cerita mbun

Insto Dry Eyes: Siapkan Diri Kamu Menjadi Digital Savvy

54 komentar
Siapkan diri menjadi digital savvy

Di era digital seperti sekarang, pernah nggak sih kamu membayangkan kalau hidup tanpa digital? Rasanya sulit sekali ya hidup tanpa digital? Mengingat sekarang serba dilakukan secara online. Wifi di rumah mati 5 menit saja rasanya sudah gelisah dan kalang kabut takut banyak informasi yang terlewat atau pekerjaan yang jadi kacau karena tidak adanya internet. 

Kalau dulu kita ingin membaca buku harus pergi ke perpustakaan, sekarang kita bisa melakukannya dengan smartphone andalan kita. Kalau ingin mengulang menonton film yang di tonton di bioskop, kita bisa menyewa CD di tempat rental CD. Begitu juga dengan lagu, saat ini kita tinggal pilih saja lagu favorit kita dalam satu gadget di sebuah aplikasi musik. Semua urusan hanya dalam satu genggaman.

Zaman serba mudah dan praktis ini tentunya banyak mengalami perubahan dalam berbagai bidang. Menjadi Digital Savvy mungkin hal yang diidamkan oleh orang pada zaman dahulu sehingga terus menciptakan berbagai teknologi untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tapi kami tahu nggak sih apa yang dimaksud dengan Digital Savvy? Apakah kamu termasuk Digital Savvy? 

Apa Itu Digital Savvy?

Dilansir dari Narasi TV, Digital Savvy merupakan cara, gaya hidup, kemampuan kita dalam menggunakan sekaligus beradaptasi dengan teknologi. Sederhananya semua aktivitas dilakukan secara online, seperti menggunakan medsos, belajar, pelatihan, bank digital, belanja dan masih banyak lagi.

Digital sangat membantu memperlancar urusan kita sekarang. Aku bisa belajar tanpa harus keluar rumah, karena sudah banyak kursus online baik berbayar maupun tidak berbayar yang bisa kita lakukan di rumah. Selain belajar, belanja melalui online juga sudah menjadi gaya hidup. Tidak perlu mengantri lama untuk membayar, tinggal satu klik saja barang sudah sampai ke rumah. 

Kalau lagi masak, aku pun turut menjadi bagian memesan makanan melalui aplikasi pesan makanan. Begitu mudahnya hingga uang belanja dari suami juga turut dikirim melalui bank digital yang aku pakai. Nah, kalau kamu sudah serba digital kaya aku gini, berarti kamu sudah termasuk Digital Savvy.
Dunia digital turut membuat pergeseran terhadap pekerjaan. Di era digital sekarang sudah saatnya kamu bisa bekerja dengan memanfaatkan dunia digital. Transformasi pekerjaan membuat kita meningkatkan kemampuan kognitif dan critical thingking untuk menjadi Digital Savvy.
Selain hal konsumtif, produktivitas kerja sekarang juga sudah mulai melirik ranah digital. 
Pekerjaanku sebagai Blogger mengharuskan aku untuk selalu update skill kepenulisanku dan meng-upgrade diri mengenai dunia digital ini. 

Baru saja aku menyelesaikan mini course tentang Digital Marketing selama 2 minggu. Dari situ aku sadar kalau banyak sekali perusahaan yang membutuhkan ahli di bidang digital ini. Aku merasa tertantang dan menemukan duniaku yang ingin bekerja secara remote yang bisa aku lakukan di rumah sambil melihat tumbuh kembang anak. 

Aku tahu ini bisa jadi tantangan sendiri bagi Digital Savvy. Aku perlu mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjadi Digital Savvy yang menghasilkan dan produktif. Maka apa saja sih yang harus dipersiapkan?

Cara Mempersiapkan Diri untuk Menjadi Digital Savvy

Mengatasi mata kering bagi si digital savvy

Banyak hal yang dipersiapkan untuk menjadi Digital Savvy yang melakukan pekerjaan dari rumah dengan media perangkat teknologi. 

1. Mengasah Soft Skill dan Hard Skill

Mengasah soft skill dan hard skill jadi penunjang bagi Digital Savvy di dunia kerja. Kemampuan hard skill dengan pendidikan formal dan pelatihan yang terus diasah. Menguasai perangkat lunak seperti Microsoft Office dan Google.

Tahun 2024 setidaknya kita sudah paham bagaimana caranya berkomunikasi melalui email, chat, Zoom dan Google Meet yang sering dipakai untuk meeting online. Memahami teknologi AI seperti ChatGPT.

