cerita mbun

Tingkah Laku Anak Usia 3 Tahun. Bunda Perlu Sabar!

25 komentar

Kegiatan motorik halus anak usia 3 tahun

Dulu aku mengira kalau anak sudah bisa jalan sendiri akan lebih mudah menjaganya. Nyatanya semakin usia anak bertambah, semakin aktif geraknya dan sering membuat kewalahan. Ada saja tingkahnya yang bikin kita deg-degan atau mungkin menjadi marah.

Meski maksud anak tidak ingin membuat kita marah, seringkali kita merasa kesal dibuatnya. Apalagi kalau sudah bertingkah pada hal yang menurut kita berbahaya.

Ingat-ingat lagi, waktu kecil juga kita belum bisa melakukan semuanya dengan sempurna. Masih suka bingung membedakan mana sepatu kanan dan kiri atau mungin tidak sengaja menumpahkan susu. 

Aku yang sudah jadi orang tua seperti ini saja masih melakukan kesalahan, lalu bagaimana anak usia 3 tahun yang otaknya belum sempurna?

Kalau kita masuk ke dunia anak dan mencoba mengerti perasaannya, hati akan sedih karena anak juga ingin melakukan sesuatu dengan baik . Namun seringkali kita malah memarahinya untuk sesuatu yang tidak ia mengerti.

Tingkah Laku Anak 3 Tahun yang Super Aktif

Aqlan selalu antusias ingin membantu aku di saat aku sedang mengerjakan pekerjaan rumah. Dilemanya aku, di sisi lain ingin memberi kebebasan untuknya bereksplorasi dan mengajarkan tentang pekerjaan rumah. Agar perkembangan anak 3 tahun semakin optimal. 

Kegiatan motorik kasar anak usia 3-4 tahun

Tapi, satu sisi justru malah nggak selesai nanti pekerjaanku, wkwkwk. Bunda mengalami hal serupa tidak? Apa saja sih tingkah laku anak usia 3 tahun?

1. Menolak Sesuatu

Tidak seperti fase bayi, yang selalu mau "diapakan saja", dari usia 2 tahun sudah menunjukkan adanya penolakan. Di usia 3 tahun inilah benar-benar terjadi penolakan karena sudah bisa memilih.

Kalau diajak mandi, bilangnya "tidak mau mandi." Disuruh apapun jika dia sedang tidak mau, dia akan menolak sekalipun aku tawarkan makanan kesukaannya. 

Kesempatan untuk orang tua memberi tahu apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Orang tua harus konsisten, agar anak bisa memahami kenapa orang tua ingin anak disiplin.

2. Punya Keinginan Sendiri

Selain menolak sesuatu, usia 3 tahun juga sudah punya keinginan sendiri. Bangun tidur saja, tiba-tiba Aqlan selalu minta makan nasi. Tapi, kalau aku sediakan nasi dia tidak mau. Jadi, ya sesuai keinginannya saja.

Ketika pergi juga meminta dibelikan susu atau ice cream. Selalu minta dibuatkan roti tawar kesukaannya. Kadang dibakar atau dimakan langsung sesuai keinginannya.

3. Selalu Meminta Pulang Jika Sedang Bepergian

Aqlan ini tipikal anak yang tidak betah pergi lama-lama dalam satu tempat. Dia akan mudah bosan dan jenuh yang berujung minta pulang ke rumah.

Saat mudik juga minta pulang ke rumah. Padahal aku ingin lama di rumah orang tua. Namun, Aqlan setiap hari menangis minta pulang ke rumah padahal kami berusaha membuatnya nyaman agar dia betah.

Kecuali ke mall, yang itensitas waktunya banyak duduk Aqlan akan mudah bosan. Kalau ke mall kan kita jalan-jalan, dia tidak bosan malah tidak mau pulang, haha. 

4. Memukul Jika Kesal

Apakah anak Bunda memukul jika kesal terhadap sesuatu? Sebagian anak ada yang berteriak atau memukul jika dia kesal keinginannya tidak dipenuhi. Tingkah laku anak 3 tahun anak seperti ini memang bikin pusing ya.

