cerita mbun

10 SDIT Terbaik di Karawang, Favoritmu yang Mana?

8 komentar

                              10 SDIT terbaik di karawang



Semakin berkembang pesatnya pembangunan di Karawang, banyak gedung-gedung baru bermunculan. Mulai dari banyaknya hotel, rumah sakit, mall sampai sekolah terfasilitasi dengan lengkap. Yang tadinya SDIT dapat dihitung dengan jari, sekarang SDIT terbaik di Karawang sudah banyak pilihan.

Meski usia Aqlan masih 17 bulan, tapi aku udah mulai kepikiran untuk mencarikan sekolah untuk Aqlan. Bukan untuk gengsi-gengsian, tapi untuk menyiapkan dana pendidikannya, hehehe. Harapannya ketika nanti sudah saatnya, aku bisa kembali membuka tulisan ini untuk jadi bahan referensi.

Aku yang dari TK sampai kuliah mengenyam pendidikan di sekolah negeri, kali ini aku mau berbelok arah, hehe. Belajar dari suami yang sekolah swasta sangat berbeda polanya dengan yang negeri, aku jadi ingin mencarikan Aqlan sekolah swasta. Dengan dipadukan aku yang kuliah di kampus Islam.

Basic swasta dari suami dan Islam dariku, aku ingin menggabungkan keduanya. Meski akupun gak tau nanti kondisinya seperti apa, tapi perencanaan itu perlu ya. Agar kita juga semangat untuk menentukan tujuan.

Berikut SDIT Terbaik di Karawang hasil risetku dengan bertanya kepada teman yang mengajar disalah satu sekolah, pengalaman masyarakat sekitar dan melalui media sosial.

1. SDIT Lampu Iman Karawang


SDIT di Adiarsa Karawang
Sumber: sitlampuiman.sch.id


Dulu rumah masa kecilku terletak tidak jauh dari SDIT Lampu Iman. Makanya waktu kecil aku hanya tau Sekolah Dasar Islam itu hanya Lampu Iman. Karena memang belum banyak juga sekolahnya seperti sekarang.

Sekarang banyak orang tua yang terbuka akan pendidikan. Sehingga Sekolah Dasar Islam menjadi salah satu pilihan sekolah masa kini.

Dilansir dari websitenya, Lampu Iman adalah sebuah yayasan sosial, kemanusiaan dan keagamaan yang telah berkiprah lebih dari 35 tahun. Diawali dari mengelola panti asuhan dan membuka lembaga pendidikan setingkat MDA, Diniyyah Wushtha serta kursus-kursus non formal. Hingga selanjutnya pendidikan pondok pesantren yang awalnya diperuntukkan bagi anak-anak asuh yang berada di lingkungan panti.

Memasuki millenium 2000, fokus garapan pendidikan lebih diintensifkan pada pengembangan model pendidikan Sekolah Islam Terpadu (SIT) yang saat itu memang menjadi trend. Dengan visi sekolah menjadikan sekolah unggulan dalam membentuk generasi Taqwa, Cerdas, dan Berakhlaqul Karimah.

Gimana bunda ceria, tertarik untuk menyekolahkan anaknya disini yang udah lama banget berdiri? Kualitasnya sudah pasti tidak diragukan lagi ya.

2. SDIT AL-Azhar Karawang


SDIT Terkenal di Karawang
Sumber: alazharkarawang.sch.id

Berdiri dipusat kota yang strategis, Sekolah Dasar Islam Al-Azhar menjadi bahan perbincangan mama muda zaman now. Sekolah yang terkenal dengan pola pendidikan yang bagus, fasilitas yang lengkap juga biayanya yang terbilang mahal kini menjadi sorotan.

Sekolah Dasar Al-Azhar ini banyak cabangnya, salah satunya di Karawang. Bahkan ada kampusnya juga. Sekolah Islam Al Azhar Karawang memiliki berbagai macam fasilitas seperti ruang kelas full ac, lab kimia dan fisika, lab komputer, lapangan olahraga, taman bermain, aula, masjid, ruang kesenian dan perpustakaan. Worth it sama biayanya.


Sekolah Dasar Islam yang terbilang mewah ini berdiri diatas lahan seluas 1 ha di Galuh Mas Karawang. Dengan tenaga pendidik berpengalaman dan berdedikasi penuh terhadap pendidikan ahlak siswa/i, Sekolah Al Azhar Galuh Mas Karawang berkomitmen untuk mengantarkan anak didik menuju gerbang kemuliaan dengan ilmu yang bermanfaat serta ahlak yang mulia.

