cerita mbun

Cara Menjadi Blogger Pemula

 


Dilansir dari Wikipedia, Blog (dari kata web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Aku kenal blog tahun 2011 saat masih duduk di bangku SMK. Saat itu aku sama sekali gak tahu kalau blog bisa menghasilkan uang. Karena saat itu internet baru ada dan sedang trend-nya media sosial Facebook.

Aku tahu blog dari teman, sama seperti temanku kita menulis blog isinya hanya curhat yang panjang banget, kalau dirangkum mungkin sudah bisa jadi novel, wkwkwk.

Jarang banget nulis bisa satu tahun 1-3 kali aja. Dan sekarang mulai fokus lagi ngeblog dan masih banyak banget yang harus dipelajari.

Dari mengikuti komunitas blogger aku jadi tau apa aja yang harus dimiliki seorang blogger pemula.

1. Memilih Niche yang Dikuasai

Pilih niche atau topik yang kita kuasai. Dengan begitu kita akan mudah menulisnya. Jangan memaksakan mengikuti topik yang sedang digemari banyak orang, tapi kita gak paham. 

Kalau kita paham, nulis jadi enak, nyaman dan ngalir gitu aja. Risetnya pun jadi gak terlalu sulit bagi pemula. 

2. Membiasakan Menulis Artikel

Menulis itu memang gak bisa lepas dari membaca. Banyak membaca dan menulis artikel membuat kita terbiasa menulis di blog.

Menambah kosakata juga dalam menulis. Menulis yang sering, sambil berjalan, belajar bagaimana optimasi pada blog dan apa saja teknik-tekniknya.

3. Tampilan Blog Menarik

Buat tampilan blog kamu semenarik mungkin. Dengan begitu pembaca akan betah berlama-lama di blog kamu. 

Desain yang cepat juga memudahkan pembaca untuk mengklik setiap bagian pada blog. Kalau tampilannya berat, itu akan menghambat pembaca. 

Template blog juga bisa didapat dengan gratis dari penyedia blog atau yang berbayar. Sebelum mengganti template, pikirkan dulu mau membentuk karakter yang seperti apa, ingin pembaca mengenali kita seperti desain yang dilihat seperti apa.

Template juga bisa menunjukkan karakter pemilik blog atau niche suatu blog. Jangan sampai ganti-ganti yaa, kalau sering ganti nanti kamu akan kebingungan untuk merapikan kembali blog juga membingungkan pembaca. Karena setiap template memiliki fitur yang berbeda.

4. Buat Konten yang Berkualitas

Buat konten semenarik mungkin. Bisa riset melalui website yang terpercaya. Kamu juga bisa memperbarui konten-konten yang lama agar kembali menarik dan mudah dibaca.

5. Konsisten Menulis

Kamu bisa memanage waktu untuk menulis. Tentukan berapa kali artikel yang akan kamu posting. Lebih sering lebih bagus. 

Nulis blog itu kuncinya harus konsisten, kalau tidak konsisten semakin jauh dengan mesin pencari google.

6. Share ke Media Sosial

Agar banyak pembacanya, jangan lupa kita bisa share hasil postingan kita ke media sosial. Setiap aku posting artikel aku akan posting ke Instagram, Facebook dan story WhatsApp.

7. Mengikuti Komunitas Blogger

Agar belajar menjadi mudah, wajib banget ikut komunitas blogger. Dari sana kita bisa belajar optimasi SEO, sharing pengalaman dan saling berbagi informasi. 

Banyak banget komunitas blogger yang bisa diikuti. Baisnaya juga ada sharing session untuk belajar blog dengan tema-tema yang menarik. Ngeblog jadi semangat karena banyak temannya sesama pejuang ngeblog. 

8. Memilih Hosting yang Tepat

Sekarang sudah banyak pilihan ingin menggunakan hosting apa. Lalu kita tentukan juga ingin nama domain seperti apa. 

Sebelumnya pikirkan matang-matang agar tidak mudah ganti dan cocok untuk nama blogmu.

 9. Optimasi SEO

Setelah semua cara dilakukan, ini bagian penting agar tulisan kita mudah dicari google. Optimasi SEO ini tujuannya agar lebih banyak pengunjung ke blog kita dan orang mudah mencarinya di google.

Aku juga masih belajar kalau ini. Gak mudah, tapi jangan menyerah ya. 

10. Terus Belajar

Belajar menjadi blogger pemula susah-susah gampang. Terus belajar dan temukan hal-hal baru yang menarik dari blog. 

Dari blog ini aku bisa menambah pertemanan di Instagram. Bahkan sampai ada yang mengirimi buku. Semangat terus ya blogger!



#TemaKe-13

#14daysblogspediachallenge 

#CaraMenjadiBloggerPemula






Related Posts

Posting Komentar