cerita mbun

Dampak Silent Treatment dari Film Noktah Merah Perkawinan. Bahaya Banget!

Film Noktah Merah Perkawinan

Noktah Merah Perkawinan merupakan remake film tahun 1996 dengan judul yang sama. Film ini diperankan oleh Marsya Timothy sebagai Ambar, Oka Antara sebagai Gilang dan Sheila Dara sebagai Yuli. Film ini tayang pada tahun 2022, tapi masih relate dengan kehidupan nyata saat ini.

Film Noktah Merah Perkawinan menceritakan pasangan yang sedang dilanda masalah tapi salah satu tidak ingin menyelesaikannya malah bersikap acuh seperti tidak terjadi apa-apa. Gilang selalu kabur jika diajak diskusi oleh Ambar. Gilang selalu memperlihatkan rumah tangga yang baik-baik saja. Padahal rumah tangga mereka yang dibangun belasan tahun sedang tidak baik-baik saja.

Kehadiran Yuli yang diam-diam menyukai Gilang jadi menambah keruh keluarga mereka. Tapi, film ini lebih banyak menceritakan tentang penyelesaian masalah rumah tangga dan cara pasangan suami istri menghadapinya. Yuli juga gak ada niatan untuk merebut suami orang. Hanya perasaannya saja yang menyukai laki-laki lain.

Padahal terlhat permasalahannya yang umum terjadi di pasangan suami istri, namun karena Gilang yang silent treatment, efeknya ternyata sangat bahaya dan hubungan menjadi semakin runyam.

Apa itu Silent Treatment?

Dilansir dari Hello Sehat, Silent Treatment adalah sikap seseorang yang diam jika dihadapkan pada sebuah konflik. Silent treatment bisa terjadi bukan hanya kepada pasangan, tapi kepada teman, kerabat, keluarga bahkan rekan kerja.

Meskipun gak selalu yang diam itu sedang silent treatment. Ada juga diam karena mengambil jeda untuk berpikir dan mengambil keputusan. Bedanya kalau silent treatment dia akan melakukan penolakan jika diajak bersama. Kalau hanya diam, dia akan cukup responsif untuk menjawab pertanyaan pasangan.

Orang yang silent treatmen menganggap bahwa masalah akan hilang dengan seiringya waktu. Padahal masalah tidak bisa dihindari harus segera diselesaikan agar tidak berlarut karena efeknya bisa jadi bom yang sewaktu-waktu bisa meledak kapan saja. Masalah harus dikomunikasikan apapun bentuk komunikasinya.

Seperti Ambar yang merasa capek sama semuanya yang juga tidak mencapai titik temu. Sedangkan Gilang jadi bingung dengan apa yang harus dilakukan. Akhirnya keduanya bertindak sesuai apa yang mereka pikirkan. Menerka-nerka pikiran pasnagan. Bukan malah menyelesaikan, tapi malah tidak ada ruang bagi mereka untuk berbicara.

Dampak Silent Treatment dalam Film Noktah Merah Perkawinan

Rusaknya kepercayaan
Sumber: parapuan.co

Banyak yang menganggap bentuk silent treatment dianggap tidak menyakiti pasangan karena tidak ada bentuk kekerasan verbal yang terjadi. Namun, silent treatment juga tidak kalah bahayanya dapat mengganggu kesehatan mental seseorang.

1. Rusaknya kepercayaan

Perilaku silent treatment membuat seseorang tidak percaya lagi kepada pasangannya. Sehingga Ambar memutuskan untuk menceritakan permasalahan rumah tangganya ke konselor pernikahan. Karena merasa tidak cukup mengajak diskusi suaminya yang tidak mau membahas masalah mereka.

2. Merasa Tidak Dicintai

Mendiamkan pasangan untuk menghukumnya agar pasangan jera dan meminta maaf bukanlah cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah ya. Justru malah semakin membuat pasangan merasa tidak dicintai dan insecure

3. Bisa Menghancurkan Hubungan

Mendiamkan terus pasangan dalam waktu yang lama dampaknya bisa terus berkelanjutan dan bisa menghancurkan rumah tangga. Alih-alih menyelesaikan, malah saling berburuk sangka satu sama lain. Padahal komposisi cinta mesti dipupuk agar hubungan semakin langgeng.