3. SDIT Al-Irsyad Karawang


SDIT Terbaik di Kertabumi Karawang
Sumber: alirsyad.sch.id



SDIT Al-Irsyad Karawang juga termasuk SDIT Terbaik di Karawang. Visinya ialah Menjadi Lembaga Dakwah Pendidikan Terdepan Dalam Akhlak & Prestasi Serta Menjadi Teladan Bagi Lembaga Lain.

Sekolah Al-Irsyad Karawang juga mampu bersaing dengan sekolah dasar islam lainnya. Dengan salah satu tujuannya yang mulia yaitu Membentuk santri yang beriman dan bertaqwa, cerdas, dan berakhlak mulia.

Sekolah Dasar Islam Al-Irsyad terletak di Belakang KPPN Kertabumi. Dengan visinya menjadi lembaga dakwah pendidikan terdepan dalam akhlak & prestasi serta menjadi teladan bagi lembaga lain. 

4. SDIT Al-Rasyid Islamic School Karawang



SDIT terbaik di Sampalan
Sumber: google.com


Tidak hanya dipusat Karawang, SDIT juga ada di salah satu daerah di Karawang. Terletak di Kecamatan Kutawaluya. Sekolah dasar islam ini terkenal baik di masyarakat dan berhasil mencetak generasi yang cerdas dan islami.

Sekolah islam yang jaraknya paling dekat dari rumah kami. Sepertinya ini juga bakal jadi pilihan untuk sekolah Aqlan nanti. SDIT Al-Rasyid Islamic School menyediakan akses internet yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah.
 

5. SDIT Buahati Islamic School Karawang


Sekolah dasar Islam di Lamaran Karawang
Sumber: google.com


SDIT Buahati Islamic School Karwang, merupakan sek6lah islam yang dirancang dengan pola pembelajaran yang islami dan modern. Pembelajaran berbasis Multiple Intelligence (kecerdasan jamak) menempatkan peserta didik sebagai subyek dan pelaku pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Paradigma SDIT Buahati adalah bahwa setiap anak adalah cerdas, tugas para pendidik adalah menemukan jenis kecerdasannya dan keunikannya dengan strategi yang sesuai. Terletak di Jalan Raya Lingkar Tanjung Pura yang sering aku lewati, merasa tertarik melihat lingkungan sekolahnya.

6. SDIT ABATA Islamic School


Islamic school Abata Karawang
Sumber: google.com

SDIT Abata Islamic School sekolah yg mengkolaborasikan muatan umum, keislaman dengan bingkai Alquran dan sunnah, setiap pembelajaran dibuat dalam project yang aplikatif dan menyenangkan, sehingga siswa mampu faham kegunaan dan penerapan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Spesialisasi guru setiap mata pelajaran dan dibuatnya pembelajaran yang hanya 15 siswa dalam 1 kelas, menjadikan pendidikan di SD Abata Islamic School menjadi pendidikan yang unggul dan berbeda dengan sekolah lain. Terletak di Telukjmbe Timu, tidak jauh dari pusat kota Karawang.  Gimana bunda ceria, tetarik tidak dengan program yang ditawarkan?

7. SDIT Sahabat Ilmu Karawang


SDIT Terbaik di Telukjambe Timur Karawang
Sumber: sahabatilmu.sch.id


Berdasarkan website Sahabat Ilmu, cikal berdirinya Sahabat Ilmu bermula pada tahun 2007 yaitu berupa home schooling dengan beberapa murid saja. Terletak di Wadas, Telukjambe Timur. 

Sekolah Islam Sahabat Ilmu Karawang adalah sekolah Islam yang memadukan kurikulum Diknas dengan muatan lokal pelajaran diniyah berupa menghapal Al-Qur’an, hadits, ilmu-ilmu syar’i, bahasa arab dan sebagainya. Sekolah ini berkeinginan membina generasi muslim yang lurus aqidahnya, berakhlaq mulia serta senantiasa meneladani jejak Rasullallahi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Menariknya disini ada ekstrakurikulernya ada panahan loh. Buat yang ingin belajar memanah, bisa banget sekolah disini. Aku aja penasaran gimana caranya memanah, karena sama sekali belum pernah mencoba, hehe.

Selain itu, ada juga futsal, badminton, pramuka, karate, kaligrafi dan english club. Untuk menunjang sistem belajar yang efektif, kelas ikhwan dan akhwat dipisah. Jadwalnya juga lumayan padat, untuk kelas 1 dan 2 masuk dari jam 07.00 pagi pulang hingga 12.30. Sedangkan kelas 3 dan 6 sampai 14.30.


