cerita mbun

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Marah

Posting Komentar
Jadikan marahmu bermanfaat!

Pixabay.com


Kamu pasti pernah merasa marah. Ketika ada orang lain yang mengganggu atau kamu kecewa pada seseorang sehingga menyebabkan emosimu menjadi tinggi. Semua orang bisa melakukan apa saja ketika marah. Disinilah pilihannya. Kamu ingin membiarkan marah yang menguasai dirimu atau kamu mau menjadikan marah sesuatu yang dapat kamu kendalikan untuk lebih bermanfaat. Memang tidak mudah, tapi kamu bisa mencobanya. Jangan sampai apa yang kamu lakukan ketika marah membuatmu menyesal apalagi sampai merugikan orang lain ya. Bahaya banget kan. Kamu bisa mencoba hal-hal berikut:

1. Lakukan Hobimu

Pixabay.com
    

Alihkan energi marah untuk melakukan hobi yang kamu suka. Sehingga kamu terhindar dari perbuatan melempar-lempar barang karena merasa kesal. Rugi banget kalau kamu sampai seperti itu. Bukannya kamu tenang, yang ada barang-barang dirumah kamu rusak setelah kamu lemparkan. Dan akhirnya ketika kamu sadar, kamu pun menyesal telah melakukannya. Dengan melakukan hobimu, pelan-pelan perasaan marah akan hilang dan kamu akan kembali tenang. Kamu bisa mencoba dengan menulis. Dengan menulis kamu bisa menuangkan emosimu melalui tulisan. Siapa tahu tulisanmu bisa jadi inspirasi untuk menulis novel. Kamu juga bisa kembali membuka buku yang sempat tertunda untuk kamu baca. Kamu bisa baca apa saja. Kamu bisa lebih tenang dan mendapatkan pengetahuan dari apa yang kamu baca tentunya.
Atau jika suka mendengarkan musik, cobalah mendengarkan musik yang kamu suka atau musik yang sesuai dengan perasaan yang kamu rasakan. Jika kamu suka berolahraga, alihkan marahmu untuk olahraga yang ringan, yang bisa dilakukan di rumah, misalnya dengan skipping. Dengan melompat bisa meningkatkan kinerja otak sehingga pikiran kamu kembali fresh dan kamu bisa mengambil keputusan. Apapun hobimu, lakukanlah itu. Dengan begitu, kamu bisa fokus melanjutkan kembali hari-harimu dengan riang.

2. Menangis

    Pixabay.com


Menangislah jika kamu merasa terlalu banyak bebanmu dan tak ada yang bisa kamu ajak bicara. Menangis sendirian di kamar juga tidak ada salahnya, kamu bisa bicara jika kamu sudah merasa tenang. Menangis juga baik untuk kesehatan psikismu. Tidak perlu kamu pendam hingga menjadi beban yang menggunung. Ungkapkan saja melalui tangisan. Menangis akan berhenti dengan sendirinya jika sudah dirasa lelah. Menangis bukan berarti kamu lemah dan cengeng ya. Karena dalam proses menangis itulah kamu bisa berpikir hal-hal apa saja yang membuatmu marah dan kamu berpikir untuk memperbaikinya. Biasanya menangis yang terlalu lama akan membuat kita tertidur. Jika sudah bangun, pikiran kembali segar dan kamu dapat berpikir dengan lebih jernih. 

3. Makan Makanan Favorite

Pixabay.com

Banyak yang bilang makanan yang manis membuatmu tenang. Jangan takut gendut karena kamu harus makan disaat sedang marah, kecuali kamu makannya dengan porsi yang banyak dan sangat lahap. Makanan kesukaanmu bisa membuatmu melupakan hal yang membuatmu marah dengan menikmati makanan kesukaanmu. Karena marah telah banyak menghabiskan energi, makan bisa membantu membuatmu kembali stabil. Kalau sudah tenang, baru deh kamu fokus untuk menyelesaikan masalah yang membuatmu marah.

Selain hal diatas juga masih banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan ketika marah, kamu bisa sesuaikan dengan kondisimu. Ingat, asal jangan merugikan orang lain ya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar