cerita mbun

Ide Menu Buka Puasa yang Praktis dan Segar. Yuk Langsung Praktik!

20 komentar
Cara membuat lumpia tahu untuk buka puasa

Bagi seorang istri atau ibu, menyiapkan menu buka puasa merupakan hal yang gampang-gampang susah. Terkadang bosan, menunya itu-itu melulu atau cape juga setiap hari harus memasak. Pokoknya jadi PR banget mikirin tiap hari buka sama apa. 

Tenang saja, bagi yang suka masak dengan menu yang praktis dan seger aku punya beberapa menu yang biasa aku masak ketika sedang menyiapkan buka puasa. Apalagi jika di rumah ada anak balita, menyiapkan menu buka puasa harus sat set agar tidak keburu tantrum dan minta main di luar rumah.

Aku selalu percaya seorang perempuan selalu bisa membuat rumah menjadi nyaman melalui berbagai macam menu masakan. Tak peduli pintar masak atau tidak. Setiap perempuan punya caranya sendiri.

Sebelumnya aku sudah pernah menulis tentang menu sahur yang sehat, kali ini aku akna membagikan ide menu buka puasa yang simple dan praktis. Hanya 30 menit aku menyiapkannya.

Menu Buka Puasa Praktis dan Segar yang Bisa Dicoba di Rumah

Bagiku yang tadinya tidak pernah terjun ke dapur secara langsung ketika gadis, membuat menu buka puasa praktis dan segar jadi sebuah prestasi tersendiri buatku, haha. 
Lumpia tahu dan sambal kacang
Mungkin Bunda-bunda semuanya ada yang sudah pernah memasaknya di rumah atau belum nih? Mana yang jadi favorit? Cek yuk!

1. Lumpia Tahu

Siapa yang menu buka puasanya tidak bisa lepas dari sambal? Hehe. Rasanya kurang pas jika buka dengan gorengan namun tidak ada sambal. Sambal selalu cocok dengan berbagai jenis makanan salah satunya lumpia tahu. Yuk kita buat lumpia tahu hanya dengan waktu 30 menit saja.

Bahan:
  • Kulit lumpia
  • 1 bungkus tahu putih
  • 1 butir telur
  • 1 lembar daun bawang
  • Garam, kaldu dan merica bubuk secukupnya
Lumpia isi tahu
Sumber: canva


Cara Membuat:
  1. Haluskan tahu menggunakan garpu atau ulekan
  2. Masukkan telur, daun bawang yang sudah diiris
  3. Beri garam, kaldu dan merica bubuk secukupnya
  4. Aduk adonan sampai semua merata
  5. Masukkan adonan tahu ke dalam kulit lumpia sedikit demi sedikit
  6. Lipat sisi kanan dan kiri kulit lumpia membentuk segi empat
  7. Panaskan minyak, masukkan lumpia isi tahu ketika minyak sudah panas.
  8. Angkat dan tiriskan 
Jangan terlalu banyak memberi isian tahu karena nanti kulit lumpianya bisa hancur. Kulit lumpia biasanya tipis jadi mudah hancur jika isinya terlalu banyak atau terkena basah.
Untuk sambalnya mudah saja, aku menggunakan sambal kacang. Sambal yang khas ada ketika di bulan Ramadan. Apakah di tempat kalian juga sama?

Soalnya kata temanku yang tinggal di daerah Jawa katanya makan gorengan pakai sambal kacang hanya ada di Jabodetabek karena dia tahu ketika kita sama-sama kuliah di Jakarta. Sekarang dia kangen buka puasa sama gorengan dan sambal kacang, haha.

Cara Membuat Sambal Kacang

Bahan:
  • 2 buah cabai merah
  • 15 cabai rawit
  • 2 siung bawang merah 
  • Kacang yang sudah digoreng terlebih dahulu

Cara membuat:
  1. Goreng cabai dan bawang merah di minyak panas
  2. Ulek cabai, bawang dan kacang hingga halus
  3. Masukkan ke dalam mangkuk kecil
  4. Beri sedikit air panas atau hangat sesuai selera. Kalau airnya sedikit, sambalnya jadi kental. Jika suka sambal yang berair, tambahkan air yang banyak.
Banyaknya cabai tergantung selera ya, ini adalah ukuran sambal sekali makan dengan kurang lebih 10 gorengan. Cocok untuk yang kurang suka pedas kaya aku. Aman di perut, hehe.


2. Tahu Walik isi Naget

Masih dengan makanan berbahan tahu, yaitu tahu walik. Apakah di daerah kalian ada tahu walik? Atau kalian pernah memakannya?
Tahu walik isi naget
Sumber: Canva

Aku baru tahu ada tahu walik setelah menikah karena sempat popular. Ternyata tahu walik ini berasal dari Banyuwangi yang artinya tahu dibalik. 