Sedangkan untuk mengasah soft skill, kita perlu keterampilan seperti mengatur waktu, mampu beradaptasi dan bekerja sama dengan tim sebagai sarana komunikasi kita yang lebih banyak menggunakan teknologi.
 

2. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Dengan berpikir kreatif dan inovatif kita lebih mudah dalam memecahkan masalah sehingga kita memiliki daya saing yang tinggi.

Kompetisi di dunia kerja sangat kompetitif sekali. Kalau kita tidak berpikir kreatif dan inovatif akan mudah sekali tergerus zaman.

3. Kemampuan Beradaptasi dan Bertahan

Pekerjaan sekarang tidak melulu berada di kantor dan terikat waktu saja. Dengan berkembangnya teknologi, kita juga harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi tersebut. 

Menyesuaikan diri dengan mengasah skill digital mampu menyesuaikan diri dengan keadaan apapun. Membuka diri terhadap peluang baru dalam dunia digital memberi kesempatan kita menyeimbangkan diri terhadap pekerjaan-pekerjaan baru yang lebih fleksibel.

4. Manggunakan Teknologi dengan Bijak

Teknologi memang memberikan manfaat yang banyak bagi kita, namun kita juga harus aware terhadap bahaya kejahatan dalam teknologi. Maka penggunaannya pun harus dengan bijak agar menghasilkan dampak yang positif serta produktif.

Perubahan teknologi yang cepat lebih bijak dengan menggunakannya untuk belajar. Apalagi bagi generasi Z yang memang hidup di zaman teknologi, harus bisa menggunakannya dengan baik.

5. Mampu Bekerja Jarak Jauh

Semenjak adanya pandemi banyak pekerjaan menjadi hybrid atau bisa dikerjakan dengan jarak jauh tidak selalu harus ke kantor. Pekerjaan ini dianggap efektif dan menguntungkan bagi industri tertentu apalagi di era digital seperti sekarang. 

Sebagai tenaga kerja juga lebih banyak yang tertarik bekerja dengan waktu yang fkesksibel. Termasuk aku yang bekerja sebagai Blogger yang bisa bekerja dari rumah.

Meski bekerja dari rumah aku tidak bisa berhenti menatap layar komputer. Seringnya menatap layar komputer ini sering membuat mataku kering dan cepat lelah. 

Penyebab Mata Kering dan Cepat Lelah

Penyebab mata bisa bermacam-macam, jarang mengedipkan mata karena terlalu fokus menatap layar juga bisa menjadi penyebab mata kering dan lelah. Penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang penjang serta penguapan air mata yang berlebih juga bisa penglihatan terganggu dan kerja jadi tidak fokus. 

Coba kamu perhatikan apakah gejala-gejala berikut ini sesuai dengan yang kamu rasakan?

Gejala Mata Kering

Mata kering merupakan kondisi dimana pecahnya lapisan air mata yang melindungi permukaan mata. Fungsi air mata bukan hanya untuk menangis loh, tapi untuk melindungi kornea mata. Air mata mengandung lapisan air, lemak/lipid, dan lendir/mucin yang menjaga mata agar tetap lembab dan mendapatkan nutrisi.

Air mata berfungsi mencegah atau menghilangkan debu dari mata, melindungi mata dari mikroorganisme penyebab infeksi, menyediakan oksigen, memberikan nutrisi dan menenangkan mata.

Kondisi ini mulai dari keluhan ringan hingga mengganggu aktivitas yang kalau dibiarkan bisa berbahaya. Bisa karena menatap layar komputer berlama-lama, di ruangan ber-AC atau membaca buku dalam waktu yang lama. Segera atasi jika kamu sudah mulai mengalami gejala sebagai berikut:
  • penglihatan buram dan mata terasa perih
  • mata terasa sepet, perih, gatal atau seperti berpasir
  • mata terasa cepat lelah
  • sensitif terhadap cahaya
  • mata berair karena iritasi pada mata
  • penglihatan buram
Dilansir dari Klik Dokter, mata kering berbahaya jika dibiarkan dan tidak diatasi bisa mengancam fungsi penglihatan. Maka jika kamu mengalami mata kering sebaiknya segera ditangani. 

Insto Dry Eyes: Must Have Item Untuk Si Digital Savvy

Menjadi Digital Savvy sangat menyenangkan karena bisa bekerja dari rumah sambil dasteran, bisa lebih hemat uang pengasuh dan transportasi, hehe. Tapi, ya namanya juga life, nggak ada yang mulus-mulus aja dong pasti ada tantangannya.

Mata kering, mata pegal, mata merah

Salah satu tantangan yang aku hadapi adalah mengalami kondisi mata kering karena sering menatap layar laptop. Dalam sehari aku bisa lebih dari 5 jam menatap layar laptop ditambah dengan penggunaan gawai yang cahayanya juga seringkali membuat mataku cepat kering dan lelah.

Menjaga mata tetap sehat akan membantu memperlancar pekerjaan kita. Tidak mau kan kalau pekerjaan jadi terhambat gara-gara mata kering? Berikut solusi mata kering yang bisa kamu lakukan.

1. Kompres Hangat pada Bagian Mata Kering

Kompres hangat pada kelopak mata tertutup sekitar 3 menit. Kompres hangat dapat membantu mengatasi mata kering, sehingga mata jadi lebih rileks.

Jika mata sudah lelah, istirahatkan mata dengan kompres hangat sampai mata merasa lebih baik. 

2. Sering Mengedipkan Mata

Fokus bekerja membuat kamu betah menatap layar komputer berlama-lama sehingga membuat mata cepat lelah dan kering. Untuk menghindari mata kering dan mata sepet, ketika bekerja sebaiknya sering mengedipkan mata. 

Gerakan kelopak mata saat berkedip berfungsi membasahi area bola mata dan memberi jeda sejenak sehingga meringankan ketegangan pada mata.

3. Terapkan Aturan 20-20-20

Bekerja di dunia digital tidak bisa menghindari layar komputer dan gawai karena interaksi kita ada di digital semua. Agar tidak terus-terusan menatap layar, kita bisa terapkan aturan 20-20-20.

Cara ini untuk mencegah mata tidak lelah saat sedang bekerja, dengan aturan 20 menatap layar menit, setelah itu alihkan pandangan dengan jarak kurang lebih 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik. Kamu bisa melihat ke arah luar atau taman. Cara ini juga membantu kamu supaya tidak bosan dan bisa kembali lebih produktif.

Kalau aku biasanya suka melakukan hal random seperti mengurus tanaman atau membersihkan rumah jika terlalu lama di depan layar, tujuannya agar aku bisa mendapatkan fokus kembali, namun hal tersebut ternyata bagus untuk pengalihan mata agar tidak terkena cahaya dari layar terlalu lama.

4. Istirahatkan Mata dan Jaga Kelembapan Mata

Istirahatkan mata dari aktivitas menatap layar terlalu lama, kamu bisa melakukan peregangan atau memejamkan mata agar mata kamu lebih rileks dari cahaya yang mengarah ke mata kamu.

Cahaya tersebut bisa kita atur agar tidak terlalu gelap atau terang. Cahaya layar yang terlalu terang bisa membuat mata silau sehingga cepat lelah.

5. Menggunakan Obat Tetes Mata

Jika cara di atas tidak juga membuat mata kamu membaik, malah semakin perih, gunakan obat tetes mata #InstoDryEyes pada keluhan mata kering kamu sebagai #SolusiMataKering.

Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif sebagai air mata buatan. Memberikan efek pelumas sebagai air mata untuk mengatasi mata kering. Intro Dry Eyes juga meringankan iritasi mata saat kekurangan air mata. Solusi mata kering ini juga bisa kamu coba di rumah.

Menggunakan Insto Dry Eyes ini work banget di aku, setelah aku gunakan mata kembali normal dan aku bisa menulis lagi di laptop. Sungguh sangat membantuku mengatasi mata kering di saat sedang banyaknya deadline menulis. 

Kamu bisa gunakan 1-2 tetes mata 3 kali sehari. Tiap ml larutan isotonik steril ini mengandung Hydroxypropyl methlcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium chloride sebanyak 0,1 mg. 

Ukuran 7,5 ml ini bisa kamu dapatkan di apotek terdekat dengan kisaran harga Rp. 13.500,- Yuk kita sama-sama jaga kesehatan mata mulai dari sekarang. 

Kesimpulan

Berkembangnya teknologi membuat aktivitas sehari-hari kita dan pekerjaan lebih banyak menggunakan digital. Transformasi tersebut mempermudah pekerjaan namun tidak lepas juga dari kesehatan mata karena seringnya menatap layar komputer dan gawai.

