cerita mbun

M E N J A G A


Pixabay.com


Seringkali kita berekspektasi bahwa sebuah hubungan akan berjalan dengan indah dan berakhir dengan bahagia. Meski tak pernah tahu kapan akhirnya. Berjalan bersama dengan orang yang dicintai seakan yakin semua akan baik-baik saja. Harapan yang diukir bersama mampu menepis semua keresahan. Saling menyayangi satu sama lain, membuat hari berlalu dengan manisnya. Tak peduli betapa sulitnya, asalkan dilakukan bersama seberat apapun akan terasa mudah.
Seringkali bahkan kita lupa kalau semua itu perlu dibangun dan dijaga. Menjaga dan mempertahankan itulah yang paling sulit. Karena menjaga bagi yang satu dengan yang lainnya berbeda. Bukan saatnya untuk kembali memilih, tak ada pilihan disini. Kedekatan dengan teman yang berbeda jenis, seringkali menimbulkan prasangka. Kita mengukurnya dengan cara yang berbeda. Tidak sedikit untuk terpikir bagaimana menjaga perasaan orang lain.
Seringkali kita juga tidak tahu dan tidak mengerti mengapa hal-hal seperti ini penting sekali. Meski disatu sisi sudah berusaha, acapkali masih dipandang sebelah mata oleh yang lain. Menjaga membuat kita terlindung dari hal-hal curiga dan kekhawatiran yang berlebih. Tak jarang juga dianggap berlebih karena seolah menyerupai pengekang dan tidak mentolerir kebebasan. Membuat sudut pandang yang berbeda memang terasa aneh, tapi percayalah jika kita memandang dari segi kebaikan akan terasa manfaatnya. Menjaga romantisme demi harmonisasi sebuah hubungan. Kenyamanan tanpa perlu khawatir.
Keterbukaan dengan semua orang bukan hanya dengan pasangan membuat menjaga semakin tak terarah. Lantas perlukah untuk dibatasi? Bagiku, tentu perlu dibatasi. Mengapa? Bukankan menjalin silaturahmi dengan yang lain itu baik dan bisa menambah jaringan pertemanan kita bahkan mungkin bisa menghasilkan rupiah sendiri? Selama tetap di jalan yang seharusnya, tentu tidak menjadi masalah. Tapi jika sudah di luar batas yang seharusnya, penting untuk dicatat. Kebaikan dan perhatian seseorang terkadang diartikan lain bagi seseorang.
Aku tak pernah percaya jika laki-laki dan wanita bisa bersahabat. Apa arti menjaga bagimu?


Related Posts

Posting Komentar