cerita mbun

7 Jajanan Khas Ramadan yang Rasanya Manis

Jajanan khas ramadan yang rasanya manis

Bulan Ramadan identik dengan makanan yang manis. Mungkin karena ada anjuran yang mengatakan berbuka puasalah dengan yang manis atau karena memang tubuh kita yang membutuhkan gula? Ah, entahlah apa keduanya ada hubungan atau tidak yang jelas di sepanjang jalan pasti kita lebih banyak menjumpai makanan yang manis bukan?

Siapa di sini yang memang senang sama makanan manis atau kalau berbuka puasa harus dengan yang manis? Jajanan khas ramadan yang rasanya manis itu jadi favoritku selama bulan Ramadan. Mana yang jadi favoritmu? Kamu tim manis atau asin nih? 

1. Kolak Biji Salak

Kenapa ya kalau makan kolak itu lebih enak dimakan di bulan puasa daripada hari-hari biasa? Ada berbagai macam jenis kolak yangs sering kita jumpai saat Ramadan. Mulai yang paling populer ada kolak pisang, candil, singkong, jojongkong, dan masing banyak yang lainnya. 

Kadang ada juga yang di mix, campur-campur variannya. Misalkan pisang dan candil, pisang dan kolang-kaling. Aku sendiri kurang suka sama kolang-kaling karena menurutku rasanya kurang enak, kenyal dan aneh gitu, hehe. Makanya kalau masak kolak tidak pernah diberi toping kolang-kaling.

Kalau kolak aku pling suka kolak biji salak, kalau di tempaku namanya kolak candil. Kalau di tempat kalian sama kah? Atau ada nama yang lain? Olahan ubi ini rasanya enak banget kenyal dan lembut.

2. Es Pisang Hijau

Es pisang hijau perpaduan yang sempurna sekali, pisang dibalut engan kulit dari tepung beras dan bubur sumsum jadi satu. Ditambah sirup dan susu kental manis jadi seger banget.

Ahh, kalau bukan bulan puasa aku suka beli ini di dekat sekolahku dulu. Tapi waktu ngekos di Jakarta aku jarang beli karena di sana harganya mahal banget bagi mahasiswa kaya aku, haha.

Ternyata es pisang hijau ini makanan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan loh. Aku kira dari Sunda karena melihat bahan baku pisang yang mudah ditemui di sini. Di setiap daerah ada yang jual es pisang hijau, hihi.

3. Es Cendol

Es cendol juga jadi favorit aku banget. Di Karawang banyak sekali yang jual es cendol enak. Saking sukanya aku sama es cendol pas resepsi pernikahan aku pengen ada es cendol, Qadarullah jadinya malah es kelapa haha karena katanya cukup sulit untuk membuat es cendol.

Es cendol diminum selepas buka puasa itu jadi pelepas dahaga banget. Perpaduan tepung beras, gula merah dan santan ini yang bikin es cendol jadi seger banget. Cocok untuk takjil Ramadan.

Meski bukan bulan Ramadan, es cendol ini tetep enak diminum siang hari yang panas. Aku selalu beli karena emang sesuka itu sama es cendol.  

4. Putu Mayang

Siapa yang suka lihat tampilan putu mayang? Tampilan warna warni putu mayang sangat menggugah selera. Aku suka banget lihat tampilannya yang cantik jadi sayang kalau mau dimakan, haha.

Putu mayang juga pakai gula merah, namun gulanya seperti cocolan untuk sorabi. Rasanya manis, enak banget kalau dimakan pas buka puas atau jadi cemilan juga enak banget minumnya kopi hangat. 

Di tempat kalian masih ada yang jual tidak ya? Entah aku yang nggak tahu atau gimana tapi sudah jarang aku lihat yang jual putu mayang. Di pasar Rengasdengklok ada yang jual tapi tidak banyak. 

Jajaran khas Ramadan tradisional gini harus dilestarikan biar nggak hilang. Kue tradisional dari Betawi ini dibuat dari tepung beras juga. Emang olahan tepung beras selalu enak yaaa.

5. Sorabi Hijau

Sorabi hijau yang dicocol dengan gula merah juga cocok banget untuk dimakan saat buka puasa. Di Rengasdengklok terkenal dengan sorabi hijau yang antreannya khusus orang-orang yang sabar, hehe.

Sambil ngabuburit, pesan dulu sorabi hijaunya, lalu ambil setelah selesai ngabuburit. Jadi Tidka usaha ngantri lama.


6. Martabak Manis

Martabak manis dengan berbagai macam varian rasa. Ada coklat, keju, strawberry dan lain-lain. Kulitnya yang lembut bikin buka puasa jadi nikmat banget rasanya. 

Aku sih suka keju dan susu, bangka juga suka. Suka semuanya kayanya, haha. Kalau kamu suka varian apa?

7. Bubur Kacang Hijau

Mungkin terasa aneh jika buka puasa dengan bubur kacang hijau. Tapi masih masuk kategori bubur, jadi enak-enak aja sih, hehe.

Aku lebih suka makan bubur kacang hijau dengan ketan hitamnya yang banyak dan santan. Biar lebih segar lagi tambahkan es dan roti tawar. So yummy. 

Related Posts

Posting Komentar