cerita mbun

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri; Nomor 3 Favorit Banget!


Kadang mood tiap hari naik turun. Gak selalu bagus. Ada aja yang bikin kita bete sepanjang hari. Makanya perlu di maintance agar kita bahagia terus.

Memang sih kita gak akan selalu bahagia, adakalanya kita sedih karena masalah akan terus ada sepanjang kita hidup. Tapi kan kita juga perlu yaa buat diri kita bahagia. Memangnya mau sedih-sedihan terus? Hehe.

Kita harus belajar bagaimana mengatur pola berpikir untuk mengurangi stress dan sedih kita. Meski sedang stress, kita juga bisa ciptakan bahagianya diri sendiri. Setidaknya membantu kita untuk kembali mencari solusi ketika dihadapkan dengan sebuah masalah.

Hal yang bikin aku bahagia itu sederhana banget. Dan gampang ditemukan disekitar. Juga tentang bagaimana mengelola pikiran dan perasaan. Mau tau? Ini dia cara aku membuat diri bahagia:

1. Jajan Makanan dan Minuman Kesukaan

Siapa yang gak suka jajan? Bukan anak kecil aja yang suka jajan ya. Tapi bundanya juga wkwkwk. Kalau aku lagi sebel sama orang atau ada hal yang bikin aku sebel pasti larinya ke makanan.

Jajan apa aja yang lewat diberhentiin atau DO makanan. Kalau gak jajan, biasanya suka pengen masak yang pengen dimasak. Bener-bener random banget.

Makanan kurang lengkap tanpa minuman. Minuman boba ini yang paling aku suka banget. Varian rasanya seger dan bikin nagih kalau lagi jajan harus ada minumamnya juga. Biar lengkap!

2. Melakukan Hobi

Melakukan hal yang kita sukai udah pasti bikin kita bahagia terus loh. Kalau aku karena hobiku menulis, jadi kalau nulis itu pasti seneng banget. Apalagi kalau lancar nulisnya gak bolong-bolong.

Merawat tanaman juga bisa membuat hati bahagia. Dengan melihat tanaman yang sehat, kita jadi ikutan fresh. Tak jarang biasanya pecinta tanaman juga sambil ngomong sama tanamannya. 

Aku juga suka dengerin lagu. Dengerin lagu yang bikin semangat ngaruh banget ke jiwa kita jadi ikutan semangat. Kalau lagi sedih, jangan dengerin lagu yang melow ya, nanti malah jadi tambah sedih.

Aku denger lagu melow kalau malem aja sambil rebahan, itu enak banget yaaa. Melepas lelah seharian. Apalagi kalau anak udah tidur, rasanya kaya masih gadis aja tiduran sambil dengerin lagu, wkwkwk.

3. Nonton Drama Korea

Aduh ini sih yang paling dinanti. Bahagia banget aku kalau udah bisa nonton Drama Korea. Karena sehari-hari udah mumet, favoritku nonton drakor yang bergenre komedi-romantis. Pokoknya bisa ketawa ngakak karena nonton drakor udah bahagia banget!

Buat mommy full time kaya aku, nonton drakor tuh hiburan banget. Kalau dulu zaman kuliah bisa terus-terusan nonton drakor, kalau sekarang bisa nonton 1 episode aja udah Alhamdulillah 😀

Kalau kamu suka nonton drakor juga, kasih tau dong drakor favoritmu atau drakor apa yang lagi hype sekarang ini? 🤭

4. Jalan-Jalan 

Seneng banget ya kalau bisa liburan. Tapi selain gak ada waktu, kantong juga tipis, wkwkwk. Kalau gitu solusinya jalan-jalan sore aja atau ke tempat wisata disekitar rumah yang murah meriah.

Sekarang juga udah banyak didaerah desa yang bikin tempat wisata yang Instagramable. Bagus untuk foto-foto. Lumayan nambah foto di gallery. Bisa buat bahan upload Instagram juga, hehehe.

