cerita mbun

Tips Mudik Bersama Anak. Mudik Aman dan Nyaman

8 komentar
Mudik lebaran 2024

Perjalanan mudik bersama si kecil menjadi tantangan sendiri bagi orang tua. Rindu kampung halaman tidak terbendung, tapi harus tetap melakukan persiapan agar anak tidak rewel sepanjang perjalanan.

Mudik yang jauh bisa menyebabkan anak kesulitan adaptasi dengan jadwal makan dan tidur. Apalagi terpantau mudik lebaran 2024 ini mengalami peningkatan. Tidak terbayang betapa macetnya yang membuat anak menjadi tidak nyaman.

Agar anak menjadi aman dan nyaman selama perjalan mudik lebaran 2024, Ayah Bunda bisa perhatikan hal berikut. Kebetulan aku menggunakan motor, di sini aku akan bagikan pengalamanku mudik lebaran menggunakan motor. 

Tips Mudik Menggunakan Motor Agar Anak Aman dan Nyaman

Pengennya sih mudik menggunakan mobil pribadi ya bisa bawa lebih banyak barang dalam mobil dan bisa senderan dalam mobil tahu-tahu sudah nyampe aja, hehe. Semoga dimudahkan selau rezekinya ya untuk bisa mudik dengan nyaman. 

Kalaupun harus menggunakan motor tidak apa-apa, yang penting kita utamakan keselamatan dan kenyamanan karena membawa anak dan juga barang di dalam motor.

Meski mudik Karawang-Subang hanya 2 jam, aku sangat memperhatikan betul apa yang harus aku bawa dan tidak perlu aku bawa. Mengingat kami menggunakan motor, jangan sampai barang bawaan mengganggu kelancaran berkendara di jalan.

Ini kali kedua Insya Allah aku akan membawa Aqlan mudik menggunakan motor. Pengalaman 2 tahun sebelumnya yang aku akan lakukan juga di tahun ini. 

1. Persiapkan Barang Anak

Menyiapkan barang anak dari jauh-jauh hari agar tidak ada yang ketinggalan saat berangkat. Bawa baju anak secukupnya. Bawa mainan anak yang biasa dimainkan, tidak usah banyak-banyak agar anak tetap merasa nyaman saat di Subang seperti di rumah.

Disesuaikan dengan berapa lama kita mudik, lebih baik mencucinya di sana jadi tidak perlu banyak barang bawaan.

2. Berangkat saat Anak Sudah Tidur

Mudik menggunakan motor, tentunya akan lebih pegal jika anak dalam kondisi tidur. Berangkat mudik saat anak sudah bangun akan memudahkan ketika berkendara di motor.

Anak juga jadi melihat pemandangan di sekitar. Sepanjang jalan biar anak tidak bosan bisa kita ajak ngobrol dengan menjelaskan kalau kita sedang mudik akan berkunjung ke rumah Oma di Subang. 

3. Pastikan Kendaraan Sudah di Service

Sebelum berangkat pastikan cek kondisi motor apakah aman digunakan mudik agar tidak terjadi kendala dalam perjalanan.

Sebaiknya sebelum berangkat di service terlebih dulu agar lebih aman dan nyaman ketika dikendarai. Perjalanan juga jadi tidak terhambat.   

4. Bawa Minum dan Cemilan yang Cukup

Membawa cemilan kesukaannya jika anak terasa lapar dalam perjalanan. Kalau di mobil enak ya bisa sambil makan, kalau di kotor sebaiknya berhenti dulu cari tempat untuk makan.

Tidak usah banyak-banyak membawa makanan jika mudiknya hanya sebentar. Penting untuk membawa minum karena pasti bakal haus sepanjang perjalanan.

Bawa minum dan makan untuk antisipasi jika di perjalanan tidak menemukan makanan atau minuman.

5. Bawa Obat-obatan

Aku sekilas edis.paracetamol jika mendadak anak panas atau demam saat mudik. Bawa obat anti mabuk jika memang diperlukan. Aqlan belum pernah sih minum obat anti mabuk gitu soalnya memang tidak pernah mbuk di jalan. Anaknya malah happy banget kalau di jalan baik pakai motor atau mobil. 

Aku lebih prepare membawa minyak telon agar badannya selalu hangat. Subang lumayan cukup dingin kalau malem di banding Karawang yang selalu panas kayanya jaraknya lebih dekat ke matahari jadi panas terus, wkwkwk.

6. Pisahkan Tas Besar dan Tas Kecil

Pisahkan tas besar yang berisi baju-baju dan tas yang kecil berisi minuman, makanan dan pampers jika masih menggunakan pempers. Selalu sedia plastik untuk mengantisipasi jika anak pup di jalan, muntah dan sebagainya. 

Dompet dan handphone masukkan ke dalam tas kecil agar mudah diambil jika kita mencarinya. Cukup membawa tas besar yang berisi baju ayah, ibu dan anak. Sehingga tidak tercecer barangnya. 

8. Istirahat Jika Lelah, Jangan Paksakan untuk Tetap Berkendara

Jika mengantuk atau lelah sebaiknya istirahat, jangan paksakan berkendara. Jangan terburu-buru.

Utamakan keselamatan dan keamanan agar mudik lebaran 2024 lancar dan bisa bertemu dengan sanak saudara. Bawa kendaraan dengan pelan-pelan tidak dengan kecepatan tinggi. 

Kesimpulan

Kemacetan di jalan bisa membuat anak tidak nyaman karena harus menunggu lama jadi mudah bosan. Mudik lebaran 2024 bersama anak jadi tantangan sendiri bagi orang tua karena banyak yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan agar anak bisa tenang selama dalam perjalanan.

Apapun transportasinya tetap perhatikan kendaraan yang akan kita gunakan selama mudik. Jika harus naik motor pastikan jaket dan helm selalu digunakan untuk keamanan berkendara. Selamat mudik ya semoga si kecil bisa nyama di kampung halaman orang tuanya. 

Related Posts

8 komentar

  1. Mudik bersama si kecil memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Di satu sisi, rindu kampung halaman tak terbendung, di sisi lain, persiapan matang harus dilakukan agar anak tidak rewel selama perjalanan. Kudu beneran matang dan dengan effort tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak effort-nya besar banget, tapi terbayar kalau udah ketemu keluarga.

      Hapus
  2. Ah iya
    Sebentar lagi mudik
    Aku juga mudik bersama anak
    Memang harus banyak yang dipersiapkan

    BalasHapus
  3. Wah repot jg ya kak kalo naik motor bawa si kecil. Tp ini bkn perjalanan jauh kan ya. Takutnya si kecil kecapekan. Mana mudik tuh selalu rame di jalan.

    Tp asal mtrnya udh diservice dan kita pake perlemgkapan lengkap, insyaAllah aman ya kak. Tetap hati2 di jalan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Alhamdulillah mudiknya masih dekat 2 jam. Sudah lengkap semua Insya Allah aman terima kasih ya kak.

      Hapus
  4. Selamat mudik, semoga perjalanan aman dan lancar ya, kak, dan tiba dengan selamat sampai tujuan. Jangan lupa sebelum perjalanan balik, motor harus kembali di service lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mudik dengan aman kak Mon. Terima kasih ya. Motor juga sudah di service, hehe.

      Hapus

Posting Komentar