cerita mbun

Tips Jadi Podcaster Andal dengan 5 Alat Terbaik Berikut Ini

32 komentar
Alat untuk membuat podcast
Sumber: Pexels
Menurut statistik Databoks, persentase pendengar podcast Indonesia menduduki peringkat ke-2 di dunia. Sebanyak 35,6% dari total pengguna internet (usia 16-64 tahun) sudah familier dan menjadi pendengar podcast setia. Gak heran jika saat ini banyak sekali podcaster baru yang bermunculan.

Kamu yang punya hobi public speaking dan ingin coba jadi podcaster, yuk mulai sekarang! Hal pertama yang wajib kamu pahami adalah tips menjadi podcaster andal dan alat-alat pendukungnya. Untuk mendapatkan alat-alat podcast terbaik, kamu gak usah khawatir karena sekarang dapat dengan mudah apply kartu kredit.

Tips Ampuh Jadi Podcaster Eksis

Saat ingin berkarya menjadi podcaster, terkadang bingung untuk memulai dari mana. Nah, intip tips ampuh jadi podcaster eksis dengan jumlah listeners/subscribers melimpah berikut ini!
  • Tentukan Topik Podcast Favorit
Tips pertama adalah menentukan topik dan tema podcast yang kamu kuasai. Misal, kamu menguasai pengetahuan dan informasi tentang game atau buku, maka kamu dapat mengangkat topik tersebut sebagai bahan podcast yang kamu bangun.

Hal ini penting karena ketika kamu mengangkat topik yang disukai dan dikuasai pada saat memulai podcast. Maka, podcast yang dihasilkan akan lebih berbobot dan bermanfaat. Kamu jadi gak perlu khawatir kehabisan bahan obrolan.
  • Buat Konsep Podcast Menarik
Gak jauh berbeda dengan tips sebelumnya, kamu juga dapat mulai untuk membuat konsep podcast yang menarik. Misal, background ruangan yang dapat kamu dekorasi sesuai dengan tema dan topik podcast yang diangkat.

Tujuan untuk membuat konsep ini adalah jika kamu mengembangkan podcast dan diunggah ke platform Youtube, maka kemungkinan podcast kamu terlihat lebih eye-catching dan menarik perhatian viewers akan semakin tinggi.
  • Tunjang dengan Alat-Alat Terbaik
Last but not least adalah menunjang hobi dan karya podcast kamu dengan alat-alat terbaik. Walaupun menjadi podcaster lebih sederhana daripada menjadi streamer atau YouTuber tapi alangkah lebih baik jika kamu mempersiapkan alat penunjang terbaik.

Misal, ketika mulai menjadi podcaster beberapa alat yang wajib kamu miliki adalah microphone, laptop, headphone dan sebagainya. Fungsi alat-alat tersebut dapat kamu ketahui pada pembahasan berikutnya.

Kartu kredit digital digibank
Sumber: Pexels

5 Alat Podcast Terbaik, Dapatkan dengan Apply Kartu Kredit

Jika kamu sudah siap untuk menjadi podcaster eksis, langkah selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk mulai merekam podcast. Gak perlu alat-alat canggih, kamu dapat memulai dengan alat-alat esensial terlebih dahulu. Berikut ini alat-alatnya!
  • Tripod dan Microphone
Alat pertama yang dapat kamu persiapkan adalah microphone beserta tripodnya. Hal ini karena audio merupakan aspek utama dalam membuat podcast. Sehingga, kamu dapat mempersiapkan microphone yang dapat merekam suara dengan jernih.

Sedangkan tripod microphone dapat membuat alat tersebut lebih stabil. Kamu gak perlu repot memegang microphone dengan tanganmu. Sehingga kamu dapat merekam audio podcast dengan nyaman.
  • Headphone
Headphone menjadi alat kedua yang kamu butuhkan ketika kamu ingin menjadi podcaster. Kegunaan headphone adalah sebagai monitoring selama proses rekaman suara. Selain itu, kamu juga dapat mendengarkan hasil rekaman secara jelas.

Alat ini juga berguna untuk kamu yang mengadakan remote interview dengan narasumber lain tapi berbeda platform atau lokasi. Harga alat-alat ini juga bervariasi, namun disarankan untuk memilih headphone dengan kualitas terbaik dan tentunya dapat kamu beli dengan apply kartu kredit.
  • Pop Filter
Masalah yang biasanya muncul ketika memproduksi hasil podcast adalah suara bising atau noise. Nah, hal ini dapat kamu minimalisir dengan alat yang bernama pop filter. Alat ini berguna untuk menyaring noise yang dihasilkan oleh microphone kamu.

Alat ini berbentuk seperti saringan yang ditegakkan di depan microphone. Harga-harga pop filter juga bervariasi dan tentunya kamu wajib memiliki alat terbaik.
  • Laptop atau Komputer
Laptop atau komputer menjadi alat penting berikutnya yang wajib kamu miliki ketika menjadi podcaster. Alat ini dibutuhkan selama proses produksi podcast kamu, misal proses editing dan upload hasil podcast yang direkam.