5. Jangan Bandingkan Pencapaian Kita dengan Pencapaian Orang Lain

Setiap orang punya keinginannya masing-masing. Punya problemnya sendiri. Berhenti membandingkan pencapain orang lain. Karena kita tidak pernah tau apa yang mereka perjuangkan atau korbankan.

Kalau orang lain udah sampai Bogor terus kita masih di Jakarta, ya gapapa. Ini bukan perlombaan. Kamu gak lagi sedang lomba untuk sampai pada tujuan yang sama. Ingat, tujuan kita berbeda, jalannya beda dan usahanya juga beda. Yang sama adalah jalinan pertemanan kita. CMIWWW.

Bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kita semakin insecure. Merasa tidak bisa apa-apa dan tidak berguna. Padahal siapa tau malah ada seorang yang pengen seperti kita.

Kita yang sekarang adalah hasil pilihan kita sendiri. Tanggungjawab atas pilihan yang kita buat. Jangan setengah-setengah. Maksimalkan potensi dengan keadaan yang ada.

6. Merawat Diri

Uuuh bahagia rasanya kalau udah manjain diri dengan pakai skincare yamg udah lama diincar. Meski sibuk, merawat diri itu perlu ya agar kita semakin percaya diri.

Kalau aku seneng mandi bisa pakai lulur, tapi kalau sempet aja. Minimal pakai lotion aja udah nyaman. Makin bahagia kalau pakainya lengkap dari atas sampai bawah. Apalagi dirawatnya di spa, hehehe. 

Boleh juga sekali-kali kita beri hadiah untuk diri sendiri karena udah bekerja keras selama ini. Ngasih sesuatu ke diri sendiri terserah apa aja sambil bilang, "makasih ya kamu udah kuat sampai hari ini, terus semangat yaa" 🤗

7. Luangkan Waktu untuk Me Time

Ini yang paling dibutuhkan bagi seorang ibu dan semua orang kayanya. Me time memberikan ruang bagi diri sendiri untuk melakukan kegiatan yang udah lama gak dilakukan atau yang ingin dilakukan.

Me time ini penting banget untuk men-charger tubuh kita untuk beraktivitas seperti biasa. Rehat sejenak dari aktivitas yang penat.

8. Bersikap Ramah dengan Orang Lain

Senang ya kalau kita bisa memberi kebaikan dengan orang lain. Gak perlu yang mahal-mahal,  bersikap ramah aja udah bisa buat orang lain juga ikut senang. Dengan senangnya orang, kita juga bisa merasakan hal yang sama.

Tersenyum bila bertemu dengan orang lain dan saling menyapa tanpa disadari membawa kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika kita dikasih kesempatan untuk memberi rezeki yang kita punya. Biar sedikit tapi ikhlas sudah sangat membantu. Yuk, sisihkan dari gaji kita setiap bulan untuk bersedekah.

9. Jangan Dengarkan Omongan Orang Lain

Ganggu banget ya, kalau orang udah berkomentar ini itu tanpa tahu kondisi kita seperti apa. Itulah kenapa pentingnya kita menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain.

Aku juga sekarang udah mulai bodo amat sama omongan orang karena bikin stress banget. Anggap aja angin lalu. Jangan sampai terpengaruh sama orang lain yang membawa pengaruh buruk. 

Menjauhi bukan karena kita membencinya, tapi untuk melindungi diri kita agar tidak mendengar hal-hal yang menyakitkan yang tidak membuat bahagia.

10. Mencintai Pekerjaan

Apapun pekerjaan yang kamu pilih, meski berat harus tetap dijalani karena itu sudah menjadi pilihan kita. Dengan kita mencintai pekerjaan, pekerjaan yang terasa berat tidak akan terasa. Bawaannya jadi happy terus.

Jangan pernah jadikan pekerjaan sebuah beban, karena pekerjaan kita lah yang saat ini menopang kehidupan kita. Jangan sepelekan dan anggap remeh. Pekerjaan dikantor atau dirumah, yang penting berkah.

Ini bahagia versiku. Kalau kamu bahagianya dengan cara apa?


#TemaKe-10

#14daysblogspediachallenge

#CaraMembahagiakanDiriSendiri



Related Posts

Posting Komentar