cerita mbun

7 Tips Memilih Bengkel Motor Terbaik, Jangan Sampai Tertipu!

20 komentar
Jangan sampai tertipu pilih bengkel motor

“Duh, kayanya ini ban belakang bocor deh, kita minggir dulu ya.”

Setelah suami meminggirkan motor, akupun langsung turun dari motor dan ikut mengecek ban belakang. Betapa paniknya aku melihat ban belakang yang bocor sementara bengkel motor sepertinya jauh dari tempat kami berhenti.

Baru juga selesai berobat dari klinik, ban motor kami malah bocor di jalan raya yang besar. Mana bawa anak yang aktif banget, khawatir dia akan rewel karena bosan kalau harus menunggu lama motornya diperbaiki.

Berbeda dengan suami yang begitu santai menghadapi situasi seperti ini. Mungkin kalau laki-laki sudah terbiasa dihadapkan dengan kejadian yang tak terduga di jalan seperti ini ya? Karena setiap hari berangkat ke kantor, sudah terbiasa di jalan. 

Beda denganku yang sehari-hari di rumah. Waktu kerja dulu pun lebih suka menggunakan ojek online daripada mengendarai motor sendiri.

“Kamu sama Aqlan duluan ke bengkel motor ya naik ojek online. Ojek online-nya sudah aku pesan, sebentar lagi sampai sini", kata suamiku membuyarkan kepanikanku. "Nanti motornya biar aku yang bawa", dia kembali melanjutkan pembicaraan. Loh memangnya di dekat sini ada bengkel motor ya tanyaku dalam hati. 

Seperti menangkap kebingunganku, suami menjelaskan kalau tidak jauh dari posisi kami berada ada Planet Ban, bengkel motor langganan suami. Ternyata selama ini suami melakukan perawatan dan perbaikan di Planet Ban. 

Dari kejadian itu aku jadi aware sama perawatan motor. Aku jadi membayangkan jika ketika sedang mengendari motor hanya berdua dengan Aqlan tiba-tiba motornya mengalami kerusakan. Biasanya aku menggunakan motor untuk membeli kebutuhan rumah tangga atau mengunjungi kerabat. 

Jangan sampai karena ketidaktahuan kita tentang bengkel motor, bisa disalahgunakan oleh oknum bengkel motor yang tidak bertanggungjawab. Apalagi kalau melihat ibu-ibu pasti persepsinya kita nggak tahu apa-apa dengan membohongi konsumen tentang suku cadang motor.

Bersyukur aku menemukan Planet Ban yang mekaniknya bantu aku jelaskan secara rinci terkait kendala motor yang kami alami. Kalau kamu ragu, kamu bisa simak tips memilih bengkel motor terbaik berikut ini.

1. Harga Jujur dan Transparan

Sebelum pergi ke bengkel motor, sebaiknya kita riset tentang harga suku cadang. Pastikan saat di bengkel kita aktif bertanya kepada mekanik terkait harga suku cadang. Tidak banyak mekanik yang memberikan harga secara terang-terangan. Dari situ kamu bisa membandingkan harga yang kamu riset dengan bengkel tempat kamu melakukan perawatan motor.  

Kalau di Planet Ban mekanik dengan detail menjelaskan kerusakan dan harga. Mekanik juga meminta persetujuan kita apalagi ada suku cadang yang perlu diganti saat perbaikan.

2. Mekanik Profesional dan Handal

Tentunya selain melakukan perawatan suku cadang motor kita juga ingin mendapatkan pengetahun tentang perawatan motor. Mekanik yang profesional dan handal membuat kita percaya kalau motor dirawat oleh tangan yang tepat.

Kita bisa menanyakan kendala apa saja yang terjadi pada motor. Mekanik yang profesional akan dengan senang hati menjelaskan secara detail apa yang kita tanyakan.

Oh iya, mekanik yang ramah juga penting sekali. Saat sampai di Planet Ban, ternyata suami sudah sampai lebih dulu. Aku hanya melihat motor kami yang akan diperbaiki tapi tidak melihat suamiku.

Ah, mungkin dia sedang ke toilet. Aku langsung masuk dan duduk saja melihat-lihat motor yang lain yang juga sedang diperbaiki. Tidak lama setelah mekaniknya menyelesaikan motor yang sedang diperbaiki, beliau bertanya ramah kepadaku, "Mohon maaf Bu, ada yang bisa saya bantu?"

Planet Ban profesional handal
Menunggu motor yang sedang diperbaiki di Planet Ban Rengasdengklok, Karawang.
Aku kaget, mengira tidak ada mekanik yang menyadari kehadiranku karena sedang fokus memperbaiki motor justru malah ramah menyapaku. "Ehh iya pak, saya sedang menunggu motor diperbaiki, itu motornya sudah masuk antrian (sambil menunjuk motor yang sudah dilepas bannya)."

