cerita mbun

Kolaborasi #SuamiIstriMasak di Dapur, Menambah Kehangatan Keluarga

Posting Komentar
Menambah kehangatan keluarga

Ketika belum menikah, aku sama sekali tidak pernah masak. Aku hanya bisa masak mie rebus saja yang praktis untuk diriku sendiri. Dikosan pun ketika teman-temanku masak di hari libur kuliah, aku hanya melihat saja tapi tetap turut serta makan bersama, hehe.

Karena udah ada mama yang masak, jadi aku tak perlu repot lagi untuk masak. Harusnya aku manfaatkan momen itu ya agar ketika sudah menikah aku jadi terbiasa masak. Apalagi masakan mama dan nenek itu enak banget, tapi tidak diwariskan ke aku ternyata, wkwkwk.

Aku justru belajar masak dari mertua. Setelah nikah aku tinggal bersama mertua sebulan dan tiap hari masak dengan beliau. Setelah mertua tidak dirumah lagi, aku kewalahan harus masak apa. Meski ada google yang bisa aku tanyai, tetap saja aku selalu menghubungi mamaku dan mama mertua untuk sekedar meminta resep masakan.

Pertama masak selalu lupa apa saja langkah-langkahnya dan pasti lama banget masaknya. Gak ada yang tidak bisa, semua bisa karena terbiasa. Benar saja, sekarang caraku masak jauh lebih baik dari sebelumnya.

Selalu ada perkembangan dalam masakanku. Apalagi kalau masaknya dibantu sama suami jadi cepat selesai. Kolaborasi #SuamiIstriMasak di dapur, menambah kehangatan keluarga.

#SuamiIstriMasak di Dapur. Berani Coba?


Sumur, dapur, kasur begitu melekat pada perempuan. Perempuan selalu dianggap harus bisa melakukan semua pekerjaan rumah. Termasuk masak. Tapi, laki-laki tidak pernah ditanya bisa beresin rumah dan masak gak?

Pernah denger gak katanya bukan perempuan kalau gak bisa masak? Lah terus apa dong? Wkwkwk. Bukan hanya dogma tapi pilihan perempuan juga selalu menjadi kontroversi.

Aku beruntung punya orang tua, mertua dan suami yang tidak berpandangan demikian. Aku lebih bersyukur lagi punya suami yang mau masak dan handle semua pekerjaan rumah disela-sela kesibukannya.

Masaj jadi lebih ekspresif dan lancar 

Jadi aku gak pernah khawatir kalau aku sakit rumah berantakan apalagi sampai tidak ada makanan. Selalu ada suami mengurus pekerjaan rumah termasuk memasak. Aku sering memujinya karena beneran emang masakannya enak.

Pertama kali aku dimasakin suami ketika aku masih bekerja di kantor Notaris. Saat itu aku harus kerja lembur bakai kuda, pulang-pulang udah ada makanan di meja dan langsung disuruh makan. Wah, ternyata suamiku bisa masak dan masakannya enak.

Lalu aku jadi malu sendiri kan, kenapa aku tidak bisa membuat masakan seenak itu. Akhirnya aku juga lebih semangat lagi untuk bereksperimen di dapur.

Setelah resign, aku lebih ekspresif lagi dalam memasak. Untungnya ada kecap ABC yang membuat masakan lebih kaya rasa, aku tidak perlu khawatir lagi masakanku hasilnya tidak enak.

Aku selalu sedia kecap dan sambal untuk teman makan di rumah. Ditambah kerupuk juga karena suami senang makan kalau ada kerupuk. 

Aku juga suka masak nasi goreng untuk sarapan pagi, jadi kecap harus selalu ada. Menu apa aja asal ada kecap ABC urusan masak memasak jadi lancar. Tapi, kali ini aku dan suami berkolaborasi untuk membuat masakan yang baru bagi kami. Resep Ayam Goreng Mentega paling mudah yang kini jadi menu andalan kami.

Kebahagiaan #SuamiIstriMasak Dengan Resep Sayap Ayam Goreng Mentega Paling Mudah


Saat aku hamil mabok parah pun, suami yang memasakkan untukku ketika dia pulang kerja. Begitu juga ketika aku sudah melahirkan Aqlan dan tidak bisa memasak, suami yang memasakkan untukku.

