Cerita Mbun

Cara Menentukan Niche Blog. Penting atau Tidak?

16 komentar
Definisi niche blog


Untuk memulai sebuah tulisan, tentunya kita harus tahu topik apa yang ingin kita tulis di blog atau website. Bagi yang baru memulai ngeblog mungkin bingung apa sih yang dimaksud dengan niche blog? apakah harus menggunakan niche blog? Apakah ada manfaatnya dan bagaimana cara menentukan niche blog yang sesuai dengan passion kita?

Meski tidak harus kita punya niche blog. Setidaknya Bloger tahu apa saja yang akan ia tulis di blognya.  Yuk kita bahas satu-satu. 

Apa Itu Niche Blog?

Niche blog adalah tema pada sebuah blog. Sederhananya niche blog ini adalah topik yang akan kita tulis dalam blog atau website. Niche blog ini yang nantinya akan menentukan pembaca kita.

Niche blog terbagi menjadi dua bagian. Pertama niche gado-gado alias campuran yang biasa disebut dengan lifestyle blog. Niche khusus yaitu niche blog yang membahas suatu tema tertentu.

Kalau misalkan kamu melihat blog yang isinya semua tentang kesehatan, maka niche blog tersebut adalah kesehatan. Kalau isinya semua tentang parenting, maka itu adalah blog dengan niche parenting.

Punya niche blog ini bisa dibilang penting tapi bukan suatu keharusan. Jika kita ingin menjadi Bloger profesional tentu ini menjadi bagian yang penting karena niche dengan topik tertentu akan mudah ditemukan di halaman mesin pencari karena orang lebih menyukai blog yang membahas topik tertentu. 

Niche dengan blog tertentu juga dianggap ahli dalam bidang tersebut karena membahas satu topik tulisan saja. Dari segi adsence juga iklan akan sesuai dengan niche yang kita tulis. 

Tapi, bukan berarti lifestyle juga tidak berpeluang. Lifestyle blog berpeluang mendapatkan job untuk review dan kerja sama lainnya. Lifestyle bisa menulis semua hal. 
"Untuk pemula, yang penting nulis dulu aja, dari situ bisa terlihat mana yang lebih dominan dan mana yang kita sukai."
Aku sendiri masih nulis gado-gado, karena belum terlihat mana yang dominan. Aku juga tidak mau memaksakan suatu niche yang aku sendiri tidak paham tentang topik tertentu. Misalkan jita ingin menulis tentang teknologi, tapi tidak kita suka atau paham di bidang tersebut, maka sebaiknya tidak memaksakan diri membuat niche teknologi.

Penting untuk kita menuliskan yang kita paham tentang topiknya dan kita suka topik tersebut. Tapi, jangan pernah juga remehkan niche blog karena nanti niche blog akan berpengaruh juga pada judul, tagline dan logo blog. Jadi, harus dipikirkan matang-matang. Sebelumnya, mari kita ketahui dulu macam-macam niche dalam blog itu apa saja ya?

Macam-macam Niche Blog 

Rekomendasi macam-macam niche blog

Ada banyak macam-macam niche blog yang bisa kamu tulis di blog. Meski tidak apa-apa menulis dengan niche lifestyle, siapa tau niche berikut bisa jadi rekomendasi kamu menulis.

1. Parenting

Para orang tua sekarang sudah banyak yang melek digital. Mereka banyak mencari tahu tentang parenting. Aku juga menulis label parenting sebagai catatan dalam mendidik anak. 

Kita bisa menuliskan tentang bagaimana cara agar anak mau makan, mendidik anak, seputar tips kehamilan dan melahirkan atau persoalan ibu menyusui. Niche parenting sangat berpeluang juga untuk kita kerja sama dengan produk peralatan bayi. Gimana apakah kamu juga tertarik dengan niche parenting?

2. Beauty 

Buat kamu yang suka review produk kecantikan atau yang suka make up, bisa juga nih buat niche blog kamu tentang beauty.

Banyak juga yang mencari tentang merk skin care yang bagus dan murah yang cocok di setiap jenis kulit.

3. Review Film atau Buku

Buat kamu yang suka nonton, bisa nih buat review tentang film. Memberikan rekomendasi film-film apa saja yang kamu tonton. Insight apa yang kamu dapat setelah menonton yang mungkin sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. 