4. Menambah Masalah Baru

Bukannya selesai, perilaku silent treatment bisa membuat masalah baru bagi hubungan rumah tangga. Dalam film Noktah Merah Perkawinan, Ambar dan Gilang puncaknya bertengkar hebat hingga membuat Gilang merasa nyaman cerita masalahnya ke orang lain. 

Disitulah yang menyebabkan Ambar salah sangka kepada Yuli yang menyebabkan Ambar merasa tak kuat lagi hingga mengajukan gugat cerai ke Pengadilan Agama. Nah, repot kan ya?

5. Masalah Tidak Akan Selesai

Kalau diem-dieman gimana mau menyelesaikan masalah? Masalah tidak akan selesai jika tidak dibicarakan. Jika salah satu pasangan mendiamkan justru berpotensi hubungan yang toxic.


Cara Mengatasi Perilaku Silent Treatment

Film Noktah Merah Perkawinan
Sumber: cultura.id

Menghadapi perilaku silent treatment ini memang bikin bingung ya. Harus dengan cara apa lagi agar pasangan mau diajak bicara? Kamu bisa coba cara berikut:

1. Ajak Diskusi

Coba ajak diskusi pasangan. Beri tawaran solusi atas masalah yang dihadapi. Seperti Ambar yang selalu mengajak Gilang untuk berbicara berdua.

2. Tegas pada Pasangan

Jujur pada pasangan atas perasaan tidak nyamannya kamu didiamkan oleh pasangan dan kamu harus tegas pada pasangan langkah apa yang akan diambil untuk kepentingan bersama.

3. Hadapi dengan Dewasa

Hilangkan ego untuk menyelesaikan masalah. Hadapi dengan kepala dingin jangan sampai menimbulkan masalah baru lagi.

4. Cari Tahu Permasalahannya

Dengan pasangan silent treatment kita jadi bisa punya kesempatan untuk mencari tahu sebenarnya apa sih yang terjadi? Apa yang membuat pasangan melakukan silent treatment?

5. Konsultasi ke Konselor Pernikahan

Jika semua cara telah dicoba, kamu bisa meminta bantuan pada ahlinya. Seperti yang dilakukan Ambar. Walau Gilang tetap gak mau, ya gapapa setidaknya kamu sudah mencoba.

Kesan Menonton Noktah Merah Perkawinan


Aku cukup emosional menonton film Noktah Merah Perkawinan. Saat adegan pertengkaran Ambar dan Gilang yang sukses mengandung bawang alias bikin nangis. 
"Aku tuh capek, Mas! Capek!" - Ambar
Chemistry antara Marsya Timothy dan Oka Antara bikin film ini hidup. Film ini mengajarkan kita kalau cinta dalam pernikahan itu memang harus dirawat. 

Sinematografinya juga bagus banget menghadirkan warna pastel disetiap cuplikan filmnya. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari Film Noktah Perkawinan.

Komunikasi dalam sebuah hubungan begitu penting untuk kelangsungan rumah tangga. Kalau udah menikah jangan cerita sama orang lain apalagi lawan jenis bisa menimbulkan perasaan nyaman. Lebih baik ceritakan ke psikolog atau konselor pernikahan.
"Kamu bukan satu-satunya orang yang menderita di rumah ini, aku juga menderita!" -Gilang
Ambar dan Gilang mengajarkan kita untuk saling mengerti pasangan satu sama lain. Mungkin Gilang tipikal yang butuh jeda untuk menyelesaikan masalah, kalau Ambar adalah orang yang harus segera diselesaikan masalah saat itu juga. Sehingga kebaikan Gilang jadi tak terlihat di mata Ambar. Sayang banget, harusnya tidak menjadi masalah yang pelik.

Penutup

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari Film Noktah Merah Perkawinan. Kamu bisa belajar dari pernikahannya Ambar dan Gilang. Serta posisinya Yuli. Pernikahan menjadikan kita dewasa dengan berjalannya waktu. Saling mengerti satu sama lain menjadi kuncinya. 

Udah ada yang nonton belum nih Film Noktah Merah Perkawinan? Kalau belum, yuk segera ditonton! 


Related Posts

Posting Komentar