enak, tapi badan kamu perlu makanan yang sehat. Menjelaskan seperti itu agar anak mau makan makanan sehat.

4. Contohkan kalau kita juga makan. Anak itu peniru terbaik orang tuanya ya, Bun. Kalau kita hanya bisa menyuruh tanpa kita juga mempraktikkan, anak mana mau melakukan apa yang kita suruh. Yang ada akan menolak mentah-mentah. Kita menyuruh anak makan sehat, kita juga harus makan sehat.

5. Jangan ekspektasi bahwa anak akan makanan sehat dengan lahap. Tentu ada prosesnya.

6. Harus sabar dan telaten

Bagaimana Caranya Jika Makanan Udah disiapkan Tapi Gak mau dimakan?


1. Buat aturan kalau yang ada di piring itu harus dimakan. Ini membuat anak jadi lebih menghargai makanan dan orang yang memasak makanan.

2. Di meja makan itu sakral. Artinya makan bersama jadi punya waktu spesial, kita bisa sambil berdiskusi dengan anak, tahu-tahu gak sadar makanan udah habis. Mengajarkan anak untuk tidak makan lama-lama. Anak kan gitu ya, makannya suka dilama-lamain. Bikin gemes.

3. Orang tua harus bisa menahan diri untuk tidak kasian sama anak. Kasian juga kalau anak merasa makanannya gak enak. Tapi kalau tidak begitu, bagaimana anak akan mencobanya.

4. Jangan kasih makanan diluar kemampuan mereka. Dicoba pelan-pelan, lama-lama jadi kebiasaan.

Bagaimana Cara Nana Mengajarkan Anak Mau Olahraga?


Membatasi waktu anak bermain gadget. Kalau dia bosen, tawarkan mau tidak main baseball. Jangan menyuruh anak olahraga, kitanya malah asik gadegetan.

Bagaimana Cara Menjaga Fisik dan Mental Saat Pandemi?


1. Kadang juga ada up and down. Biasanya Nana dan Andrew mengajak anak-anak untuk sekedar jalan sore disekitar rumah.

2. Gadget harus dibatasi

3. Harus jadi temen mereka juga. Gak selalu game, tapi yg membantu kreatifitas mereka. Boleh saja game, tapi jangan terlalu keseringan

4. Memperkenalkan mainan jaman dulu. Sesederhana main karet

5. Jangan terlihat bad mood depan anak. Harus bisa menjaga energi depan anak. Anak juga bisa menyerap energi kita.

Pertanyaan Ayah dan Bunda


Wah seru banget ya bahas pola makanan sehat dan cara hidup sehat. Jadi semangat untuk berolahraga dan mencoba mengubah menu makanan kita. Nah, banyak juga nih dari peserta live talk yang bertanya kepada Nana dan Andrew. Pertanyaannya sangat mewakili semua bunda deh ini.

Bagaimana Supaya Anak-anak Betah di Rumah?


1. Kasih anak space dirumah. Harus bisa mengenali anak dan tidak merubah mereka

2. Anak harus bisa merasa diterima, dirangkul dan disayang.

3. Ketika suatu saat dilepas ke masyarakat, anak akan bebas berekspresi dan bisa bertanggungjawab

Tips Bisa Sehat Jiwa Saat Gak Ada Me Time


1. Me time gak perlu lama-lama. Belajar melakukan pernafasan dan belajar menerima situasi. Gak salah butuh me time 5 menit. Me time adalah ngerem sesaat dari aktivitas kita.

Kalau anak sudah besar bisa kasih tau kalau kita butuh me time. Nana sendiri gak pernah malu atau takut bilang ke anak karena butuh me time. Itu juga untuk menjaga hubungan sosial.

4. Kalau anak masih kecil bisa komunikasi sama pasangan kalau kita lagi butuh me time. Akupun selalu begitu dengan suami kalau aku udah ngerasa cape banget. Bisa tidur siang atau nonton drakor itu adalah sebuah kenikmatan, hehe.

5. Renungkan lagi, kita cape karena ngurus anak atau kita gak bisa komunikasikan ke luar kalau kita lagi mumet

Apakah Nana Mengijinkan Anak Bermain Kotor Saat Pandemi?


Tergantung kotornya seperti apa, jika kotor yang berhubungan dengan alam, no problem.

Gimana Cara Menyelesaikan Masalah Jika Berbeda Pendapat?