Biasanya, dibutuhkan laptop dengan spesifikasi terbaik dari sisi hardware agar dapat mendukung proses produksi podcast dengan lancar. Karena ketika merekam dan mengedit podcast, kamu perlu memiliki processor yang mumpuni untuk mendukung penuh aktivitas tersebut.
  • Digital Audio Workstation (DAW)
Alat terakhir yang dapat kamu persiapkan untuk memulai jadi podcaster adalah Digital Audio Workstation (DAW). Perlu diketahui bahwa DAW ini adalah software dan bukan perangkat. Namun untuk mendapatkannya, kamu wajib berlangganan per bulan.

Kegunaan DAW ini juga sebagai penunjang proses rekaman dan editing hasil podcast yang kamu rekam. Jika kamu menggunakan DAW, maka dijamin kualitas audio podcast kamu akan lebih jernih dan lebih ear-catching bagi para pendengar.

Gunakan Kartu Kredit Digital digibank untuk Jadi Podcaster Eksis!

Jumlah pendengar podcast dari Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Mungkin hal ini dapat menjadi head start kamu yang berminat untuk berkarya sebagai podcaster. Kamu dapat mulai mempersiapkan berbagai tema, konsep dan topik yang dapat menjadi “ciri khas” kamu.

Selain itu, mempersiapkan alat-alat berkualitas dan canggih dapat membantumu menjadi podcaster eksis. Untuk mendapatkan alat-alatnya, kamu cukup ambil manfaat kartu kredit digital yang pengajuan dan cicilannya gak merepotkan.

Sebuah rekomendasi yang dapat kamu andalkan adalah Kartu Kredit Digital digibank. Ini adalah kartu kredit digital pertama di Indonesia. Proses Approval 60 detik dan kartu kredit digital dapat langsung digunakan. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan gratis iuran pada tahun pertama dengan melakukan transaksi tanpa nominal minimum dalam 60 hari pertama sejak kartu disetujui.

Yuk, apply Kartu Kredit Digital digibank saat ini juga untuk wujudkan impianmu menjadi podcaster! Informasi dan cara pengajuan lengkapnya, klik di sini!


Related Posts

32 komentar

  1. Dunia baru nih podcaster, ternyata peralatan yang dibutuhkan banyak juga ya, tapi lebih penting rasa PD ya, hehe aku belum PD nih untu jadi podcaster

    BalasHapus
  2. Podcast merupakan sesuatu yang baru, tetapi aku malah jadi inget radio. Zaman dulu suka dengerin acara di radio. Paling hits cerita hantu, tapi aku nggak berani dengerin. He-he. Sekarang juga, hampir mirip gitu, ya. Cuma podcast memiliki konsep yang berbeda dan fresh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, zaman sudah semakin maju, begitu pula dunia digital ya, membuat podcast sekarang sudah lebih simle tapi tetap perlu piranti yang mumpuni

      Hapus
  3. Hayuu ah didukung Mbun bikin podcast, dari mulai obrolan ringan ttg drakor favorit Ampe cara cari cuan dari ngeblog...asyik tuh kayaknya. Cukup lima alat kan..🤓

    BalasHapus
  4. Kelima hal ini sudah jadi modal yang sangat besar .. sayang banget kalau gak jadi podcaster andal dengan ke-5 modal ini :)

    BalasHapus
  5. Akuu kak hobi ngoceh nih, harusnya merintis karir jadi podcaster ya. Kudu beli peralatan yg disebut di atas biar podcastnya lancar.

    BalasHapus
  6. aku belum pernah merambah dunia podcast ini. pengin sih, suatu saat. kudu siapin modal peralatannya dulu, ya

    BalasHapus
  7. Dunia Podcast sekarang lagi tren banget, ya. Banyak orang sampai publik figur yang terjun jadi podcaster dan juga banyak yang berhasil ternyata. Patut dicoba nih tips dan triknya

    BalasHapus
  8. Aku belum familier nih sama ranah podcast. Kemarin baru mic kecil sih buat HP. Tapi baru terbatas rekam-rekam aja, belum diolah apapun. Belajar dulu ah...

