cerita mbun

Cara Mendaftar Google News dan Manfaatnya, Yuk Daftar!

Posting Komentar
                                    Yuk Daftar google news

Ternyata gak cuma media besar saja yang bisa mendaftar lewat Google News. Kita juga sebagai blogger bisa membuat akun di Google News. Fungsinya tentu saja sebagai bentuk ikhtiar agar tulisan kita bisa mudah ditemukan di mesin pencari. Jika tulisan berita kita bagus dan layak untuk dipublikasikan, kenapa tidak untuk mencoba mendaftar di Google News.

Memasang Google Analytics dan Google Seacrh Console saja masih belum cukup agar tulisan kita mudah ditemukan di mesin pencari. Kita juga bisa mendaftar Google News untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Siapa tau pembaca menemukan tulisan kita di Google News. Secara tidak langsung kita sudah dapat pengunjung organik.

Apa Itu Google News?

Layanan berita google news



Dilansir dari halaman wikipedia, Google News merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa berita yang sesuai dengan kata kunci.

Layanan ini bisa dinikmati secara gratis loh. Jadi, kita bisa memaksimalkan Google Berita ini untuk mengoptimalkan SEO. Sehingga Blog kita menjadi mudah diindeks oleh Google.

Manfaat Mendaftar Google News




Tentu saja banyak yang bisa kita optimalkan dari Google News. Manfaatnya banyak sekali untuk blog kita. Yuk, simak manfaatnya.

  • Mudah Ditemukan Oleh Mesin Pencari


Mendaftar Google News berpeluang artikel kita bisa ditemukan disini. Ini salah satu cara kita mengoptimalkan SEO. Siapa tahu artikel kita relevan dengan yang pengunjung cari di Google News.

Mendaftarkan blog kita ke Google News juga bisa lebih mudah diindeks oleh Google. Karena setiap artikel yang bisa tayang di Google News otomatis akan mendapatkan indeks dari Google tanpa harus Inspeksi URL di Google Search Console.

  • Bertambah Jumlah Pengunjung Organik


Semakin artikel kita ditemukan oleh pembaca, semakin banyak yang akan mengunjungi blog kita. Dan semakin banyak trafik organik yang berkunjung ke blog kita, semakin besar kesempatan untuk bisa terus muncul di Google News.

  • Menciptakan Branding Untuk Blog


Jika kita bisa menyajikan artikel yang berkualitas sesuai dengan yang dibutuhkan pengunjung, bukan tidak mungkin pengunjung akan tertarik dengan blog kita. Hal itu merupakan branding untuk blog kita, apalagi jika kita ahli dalam bidang tertentu. Hal ini berkaitan dengan niche yang kita tampilkan dalam blog kita.

  • Tidak Mengeluarkan Biaya Iklan


Dengan mendatangkan pengunjung organik tadi, otomatis kita tidak perlu lagi mengeluarkna biaya iklan agar pembaca mau mengunjungi blog kita. Lebih hemat kan? hehe

Cara Mendaftar Google News Untuk Blogspot


Cara mendaftar Gogle News mudah sekali, seperti kita membuat akun di media sosial. Apalagi jika mendaftar sekarang, itu sudah terverivikasi dengan Google Search Console. Jadi, kita tidak perlu menyalin kode ID Tracking dari Google Analytics lagi. 

Ini adalah cara mendaftarkan blog ke Google News versi terbaru 2022. Versi ini lebih simple menurutku, kita hanya isi informasi blog saja. Meski tidak jauh berbeda caranya, simak sampai akhir cara mendaftar Google News ya.

