cerita mbun

Karakter yang Harus Dimiliki Pengacara dalam Extraordinary Attorney Woo

18 komentar

 

Karakter yang harus dimiliki pengacara

Drama Korea Extraordinary Attorney Woo tayangnya sudah lama, tapi keseruannya masih melekat sampai sekarang. Bayangkan aja saat nonton ini aku ikutan halu ngeliat ikan paus ada dimana-mana, wkwkwk.

Belum lagi soundnya yang renyah banget, enak didengar dan bikin semangat. Tokohnya yang memanjakan mata dan sukses memainkan peran masing-masing membuatku semakin kagum. Memerankan sebuah tokoh yang mengalami sindrom spektrum autis sungguhlah tidak mudah.

Saat nonton pun aku berencana ingin mereview drakor ini sebagai rekam jejak drama apa saja yang sudah aku tonton dan pengingat kalau ada drakor yang sebagus ini. Sangat menghibur, lucu dan unik sih kalau menurutku. Tapi ternyata gak langsung dieksekusi, hehe.

Meski terlihat terlalu fiksi, seperti hal yang mustahil terjadi di dunia nyata seorang yang mempunyai sindrom bisa menjadi seorang pengacara. Namun, bukan berarti tidak mungkin. Justru kelebihan mereka adalah bisa melawan keterbatasan.

Banyak pesan moral yang ditunjukkan dari drama ini. Sehingga aku mempelajari bagaimana Woo Young Woo menjadi pengacara yang hebat ditengah keterbatasan yang ia miliki. Simak sinopsisnya dulu yaa.

Sinopsis Drama Extraordinary Attorney Woo

Extraordinary Attorney Woo ini menceritakan Woo Young Woo yang diperankan oleh Park Eun Bin yang menjadi seorang pengacara pemula di Firma Hukum terkenal Hanbada. Dengan sindrom spektrum autis yang dimilikinya, ia berhasil menjadi pengacara yang cerdas dengan segala keterbatasan sosialnya.

Sindrom Spektrum Autis adalah gangguan pada perkembangan otak dan saraf yang dimulai dari masa kanak-kanak hingga sepanjang hidupnya. Gangguan berinteraksi sosial inilah yang membuatnya punya "dunianya sendiri". Maka tidak heran kalau Woo Young Woo terus mengulang kata dan suka sekali dengan paus.

Paus di persidangan

Dia cerdas dan mempunyai daya ingat yang tinggi. Sehingga ia berhasil lulus kuliah hukum di Universitas Seoul, Universitas terbaik dan bergengsi dengan nilai tertinggi.

Berbeda dengan drakor bertema hukum lainnya yang terlihat menggebu dengan menampilkan suasana sidang yang memukau, Extraordinary Attorney Woo terlihat banyak menyampaikan pesan moral disetiap episodenya melaui kasus-kasus yang ditangani Woo Young Woo dan tim Hanbada.

Drama ini juga menunjukkan bagaimana perilaku orang-orang yang tidak memperlakukan orang dengan sindrom spektrum autis dengan baik. Padahal setiap sindrom itu tidak sama dan penanganannya pun berbeda.

Saat kecil Ayahnya khawatir kalau Woo Young Woo tidak bisa bicara. Tapi, saat ada adegan yang tidak menyenangkan dari pemilik rumah tempat ia tinggal, dia tiba-tiba bisa bicara dengan menyebutkan berbagai macam pasal.

Woo Young Woo sanggup membaca dan menghafal pasal-pasal dalam kitab pidana. Keren banget yaa, aku aja yang kuliah 4 tahun pusing banget belajar hukum. Ini dari kecil Woo Young Woo udah hafal pasal-pasal, keren!

Woo Young woo sudah menyukai hukum sejak kecil. Meski sempat diragukan oleh atasan dan rekannya, tapi Woo Young Woo mampu membuktikan kemampuannya.

Woo Young Woo juga dihadapkan pada kisah cinta pertamanya yang rumit. Siapakah dia?Penasaran kasus apa saja yang ada dan bagaimana Woo Young Woo memecahkan kasus klien dan kasus cinta pertamanya? Jangan lupa nonton yaa! Pemain dramanya keren-keren. 

Pemain Drama Extraordinary Attorney Woo 

Karakter Extraordinary Attorney Woo

Park Eun Bin as Woo Young Woo

Kang Tae Oh as Lee Joon Ho

Kang Ki Young as Jung Myung Seok

Jeon Bae Soo as Woo Gwang Ho

Baek Ji Won as Han Seon Young

Jin Kyung as Tae Soo Mi

Profil Drama Extraordinary Attorney Woo 

Direktur: Yoo In Shik

Penulis: Moon Ji Woon

Genre: Law, Life, Drama

Episode: 16

Tayang: 29 Juni 2022-18 Agusus 2022

Jaringan: Netflix

Karakter yang Harus Dimiliki Pengacara dalam Extraordinary Attorney Woo. Pengacara Wajib Tahu!

Menjadi advokat adalah dambaan bagi sebagian mahasiswa hukum setelah lulus nanti. Tak terkecuali Woo Young Woo yang juga ingin menjadi pengacara yang hebat.

Woo Young Woo sidang pertama kalinya

Di Indonesia sendiri untuk menjadi pengacara yaitu berusia sekurang-kurangnya 25 tahun, berijazah sarjana hukum, lulus ujian yang diadakan Organisasi Advokat dan magang terus menerus di kantor Advokat sekurang-kurangnya 2 tahun. 