Insto Dry Eyes solusi mata kering kamu sehingga kamu bisa kembali melanjutkan pekerjaan. Mencegah mata kering ini penting sekali bagi Digital Savvy untuk tetap bisa bertahan di tengah gempuran teknologi yang semakin cepat.  



Referensi:

https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes

https://www.alodokter.com/mata-kering

https://www.klikdokter.com/info-sehat/mata/cara-mudah-mengatasi-mata-kering

https://pijarmahir.id/blog/news/6-skill-yang-wajib-dikuasai-untuk-bersaing-di-dunia-kerja-2024

https://segudangilmu.com/cara-mempersiapkan-diri-untuk-menghadapi-era-digital-di-masa-depan/

Related Posts

54 komentar

  1. Berkembangnya teknologi bikin banyak orang akhirnya beralih jadi digital savvy dan yesss aku pun demikian. Hampir semua kegiatan dan kebutuhan bisa dipenuhi hanya lewat gawai saja. Bahkan proses belajar dan mencari hiburan pun, aku terbiasa lewat ponsel dan laptop. Jadilah, mata memang lebih sering hadap-hadapan sama layar. Pentng sih menjaga kesehatan dan kenyamanan mata, paling nggak menghindari gejala mata kering pakai Insto Dry Eyes ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat, aku pun demikian wkwkwk, sadar atau tidak sadar dituntut seperti itu karena sekarang hampir semuanya serba digital kan ya

      Hapus
  2. Hampir seluruh bidang pekerjaan dan kehidupan saat ini telah melibatkan teknologi dan digitalisasi. Utk itu kita dituntut melek teknologi. Menggunakan laptop/komputer dan gadget serta jaringan internet sdh mainan sehar-hari hingga tak sadar kalau terlalu lama menatap layar laptop/PC maupun gadget bisa menimbulkan mata kering. Untungnya ada obat tetes mata nih untuk mencegah gejalanya.

    BalasHapus
  3. Seiring perkembangan teknologi Digital Savvy semakin banyak dilakoni ya, Mbak. Waktu fleksibel dan bisa dikerjakan di mana saja.
    Hanya saja memang harus waspada dengan mata kering, karena lebih banyak bersinggungan langsung dengan layar gadget.

    BalasHapus
  4. PR banget memang kalau sudah depan monitor laptop itu suka lupa waktu, tau-tau mata udah perih dan pegal saja. Beruntung ada Insto Dry Eyes untuk kembali menyegarkan mata, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mas. Jadi harus membatasi waktu atau diatur juga waktunya. Karena kalau sampai ada masalah dengan mata kita, pasti jadi drama juga. Pastinya akan menghambat aktivitas menulis kita.

      Hapus
  5. Teknologi digital saat ini adalah bagian yang penting dalam setiap usaha. Semua bidang memerlukannya untuk komunikasi dan berinteraksi.

    BalasHapus
  6. Teknologi digital ini ngebantuin banget memudahkan berbagai pekerjaan maupun aktivitas. Kaya sekarang nih mau buka rekening baru, bisa dilakukan cuma lewat hape doang. Nggak perlu capek-capek antri. Dan yang paling ngebantu juga belanja online bisa dilakukan sambil rebahan bae dari rumah 🏠. Tapi ya gitu, risikonya cukup tinggi, karena terlalu sering menatap layar ponsel, terutama potensi terkena sindrom mata kering semakin tinggi. Tapi untungnya bisa diredakan dengan Insto Dry Eyes. Jangan tunggu sampai kena gejala mata kering kayak saya deh. Buru-buru jaga dan rawat kesehatan mata dengan Insto

    BalasHapus
  7. Ternyata menjadi pelaku digital savvy memang berpengaruh banget pada kondisi mata, ya, Mbak? Pantess berapa hari ini kepala dan mata nyut-nyutan terus. Makasih tipsnya. Siap pakai Insto yang untuk dry eyes.

    BalasHapus
  8. TAmbahan kerjaan buat mommy-mommy di rumah: edukasi digital savvy buat anak-anak dan bapaknya anak-anak. Saya mah sering banget teriakin: ayo dudukkk, jangan dekat-dekat lihat hape! Ada yang sama? Perlu juga dikenalin sama P3K untuk mata yang terlanjur kering karena terpapar layar terlalu lama. Kalo cara instan memang cuma insto yang kepikir

    BalasHapus
  9. Kalau sedang asik menatap gawai memang sering bikin lupa berkedip. Harus mulai menerapkan 20-20-20, nih, sebelum semua gejala mata kering tadi muncul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kan apalagi kalau udah ngedrakor kan mbak wkwk..mata susah berkedip. Malah bikin mata makin kering. Aku sejak baca ini jadi menerapkan teknik 20-20-20 juga. Senjata terakhir kalau udah sepet banget ya pakai insto dry eyes.

      Hapus
    2. Aku udah nggak pernah nge-drakor lagi, Mbak. Sekarang lagi keranjingan nonton kelakuan random 7 bujang bangtan. Rasanya sayang banget berkedip saat sedang menatap Taehyung. Kekeke. Astagfirullah. Harus banyak-banyakin berkedip sama istighfar ini mah. 😅

      Hapus
  10. Aku baru belajar nih istilah digital savvy. Memang sih di era perkembangan teknologi ini kita semua sepertinya dituntut untuk hidup dengan internet dan gawai. Nah, jangan sampai terkena mata kering karena terlalu lama menatap layar gawai

    BalasHapus
  11. Serasa baru saja diingatkan, hehe. Sudah duduk menatap komputer lebih dari sejam. Harus rehat nih, pakai teknik 20-20-20, biar matanya awet sehat. Terima kasih tipsnya, Kak.

    BalasHapus
  12. cocok banget buat saya yang bisa seharian di depan laptop niy mba ALfida, membuat saya sering kering matanya dan perih karena kering itu, bisa dibawa kemana-mana juga ya karena kemasan Insto Dry Eyes travel size banget

    BalasHapus
  13. Betul, insto dry eyes adalah must item yang wajib punya untuk si digital savvy😊

    BalasHapus
  14. Saya tuh sering jg sering matanya kering dan perih, apalagi yang seharian kerja dengan komputer dan laptop. Kadang sy juga pake tetes mata jika mata sudah lelah dan kering

    BalasHapus
  15. Orang dengan profesi sering menggunakan laptop, hp meupun gadget lainnya, sadar atau tidak, pasti pernah merasakan mata lelah, pedih dan kering. Bisa jadi menatap terlalu lama layar. Produksi air mata dari kelenjar mata jadi berkurang. Untung ada Insto Dry Eyes untuk mengatasinya dan merawat kesehatan mata :) TFS.

    BalasHapus
  16. Bisa dibilang kuota/wifi saat ini udh jadi kebutuhan pokok ya. Nahh tapi kalau keasyikan kerja di de0an laptop bisa kena sindrom mata kering. Wajib sedia Insto Dry Eyes di rumah.

    BalasHapus
  17. Baru dengar kalau ada istilah digital savvy. Dan memang betul banget, kesehatan mata harus kita perhatikan mengingat aktivitas kita yang nggak bisa jauh dari smartphone. Insto Dry Eyes bisa jadi solusi untuk mata kering.

    BalasHapus
  18. hihi aku juga nih sebagai digital savy selalu siap sedia obat tetes mata. dan emang bener Insto dry eyes ini enak banget dipake pas mata lagi panas panasnya. semoga kita tetep bisa jaaga kesehatan mata di era digital ini ya

    BalasHapus
  19. Mau nggak mau harus siap jadi digital savvy ya, tapi emang berasa mata pedas kalau lama-lama lihat layar.

    BalasHapus
  20. Terima kasih infonya mbak. Sering banget mengalami gejala mata kering karena terlalu lama menatap layar laptop.
    Sekarang sudah ada solusinya yaitu Insto Dry Eyes.

    BalasHapus
  21. Menarik nih artikelnya. Aku jadi tahu istilah Digital Savvy. Di sisi lain profesi ini rentan dengan keluhan mata perih dan kering. Untungnya ada Insto Dry Eyes sebagai solusi praktis.

    BalasHapus
  22. Makasih kak sharingnya. Mata kering memang mengganggu bgt apalagi saya sering ada depan laptop jd diingatkan harus jaga mata

    BalasHapus
  23. Hmm. Digital savvy? Apakah itu sekeluarga dengan budak korporat? 😃 BTW dengan jenis pekerjaan yg ngandelin gawai dan peranti sejenis, kita wajib menjaga kesehatan mata.

    BalasHapus
  24. Ngobrolin dunia digital, memang akan banyak bersinggungan dengan teknologi, salah satunya menatap layar. Menatap layar dalam waktu lama akan terasa mata tidak nyaman. Tapi sekarang ga perlu khawatir karena sudah ada insto.

    BalasHapus
  25. Dari sejak produk ini ada, aku selalu nyetok Insto Dry Eyes di rumah. Soalnya kerjaan banyak urusannya sama gadget. Jadi masalah mata kering emang kadang suka kejadian kalau di aku.