Banyak bertentangan sudah hal biasa bagi pasangan suami istri ya Bun. Tapi, depan anak-anak harus satu suara. Kalau ada yang tidak sependapat, bisa didiskusikan dibelakang. Salah satu orang tua juga harus belajar mengalah. Yang penting value ke anak harus satu arah.

Kalau salah satunya berbeda di depan anak, nanti anak akan memilih mana yang mudah bagi anak. Misalkan, izin ke ayah aja kalau mau makan es krim, kalau ibu sudah pasti tidak boleh. Anak akan mencari-cari pembenaran.

Bagaimana Cara Memilih Mainan yang Baik Untuk Anak yang Baik?


1. Mainan yang semanual mungkin. Seperti balok dari kayu-kayu atau lego

2. Yang bisa mendukung kreatifitas. Gak mau sampai mainan yang kalau kita kasih, anak hanya menerima saja. Tanpa ada kreatifitasnya harus diapakan mainan tersebut.

3. Mainan sesuai dengan usia. Kadang kita liat yang keren tapi gak sesuai. Sama dengan tontonan juga harus yang sesuai

4. Mainannya safe atau nggak untuk anak. Karena keamanan dan kenyamanan juga penting.

Apa yang Biasa dilakukan Sama Nana dan Andrew dipagi Hari Agar Badan Fit?


1. Bangun tidur minum air putih. Air putih sangat penting untuk menjaga cairan dalam tubuh sehingga tetap bugar setiap harinya.

2. Streaching

3. Meditasi. Apa yang kita lakukan bisa mendukung mental kita. Jangan bangun tidur langsung scroll instagram.

4. Kalau besok harus bangun pagi, jangan paksakan begadang

Gimana Cara Atasi Kalau Kurang Tidur Karena Sibuk Sama Kerjaan di Rumah?


1. Belajar mampu mengatur emosi. Kalau punya bayi ikut tidur. Kadang bayi tidur kita main gadget atau lihat-lihat shopee, hehe.

2. Colongan melakukan Power Nap atau tidur singkat. Ini beneran membantu sih, aku pun kalau ketiduran walau hanya sebentar udah bisa bikin fresh lagi.

3. Mengatur tubuh menjaga mood dengan positif thingking. Tidur tetap kebutuhan utama.

Tips Dari Nana dan Andrew


“Jangan terlalu dipaksa atau diforsir. Lihat keluarga sendiri aja. Gak usah liat keluarga disosial media. Lakukan yang terbaik. Kita punya cara berbeda, pola asuh berbeda. Hidup sehat juga merupakan happinest. Belum tentu ketika kita melihat pola asuh orang lain yang bagus, belum tentu cocok buat kita”

Kesimpulan 

Tipsnya bermanfaat sekali ya. Susah-susah gampang juga menerapkan pola makan dan hidup sehat. Apalagi kalau udah liat seblak, wah is my favorit sih huhu.

Gimana nih kalian juga jadi pengen rubah pola hidup dan makan? Atau usaha menerapkannya sejak lama? Sharing yuk cara gimana cara kalian menjaga gaya hidup sehat.





Related Posts

14 komentar

  1. Mangkanya mereka nih couple yang awet muda banget hidupnya sehat giniii

    BalasHapus
  2. Wow keren bgt tips2 nya. Orang tua kudu banget nyontohin..

    BalasHapus
  3. Jujur saya bangga sekali sama ibu" indonesia yang notabene harus ngerjain pekerjaan rumah, urus anak, suami, dan lainnya. Semua pekerjaan dilakuin manual dan mereka juga dituntut harus sehat nga boleh sakit. Ini luar biasa

    BalasHapus
  4. Setelah sekian lama ngga denger kabar mereka, akhirnya sekarang denger lagi. Sangat menginspirasi nih Mba gaya hidup mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak udah jarang main sinetron kayanya, tapi di medsos mah masih aktif trs

      Hapus
  5. Keren banget tipsnya ini. Tapi ya begitu ya pasti susah apalagi diterapin ke anak. Kitanya ngajak hidup sehat tp dikasih makanan ngga sehat sama lingkungan mainnya. Agak susah sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, aku pribadi juga masih males²an gimana mau menerapkan ke anak wkwk

      Hapus
  6. Wah full tips yg bermanfaat bgt mb....pgn deh praktekan pola hidup sehatnya,mksh lho mb sharingny

    BalasHapus
  7. keren yah, mereka tuh kompak dalam mengasuh anak dan menjalankan pola hidup

    BalasHapus

Posting Komentar