8. SDIT Mentari Ilmu


SDIT Mentari Ilmu di Karaba dan Jatisari
Sumber: google.com


SDIT Mentari Ilmu merupakan sekolah yang menerapkan kompetensi sains dan teknologi serta menempatkan Alquran dan Sunnah sebagai dasar panduan yang paling tinggi dan sumber dari semua keahlian dan pengetahuan. Pendidikan bermutu, keterampilan dan keimanan yang kuat merupakan bekal bagi generasi mendatang dalam menghadapi perkembangan zaman dan persaingan global.

Dengan sloganya Mandiri-Islam-Unggul, sudah terbukti banyak mencetak alumni yang berprestasi. Salah satunya kesan dari Siti Masyitoh Diyandini yang sekarang adalah mahasiwa Matematika UI, “Di Mentari Ilmu, saya tidak hanya belajar akademik, tapi juga kemandirian, bermasyarakat dan cara agar bisa bermanfaat bagi banyak orang’’. Wah, keren ya Bun!

SDIT Mentari Ilmu di Karawang ada dua cabang. Di Jl. Perum Karaba Indah 1 dan Jl. Raya Jatisari Sukamaju.

9. SDIT Al-Mumtaaz Karawang


SDIT Terbaik di Purwadana Karawang
Sumber: sekolahislamalmumtaaz.sch.id


SDIT Al-Mumtaz menjunjung tinggi 2 pendidikan, yaitu pendidikan inklusif dan karakter. Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang ramah terhadap siswa dan tidak diskriminatif (tidak melihat perbedaan tingkat kecerdasan, ekonomi, dan sosial). Terletak di Kampung Bobojong, Purwadana, Telukjambe Timur.

Sedangkan Pendidikan karakter adalah usaha sadar dalam menanamkan nilai–nilai kebaikan sehingga terinternalisasi dalam diri peserta didik yang mendorong dan terwujud dalam sikap dan perilaku baik. Siswa yang berkebutuhan khusus juga dapat kesempatan belajar yang sama loh dengan kelas reguler. Benar-benar sama rata ya, Bun.

10. SDIT Al-Madinah Karawang


SDIT Terbaik di Kepuh Karawang
Sumber: google.com


Sekolah Dasar Islam yang baru dibangun di Karawang ini banyak memiliki program sekolah. Tapi yang membuat menarik adalah parenting-parent days, training motivasi anak dan home visit.

Biaya total keseluruhan untuk SDIT adalah Rp, 11.500.000. dengan rincian formulir (Rp. 300.000), Seragam (Rp. 1,250.000), Ops Pendidikan (Rp. 3.300.000), SPP (Rp. 650.000), Bangunan (Rp. 6.000.000). Terletak di  Kodim (Bundaran Kepuh), Nagasari Karawang. Gimana bunda ceria, udah hitung-hitungan belum? Hehe.


Penutup


Untuk ukuran aku, menyekolahkan anak di SDIT termasuk cukup mahal, mengingat sekolah di negeri yang gratis, hehe. Untuk tahun ini rata-rata dimulai dari 10 jutaan, wah gimaan tahunnya Aqlan ya? Bismillah aja..

Selain pertimbangan biaya, jarak juga menjadi salah satu faktor untuk memilih sekolah. Kalau jauh-jauh kasian juga anaknya akan cape di jalan. 

Masih banyak Sekolah Dasar Islam Karawang yang bagus dan terjangkau lain, tapi aku rangkum untuk yang paling banyak ratingnnya. Gimana udah ada pilihan ingin menyekolahkan anak disalah satu sekolah tersebut? Yuk, nabung dari sekarang!





Related Posts

8 komentar

  1. Kalo pembahasan tentang sekolah gini kadang aku malah bertanya-tanya sama cara pendidikan yang dilakukan di sana dan detail harganya. Kapan-kapan mungkin bisa bahas detail masing-masing sekolahan itu ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih idenya mba. Kalau anak udah sekolah lebih enak ya nulisnya.

      Hapus
  2. Gas nabung nih ortunya melihat harga-harga di atas 😂
    Ya Allah, semoga dimudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa Allah. Jadi semangat nabung, wkwk.

      Hapus
  3. Masyaallah tabarakallah, ternyata banyak pilihan SDIT di Karawang. Bangunannya pun megah dan bagus. Jadi bingung pilihnya :)

    BalasHapus
  4. Wah harganya lumayan juga ya mba. Melebihi biaya kuliahku btw. Apalagi nanti ya makin bertambah tahun.

    BalasHapus

Posting Komentar