cerita mbun

Ingin Menebar Kebaikan di Bulan Ramadan? Lakukan Hal Ini!

Manfaat kegiatan sosial di bulan Ramadan

Pada bulan Ramadan yang penuh berkah, orang berlomba-lomba mengejar kebaikan. Banyak yang melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan. Tentunya itu merupakan hal yang baik bisa menolong sesama umat muslim yang sedang membutuhkan.

Hal tersebut juga yang dilakukan oleh kantor suami setiap tahunnya. Mereka melakukan kegiatan sosial berupa santunan pada panti asuhan yang ada di daerah Karawang. 

Kalau kita melihat ke bawah, rasanya ingin sekali membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Namun, diri sendiri saja masih belum mampu melakukan hal banyak untuk membantu saudara yang lain kalau dilihat dari materi. 

Tidak perlu berkecil hati, karena kita bisa menolong dan melakukan kebaikan secara bersama-sama. Caranya dengan berpatungan atau gotong royong dengan teman-teman komunitas atau tempat kerja lalu kita bisa membagikan kegembiraan bersama saudra kita yang lain.

Banyak cara untuk kita bisa berbagi. Bukan karena kita merasa kebutuhan kita saja kurang, lantas kita diam saja melihat saudara yang sangat membutuhkan dibanding kita. Ada beberapa kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa kita lakukan bersama.

Manfaat Melakukan Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Selain pahala, tentunya ada banyak yang bisa kita rasakan manfaat terhadap diri yaitu lebih bisa mengendalikan diri sendiri. 

1. Menumbuhkan Kepedulian Terhadap Sesama

Kapan lalu aku melihat video di media sosial yang sedang membagikan takjil di jalan oleh umat non islam. Mereka saja jadi tergerak hatinya untuk membantu sesama dalam bulan Ramadan ini, seharusnya kita yang beragama Islam bisa meningkatkan lagi kepedulian terhadap sesama meski bukan di bulan Ramadan saja.

Masya Allah berkahnya Ramadan membuat kita jadi semakin peduli dengan sesama. Dengan adanya kegiatan sosial di bulan Ramadan kita jadi melihat siapa saja yang memerlukan bantuan.

2. Menyebar Kebaikan Terhadap Manusia

Manusia adalah makhluk yang sempurna ciptaan Allah. Ditengah gempuran berita yang jahat, setidaknya kita terus melakukan dan menebar kebaikan.

Insya Allah kebaikan yang banyak bisa mengalahkan kejahatan. Jadi parno sendiri sekarang melihat berita banyak yang aneh-aneh apalagi terhadap dunia anak-anak. 

Jika kita menebar kebaikan terhadap sesama, orang lain akan merasa dihargai keberadaannya. Siapa tahu orang lain juga jadi terinspirasi dan bersedia jadi donatur.

3. Menjadi Pengingat untuk Terus Melakukan Kebaikan

Kita kadang merasa kecewa, gagal atau dikhianati oleh orang lain. Melakukan kebaikan di bulan Ramadan otomatis menjadi pengingat diri untuk terus melakukan kebaikan, tidak membalas perbuatan jahat orang lain yang dilakukan terhadap kita.

Meski dijahati, bukan berarti lantas kita juga harus berbuat hal yang sama pada orang lain. Jika kita melakukan hal yang sama, justru malah kita sama jahatnya dengan mereka yang melakukan kejahatan. Apa bedanya kita dengan mereka?

4. Menjadi Manusia Bersyukur

Melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan membuat diri kita menjadi manusia yang bersyukur. Bentuk rasa syukur kita tidak hanya dengan berdoa, melainkan dengan aksi nyata berupa memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan atau menjadi manfaat bagi orang lain.

Udara yang kita hirup saja gratis, masa sih kita bisa bersikap acuh pada sekitar? Bersyukur dengan cara berbagi kebahagiaan. Jangan lupa bersyukur ya, sudahkah kamu bersyukur hari ini?

5. Mempererat Tali Silaturahmi

Tahu nggak? Dengan kamu melakukan kebaikan di bulan Ramadan, kamu secara tidak langsung berinteraksi dengan orang lain yang menjadi jalinan silaturahmi dengan umat muslim yang lain.