    BalasHapus
  9. Profesi Podcaster memang lagi banyak digeluti sama youtuber nih. Peralatan untuk podcast tentu saja harus lengkap dong biar terlihat profesional. Klo saya belum pede nih capcus kayak gitu, maunya di belakang layar aja deh hehehe

    BalasHapus
  10. lumayan banyak juga ya alat-alat sebagai modal untuk podcast itu ya, harganya pun juga lumayan itu ya, kalau punya kartu kredit bisa membantulah ya untuk wujudin semuanya, asalkan bijak penggunaannya :)

    BalasHapus
  11. Perintilan jadi podcaster boleh juga nih untuk dilengkapi.
    Apalagi memang jaman now lagi booming juga ya, khususnya artis-artis pada punya podcast masing-masing

    BalasHapus
  12. Podcaster skrg udah jadi profesi era digital ya kak. Ternyata ada bbrp tools yg nuga, hrs disiapkan utk jd podcaster andal

    BalasHapus
  13. Podcaster sekarang lagi banyak di gandrungi lo. Bahkan ketika aku bantu mengampu mahasiswa di almamater kampus, pilihan podcaster selalu jadi minat anak² muda. Apalagi kalau profesi ini dikembangkan dengan alat mumpuni ya ❤️❤️

    BalasHapus
  14. Kayaknya aku masih awam sama dunia podcast nih. Jarang ngikutin podcast juga. Ternyata banyak ya alat-alat yang digunakan.

    BalasHapus
  15. Kelima hal ini memang dasar banget ya untuk jadi poadcaster. Butuh modal, tapi kalau serius bisa balik modal kok, ya, hehe

    BalasHapus
  16. Ada banyak juga ya alat buat podcast. Aku masih punya keinginan buat saluran podcast ku sendiri sih. buat latihan public speaking sebenarnya

    BalasHapus
  17. Pengen banget menjajal podcast tapi gak PD. Rupanya peralatannya juga banyak yang harus dipersiapkan.

    BalasHapus
  18. Hemm... Jadi agak maju mundur nih secara saya gak punya laptop. Tapi emang sih kalau mau hasil maksimal, modalnya juga emang gak tanggung ya... Semoga suatu saat bisa saya kumpulkan semua alat itu hingga bisa bikin podcast yang ciamik

    BalasHapus
  19. Semakin kesini semakin banyak anak-anak muda suka sharing via podcast. Tapi kendalanya ya itu, kadang suaranya gak jelas. Emang perangkat-perangkat seperti itu penting banget sih mba

    BalasHapus
  20. Ternyata banyak juga modalnya buat jadi podcaster ya. Seru kalo jago public speaking, modal buat masa depan nih.

    BalasHapus
  21. Ada rekomendasi mikrofon yang bagus tapi harganya ramah dompet nggak, Kak? Pengen beli (supaya suara rekaman jadi lebih enak didengar) tapi masih blank merek apa.

    BalasHapus
  22. Perangkat untuk menjadi podcaster ini memang terlihat lebih mahal yaaa. Tapi mimpi untuk menjadi podcaster bisa diwujudkan dengan adanya kartu kredit sih memang. Mantep

    BalasHapus
  23. Digital audio workstation ini emg penting bgt ya kak buat nunjang podcast kita mkn bening suaranya. Soalnya podcast tuh emg ngandelin suara. Kalo suaranya ga bgs, ya yg dengerin males.

    Penting bgt nih byat mabung dulu. Tp biar cpt pny alatnya, pake kartu kredit Digibank ini langkah tepat sih.

    BalasHapus
  24. Wow, bahkan jadi peringkat kedua ya. Karena memang menarik sih dan sekaligus belajar buat speak² juga, haha.. Tapi niat aja nggak cukup, kudu nabung dulu atau langsung aja pake CC Digibank, yah, hihi..

    BalasHapus
  25. saya juga lagi tertarik ikut kelas podcast kayaknya seru saja dan masih bingung apa saja yang harus dipersiapkan dan alat apa saja yang harus dipunya, baca ini jadi dapat gambaran mba

    BalasHapus
  26. Berbekal dengan 5 tools di atas, semua bisa menjadi podcaster andal nantinya. Tentunya jika dibarengi dengan olahraga dan pelatihan secaa rutin

    BalasHapus
  27. Tantangan banget yaa.. bikin konten suara.
    Dan ternyata peralatannya gak simple, jadi kudu dicicil perlahan agar kualitas konten Podcast menjadi semakin baik dan nyaman memberi inspirasi.

    BalasHapus
  28. Peralatan untuk bikin podcast ternyata banyak juga yaa... Jujur kalau sekarang ini aku juga suka dengerin podcast. Seru aja sih...

    BalasHapus
  29. Wah, nih saran bagus banget buat yang pengen jadi podcaster! Dengan Kartu Kredit Digital digibank, bikin impian jadi kenyataan jadi podcaster makin mudah dan hemat. Gak perlu repot, bisa dapat alat-alat berkualitas tanpa khawatir iuran tahun pertama.

    BalasHapus
  30. Zaman sekarang asal ada kemauan pasti ada jalan yaa, banyak lembaga yg bisa mewujudkan cita2 contohnya kartu kredit digital digibank ini.

    BalasHapus
  31. Aku beberapa tahun lalu sempat bikin podcast tapi mandeg. Mungkin memang perlu persiapan matang dengan point2 diatas ya mba. Makasii sudah share, bermanfaat bgt ini

    BalasHapus

Posting Komentar