cerita mbun

Kulit Kering Selama Puasa? Yuk, Rutin Skincare!

Kulit kering selama puasa Ramadan

Dehidrasi bukan hanya dari dalam tubuh saja. Tapi, dari kulit juga bisa mengalami dehidrasi. Kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh membuat kulit menjadi kering. Cuaca panas yang ekstrim juga semakin membuat kulit menjadi tidak sehat.

Perubahan jam tidur saat puasa juga menjadi faktor lain yang mudah membuat kulit kering. Saat berbuka puasa makannya gorengan terus, semakin membuat kulit tampak kering dan kusam.

Duh, kok jadi serba salah ya? Meski sedang ibadah, pengen juga kulit tetap lembab dan sehat. Terus harus gimana dong?

Skincare Rutin Selama Bulan Puasa

Menggunakan skincare saja sudah malas rasanya apalagi harus rutin, hehe. Tapi, demi menjaga kulit tetap sehat sebaiknya hal ini tetap dilakukan.

Ibadah puasa jadi tak mudah loyo karena kulit terhidrasi juga dari luar. Pilih skincare yang membuatmu paling nyaman dan enjoy ketika diaplikasikan ke wajah. 

Kalau sudah menemukan yang cocok, kenapa harus ganti yang lain? Experience bermacam merk skincare malah jadi buat kulitku nggak karuan. Nyesel juga sih, tapi kalau nggak dicoba nggak akan tahu rasanya gimana.

Jadi, jangan cuman asal FOMO aja, tapi harus rasakan juga kegunaan dan manfaatnya agar tidak merusak kulit. 

Oke, langsung aja ya ada 5 rutin skincare yang biasa aku lakukan selama bulan puasa Ramadan. Cek yuk!


1. Menggunakan Moisturizer

Pemakaian rutin moisturizer selama bulan puasa membantu megontrol minyak di kulit wajah. Aku suka banget dengan tekstur moisturizer yang ringan dan bikin lembab di kulit.

Baik yang gel atau krim, menggunakan moisturizer bantu menenangkan kuit dari panasnya cahaya matahari. Pilih pemakaian moisturizer yang bertahan lama. 

Meski di rumah saja, merawat kulit selama bulan puasa penting untuk dilakukan agar kulit juga ikut terhidrasi dari papasan cahaya matahari yang nggak karuan panasnya. Di Karawang sendiri bisa sampai 32° C. 


2. Rawat Kulit Wajah dengan Sheet Mask

Menggunakan sheet mask bantu wajah menjadi lebih cerah. Kalau wajah cerah dan segar, rasanya hari jadi bersemangat terus. Aku suka banget momen menggunakan sheet mask. Rasanya seperti healing sejenak dari rutinitas dan berasa ada yang mijitin, hehe.

Biasanya aku suka sheet mask bareng suami. Suami juga senang menggunakan masker wajah untuk menjaga kulitnya dari paparan cahaya matahari. Jadi, ya bareng aja deh sekalian.

Sheet mask ini biasanya aku gunakan setelah shalat tarawih. Tenang saja, meski digunakan malam hari, tetap akan membantu menjaga kulitmu dari cahaya matahari keesokan harinya karena kulit menjadi terjaga dan lembab.

Pilih varian sheet mask yang menyegarkan seperti varian buah-buahan. Aroma yang fresh bantu relaksasi mood menjadi lebih baik. Puasa menjadi lancar dan semangat karena kulit juga tampak sehat dengan sheet mask.

Kan sayang pahala puasanya kalau marah-marah terus karena kepanasan, hehe.  


3. Gunakan Sunscreen untuk Melindungi Kulit

Menggunakan sunscreen bantu melindungi kulit dari matahari yang begitu terik. Panasnya matahari pada bulan puasa terasa ekstrim ya? Rasanya matahari tepat berada di atas kepala kita.

Saat akan aktivitas di luar ruangan gunakan sunscreen untuk menjaga kulit tetap lembab dan nyaman aktivitas seharian. Pilih sunscreen yang nyaman dan aman di kulit. 


4. Lip Balm Melembabkan Bibir

Puasa seharian bisa bikin bibir kering dan gampang pecah-pecah. Kamu bisa gunakan lip balm atau lip serum untuk menjaga kelembaban bibir.


5. Hindari Make Up yang Tebal

Jika ada kegiatan di luar rumah, hindari penggunaan make up yang tebal. Menggunakan make up tebal membuat kamu merasa cepat lelah.

Cukup menggunakan make up simple saja tapi tetap terlihat fresh. Menggunakan make up tipis-tipis memberikan kesan alami dan ringan pada kulit namun tetap melindungi kulit. 


Kesimpulan

Kurangnya cairan dalam tubuh memicu kulit menjadi kering seperti tidak terawat. Tapi masalah kulit kering dengan rutin skincare setiap hari meski hanya di rumah saja.

Ada yang sama kah rutin skincare yang dilakukan selama bulan puasa? Mana yang jadi favoritmu?


Related Posts

Posting Komentar