Pantes saja dulu aku bingung, apa artinya tahu walik ini, namun ketika mencobanya dengan membeli pada abang-abang yang lewat rumah, rasanya kok enak sekali. Akupun penasaran bagaimana cara membuatnya. Mudah sekali loh. Yuk langsung praktik aja!


Bahan:

  • 10 tahu pong goreng
  • 7 sendok tepung tapioka
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 lembar daun bawang
  • 2 potong naget
  • Garam, kaldu dan merica bubuk secukupnya
Cara membuat:

  1. Masukkan tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, garam, kaldu dan merica bubuk
  2. Tambahkan air panas, aduk hingga merata
  3. Potong naget kecil-kecil, masukkan ke dalam adonan
  4. Balikkan tahu, lalu masukkan adonan ke dalam tahu bagian dalamnya. 
  5. Goreng dalam minyak panas
Tahu walik bisa diisi dengan berbagai macam-macam protein lainnya seperti ayam, ikan, udang dan lain-lain. Tidak pakai isian pun sudah enak.
Tinggal dihancurkan saja aduk dengan adonan. Kebetulan di rumah adanya naget, jadi aku masukkan naget saja, haha. Pakai isian biar lebih meriah. 

3. Bihun Kering 

Buka puasa dengan bihun, gorengan dan sambal jadi perpaduan yang ciamik di lingkungan keluarga suami. Di sini bihun menjadi makanan favorit dan makanan yang biasa ibu-ibu buat di rumah.
Cara membuat bihun kering
Sumber: Canva
Aku biasa menggunakan bihun yang terbuat dari jagung dengan harga yang murah meriah satu bungkusnya seharga Rp. 4.500,- saja bisa dua kali buka puasa.

Cara membuatnya sangat mudah. Rebus bihun di air mendidih yang sudah diberi minyak sayur sedikit. Di beri minyak agar tidak lengket ketika sudah matang. Jangan lupa beri penyedap rasa.

Setelah matang, taburi bawang goreng agar harum dan terlihat menggugah selera. Kadang aku suka inovasi dengan digoreng ditambahkan dengan telur, bakso, sosis, sayuran dan kecap. Hmm nyamiiii anak-anak pasti suka. 

4. Es Teller

Dari tadi yang seret terus, sekarang yang segar-segarnya ya, hehe. Tahun kemarin aku selalu mix minuman yang penting ada 3 baha yaitu susu UHT, SKM dan biji selasih. Dicampur apa aja 3 bahan ini mesti ada karena bikin minuman jadi segar.

Bahan:
  • Agar merah atau hijau
  • Jelly kelapa
  • Nangka
  • Alpukat
  • Biji selasih
  • Susu UHT
  • Susu kental manis
  • Es batu
  • Keju (optional)
Cara membuat es teler avokado
Sumber: Canva
Cara membuat:
  1. Buat agarnya terlebih dahulu, masukkan agar-agar dan air biasa lalu rebus hingga matang. Masukkan ke dalam cetakan. Tunggu hingga dingin. Kalau mau beli yang sudah jadi juga bisa.
  2. Begitu juga dengan jelly kelapa yang dipotongnya menggunakan cetakan kelapa. Kalau nggak punya, dipotong dadu biasa juga gapapa kok masih enak, hehe. Tidak usah diberi gula karena nanti manisnya dari susu kental manis.
  3. Masukkan semua bahan
  4. Tambahkan susu UHT dan kental manis
  5. Masukkan es batu secukupnya
  6. Jika ada keju boleh tambahkan larutan keju, jika tidak juga tidak apa-apa.

5. Es Cappucino Cincau

Ini juga nggak kalah segar. Dulu di dekat rumah ada yang jual. Sekarang kayanya udah nggak ada yang jual. Terinspirasi dari itu, aku buat sendiri aja deh lebih hemat dapet banyak, haha.

Bahan:
  • Cincau
  • Kopi instan rasa cappucino
Cappucino cincau

Cara membuat:
  1. Seduh kopi instan menggunakan air panas
  2. Aduk hingga rata dan tambahkan air biasa lalu aduk lagi
  3. Tambahkan cincau yang sudah diparut
Bisa kopi rasa apa saja, namun menurutku lebih enak yang rasa cappucino. Ya, namanya juga cappucino cincau ya lebih enak rasa cappucino dong, haha. 
Padahal kalau ngopi biasa aku lebih suka moccacino, tapi kok kayanya kurang pas kalau diberi cincau. Tapi kembali lagi ini sesuai selera ya. Bebas aja mau minuman apa aja.

Jika bosan dengan kopi, teh manis dan susu kental manis juga enak ditambahkan dengan cincau.

Kesimpulan

Menu berbuka puasa yang simple tanpa ribet adalah andalan ibu yang punya balita kaya aku. Meski kadang sesekali masks juga yang effort kalau kondisinya kondusif. 

Kalau kamu biasa berbuka puasa dengan apa? Share dong menu apa aja yang khas di kotamu.

