cerita mbun

Dari 1 Kamar Kos, Hingga Beda Pulau

2 komentar

 


Hallo! Bismillah aku mencoba beranikan diri untuk ikuti challenge dari Blogspedia. Berawal dari strolling Instagram tiba-tiba liat story Blogspedia ada info menarik banget yaitu, #14daysblogspediachallenge. Menulis blog selama 14 hari dengan tema yang sudah ditentukan. Pas banget buat aku yang lagi stuck menulis. Sebenarnya ide dikepala banyak dan sudah dituangkan ke dalam Microsoft Word, tapi hanya sebatas dalam draft. Tak kunjung jua publish, hihi. 

Ngebayanginnya kaya udah ngos-ngosan yaa gimana cara mengatur waktunya dengan punya baby 13 bulan. Gak kebayang riweuhnya, tapi gak mau bayangin, hehehe. Bismillah ajaa, semoga bisa dan lancar yaa. Alhamdulillah waktunya banyak sampai 1 bulan.

Tema yang pertama itu Surat untuk Sahabat. Meskipun rule-nya boleh tidak urut untuk menulis, tapi urutan yang pertama ini mengingatkan aku akan seseorang. Ya, dia sahabatku. Namanya Aisyah Yusriyyah Ahdal. Beruntung banget aku punya sahabat yang akrab aku panggil dengan sebutan "teteh Aisy". Bukan, dia bukan orang Sunda. Hanya karena aku orang Sunda, jadinya aku yang manggil "teteh", wkwkwk. Dia gadis cantik dari Makassar.

Pertama Aku Kenal teteh Aisy

Memang ya, kita tahu hikmahnya rencana Allah itu selalu di akhir setelah kita menerima kejadiannya dulu. Beruntung banget aku diterima dikampus ini, yang akhirnya mempertemukan aku dengan teteh Aisy. Pertama masuk kelas kenal teteh Aisy, tapi anehnya ketika ospek aku gak ketemu sama teteh Aisy. Kemana yaa, gak keliatan dia, wkwkwk. 

Ehh pas pulang dari kampus kok malah searah sih dan ternyata kita satu asrama. Wah seneng banget ya akhirnya ketemu temen asrama yang satu jurusan bahkan satu kelas dan kamarnya pun satu lantai, hanya dipisahkan 2 kamar aja. Secara aku dikamar ada 4 orang, 3 orang dengan jurusan yang sama, hanya aku yang beda jurusan. Walau masih satu fakultas, terasa banget kan diskriminasinya karena mereka belajar hal yang aku juga gak mengerti. Tapi, mereka juga teman baikku ❤️

Jadinya kita sering berangkat dan pulang bareng. Tak lupa makan bareng juga. Sampai akhirnya setelah keluar asrama, kita memutuskan untuk 1 kamar kos. 

Berbeda Suku Adat, tak Pernah Menghambat

Sudah aku jelasin diawal kalau sukuku Sunda dan dia dari Makassar. Meski tak mengerti bahasanya, tapi itu bukan menjadi masalah buat kita. Justru aku jadi tahu adat kebiasaan dan bahasa disana seperti apa. Kita jadi belajar pertukaran bahasa daerah, hehehe.

Ini kali pertamaku berteman dengan yang beda suku adatnya jauh sekali. Dari sekolah dasar hingga SMK, semua temanku satu suku Sunda semua. Walaupun beda, paling tetanggaan aja suku adatnya, yang gak jauh-jauh. Alias Pulau Jawa, hehe.

Banyak Membantu Selama di Kota Rantau

Kebaikannya teteh Aisy gak akan pernah bisa kehitung bahkan sampai sekarang kita jauh, kebaikannya mengalir terus. Dari mulai suka bantu aku belajar kalau kesulitan sampai suka back up aku kalau lagi tanggung bulan, wkwk. Gak lupa suka dengerin curhatan aku yang sepele dan receh banget. Kayanya lebih banyak aku yang curhat sih daripada teteh Aisy, karena dia dewasa banget bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, tidak seperti aku yang banyak melownya.

Yang paling bikin terharu, waktu itu liburan semester saatnya memilih SKS, tapi dengan syarat harus sudah bayaran semester. Sedangkan waktu itu aku belum bayar karena belum ada uangnya. Disaat orang-orang sudah punya kelas, aku masih santai belum milih kelas. Karena teteh Aisy paling tau kondisiku, tiba-tiba dia SMS (waktu itu belum booming WhatsApp). Isinya "Cepetan kirim NIM kamu, aku lagi ngantri di bank nih mau bayar uang kuliah kamu". Yaa Allah siapa yang gak akan nangis kalau baca SMS kaya gini. Disaat kita sedang ada di titik terendah, saat itu ada sahabat yang merangkul.

Saat menjelang pernikahan pun, teteh Aisy tiba-tiba WhatsApp, "Kamu mau hadiah apa?". Ditanya begitu kan aku jadi bingung ya, aku balas, "Gak usah repot-repot, teteh Aisy bela-belain mau datang dari Cilegon, Banten aja aku udah seneng banget". Apalagi lagi sibuk-sibuknya pelatihan Cakim (Calon Hakim) saat itu. Kata dia, "Kalau gitu kamu gak anggap aku sahabat". Ya ampun aku malah jadi tambah bingung jadinya terserah aja deh mau dikasih apa. Akhirnya dia transfer dong, yang nominalnya banyak banget buat aku.

Tidak sampai disitu, pun ketika aku sedang mempersiapkan kelahiran Aqlan, dia juga WhatsApp, "Apa lagi yang kurang perlengkapan bayinya?" Aku bilang udah hampir lengkap, tinggal kasur bayi aja yang belum. Dan tiba-tiba ada paket gede banget dan ternyata itu kasur bayi yang lucu dan bagus banget. Aku sangat suka. Teteh Aisy paling tahu seleraku.

Pendengar yang Baik

Dari mulai kuliah, tempat cerita pertama kalau lagi galau itu ya teteh Aisy. Bahkan sampai sekarang sudah menikah pun ceritanya sama teteh Aisy. Dia selalu punya segudang solusi, hihi. Satu kamar kosan sama teh Aisy, semoga dia gak bete ya denger ocehan aku terus, hehe.

Surat Untuk teteh Aisy

Tahun 2018 proses menikah ditemenin teteh Aisy

Bangga banget punya sahabat teteh Aisy. Wisudawan terbaik yang IPKnya tinggi banget. Mahasiswi pintar, gak salah kalau sekarang jadi hakim Pengadilan Agama Raha.

Dipikir-pikir aku gak ada membantunya teh Aisy sama sekali, malah aku yang merepotkan dia terus. Semoga kebaikannya Allah yang balas berkali kali lipat. Maafkan aku yang belum bisa jadi sahabat yang baik. Gak pernah bantuin, seringnya malah nyusahin. 

Berharap banget teteh Aisy dapat jodoh yang baiknya luar dalam bisa mengayomi keluarga. Pokoknya yang terbaik karena teh Aisy adalah wanita yang terbaik. Dimanapun teteh Aisy berada, semoga selalu dipertemukan juga dengan orang-orang baik seperti teh Aisy.

Terima kasih teteh Aisy. Aku gak akan pernah melupakan semua kebaikan teteh, meski aku juga belum bisa membalasnya. Tapi yang terpenting dari itu aku selalu berharap teteh selalu sehat dan makan dengan teratur, karena teteh Aisy paling males olahraga, wkwkwk.

Sayang banget sama teteh Aisy. Nulis ini jadi kangen. Semoga aku bisa main kesana ke tempat teteh Aisy. Aku juga suka ceritain kebaikan teteh sama suami aku. Semoga kita bertemu di moment yang indah lagi yaa teh. Love you bestie ❤️


Related Posts

2 komentar

  1. Senangnya ya mbak bisa nyambung lagi dengan surat, pastiny aada kebahagiaan sendiri saat si penerima membaca surat ini. semangat mbak, sahabat selalu berharga

    BalasHapus
  2. Iya kak seneng banget punya sahabat rasa keluarga.

    BalasHapus

Posting Komentar