Kemudian mekaniknya membalas lagi, "Oh baik Bu, ditunggu ya." Aku menunggu sambil memperhatikan cara mereka memperbaiki motor yang gesit dan cekatan. Sehingga aku tidak menunggu lama padahal banyak motor yang diperbaiki. 

Sudah selesai aja, cepat banget. Alhamdulillah aman anak nggak sampai tantrum Bun, hehe.

3. Peralatan Modern

Penting sekali adanya peralatan modern untuk menunjang perawatan motor lebih efisien dan efektif. Biasanya hal ini juga yang menjadi pertimbanganku memilih bengkel motor terbaik. 

Peralatan modern juga membuat perawatan motor jadi lebih cepat, sehingga kita yang sedang buru-buru sangat terbantu dengan pengerjaan yang cepat. Apalagi kejadian yang aku alami bawa anak ke bengkel motor. Alhamdulillah kan nggak sampai tantrum anaknya karena memang secepat itu. 

4. Kelengkapan Suku Cadang 

Kelengkapan suku cadang memberikan kenyamanan dan kemudahan karena tidak perlu mencari suku cadang yang lain lagi jika sedang melakukan perbaikan. Tidak kerja dua kali jadinya. 

5. Jaminan Garansi

Jaminan garansi ini penting banget dimiliki oleh bengkel motor. Pasalnya seringkali motor setelah dibawa ke rumah justru malah ada kendala lain setelah melakukan perbaikan. Tidak mau kan hal seperti itu terjadi? Udah bayar masa rusak lagi, rugi dong!

Di Planet Ban malah memberikan garansi selama 7 hari. Adanya garansi memudahkan kita jika tiba-tiba motor kembali mengalami kerusakan. 

6. Jam Operasional Panjang

Bengkel yang operasionalnya sampai malam ini jadi solusi jika motor rusak saat malam hari. Suami juga pernah pulang kerja motornya malah mogok di jalan. Kebayang ya kalau udah cape kerja, motor tiba-tiba rusak ehh bengkel motor pada tutup semua. 

7. Berbagai Metode Pembayaran

Beragam metode pembayaran di bengkel motor memudahkan kita melakukan transaksi jika sedang tidak membawa uang tunai. Apalagi di zaman yang serba cashless sekarang, membayar menggunakan debit lebih membantu.

"Yang, aku nggak bawa uang loh. Bukannya Aa juga belum ngambil uang ya? Nanti kita bayarnya gimana?" Tanyaku kembali panik mengingat isi tasku cuman handphone dan obat saja.

Suami malah tertawa terbahak-bahak seolah mengejekku seakan-akan aku ini tinggal di hutan. "Kamu ini, pake ini lah (sambil mengeluarkan ATM). Di Planet Ban ini bisa bayar menggunakan debit, nggak usah ribet."

Ohhh aku mengangguk-angguk paham, keren juga ya ini Planet Ban. Planet Ban memang servis motor terbaik yang sudah aku buktikan sendiri. 

Planet Ban, Service Bengkel Motor Terbaik

Itulah beberapa alasan kenapa kami memilih memperbaiki motor di Planet Ban. Sudah paket lengkap banget. 

Setelah motor di servis rasanya seperti mesin baru. Servis Rasa Mesin Baru juga ternyata menjadi konsep dari Planet Ban. Pantes saja begitu dikendarai rasanya seperti naik motor yang baru beli padahal udah 5 tahun yang lalu sejak pertama kali kami membelinya, hehe.

Harganya juga transparan sehingga kamu tidak mudah tertipu oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Untuk rincian harga, kamu bisa cek di website Planet Ban. Pada prosesnya, mekanik menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban yang sudah termasuk ke dalam biaya servis.

Bagian yang di servis tersebut meliputi:
  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT/ Rantai
  • Servis Injeksi
Planet Ban merupakan pelopor otomotif terbesar di Indonesia. Planet Ban terus memberikan pelayanan yang terbaik berupa:
  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa servis dan ganti oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selamanya.
Puas sekali aku dengan pelayanan dan kualitasnya. Kamu juga bisa dapat potongan harga sampai 150.000 dari Planet Ban loh. Yuk segera datangi Planet Ban terdekat dan rasakan sendiri kualitasnya. 
Planet Ban gratis biaya pemasangan ban



Related Posts

20 komentar

  1. Pengalaman waktu servis motor di Planet Ban, cukup puas dengan pelayanannya. Mekaniknya emang handal dan gerak cepat juga, udah gitu pas bayarnya memang enak bisa milih dengan berbagai macam metode pembayaran, baik tunai maupun cashless semuanya tersedia

    BalasHapus
  2. Jangan sampei kalau service dimahal mahalin dan barang barang yang digunakan ngga sesuai dengan spesifikasi. Planet ban menawarkan pelayanan terbaik dan sudah pasti ditangani secara profesional dong!