Tapi, kalau kita bisa memahaminya Insya Allah anak tidak akan mudah memukul. Jelaskan kalau dipukul itu sakit dan membahayakan orang lain. Apakah kamu ingin juga dipukul? 

Tingkah laku anak 3 tahun memang buat kita ingin menangis setiap harinya. Kalau lagi nggak mood bisa memicu emosi kita. Kita harus tahu bagaimana cara menyikapi perilaku anak yang menantang agar anak juga tidak kebingungan dan kita masih bisa waras.

5. Membuat Mainan Berantakan

Sudah bukan hal yang aneh ya mainan berantakan di mana-mana. Anehnya, mainan kok malah bertambah banyak saja tapi tidak merasa membelinya, dari mana datangnya semua mainan ini? Haha.

Belum lagi kalau sudah keinjek, betapa rasanya sangat menyakitkan. Perlahan ajarkan anak untuk merapikan kembali mainan yang sudah ia buat berantakan.


Cara Melatih Kegiatan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun

Tingkah laku anak 3 tahun di atas bukan berarti tidak baik. Hanya saja, bukan aktif bergerak, namun harus dilatih motorik halusnya agar ia bisa berkonsentrasi saat melakukan sesuatu.

Kegiatan motorik halus anak usia 3-4 tahun bisa kita latih dari rumah. Motorik halus adalah kemampuan anak dalam menggunakan otot-otot tangan dan jemarinya.  

1. Menggunting Kertas

Jika khawatir memberikan gunting, Bunda bisa memberikan gunting plastik yang aman untuk anak. 

Kegiatan menggunting kertas bisa membuat kreativitas anak dan melatih gerakan tangan dan matanya sehingga ia bisa konsentrasi dan hati-hati. 

2. Menggambar dan Mewarnai 

Motorik halus adalah

Ajak anak untuk turut serta menggambar lingkaran, persegi atau menuliskan namanya. Kegiatan ini bisa mengasah konsentrasinya untuk membuat sesuatu di atas kertas.

Melatih motoriknya agar perhatian anak tidak selalu pada gadget. Apalagi jika anak makan sambil screentime, yang ada anak tidak fokus sama makanannya. 

3. Menyusun Balok

Kegiatan motorik halus anak usia 3-4 tahun ini bisa menggunakan mainannya. Bukan hanya sekedar bermain, namun bisa kita bantu untuk menyusunnya. Biarkan anak berkreativitas agar tumbuh kembangnya optimal.

4. Mengajak Anak Membantu Memasak

Ketika anak ingin membantu kita, bisa kita beri tugas mudah yaitu mencuci sayuran. Mungkin anak senang bisa bermain air. 

Namun dengan mengajaknya membantu kita, ia jadi tahu perbedaan setelah sayurannya dicuci dan sebelum sayurannya dicuci. 

5. Berkreasi dengan Playdoh

Lilin mainan atau yang biasa disebut dengan Playdoh bisa mengasah kegiatan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Anak jadi berkreasi dengan membuat bentuk hewan, bunga atau semacamnya.

Playdoh yang warna warni juga membuat anak belajar mengenal warna dan membuatnya semakin tertarik untuk belajar. Teksturnya lembut mudah dibentuk sehingga anak bisa berimajinasi dengan membuat apa saja.

Kesimpulan

Kegiatan motorik halus usia anak 3-4 tahun ini juga bisa menjauhkan perhatiannya pada gadget. Anak akan selalu sibuk membuat proyek, hehe.

Tingkah laku anak 3 tahun di atas memang bikin kita emosi, tapi kalau kita mengarahkannya dengan baik seperti kegiatan motorik di atas, anak akan belajar dan konsentrasi dengan baik.

