cerita mbun

Takjil Ramadan Favorit Anak

8 komentar
Takjil ramadan 2024

Semaraknya bulan Ramadan bukan hanya dirasakan oleh orang dewasa, melainkan juga anak-anak yang turut belajar berpuasa. Bukan hanya orang dewasa yang berbuka dan sahur, tapi anak-anak juga turut meramaikan.

Seru ya? Iya dong. Bulan Ramadan berlomba-lomba mengejar pahala kebaikan. Tak luput juga kita yang menyiapkan segala sesuatunya termasuk ketika akan berbuka puasa yang biasa disebut Takjil Ramadan.

Tahu nggak sih? Ternyata Takjil itu artinya bukan makanan. Melihat KBBI, arti kata Takjil adalah mempercepat dalam berbuka puasa. Entah kenapa mengalami pergeseran makna menjadi kudapan atau makanan yang ada untuk berbuka puasa.

Meskipun selalu diperdebatkan makna kata takjil sendiri, masyarakat masih banyak yang menyebutnya dengan takjil Ramadan.

Berikut beberapa Takjil Ramadan yang juga menjadi favorit Aqlan berbuka puasa. Tapi, dimakannya malah sebelum buka puasa, haha.


1. Kolak Jojongkong

Takjil ramadan 2024
Sumber: pinterest/carol nickel5


Kalau di Karawang namanya Jojongkong. Kalau di tempat kalian apa ya namanya? Kolak ini terbuat dari campuran tepung beras dan kanji jadi satu yang diberi saripati daun pandan sehingga warnanya hijau.

Sama seperti kolak pada umumnya dengan kuah gula merah dan santan. Teksturnya kenyal dan lembut cocok dimakan anak bayi. Makanya Aqlan juga suka banget nih. Setiap ada yang lewat di depan rumah selalu diberhentikan. Katanya, “Mbun... Aqlan mau kolak jojongkong.”

Ini juga favoritku selain dari kolak candil atau biji salah. Kolak jojongkong ini mirip seperti bubur sum-sum yang lembut.

2. Risol

Selain kolak, jenis makanan gorengan ini juga jadi takjil Ramadan Favorit Aqlan. Rasanya yang gurih, memang enak dimakan hangat-hangat.
Cara membuat risol

Aqlan suka bihun makanya dia suka risol yang isinya bihun. Risol di sini isinya bihun. Mirip sama karoket kalau di tempat kecilku dulu.

Bedanya kalau karoket itu kulitnya garing. Kriuk di luar. Padahal risol dalam bayanganku pada umumnya yang isinya sosis, sayuran dan mayones yang diberi taburan tepung roti. Di tempat kalian apa namanya? Kok malah jadi bingung, wkwkwk.

3. Sop Buah

Wah, sop buah ini jadi andalan keluarga kami ketika buka puasa. Ini sih favoritnya suami, yang harus ada sop buah ketika berbuka puasa. Kebalikan dari anaknya yang suka kolak, suami anti kolak. Katanya rasanya terlalu manis, dia nggak suka.
 
Takjil Ramadan es sop buah
Sumber: Canva

Dulu nggak pernah bikin kolak kalau Ramadan karena mubazir yang makan hanya aku saja. Paling dibagikan juga sih ke tetangga. Kalau sekarang enak, bikin kolak ada Aqlan yang makan juga, hehe. 

Sop buah ini segar dan lengkap dengan buah-buahan yang dibeli di tempat langganan, tak jauh dari rumah tapi harus menggunakan motor. Sambil ngabuburit dong, hihi.

Berbagai macam buah-buahan dan segarnya susu dicampur es jadi pelepas dahaga setelah berpuasa 12 jam. Ada yang suka sop buah juga? Kalian tim beli atau bikin nih?

Aku suka sop buah karena ada campuran buah alpukat di dalamnya. Kalau Aqlan suka karena rasanya yang segar, ditambah ada agar-agar juga beragam buahnya yang menarik.

4. Kerupuk Bontot

Cemilan khas Karawang ini cuman ada di Rengasdengklok. Di pasar Karawang kota sendiri tidak ada bontot. Makanya aku tahu bontot setelah menikah.
Bontot delajaya karawang
Sumber: FB Bontot Khas Rengasdengklok 
Tidak seperti kerupuk pada umumnya yang kriuk, bontot teksturnya kenyal dan legit. Ada varian rasa ikan, udang, original, dan lain-lain.

Setiap bulan Ramadan di tukang sayur pasti selalu ada bontot karena biasa disajikan sebagai takjil Ramadan satu circle sama gorengan. Kalau di sini kamu juga bisa menemukan bontot di tempat penjual gorengan.

Gurih dan renyah, Aqlan suka banget makan bontot saat berbuka puasa. Dicocol dengan sambal kacang atau saos enak banget.


5. Es Jelly Buah

Sudah coba es jelly buah yang sedang viral? Ini segar banget loh. Anak-anak pasti suka banget dengan bentuknya yang lucu dan rasanya manis segar.
Es jelly buah takjil Ramadan
Sumber: Canva
Caranya juga gampang banget. Tinggal potong buah-buahan favorit dan masukkan ke cetakan yang berbentuk bulat.

Masukkan adonan jelly yang sudah dimasak ke dalam cetakan. Tunggu hingga jelly buah dingin.

Siapkan wadah masukkan jelly buah, tambahkan susu evaporasi, UHT dan kental manis lalu tambahkan es. Biasanya sih aku pakai susunya Aqlan, haha.

Related Posts

8 komentar

  1. Soup buah emang paling mantep. Sama risol. Jangankan anak-anak. Orang dewasa juga doyan kalau itu mah. Hehehe

    BalasHapus
  2. Jojongkong sama Ketupat Bonton sih unik banget, baru tau akutuh ada takjil beginian. Penasaran pengen cobain, xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerupuk bontot kak, hehe. Iya itu khas daerah Karawang.

      Hapus
  3. Takjil favorit anak-anak saya adalah sop buah dan aneka gorengan seperti risol itu. Duh, untungnya baca artikel ini pas malam hari tidak puasa, hwkwkwkk...

    BalasHapus
  4. Kalau anak-anak saya suka dibuatin Es Cendol dan kue-kue basah seperti Nagasari. Tapi dah lama sih belum bikin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tradisional banget ya. Emang enak sih nagasari apalagi yang isinya pisang, aku juga suka banget.

      Hapus

Posting Komentar