cerita mbun

Bingung Libur Lebaran Mau Kemana? ke Curug di Subang Aja!



Kalau sudah lebaran, biasanya orang-orang sibuk mencari destinasi wisata untuk liburan dari segala penat aktivitas sehari-hari. Mumpung libur, biasanya sejumlah orang memanfaatkan waktu liburan hari raya Idul Fitri untuk rehat di tempat wisata.

Ada banyak tempat wisata di Subang, Jawa Barat yang bisa kita kunjungi. Puasa sebulan penuh biasanya yang dicari adalah yang segar-segar. Curug menjadi tempat wisata favorit di kampung halaman. Curug memberikan kesegaran sendiri bagi yang sehari-harinya tinggal di tempat panas seperti aku.

Kalau lihat air itu rasanya seneng banget. Curug juga cocok bagi orang yang suka bermain air. Ehh…tunggu dulu emang curug itu apa ya? Mengingat asal katanya dari bahasa sunda yang mungkin tidak semua orang tahu.

Apa Itu Curug?

Curug dalam Bahasa Sunda artinya air terjun. Air terjun di Indonesia punya ciri khas dan keunikan sendiri. Tidak hanya di Subang, terdapat beberapa curug tersebar di Indonesia dengan nama dan istilah yang berbeda di setiap daerahnya.

Di Karawang sebelah selatan juga terdapat beberapa curug. Daerah sekitar curug biasanya mempunyai udara yang sejuk.

Curug sendiri seringkali diidentifikasi oleh beberapa hal, seperti aliran yang kuat dan deras dari ketinggian yang mengalir lewat area sekitar. Curug mempunyai ketinggian yang bervariasi.

Bagi pencinta alam maupun wisatawan, sekeliling curug yang dihiasi dengan hutan mempunyai pesona keindahan yang luar biasa. Selain itu biasanya bagi masyarakat lokal, curug dianggap sebagai tempat kepercayaan atau spiritual tertentu.

Berbagai Lokasi Curug yang Ada di Subang, Jawa Barat

Belum semua aku merasakan curug yang ada di Subang, namun curug di Subang itu sangat terkenal yang sering dikunjungi bukan hanya oleh warga lokal namun dari luar kota.

Tempat wisata favorit di kampung halaman mama di Subang ini yang paling aku tunggu kalau di hari lebaran. Ada curug apa aja ya?

1. Curug Cileat

Air terjun yang berada di kaki Gunung Canggih, Kabupaten Subang. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar kurang lebih 100 meter. Jalan menuju Curug Cileat cukup ekstrem karena letaknya yang berada di kaki gunung Canggah. Namun meski cukup sulit untuk sampai sana, kamu akan dimanjakan dengan pesona indah Curug yang asri.

Curug Cileat berada di Kampung Cibogo, Desa Mayang Kecamatan Cisalak. Tidak ada jalur kendaraan untuk sampai ke Curug Cileat, sehingga kita harus berjalan kaki untuk mencapai sana. Jarak dari kota Subang kurang lebih 37km. 

2. Curug Wangun

Curug yang berada di Tanjungsiang, Subang juga tak kalah dengan pemasangannya yang asri. Mudah diakses dari jalan raya. Jalan masuk ke Curug kurang lebih 5 km. Air di Curug Wangun sangat bersih sehingga kita bisa meminumnya meski tidak dimasak terlebih dahulu.

Curug Wangun mempunyai ketinggian 220 meter dari permukaan laut. Terdapat tiga undakan dengan tinggi yang berbeda. Undakan pertama tingginya 120 meter, kedua, 60 meter dan ketiga 40 meter. Curug Wangun memunyai dayatarik sendiri karena mengalir melalui bebatuan di sekitarnya.

Air di Curug Wangun dimanfaatkan warga sekitar untuk mengairi persawahan, perkebunan dan kehidupan sehari-hari. Jarak dari kota Subang ke Curug Wangun sekitar 67km.

3. Curug Cipondok

Lokasi Curug Cipondok berada di kampung Panyuguan, Desa Nagrak, Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Lokasinya dekat dengan Curug Koleangkak. Akses menuju jalan Curug Cipondok cukup baik, namun harus tetap berhati-hati karena hanya bisa dilalui jalan 1 mobil. Akses dari parkiran menuju air terjun sekitar 10 menit. 

Sesuai namanya pondok dalam Bahasa Sunda yang berarti pendek, Curug Cipondok mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi dibanding dengan curug lainnya. Ketinggiannya hanya sekitar 3-5 meter saja dengan kedalaman 2-3 meter. 

Harga masuk ke curug Cipondok tahun 2023 seharga 10.000, mungkin sekarang bisa jadi mengalami kenaikan. Jika terasa lapar, di sekitar Curug Cipondok terdapat penjual makanan salah satunya bakso. Bakso dimakan selagi hangat memang paling pas selepas main di curug.

4. Curug Koleangkak

tempat wisata favorit di kampung halaman
Sumber: subang.go.id

Curug di Subang yang track-nya tidak sampai 10 menit ini seperti hidden gem tersendiri. Lokasinya di Jalan Desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Curug Koleangkak dekat dengan pemandian air panas Sari Ater. Tak heran, memang daerah sini banyak seklai curug yang bisa kita kunjungi.

Curug Koleangkak juga sering disebut dengan curug biru karena airnya yang terlihat seperti warna biru. Ketinggian curug ini mencapai 6 meter dengan kedalaman 1-2 meter. Di sekitar curug terdapat pepohonna yang rindang dan asri. Maka, selain sebagai berenang, kita juga bsia camping di sekitar curug koleangkak.

Pemandangannya yang asri membuat kita rugi kalau tidak mengabadikan curug koleagkak dengan berswafoto bersama keluarga yang sedang menikmati libur lebaran.

5. Curug Cijalu

Ini Curug yang terkenal di kabupaten Subang. Terletak di desa Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Curug Cijalu juga bisa digunakan area berkemah bagi sekitar curug. Fasilitasnnya juga sudah cukup lengkap. Ada musholla, toilet dan warung disekitar curug. Jika tidak membawa tenda, di sini juga menyediakan sewa tenda.

Biaya masuk sekitar 17 ribuan. Biaya mendirikan tenda 10 ribu. Sedangkan untuk biaya tendanya bervariasi. Curug Cijalu sangat terkenal di Subang karena pesona pemandangannya yang memanjakan mata. 



Referensi:
https://www.instagram.com/exploresubang
https://subang.go.id/public/wisata/objek-wisata
https://wisata.subang.go.id/view-curug-wangun.jsp
https://www.orami.co.id/magazine/curug-wangun
https://djavatoday.com/wisata/curug-cipondok-ciater-subang-htm-hingga-lokasi/
https://travelxplore.id/curug-cijalu-subang-wisata-asyik-untuk-berkemah/


Related Posts

Posting Komentar