Woo Young Woo memiliki karakter pengacara yang hebat. Dia tetap profesional dengan kemampuan yang ia miliki. Berikut karakter pengacara yang harus dimiliki dalam Drama Extraordinary Attorney Woo.

1. Percaya Diri

Saat pertama sidang, Woo Young Woo terlihat gugup. Tapi, ia tetap percaya diri untuk membela kliennya. Dengan tampil percaya diri, ia dapat menepis segala kegelisahannya.

Seorang pengacara harus selalu percaya diri. Percaya pada kemampuan diri untuk terus mengungkap bukti-bukti di persidangan.

2. Berani

Sikap Woo Young Woo yang berani membuat kliennya tidak bisa berbuat curang. Meski selalu dianggap kaku dan tidak fleksibel, tapi Woo Young Woo taat aturan. Itulah sebabnya ia disegani oleh kliennya.

“Karena tidak ada yang lebih lemah daripada pikiran manusia, terutama soal uang” –Woo Young Woo

3. Jujur

Advokat harus punya karakter jujur, sehingga ia bisa menegakkan keadilan tanpa tergoda oleh uang atau apapun. Bukan hanya jujur di persidangan, tapi juga jujur dalam tim.

4. Sabar

Tidak mudah menjadi pengacara karena harus sabar dalam menangani klien dan kasusnya. Bolak balik ke tempat klien, ke persidangan, dan kantor merupakan rutinitas yang membuat lelah.

Tapi, memang bukan Woo Young Woo namanya kalau gak lincah saat menemukan ide ketika sedang memecahkan kasus, hehe. Idealisnya sangat tinggi dan tidak mudah menyerah menemukan kebenaran. 

5. Mampu Menganalisis

Pengacara harus mampu menganalisis kasus klien dengan tepat. Sehingga bisa melihat kebenaran pada kasus yang sedang ditangani.

Luar biasa sekali ketika melihat cara kerja Woo Young Woo dalam menangani kasus. Dia sangat mudah diandalkan dalam mengingat dan menganalisis. Ketika orang lain berfikir hal yang sama, dia selalu punya sudut pandang yang berbeda. Itulah kelebihannya mempunyai otak yang cerdas.

6. Mampu Bekerja Tim

Ini salah satu kekurangan Woo Young Woo karena tidak bisa berinteraksi sosial dengan salah satu rekannya. Mungkin ini karena pengaruh sindromnya juga ya.

Advokat tidak bisa bekerja sendiri, ada tim yang saling mendukung satu sama lain. Untuk itu, kita harus bisa menempatkan diri sesuai porsinya. 

Demikian 6 karakter yang harus dimiliki Pengacara berdasarkan drama Extraordinary Attorney Woo. Semoga cocok untuk kamu yang ingin jadi Advokat ya!

Kesimpulan

Drama ini sangat menghibur, aku sampai ketawa terus melihat tingkah lucunya Woo Young Woo. Cocok untuk yang ingin menonton  drama yang ringan namun berkualitas.

Woo Young Woo mampu membuat orang-orang disekitarnya selalu tersenyum. Walau ada beberapa yang tidak menerimanya dengan baik. 

Kabarnya akan ada rilis Woo Young Woo yang kedua tahun 2024. Wah gak sabaaaaaar!

 

 

 

 

 

Related Posts

18 komentar

  1. Setuju, drakornya emang keren. Kasus² yang ditampilin dalam drama bukan ngangkat soal kasusnya aja. Tapi juga ada pesan istilah kata kayak matematika. Prosesnya dikasih liat juga.

    BalasHapus
  2. Emang menarik bgt drakor ini. Ceritanya unik dan menghibur bgt. Banyak pesan yg disampaikan juga di tiap episode nya. Sukaa😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak toss yaaak samaan suka drakor ini 😍

      Hapus
  3. Aku penasaran sama kisah cinta pertamanya malahan. Eh nggak dibahas sih mbak. Suruh nonton, spill banyak donk ekwk

    BalasHapus
  4. Aku tuh penasaran gimana awalnya orang2 bisa pada kuat drakoran. 😂 aku kok nggak kuat ya nontonin berepisode2 gt. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicicil mbak wkwk kalau ceritanya seru kuat aja sih hehe

      Hapus
  5. Sebenarnya kalau dibilang terlalu fiksi karena mustahil orang dengan sindrom autis menjadi pengacara, nggak juga Mbak. Karena dengan didikan yang benar, banyak penyintas sindrom menjadi orang hebat. Contohnya Bill Gates.
    CMIIW 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bun, makanya aku bilang juga buka hal yang tidak mungkin.

      Hapus
  6. sependek yang saya tahu, penderita autis tetap dapat tumbuh optimal dengan mengoptimalkan bimbingan dan pendidikan yang diperolehnya, sehingga bisa mandiri
    menarik ya dramanya, jadi ingin lihat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak betul bisa dilatih terus. Yuk mbak, nonton.

      Hapus
  7. Menarik sekali dramanya. Bikin sudut pandang baru terkait autism. Pas lagi happening pengen nonton tapi belum kesampaian sampe sekarang huhuhu...

    BalasHapus
  8. Aku sebetulnya sukanya yang bikin senyum senyum alias drama romantic comedy (meski kata orang membosankan) wkwk. Tapi ini menarik sih, pernah lihat cuplikannya cuma belum sempet nonton :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga ada romantic dan lucunya kok mbak. Yuk tonton aja mbak, seru dan nggak membosankan.

      Hapus
  9. Riset tentang peran advokat nya keren nihh...kalau melihat drakor..aktingnya bagus2 ya...berasa real life nya memang seperti tokoh yang diperangkan

    BalasHapus

Posting Komentar