Related Posts

25 komentar

  1. Anak saya yang nomor 2 sekarang cewek usia 3,5 tahun. Bener banget mbak, tingkah lakunya aktif banget. Hmmm... Masih belajar sabar. Mencoba mengerti keinginannya dan cari solusi yang tepat untuk menghadapinya. Setiap hari segala perkakas dapur masuk kamar jadi sekasur...hehehe .. .Lagi suka kegiatan memasak.. Paling suka kalau diajak bantu2 masak..

    BalasHapus
  2. memang kudu punya banyak stok sabar ya kalau masih punya balita hihi.. aku selalu ajak anak terlibat sama kegiatan sehri-hari, Alhamdulillah jadi bisa tanpa gadget sehari-hari, yaa walaupun urusan jadi lama karena diobrak-abrik terus ya hehe

    BalasHapus
  3. Usia tiga tahun itu lagi lucu lucunya ya
    Saya juga inget kalau bepergian, anak saya waktu usia tiga tahun emang suka rewel
    Selalu minta pulang. Hehe ...

    BalasHapus
  4. "Selalu Meminta Pulang Jika Sedang Bepergian". Kebalikan dengan anak saya. Dia malah senang kalau diajak bepergian. Maunya gak usah pulang. Atau, mau pulang kalau dirasa sudah cukup puas.

    BalasHapus
  5. Jadi anak 3 tahun ini sudah mulai punya keinginan ya. Jadi kita harus peka juga ya sebagai ibu. Biar sekalian kita melatih mereka mengambil keputusan.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat dulu Saladin juga suka obrak-abrik mainannya sampai kesebar di 1 ruangan dan dibiarin sampai dia puas mainnya karena kalau diberesin mapah diberantakin lagi hahahaha. Memang namanya juga balita.

    BalasHapus
  7. Anak usia 3 tahun memang masa aktif dia bergerak, it's ok sudah fitrahnya itu tanda anak sehat, kalau anak-anak saya dulu saya sediakan ruang bermain, jadi mereka bisa bermain sepuasnya, periode tertentu saya ajak dia bermain dengan teman-teman sebayanya yang tinggal di dekat rumah

    BalasHapus
  8. lagi aktif-aktifnya ya anak usia 3-4 tahun, nah ini seringnya mainan diberantakin, jadi ya udahlah harus sabar, anak-anak memang butuh untuk explore sekitarnya juga ya

    BalasHapus
  9. jadi inget ponakan daku di usia segitu, kata kakakku memang di masa itu rasa sabar kudu ditingkatkan. Namun akan jadi kenangan tatkala dianya dewasa nanti

    BalasHapus
  10. Sama kayak keponakan saya yang usianya 3 tahun. Masya Allah super aktif banget dah. Sampe ibunya nggak sabaran, hehehe... Maunya ini itu. Itu mainan nambah, mungkin karena dari temannya kali hahahaha...

    Yes betul banget dan setuju dengan poin di artikel keren ini. Sekarang keponakan saya suka menggambar dan mewarnai. Selain itu juga gemar main lego. Jadi perhatian ke gadget akan sedikit berkuang secara perlahan. Dan ini juga sangat bagus untuk melatih otot motoriknya.

    BalasHapus
  11. Apa Yang Aqlan lakukan, sebenarnya hampir sama dengan anak lain. Keponakan saya juga begitu. Sudah bisa memilih ingin makan apa. Terus kalau diajak, tidak Betahan apalagi kalau bertemu orang baru. Dan Pastinya suka bikin mainan berantakan hahaha.

    BalasHapus
  12. Ponakanku banget nih. Kalau lagi diajak main ke rumah sama adikku, pasti selalu ngajakin pulang. Padahal, aku sama kakek dan neneknya masih belum puas main sama dia. Hehehe

    BalasHapus
  13. usia 3 tahun memang merupakan masa yang penuh dengan tantrum dan keengganan. Sebagai orang tua, kita memang harus bersabar dan memahami bahwa tingkah laku tersebut merupakan bagian dari proses perkembangan mereka.

    BalasHapus
  14. Menghadapi anak usia 3 - 4 thn itu sesuatu banget. Saya lagi ngalamin, Mbak. 🤣🤣.