  • Sebelum kita membuat akun, sipakan terlebih dahulu logo berukuran 512x512 pixel dan logo berukuran 200x20 pixel. Dengan perbandingan rasio 10:1. Biar lebih efisien kamu bisa menggunakan pavicon blog dan header blog kamu. Jadi, tidak usah buat lagi selama ukurannya masih sama. 
  • Masuk ke Google News atau bisa ketikkan Publisher Center di mesin pencari. 
  • Pilih Tambah Publikasi. Isi semua kolomnya. Isi Nama Publikasi dengan nama blog, Properti Situs Utama dengan URL Blog kita. Lokasinya pilih Indonesia. Ceklis agar bisa klik tambah publikasi untuk langkah selanjutnya.
Setelan publikasi Google News

  •  Akan muncul halaman publikasi untuk melakukan publikasi Google News kita. Klik Google Berita. Akan muncul bagian kolom Informasi dasar dan Distribusi. Isi dengan sesuai kebutuhan. Kalau aku karena blognya lifestyle, jadi aku kategorikan dengan Gaya Hidup Wanita. Pada bagian distribusi, untuk Negaranya pilih semua negara dan Properti Google, izinkan semua properti. Klik berikutnya.
  • Tambahkan Rubrik. Pilih Feed, akan muncul halaman kolom untuk kita isi. Ketik dengan nama blog kita, URL blog dan pilih siapa saja untuk melihatnya.
  • Lalu untuk Grup Akses, masukkan nama dan alamat email, klik simpan.
  • Lalu berikutnya bagian Tinjau dan Publikasi. Cek bagian yang perlu di tinjau. Pada bagian itu kita perlu meninjau artikel yang akan muncul agar bisa dipublikasikan. Kalau belum muncul muat ulang (refresh) terus. Disinilah trial error-nya. Kalau teman-teman blogger yang lain hanya butuh waktu sekitar 5 menitan untuk merefresh, aku butuh 5 hari untuk dapat "approved" dari google. Cukup bikin galau kan? hehe.
Section google news

  • Ketika artikel sudah muncul semua, maka Publikasikan sudah bisa di klik. Pada tahap ini sudah selesai, kita hanya tinggal menunggu 2- 4 minggu karena blog sedang ditinjau oleh Google. 
Klik publikasi Google News

Peninjauan blog oleh google news
Setelah klik publikasi, akan muncul tampilan seperti ini

                                     
Tetap sabar dan tenang jika mengalami kendala seperti yang aku alami. Sepertinya ini terserah google saja kapan artikelnya bisa di publikasikan, hehe.

Cukup lama waktunya, tapi setidaknya bikin tenang dapat notifikasi seperti itu dari google. Jadi, tidak perlu khawatir lagi karena hanya tinggal menunggu. Mudah-mudahan pada tahap ini aku tidak usah menunggu lama seperti menunggu tinjauan artikel.

Status publisher center google news
Hasil akhir dari proses mendaftar Google News.
Blog sedang ditinjau oleh Google News.

Kesimpulan


Demikianlah Cara mendaftar Google News dan manfaatnya. Segera daftarkan blog kamu ke Google News jika kamu beum mendaftarkannya. Pokoknya, optimalkan semua cara untuk bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Sayang banget kalau sampai kamu belum daftar Google News padahal setiap artikel kita itu berpeluang untuk muncul di Google News.

Meski cara daftar Google News terlihat mudah, tetap kita harus teliti dan tenang ya. Itu kuncinya. Karena kalau aku amati, setiap blogger itu butuh waktu yang berbeda sampai tahapan itu selesai.

Aku sendiri setiap melakukan optimasi SEO selalu ada error. Sepertinya kurang afdol kalau tidak mengalami error, hehe. Seperti saran dari salah teman blogger Mbak Nie, ketika kita mencoba sesuatu pada blog dan "tidak work" lebih baik didiamkan saja. Kita bisa kembali mengecek esoknya.

Karena Google juga butuh menelusuri kebenaran dan data dari blog kita. Google juga butuh proses. Maka bersabarlah, nanti juga akan ketemu salahnya dimana. Selamat Mencoba ya!

Dari mendaftar Google News ini aku belajar bahwa "Jangan pernah meremehkan hal-hal yang terlihat mudah, tetap kita harus pelajari segala sesuatunya."




Related Posts

Posting Komentar