Mempererat tali silaturahmi dengan saudara-saudara muslim bisa mendatangkan rezeki. Menambah pertemanan kita.

Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan yang Bisa Dilakukan Secara Bersama-sama

Ada banyak kegiatan sosial yang bisa kita lakukan secara bersama-sama. Dengan bersama-sama jadi terasa lebih ringan. 

1. Membagikan Takjil Kepada Pengendara di Jalan

Membagikan takjil kepada pengendara di bulan Ramadan memang sering aku lihat baik di media sosial dan dunia nyata ketika aku sedang berkendara. Meski sudah banyak orang yang melakukan ya memangnya kenapa? Kita juga bisa melakukan hal yang sama asalkan tidak menganggu keamanan berkendara.

Waktu itu aku sendiri pernah dapat dari murid-murid sekolah dasar yang sedang membagikan takjil. Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi aku yang menerimanya. Saat itu isinya kalau tidak salah bubur kacang dan 1 botol minuman teh manis.

Aku juga melihat temanku yang berprofesi guru membagikan takjil di jalan bersama rekan-rekannya yang ia bagikan melalui media sosial. Kenapa tidak kita coba hal yang sama dengan teman-teman dengan cara berpatungan.

2. Memberikan Makanan Sahur di Jalan

Kalau tadi membagikan takjil untuk berbuka puasa, kali ini bisa melakukan dengan hal yang tidak biasa yaitu membagikan makanan untuk sahur. Membagikan takjil mungkin sudah biasa, namun membagikan makan saat sahur masih sedikit. 


3. Gerakan Membersihkan Mesjid di Lingkungan Rumah 

Jika kamu tidak punya uang dan ingin melakukan kebaikan bagi sekitar, kamu bisa melakukan gerakan membersihkan mesjid. Tidak perlu jauh-jauh, mesjid di sekitar rumah saja. Jika yang dekat sudah tercapai, baru melakukannya ke beberapa mesjid. 

Kita bisa ajak teman-teman atau tetangga untuk turut membersihkan mesjid. Tidak hanya satu, bisa beberapa mesjid. Jika dilakukan bersama akan terasa lebih ringan dan cepat selesai. 


4. Mewakafkan Al-Qur’an dan Mukena di Mesjid

Kalau tadi membersihkan mesjid, kali ini mengisi mesjid dengan mewakafkan Al-Qur’an dan mukena. Di bulan Ramadan selepas shalat tarawih biasanya diisi dengan kegiatan tadarus.

Mewakafkan Al-Qur’an bisa membuat kegiatan di bulan Ramadan menjadi lancar karena mengganti Al-Qur'an yang sudah rusak, atau mukena yang sudah tidak layak pakai. Bukankah lebih indah menggunakan mukena yang bersih?

Soalnya seringkali ketika aku shalat di mesjid, mohon maaf mukenanya kadang bau tidak sedap atau sudah tidak layak pakai dan longgar. Kita bisa mengganti dengan yang baru atau mencucinya.

5. Mengadakan Pesantren Kilat Gratis Bagi Anak-anak

Mengajarkan Al-Qur'an atau ilmu agama pada anak-anak merupakan kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa kita lakukan. Dengan memberikan waktu, pikiran dan tenaga kita kepada anak-anak agar ia bisa belajar agama dengan baik.

Konsepnya bisa dengan satu minggu berapa kali pertemuan atau dengan pesantren kilat. Anak-anak pasti senang bisa mengisi Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Kesimpulan

Ada banyak kegiatan sosial di bulan Ramadan yang bisa kita lakukan baik sendiri maupun secara bersama-sama. Membagi harta kita tidak akan membuat kita miskin, justru malah semakin bertambah lagi. Jangan samakan kalkulator kita dengan Allah.

Menebar kebaikan juga sama sekali tidak merendahkan diri justru malah orang lain terbantu dengan kehadiran kita. Mau menebar kebaikan dan manfaat bagi orang lain? Yuk dimulai dari hal-hal kecil yang ada di sekitar rumah. 

Related Posts

Posting Komentar