Related Posts

20 komentar

  1. Resep camilannya unik2. Bisa dicoba, nih. Kalau minumannya sih, memang pilihan ideal berbuka, ya

    BalasHapus
  2. Es Tellernya bikin ngiler nih. Mana buka puasa masih 3 jam lagi...hehe... Boleh juga tuh dicoba es kopi pakai cincau. Bahan-bahannya mudah didapat. Yuk ah...ke supermarket bentar, masih ada waktu nyiapin untuk buka puasa...

    BalasHapus
  3. Wih, mantul menu-menunya, Mbak. Walau praktis, tapi enak-enak semuanya. Boleh nih dicoba buat buka puasa nanti. Terutama saya mau coba lumpia isi tahu. Karena selama ini seringnya bikin yang isi kentang bihun, dan itu memang agak bikin isinya.

    BalasHapus
  4. Baru semalam nih aku makan bihun. Tapi emang menu buka puasanya simple dan seger ya. Lagi pula gorengan emang nggak pernah ketinggalan di rumah. Selalu ada sama sambalnya. Hehehe....

    BalasHapus
  5. Wah menu-menu yang menggiurkan sekali ya. Nggak cuma buat buka puasa aja, bisa jadi jajanan harian di rumah. Lumayan buat cemilan

    BalasHapus
  6. Andalan kami ya gorengan juga. termasuk dua di atas. Hanya beda nama dan istilah (tapi tetap olahannya digoreng ya kan? )
    Saat puasa lebih banyak meluangkan waktu buat ibadah sih ya. Jadi soal makanan biasanya milih yg praktis

    BalasHapus
  7. Ini sih menu takjilan yang setiap hari ibukku bikin. Aku sih cuman ngebantu doank. Hehe. Emg praktis bgt nih cara buatnya. Plus cepet bgt buat ngabisinnya.

    Biasanya bikin agak banyakan. Ntr dipake buat taknil pas tadarusan abis tarawih. Yummyyy. Panas2 gini emg enak bgt es teler. Plus gorengan di atas.

    BalasHapus
  8. Boleh juga ini menu tahu walik nya. Sepertinya jadi hidangan yang asik buat berbuka. Bahkan kalo pake nasi pun juga bisa ya kak? Soalnya daku tipe buka puasa langsung makan dengan nasi hehe

    BalasHapus
  9. Wah suka semua. Apalagi es cappucino cincau. Favoritku banget. Eh lumpia tahu juga enak. Apalagi dicocol pakai Saos sambal. Jadi pengen eksekusi semuanya nih mbak. Bikin laper

    BalasHapus
  10. Aku lebih suka cappucino cincau daripada moccacino cincau. Tapi lebih enak lagi cincau hijau dengan toping es krim di abang-abang. Tapi nggak tahan ngantrenya :))

    BalasHapus
  11. Untung baca pas udah mau jam buka puasa hehe. Saya paling sering bikin lumpia tahu, soalnya bikinnya cepat dan mudah

    BalasHapus
  12. Meskipun sudah tidak punya balita lagi, tapi saya tetep lebih pilih menu berbuka puasa yang simple tanpa ribet hehehe

    BalasHapus
  13. Pengen coba yang tahu walik sama lumpia tahu nih. Kelihatannya bakal enak dan gurih nih. Apalagi dimakan hangat deh wah pasti mantul.

    BalasHapus
  14. wah cocok banget emang buat buka ya, paling dicari yg gurih manis seger hehe..

    BalasHapus
  15. Tahu walik dan es teler tuh lumayan favorit. Tapi tahu walik belum sempat buat, biasanya beli di depan. Kalau es teler pernah bikin sama anak-anak, lumayan praktis memang bikinnya dan keluarga suka banget dong

    BalasHapus
  16. Aku juga suka yang simpel-simpel begini. Dan yang oenting anak-anak suka. Abis liat lumpia tahu jadi kepingin bikiiin...

    BalasHapus
  17. aku klo buka puasa, lebih memilih yang seger seperti es teller. Karena bagiku lebih baik menahan lapar daripada menahan haus, kadang ga tahan...cm harus dikuat-kuatin aja

    BalasHapus
  18. Wah menunya menggoda ini mbak, enak-enak dan simple buatnya ya, aku juga suka buat yang gampang, kalau tahu walik kaddang ta buat frozen juga jadinya tinggal goreng aja

    BalasHapus
  19. menu buka puasanya praktis semua nih, gampang cara buat dan bahan-bahannya mudah ditemukan. nanti coba buat ahh..

    BalasHapus
  20. Wah, menu-menu buka puasanya bikin ngiler banget, Mbak! Bener banget nih, kadang nyiapin menu buka puasa tuh jadi tantangan, tapi dengan ide-ide simpel kayak gini, bikin semangat masaknya makin tinggi. Bukan cuma praktis tapi juga pasti enak dan bikin keluarga happy! 🍽️😋

    BalasHapus

Posting Komentar