    Gitu ya emang kalau anak usia segitu. Pengen tahunya lagi tinggi banget. Tangannya mulai aktif mainya ini dan itu.

    Kalau anak saya layi suka banget sama mainan bongkar pasang sama ngecat tiang. Gegara melihat Mbah Kakungnya yang suka bikin perabot dan ngecat sendiri, ya cucunya pengen ikutan. 😂😂😂

    BalasHapus
  15. Anak usia 3 tahunan memang masa aktif-aktifnya, jadi ya sebisa mungkin orang tua sabar dan tetap mengawasinya

    BalasHapus
  16. Aku sedang berada di fase ini nih, Mba. Anak sedang aktif-aktifnya dan kalau nggak salah, istilahnya itu threenager, karena dia juga sudah mulai bisa mengungkapkan keinginannya sendiri. Mengajak si kecil membantu urusan domestik itu berasa banget lho manfaatnya. Misal saat bantu beberapa bagian saat membuat menu masakan keluarga, si kecil jadi mudah diajak menghabiskan makanannya.

    BalasHapus
  17. Sejujurnya, di fase usia berapa pun, tingkah laku anak selalu menuntut ortu untuk sabar. Bener-bener deh, jadi ortu itu proses belajar seumur hidup.

    BalasHapus
  18. Jgn kan 3 tahun, si kecilku yg udh 5 thn aja kdg manja bgt. Disuruh apa2 kdg ga mau. Capek. Males. Dan ada aja alasannya.

    Emg hrs dikasih tahu secara baik2 sih si anak usia itu. Jgn dikasarin/dibentak saat menyuruhnya. Buat dia nyaman. Ajak komunikasi dgn bahasa baik.

    BalasHapus
  19. Umur segini emang lagi gemas gemasnya ya bun, tapi ternyata kalau dijalani seru juga kok kapan lagi kan yaahhh tiba-tiba udah besar nantinya

    BalasHapus
  20. anak usia tiga tahun luaarrr biasa, saya ngalamin dua kali tapi yang paling unik adalah anak bungsu. masyaAllah deh. tapi emang bener sih, anak usia 3 tahun tuh udah punya pilihan dan pemikiran sendiri. lucunya, bahkan pengennya pake baju yang itu terus tiap hari. meski demikian, dia tuh rasa penasarannya tinggi dan segala pengen dicoba. jadi merangsang motorik halus dan kasarnya udah pas banget deh dengan belajar masak, gunting gunting kertas dan main lego

    BalasHapus
  21. Anakku banget ini mbak, sekarang ini menjelang 3 tahun.Tiap hari ada saja kemauannya terutama saat akan mandi,dia sudah memiliki kemauan sendiri jadi sudah susah untuk dibujuk. Alhasil sering kali tantrum kalo keinginan tidak terpenuhi

    BalasHapus
  22. Harus pny banyak stok sabar. Belum lagi kalau ada kakaknya. Anakku yg terakhir skrng mo beranjak 3 tahun dan memang lg menggemaskan sekali tingkahnya.

    BalasHapus
  23. Dulu selalu berniat menjadi ibu yang sesabar ibunya di serial Nusa dan Rara. Tapi sepertinya untuk anak usia 3 tahun lebih cocok karakter seperti ibunya nobita atau sinchan yang sering berubaha jadi momster ya hehehe.

    BalasHapus
  24. Anak-anak itu selalu membuat terkagum-kagum karena perkembangan dari hari ke hari, luar biasa. Yang paling terasa memang dari interaksi anak usia 3 tahun uda bisa 2 arah. Ini menyenangkan bagi orangtua sehingga bermain pun bisa memilih sendiri ingin main apa hari ini?

    BalasHapus
  25. Terrible three ya emang ngeselin wkwkwk. Nanti kalau sudah naik level dia bakalan sering adu pendapat buat mempertahankan pendapatnya. Lobbying pun serinh berjalan cukup alot. Jauh lebih melelahkan wkwkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar