cerita mbun

5 Fakta Keistimewaan Indonesia

2 komentar


Dilansir dari Wikipedia, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara. Dengan populasi mencapai 270.203.917 jiwa pada tahun 2020, Indonesia menjadi negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan penganut lebih dari 230 juta jiwa.

Selain memiliki populasi penduduk yang padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Berikut fakta keistimewaan yang dimiliki Indonesia:

1. Penduduknya Ramah-Ramah

Orang Indonesia terkenal dengan senyumannya yang manis. Masyarakat Indonesia terkenal dengan orangnya yang ramah. Itu karena budaya Indonesia sangat menjunjung nilai-nilai moral dan adat istiadat. 

Ramah terhadap orang yang lebih tua juga sudah menjadi kebiasaan karena dicontohkan oleh para nenek moyang dahulu. Tingkat keramahan pedesaan lebih tinggi dibandingkan dikota. 

Coba saja ke desa, setiap lewat pasti ditanyain sama orang. Mau kenal atau nggak. Kalau yang gak kenal, paling cukup senyum aja. Kalau yang kenal, biasanya mereka suka ramah dengan bertanya mau kemana?

Kamu gitu juga gak kalau ketemu sama orang?

2. Tempat Wisata yang Indah

Daripada jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia sendiri juga punya banyak banget tempat wisata yang gak kalah menarik dan estetik, hehe. 

Labuan Bajo yang terletak di Nusa Tenggara Timur, sekarang banyak diminati para penduduk lokal maupun para turis. Keindahan alamnya itu sungguh mempesona. Meskipun aku belum kesana (berharap bisa kesana), lihat dari foto aja udah indah banget yaa, gimana langsung. Auto betah gak mau pulang.

Apalagi Bali. Bali yang paling terkenal seantero turis. Tapi kebanyakan turis malah gak tau kalau Bali bagian dari Indonesia. Malah bilangnya, Bali itu sebelah mana Indonesia. Rrrrr~

Pernah juga aku nonton drakor (lupa judulnya) yang pemainnya mau pergi liburan ke Bali ceritanya. Se-terkenal itu ya sampai masuk drakor.

Setiap provinsi mempunyai keindahannya masing-masing. Kayanya kalau travelling di Indonesia gak akan pernah habisnya saking luas Indonesia yang luas dan tempat wisatanya yang banyak banget. 

Jawa Barat provinsi yang aku diami sejak lahir juga mempunyai kekayaan tepat wisata yang beragam. Mau ke gunung hayu, air terjun oke, pantainya juga bagus banget. Bisa buat healing-healing, wkwkwk.

Tepat wisata yang banyak dikeliling pepohonan, udah pasti sejuk banget. Di Jawa barat sendiri aja udah banyak banget, giamna provinsi lain ya? Kebayang kan saking banyaknya. Haduh jadi pengen liburan! Wkwk

Didaerahmu tempat wisata apa yang menarik?

 3. Kuliner yang Beragam

Selain tempat wisata yang beraneka ragam, kuliner Indonesia juga punya beranek ragam masakan nusantara yang enak banget. Setiap daerah punya makanan khasnya masing-masing.

Masakan Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya. Semakin banyak rempah, semakin enak. Makanya dulu negara Indonesia dijajah hanya karena memperebutkan rempah-rempah. Keren yaa...*loh

Surga kuliner sih kalau aku bilang. Apalagi kalau ke restauran yang menyajikan masakan daerah seperti Sunda misalnya, seperti dimanjakan sekali. Dihidangkan dengan nasi yang disimpan d bakul, beserta lalapan dan sambel.

Orang Indonesia juga gak bisa makan kalau gak ada sambel. Orang yang gak terlalu suka pedes seperti akupun, suka makan nasi pakai sambel. Saking penggemar sambelnya, makanya dibikin kemasan toples untuk sambel. Biar praktis dibawa kemana-mana

Bakso, soto, sate, nasi goreng adalah makanan yang digemari masyarakat Indonesia. Gak pernah bosen makan itu. 

Aku sih suka banget bakso. Kalau jalan-jalan paling enak pulangnya beli bakso. Kalau suami pulang, enaknya juga dibawain bakso, hehehe. Kalau kamu sukanya makan apa?

4. Banyak Film yang Sarat Makna

Dunia perfilman tak kalah bikin Indonesia menjadi semakin menarik. Banyak film yang diangkat dari novel-novel penulis ternama yang syarat akan makna.

Gak melulu soal percintaan, banyak juga yang mengangkat tema keluarga dan menceritakan tentang kehidupan.

5. Adat Istiadat yang Masih Kental

Menurut KBBI, adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari generasi satu ke genenasi lain sebagai warisan sehingga kuat integrasinya dengan pola perilaku masyarakat. Adat berasal dari bahasa Persia yang berarti kebiasaan; cara; penggunaan; upacara; observasi. Sementara istiadat berasal dari bahasa Arab isti‘ādah yang berarti permintaan kembali.

Beragam suku dan bahasa di Indonesia membuat makin bangganya kita terhadap bangsa Indonesia. Kita tak bisa lepas dari adat dan istiadat yang sudah menurun. Untuk itu kita harus terus menjaga dan mencintainya.

Aku anak Indonesia. Aku bangga dengan Indonesia 😍


#TemaKe-11

#14daysblogspediachallenge

#FaktaUnikIndonesiayangJarangDiketahui















Related Posts

2 komentar

Posting Komentar