cerita mbun

Tipe-tipe Orang Makan Bakso. Kamu yang Mana?

Si paling request

Bakso adalah makanan Indonesia yang paling populer keberadaannya dan dipastikan tidak akan pernah punah. Begitu banyak yang jualan bakso dari mulai berjualan keliling, kedai sampai kelas elit di sebuah restoran. Harganya juga variatif dari yang cuman murah meriah sampai mahal banget kalau udah nangkring di restoran dan punya personal branding yang kuat.

Aku termasuk yang suka banget sama bakso. Bakso masuk dalam list makanan favoritku. Rasanya gak akan pernah bosan meski makan bakso setiap hari. Akhir-akhir ini aku setiap hari makan bakso, rasanya mulut ini pengennya makan kuah yang segar terus. 

Termasuk hari ini sehabis pulang periksa dari rumah sakit, aku makan bakso. Sambil scrolling, gak sengaja lihat postingan Agung Karmalogy di instagram yang juga lagi bahas bakso dengan versi kocaknya yang bikin ngakak, hahaha.

Berikut tipe-tipe orang makan bakso versi Agung Karmalogy:

1. Si Paling Banyak Request

Bener juga ya ada versi ini, hahaha. Apakah kamu termasuk yang banyak request saat memesan bakso? Kalau dulu saat aku masih gak suka bawang goreng sih iya, aku suka pesan sayurnya aja dan bakso. Jangan pakai mie, bawang goreng dan seledri. 

Tapi, sekarang apa aja dimakan. Kalau pesan cukup bilang “campur bang”. Gak rumit karena sekarang udah pemakan segala, hehe. Kalau abang yang lewat dan yang beli cuman kita aja sih pasti abangnya gak akan lupa kalau kita banyak request

Tapi, kalau kita makan di kedai yang pembelinya ramai, pasti penjual lebih sering lupa request apa aja tadi. Ujung-ujungnya yaudahlah dimakan aja. Ribet juga lagian banyak request saat pengunjung sedang ramai.


2. Si Kelamaan Ngeracik

Hahaha ada juga nih yang seperti ini. Kalau aku lebih suka diracik oleh abang bakso. Ada teman juga yang sebelum makan sibuk ngeracik bumbunya. Ada yang menambahkan garam, kecap dan sambalnya. 

Salut sih sama orang yang meracik bumbu ini, dia tahu rasa yang pas itu seperti apa. Tahu seleranya sendiri. Kalau aku tim yang pasrah aja dapet bumbu segimana pun dari abangnya, pasti dimakan, hahaha.

3. Si Tukang Ngabisin Sambel

Punya tetangga hobi makan pedas teemasuk makan bakso sambelnya sampai merah banget. Makan bakso pakai sambel atau makan sambel pakai bakso sih? Hehe. 

Apalagi sekarang banyak banget ya yang viral makanan pedas. Termasuk bakso juga dikasih level untuk menentukan kepedasan. Paling pedas ada yang namanya bakso mercon atau bakso beranak yang banyak pedasnya. Namanya unik ya? Kalau di daerahku namanya apa?

4. Si Paling Gibah

Makan bakso sambil ngegibahin orang biasanya ditemukan dalam perkumpulan ibu-ibu di kampung, hehe. Jangankan ibu-ibu, kita juga kalau sama teman-teman pasti ada aja yang dibahas kalau lagi makan bakso. Iya gak?

5. Si Paling Polosan

Menambahkan pointnya, ada juga makan bakso versi polosan. Makan baksonya aja atau cuman pake kuahnya aja. Bukan hanya anak kecil yang kaya gini, orang dewasa juga banyak. Kamu termasuk kaya gini bukan?

6. Makan Bakso Pakai Nasi

Kalau ini orang Indonesia banget ya, karbohidrat plus plus alias karbohidratnya double. Gak afdol kalau gak pakai nasi. Tapi, tetep enak juga. Aku juga suka pakai nasi kalau lagi gak masak, hehe. Kenyangnya juga double banget ya, hihi.


Tipe-tipe Kepribadian Berdasarkan Cara Makan Bakso

Pernah ramai juga dibahas di media sosial yang menilai kepribadian seseorang dari makan bakso. Bakso sendiri terdiri dari mie kuning, bihun, sayur toge dan sawi, serta bakso itu sendiri. 
Fyi, kalau di Subang, bihunnya itu warna biru. Kalau di Karawang, putih semua. Keduanya enak, hehe.
Dari komponen tersebut, yang pertama dimakan menentukan kepribadian seseorang. Kok bisa ya?

Aku belum menemukan kebenaran dari penelitian ilmiah psikologinya dari kepribadian makan bakso ini. Tapi, berdasarkan riset dari media sosial, kita bisa lihat kepribadiannya mungkin dari komponen tersebut yang punya "value" sendiri. Cek yuk tipe-tipe kepribadian berdasarkan cara makan bakso, mungkin ada yang sesuai kepribadian kamu. 

1. Makan Bakso Kecil Dulu 

Kalau makan bakso yang kecil dulu, mereka punya kepribadian yang sabar dan menghargai sebuah proses. Terlihat dari makan yang kecil dulu kemudian yang besar adalah sebuah proses usaha yang bertahap. Gimana nih, kamu setuju gak?

2. Makan Bakso yang Besar Dulu

Nah, kalau makan bakso besar dulu mereka ini orang yang ambisius dan to the point loh. Telihat dari makan yang enak dulu dibagian bakso besar. Karena bakso besar ini sebuah kenikmatan yang paling enak dari komponen bakso.

3. Makan Kuahnya Dulu

Kayanya kalau seruput kuahnya dulu ini seperti refleks ya? Kuahnya dulu karena mencoba rasanya sudah pas atau belum. Tapi, kalau kamu memakan kuahnya dulu sampai habis, bisa jadi kamu adalah orang yang punya prinsip hidup dan tantangan.

4. Makan Mie dan Bihun Dulu 

Orang yang suka makan mie atau bihun dulu adalah orang yang teliti. Mereka memakan bakso yang paling enak di akhir. Bersikap hati-hati supaya bisa menikmati komponen yang paling enak, yaitu bakso.

5. Makan dengan Banyak Sambal

Orang yang makan bakso dengan pedas mereka termasuk yang menyukai tantangan dan ambisi. Aku juga termasuk yang harus pakai saos dan sambal tapi dengan porsi wajar aja. Gak mau menanggung resiko diare akibat makan terlau pedas, wkwkwk.

Penutup

Unik ya, perihal bakso aja bisa jadi filosofis menentukan kepribadian seseorang. Bakso di tangan orang yang tepat jadi masterpiece kuliner. Bakso juga jadi hal yang paling di rindukan bagi perantau yang jauh di negara sana.

Saat aku posting bakso di sebuah aplikasi pesan, Blogger dari Turki, Mbak Muze membalas story aku dengan mengatakan "mantap ini ya mbak". Rupanya, beliau ini rindu bakso yang tidak bisa ia dapatkan dengan mudah di Turki. 

Harga daging dan tepung mahal. Di restoran asia mungin ada tapi harganya juga mahal, jadi sama saja. 

Tipe-tipe orang makan bakso ini mudah-mudahan bisa mengobati kerinduan tersebut. Kalau kamu yang mana dulu yang dimakan duluan?




Related Posts

Posting Komentar