Kamu bisa membagikan film menarik apa saja sesuai genre yang kamu sukai untuk pembaca kamu. Begitu juga dalam membaca buku, sebelum membaca biasanya orang akan mencari sinopsis dari buku tersebut apakah bagus untuk dibaca atau tidak.

4. Travelling

Bloger yang suka travelling, juga bisa membagikan foto hasil liburannya di blog. Mendokumentasikan travelling ke dalam bentuk tulisan dengan menunjukkan tempat mana saja yang mungkin jadi destinasi wisata yang menarik bagi keluarga atau pasangan muda yang baru menikah untuk pergi honeymoon

Niche blog travelling ini berpotensi besar untuk mendapatkan penghasilan. Sambil memperlihatkan tempat wisata yang ada di daerahmu. Menarik ya?

5. Teknologi

Bagi kamu yang suka membahas soal gadget atau teknologi lainnya, bisa nih kamu bahas teknologi beserta kualifikasinya. 

Orang sebelum membeli barang teknologi biasanya juga akan cari tahu spesifikasinya lengkap atau tidak. Harganya worth it atau tidak.

6. Otomotif

Kalau kamu suka mengotak atik kendaraan bermotor atau yang berhubungan dengan otomotif lainnya, boleh juga niche blognya tentang otomotif.

Otomotif ini susah sih buat aku, makanya aku juga belum pernah nulis otomotif, tapi bukan berarti nggak mau belajar. Kalau ada peluangnya, ya gas aja dong, hehe.

7. Kesehatan

Meski udah banyak banget media besar yang bahas kesehatan seperti halodoc, alodoctor dan lain sebagainya ya tidak apa-apa. 
"Bloger tidak bersaing dengan media besar, justru punya ciri khasnya tersendiri."

8. Pendidikan

Bloger yang di bidang pendidikan juga bisa nih buat edukasi pembaca tentang pentingnya dunia pendidikan. Aku juga tertarik sama dunia pendidikan. Soalnya masih banyak aja yang mind set-nya bilang pendidikan itu nggak penting. Buang-buang uang aja. 

Banyak juga teman-teman Bloger yang seorang guru dan dosen. Mereka banyak menuliskan tentang pendidikan. 

9. Kuliner

Sejauh ini kuliner adalah niche blog yang paling banyak diminati. Kamu bisa tag tempat makan yang enak favorit kamu. Siapa tau di notice sama yang punya restauran, hehe. Pemilik restauran senang kalau tempatnya di promosikan.

Kamu bisa merekomendasikan makanan favorit kamu, dari mulai tradisional sampai western. Bisa juga menuliskan resep-resep bahan makanan yang biasa kamu masak. 

10. Game Online

Gamers di Indonesia semakin hari semakin bertambah saja. Jika kamu juga tertarik dengan game online, kamu bisa memberikan infomu dengan membuat niche blog game online.

Dari 10 macam-macam niche blog yang mana sesuai minat kamu? Kalau masih bingung, gimana ya cara menentukan niche blog?

Cara Menentukan Niche Blog

Bagaimana cara menentukan niche blog

Mau nulis repot kayanya ya harus menentukan niche blog? Nggak repot kok sebetulnya, kita kan bisa  nulis dari yang kita sukai dan nulis apa saja. Tapi, kalau kamu ingin punya niche blog, kamu bisa perhatikan hal-hal berikut untuk menentukan niche blog.

1. Tulis yang Kamu Suka dan Kuasai

Cari tahu apa yang kamu suka. Biasanya ini akan berawal dari hobi. Kalau kita udah suka, kita akan lebih mudah memahaminya. Menulis niche blog sesuai minat kita akan membuat tulisan yang berkualitas.

Tulis juga yang relate dengan kehidupan kamu sehari-hari. Karena aku sudah menikah, aku juga menuliskan tentang hubungan dengan pasangan dan pernikahan. Menjaga komposisi cinta dengan menuliskannya dalam tulisan. 
"Ingat, setiap tulisan akan menemukan pembacanya sendiri. Kalau kita suka dan kuasai topik tertentu, pembaca juga senang membacanya karena kita menunjukkan tulisan yang sesuai minat kita."

2. Kamu Ingin Dikenal Sebagai Apa 

Niche blog dan tampilannya menunjukkan seperti apa blog kamu. Niche blog juga menurutku berhubungan juga dengan personal branding. Kamu ingin dikenal sebagai apa di blog kamu.

Untuk itu, pilih niche blog yang sesuai dengan dirimu. Jangan memaksakan ingin niche blog yang menghasilkan uang, tapi kamu ngerasa bukan kamu banget.