    BalasHapus
  3. Keberadaan Planet Ban yang ada dimana-mana ini sih yang bikin kalau terjadi sesuatu di jalan jadi tenang. Duh kebayang sih pengalamannya pas lagi bawa anak yang lagi aktif-aktifnya pula, eh ada masalah sama si kendaraan di tengah perjalanan pula. Syukurlah ketemu Planet Ban yang ngasih pelayanan cepat dan montornya pun handal.

    BalasHapus
  4. Servis motor di Planet Ban menyenangkan sekali ya, layanannya lengkap dan memiliki tenaga kerja profesional ya, kita pun juga jadi bisa belajar banyak ya dari penjelasan mekanik tentang apa kerusakan yang motor kita alami, tidak hanya langsung dikerjakan tanpa menjelaskan apa aja yang harus dibenarin, harus diganti dan apa penyebabnya.

    BalasHapus
  5. di sini banyak ditemui planet ban, dan seringnya ramai sih yang mau servis, sepertinya service yang diberikan lengkap juga. Wajib nih service secara rutin, apalagi musim hujan, biar motor gak trouble di tengah jalan

    BalasHapus
  6. Memang lebih aman ke planet ban, saya dan suami juga pernah ke bengkel biasa eh ternyata malah segala di mahalin

    BalasHapus
  7. Iya, kudu hati-hati milih bengkel. Bisa kena tipu bahkan suruh ganti sparepart yang ga perlu. Belum ongkos mahal. Duh, mending pilih bengkel yang udah terpercaya kayak Planet Ban ya.

    BalasHapus
  8. memilih bengkel ini memang tidak harus ke bengkel resmi ya asal bengkelnya memiliki teknisi yang yang handal dan harga bersaing pastinya jadi pilihan deh

    BalasHapus
  9. Mekanik yang andal dan profesional ini penting bgt sih. Dan yang paling penting mereka nggak menipu konsumennya. Kan bnyk jg tuh mekanik yg maunya ganti sparepart padahal sparepartnya msh bgs.

    Mknya aku seneng bgt service motor di Planet Ban. Mekaniknya ngga menipu. Selalu ditanya apa perlu diganti/msh bs diutak-atik krn sbnrnya msh bgs.

    BalasHapus
  10. Terselamatkan banget yah.. ada bengkel Planet Ban.
    Karena di Bandung juga cabangnya mulia banyak sehingga servis motor saat ini mudah dilakukan dengan perasaan nyaman,.

    BalasHapus
  11. Nah iya, harus hati-hati milih bengkel motor. Apalagi untuk emk-emak macam kita, takutnya malah kena tipu.
    Kalau di Planet Ban sudah terbukti aman dan terpercaya, ya. Banyak yang sudah merasakan pelayanannya yang bagus.

    BalasHapus
  12. Planet ban belum ada di daerahku, pernah dirugikan oleh oknum bengkel resmi mengambil sparepart di bengkel swasta, rasanya harganya jd lebih mahal dari seharusnya

    BalasHapus
  13. Berbagai tips di atas sangat bermanfaat sekali, nih. Jadi musti teliti dalam memilih bengkel motor itu. Planet Ban bisa jadi rekomendasi.

    BalasHapus
  14. Setuju banget, milih bengkel motor emang gaboleh sembarangan yaaaa.. Planet ban emang udah terbukti oke sih, suami dah pernah 2 kali beli ban dan ganti ban di planet ban iniii

    BalasHapus
  15. setelah penyesuaian ke sana sini akhirnya aku bisa menemukan bengkel motor yang harga lebih miring tapi kualitas terjamin.

    BalasHapus
  16. Wah, keren banget nih Planet Ban! Servis motor jadi makin praktis dengan paket lengkap, harga transparan, dan hasilnya beneran bikin motor kayak baru. Plus, bonus potongan harga dari Planet Ban, mantap! 🌟🏍️

    BalasHapus
  17. Di Planet ban, harganya jujur dan transparan ya. Pelayanannya juga Oke. Makanya banyak yang suka service motor di sana

    BalasHapus
  18. Milih bengkel memang nggak bisa sembarangan sih. Planet ban recommended sekali dengan segala kualitas dan services nya ya!

    BalasHapus
  19. Saya juga paling suka service motor matic di Planet Ban soalnya berkualitas tapi terjangkau gitu, harga-harganya transparan dan hasilnya memuaskan, apalagi gratis isi nitrogen kalau misalkan bannya kempes

    BalasHapus
  20. pengalaman nggak hati-hati milih bengkel kudu dibawa ke bengkel lain karena ternyata nggak diperiksa menyeluruh, kalau di planet ban no cemas masalah ginian hasilnya pasti memuaskan

    BalasHapus

Posting Komentar