cerita mbun

Tontonan Masa Kini

Televisi atau biasa disebut TV adalah salah satu media elektronik yang paling banyak digunakan oleh manusia. Siapa yang tidak tahu televisi? Semua orang mengenalnya. Bukan “TV” nya yang menjadi persoalan, tetapi “program” dari televisi itu sendiri yang babnyak digemari oleh kaum remaja. Betapa memprihatinkan program-program televisi sekarang. Televisi yang seharusnya menjadi media pembelajaran justru malah merusak pembelajaran dengan tayangannya yang tidak mendidik. Bagaimana tidak, program yang bisa dilihat anak remaja yang seharusnya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif, menayangkan kisah percintaan remaja semata. Melihat dari sudut pandang bagaimana dampak dari percintaan yang selalu ditonjolkan. Apakah tidak akan merusak generasi bangsa? Mengapa harus melulu adegan percintaan yang ditunjukkan? Bagaimana dengan prestasinya? 

Bukankah bisa program diisi dengan kegiatan yang memacu semangat remaja? Misalnya dengan program olimpiade, games yang menididk atau bahkan sinetron yang bertemakan persahabatan remaja bukan malah percintaan. Karena apa yang ditampilkan di televisi, biasanya lebih banyak diikuti oleh remaja dan dicontoh dalam kehidupannya. Apa jadinya bila kehidupan di sinetron yang terkesan glamor, sosial yang berlebihan, akan diikuti di masyarakat dan menimbulkan dampak sosial bagi anak yang tidak seharusnya berperilaku berlebihan. Apa jadinya bila kehidupan percintaan yang selalu menampilkan percintaan, kasih sayang kepada lawan jenis, di aplikasikan juga di masyarakat, maka juga akan menimbulkan dampak sosial bagi perkembangan moralitas remaja.

Mungkin memang bagi orang tua tidak selalu bisa mengawasi program apa yang bisa dilihat anak ditelevisi. Apalagi juga lingkungan yang turut mempengaruhi. Tapi setidaknya orang tua dapat memberitahu dampak positif dan negatif jika menonton tayangan yang kurang mendidik. Beri pengertian dan perhatian kepada anak bahwa banyak tayangan yang mendidik yang bisa ditonton. Dan ajarkan pilihan kepada anak untuk memilih tontonan. Tentunya alternatif seperti itu juga harus juga dicontohkan oleh orang tua. Tindakan akan lebih mudah dicontoh oleh anak. Jadilah penonton yang cerdas. Bukan hanya menerima. Mencegah lebih baik bukan.

#savechildren
#tayanganmendidik
#moralitasremaja



Related Posts

Posting Komentar