3. Buat 10 Tema Tulisan

Buat masing-masing subtema sesuai macam-macam niche blog yang udah aku tulis diatas. Kalau ternyata kamu merasa tidak cocok dan tidak bisa menguraikan menjadi tulisan, berarti niche tersebut bukan yang kamu sukai dan minat. 

4. Tanya pada Teman

Seringkali kita nggak bisa menilai diri sendiri ya, hehe. Kamu bisa tanya temanmu apa yang paling menonjol dalam dirimu. Kamu bisa juga meminta masukkan pada teman atau orang terdekat tulisan mana yang mereka sukai.

5. Memilih Niche yang Menguntungkan

Semua niche blog bagus, tapi jika kamu menulis di blog untuk mendapatkan keuntungan, memilih niche yang banyak dicari orang bisa lebih menjanjikan. Lakukan riset untuk mencari kata kunci tersebut. 

Kesimpulan

Niche blog adalah sebuah topik dalam tulisan di blog atau website. Niche blog penting untuk menentukan arah tulisan kita, tapi bukan suatu keharusan. 

Menulis sesuai minat, hal yang kita sukai dan kuasailah yang paling penting. Ada macam-macam niche blog yang bisa kita pilih sebagai niche blog kita. Mau lifestyle blog atau khusus, keduanya memiliki pembacanya masing-masing.

Semoga cara menentukan niche di atas bermanfaat ya. Gimana nih, apakah kamu tertarik untuk menentukan niche blog? Atau pengen lifestyle saja seperti aku? 
Alfida Husna
Menulis mampu membuatku meluapkan berbagai macam perasaan. Sarjana Hukum yang senang baca buku, nonton Drama Korea dan minum kopi. Dapat dihubungi melalui email alfidahusna@gmail.com

Related Posts

16 komentar

  1. Punya saya masih gado2 ... Pengennya nulis parenting dan kesehatan, tapi ujung-ujungnya jadi gado2 :(

    BalasHapus
  2. Memang penting memilih niche yang spesifik tapi punya saya masih gado2 hahaha...galau mau milih satu aja

    BalasHapus
  3. Dulu awal-awal ngeblog ceritanya mau nulis tenang pendidikan saja, eh lama-lama kelamaan jari nih gatel juga pengen nulis macam-macam, jadilah gado-gado tulisannya dengan berbagai niche di dalamnya.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh pak Yoo mah kan udah banyak juga blognya ada yg Niche khusus juga huhu.

      Hapus
  4. Maklum deh kalao saya masih Blogger nugas, mbak, jadi gado2 pun kalah banyak campurannya sama blog sayah.hehe. But next insyaallahu semoga bisa punya blog dengan niche yang spesifik. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha sama mbak nugas terus 😂 aamiin semoga punya blog yg spesifik juga.

      Hapus
  5. Wah.. Kayaknya gado2 emang lebih aman yaaa.. Enak pula. Eh? Tp beneran, buat pemula sih nulis2 aja dl.

    BalasHapus
  6. Ada lagi, niche fashion. Menurutku fashion dan beauty itu nggak bisa digabung sih, bisa dipecah masing-masing. Kalo ngomongin blog gado-gado, aku angkat tangan paling tinggi. Buat yang nulisnya masih mood-mood an kayak aku gini, udah paling aman yang gado-gado aja wkwk..

    Aku setuju mbak, niche blog itu penting tapi tidak menjadi keharusan. Udah dua tahun lebih jadi blogger, sampe sekarang aku masih bingung niche blog ku apa. Lifestyle gitu aja deh ya, cari aman, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoo iya fashion. Boleh juga tuh.

      Hahaha cari aman aja ya mbak Al, tos duluuuu 🖐️

      Hapus
  7. Duhhh jadi kangen sama niche blogku zaman dulu khusus review dan kawan2nya, sebelum berubah ke lifestyle heheheh
    Godaan untuk jadi lifestyle sungguh beraaaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh mbak Pida malah memulai dengan niche khusus yaa, jadi tergoda lifestyle hihi.

      Hapus
  8. Sebagai emak-emak blog parenting adalah pilihan tepat wkwkw..tapi makin lama aku lebih banyak bahas bisnis daripada parenting. Jadi yaa gitu deh, gado-gado rujak lagi dah blog aku haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaudah bikin lagi mbak blog khusus bisnis dan khusus parenting hahah.

      Hapus

Posting Komentar