Aku sering dimasakin oleh suami tapi kok kita gak pernah masak bareng ya? Akhirnya aku ajak aja suamiku untuk masak bareng. Aku pikirseru juga untuk masak bareng. Pasti selesainya cepat.

Biasanya aku masak ayam kalau gak disemur, di goreng atau dipepes saja. Kali ini aku mau coba buat masakan yang baru aku coba yaitu Sayap Ayam Goreng Mentega dengan menggunakan bagian sayapnya. Sebenarnya udah lama aku pengen coba resep ini, tapi belum juga dieksekusi.

Resep suami istri masak di dapur 

Pas banget ada kesempatan kampanye #SuamiIstriMasak aku juga mau men-challange diriku dengan mengajak suami untuk masak dan makan bersama. Iya dong, habis dimasak baru dimakan, hehe.

Aku mengikuti resep Chef Devina di Youtobe tapi, aku sesuaikan dengan stok yang ada di rumah. Jadi, ada beberapa bahan yang aku skip tapi rasanya tetap enak karena aku pakai kecap ABC sebagai kunci masakan lebih kaya rasa. 

Menu baru dengan sesuatu yang kita juga coba bersama, kenapa tidak? Konsep dasarnya mirip dengan ayam kecap pada umumnya, yang membedakan ada pada mentega dan kecap ABC yang membuatnya menjadi istimewa. Ini dia resepnya, kalian juga bisa coba di rumah bersama pasangan kalian.

Bahan:

  • ½ kg sayap ayam
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 buah cabai hijau
  • Kecap ABC
  • Saos tiram
  • Mentega
  • Bumbu (garam, lada bubuk, kaldu ayam)
Cara Memasak:
  • Terlebih dahulu buat marinasinya agar bumbu meresap. Marinasi selama 30 menit di suhu ruang. Marinasi ayam dengan jeruk nipis, saos tiram dan garam.
  • Goreng ayam hingga matang, angkat dan tiriskan.
  • Panaskan minyak lalu tumis bawang putih yang sudah diiris, masukkan mentega lalu bawang bombay, tumis hingga harum.
  • Masukkan ayam yang sudah dimarinasi. Masukkan bumbu-bumbu seperti kecap ABC, saos tiram, garam, kaldu, lada bubuk, lalu masukkan ayamnya.
  • Aduk ayam hingga bumbu merata dan tambahkan air secukupnya.
  • Diamkan hingga air menyerap ke dalam ayam. Angkat dan hidangkan.
Gimana? Gampangkan cara buatnya? Yuk ikuti juga resepnya. Gak usah khawatir gak enak, ada kecap ABC yang membuat masakan lebih kaya rasa dan banyak manfaatnya. 

Manfaat #SuamiIstriMasak di Dapur Bersama Kecap ABC


Selesai masak, kami langsung makan bersama. Aqlan suka banget sayap ayam goreng mentega ini. Bisa dicoba untuk anak yang susah makan.

Dengan hadirnya anak, aku dan suami punya kesibukan baru, yaitu mendidik anak. fokus sama peran baru membuat kita kadang lupa kalau kebersamaan dengan pasangan itu perlu dijaga dan dirawat agar tidak mudah jenuh dan bosan.

Banyak manfaatnya suami dan istri masak di dapur

Untuk itu kampanye #SuamiIstriMasak ini sangat berdampak bagi keharmonisan aku dan suami. Kita jadi lebih mengenal satu sama lain bahkan kita menemukan hal-hal baru ketika memasak. Berikut manfaat suami dan istri masak di dapur.

1. Menambah Kehangatan


Kesibukan suami dan istri kadang menyebabkan berkurangnya komunikasi. Dengan meluangkan waktu untuk memasak bersama, komunikasi dapat terjalin. Hubungan menjadi semakin hangat.

Tidak mungkin kan diam-diaman selama masak? Pasti akan ada kata yang selalu mencairkan suasana. Dan itu penting sekali untuk suami dan istri punya waktu mengobrol bersama.

2. Menghilangkan Stress


Pekerjaan suami yang banyak dan urusan domestik yang tak kunjung selesai, kerap kali menimbulkan stress. Alhasil sikap kita ke pasangan jadi cemberut terus, mau senyum susah, hehe.

Dengan memasak bersama, meskipun cape akan terasa happy karena dilakukan dengan pasangan. Apalagi kalau masak bersamanya saat weekend, jadi siap menyambut hari senin bukan?

3. Quality Time Bersama Pasangan


Biasanya kalau di rumah hanya sibuk dengan gadget masing-masing, tapi dengan masak di rumah sejenak melepas gadget dengan fokus pada tatapan pasangan, ceileeeehhh...

4. Berbagi Tannggung Jawab


Seru banget masak sama suami, aku bisa diandalkan begitu juga dengan dia. Berbagi tugas satu sama lain untuk menciptakan masakan yang lezat.

5. Mendukung Kesetaraan Gender

Dengan turut serta suami memasak di dapur, sudah menepis persepsi tentang pemikiran kalau memasak hanya dilakukan oleh perempuan. Memasak bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang gender.

Laki-laki juga punya peran penting di dapur. Kalau perempuan saja bisa kerja dikantor dan pulangnya langsung masak, kenapa lelaki tidak bisa? 

Rangkaian Kegiatan #SuamiIstriMasak di Dapur


Rangkaian kampanye #SuamiIstriMasak sudah dilakukan sejak 2018. Sudah lama sekali, yang menandakan bahwa kecap ABC mendukung kesetaraan gender bahwa masak bukan hanya dilakukan oleh kaum perempuan.

Masak juga bisa dilakukan oleh laki-laki dan itu tidak memperlihatkan laki-laki menjadi rendah dimata perempuan. Malah justru terlihat cool dan keren banget. Tugas masak jadi ringan dan cepat selesai kaena ada suami yang membantu.

Istri kalau udah dibantu sama suaminya langsung punya sumber energi baru sehingga jadi lebih bisa melakukan banyak hal. Sekarang juga sudah banyak laki-laki yang belajar masak. Terlihat pada sebuah program televisi yang menampilkan kompetisi memasak, yang banyak juga diikuti oleh laki-laki. Termasuk jurinya pun laki-laki.

Kembali melanjutkan kampanye pada tahun 2019, kecap ABC mengusung “Suami Sejati Masak”. Kecap ABC ingin mengajak para suami untuk mengapresiasi para istri dengan membantunya memasak di dapur. Inisiasi kampanye dilakukan selama Hari Kesetaraan Perempuan. Sebagai bukti bahwa kesetaraan gender justru bisa dimulai dari hal yang terlihat kecil yaitu di dapur.

Komitmen kecap ABC diperkuat dengan kembali mengkampanyekan tentang kesetaraan gender pada tahun 2020. Terus berkontribusi bagi Indonesia dengan mengedukasi tentang kesetaraan gender.

Pemahaman tentang kesetaraan gender perlu ditanamkan sejak dini untuk merubah persepsi masyarakat kalau bahwa hanya perempuan saja yang boleh memasak. Lelaki juga perlu turut serta dalam pekerjaan rumah termasuk memasak.

Kali ini menggagas Koki Muda Sejati 2020 dengan berkolaborasi dengan platform edukasi untuk memberikan edukasi tentang kesetaraan gender dengan semangat kesetaraan gender yang harus dimulai dalam keluarga di rumah sejak dini.

Tahun 2021 kampanye kolaborasi pentingnya #SuamiIstriMasak di dapur semakin ditingkatkan dengan didukung oleh pasangan Selebriti Titi Kamal dan Christian Sugiono. 
Saya suka melihat Titi sibuk di dapur dan terkadang terlihat lelah. Jadi saya suka ikut membantu Titi di dapur misalnya pada saat menyiapkan makanan untuk keluarga pada waktu weekend, cerita Tian.
Dan pada tahun ini mengkampanyekan #SuamiIstriMasak dengan menyajikan masakan yang bisa dihidangkan dan dimakan bersama untuk mendukung satu sama lain. Seperti dalam video ini. Kamu bisa menonton video keseruan suami dan istri masak di dapur.



Tulisan ini pun terinspirasi setelah menonton video #SuamiIstriMasak Kecap ABC. Sepertinya akan menjadi momen yang tak bisa dilupakan jika aku masak bareng suami. Langsung deh aku ajak aja.

Yuk kalian coba juga masak dengan pasangan seperti keseruan aku dan suami berkolaborasi memasak di dapur. Walau dapur jadi berantakan seperti kapal pecah, tapi hati kami semakin menyatu dan tak mudah goyah.



Sumber:
https://id.theasianparent.com/manfaat-memasak-bersama-pasangan




Related Posts

Posting Komentar