    BalasHapus
  26. Iya kak, teknologi emang mempermudah segala aktivitas jadi lebih fleksibel ya. Mau belajar bisa online, mau kerja bisa jarak jauh. Cuma risiko jadi sering depan gadget dan berakibat kena gejala mata kering. Saya sering banget tuh tiba-tiba pandangan ngeblur dan perih banget mata. Untung aja sekarang udah kenal Insto Dry Eyes jadi gak drama lagi kalau kena mata kering

    BalasHapus
  27. Iya harus mau menjaga kesehatan mata kalau memang setiap hari bersentuhan dengan perangkat teknologi yang beragam

    BalasHapus
  28. Kelamaan menggunakan gadget memang bikin mata kering, mata sepet dan mata pegel ya. Tapi untung ada Insto Dry Eyes, andalan banget mengatasi mata kering ya mba

    BalasHapus
  29. Iya ya dunia sudah berkembang begitu pesat dan secara tanpa disadari8 kontak dengan layar semakin lama dan akibatnya membuat mata cepat lelah dan kering, sayangi mata kita yuk

    BalasHapus
  30. Emang hampir semua aktivitas dan gaya hidup saat ini lekat dengan dunia digital ya. Masalah mata kering sudah menjadi 'masalah umum' bagi digital savvy. Aku sering menerapkan trik 20-20-20 demi mengurangi mata kering. Kalau insto dry eyes ini andalan banget untuk mata kering.

    BalasHapus
  31. Baru kenal nih dengan istilah digital savvy. Penting banget memang selalu sedia insto dry eyes nih untuk mata yang jadi gampang kering

    BalasHapus
  32. Sebagai generasi milenial, mau enggak mau kerja ya belajar di depan laptop. Terima kasih infonnya kak

    BalasHapus
  33. Hampir semua bidang kerjaan bakalan berkaitan sama teknologi, mau ga mau sih harus ikut melek juga sama berputarnya zaman. Apalagi sebagai orang yang kerjanya selalu berputar di digital media gini, jadi ya sering ngadep gadget

    BalasHapus
  34. Insto selalu tersedia di atas meja kerjaku. Yang bikin nyaman itu setelah pake Insto udah gak ada gangguan sama sekali. Cuma di awal aja yang perih. Tapi abis itu udah gak ada efek apa-apa...

    BalasHapus
  35. Digital savvy itu menjadi tuntutan ya di jaman serba digital ini. Rasanya ga mungkin bisa lepas dari teknologi..Dan pastinya akan berpengaruh pada mata

    BalasHapus
  36. Jaman sekarang dimana serba digital memang mata bakalan kelelahan ya mba. Bisa dicoba kapan kapan pakai insto

    BalasHapus
  37. Digital savvy sering kali memaksa kita untuk berlama-lama beraktivitas dg gadget yang memforsir mata utk brrakomodasi maksimal dalam jangka waktu yg cukup lama. Ini bisa menyebabkan computer vision syndrome. Salah satu gejalanya adalah mata kering. Jujurly, saya sering alami gejala mata kering. Untungnya ada insto yang dengan instan bikin mata clear lagi

    BalasHapus
  38. Apalagi kala masa pandemi, kita jadi digital savvy sekali, apa-apa harus secara digital karena keadaan. Efeknya ya si mata kering dan untung ada insto

    BalasHapus
  39. Memang tidak bisa kita hindari ya perubahan menjadi digital savvy ini. Dan sepertinya memang lebih memudahkan, apalagi untuk emak-emak rempong berbuntut bocil seperti saya. Wah, harus banget ya sedia insto dry eyes di rumah, biar bisa gercep kalau sudah ada keluhan mata kering. Terima kasih infonya, Mbak

    BalasHapus
  40. Aku juga kalau sakit mata pasti obat yang disaranin selalu pake ini. Jadi kalau sudah direkomendasikan pasti terbukti ampuh banget, bener dong udh coba berkalikali pokoknya

    BalasHapus
  41. Cocok banget ini buat orang yang suka belajar dan main game di depan layar, saking asyiknya sampe lupa kalau mata sudah pegal.

    BalasHapus
  42. Aku banget nih, mati lampu yang bikin sinyal hilang aja betenya minta ampun. Pokoknya internet harus on 24 jam, hhaa. Lupa waktu deh klo udah berselancar di dunia Maya, dan emang insto ini ngebantu banget biar mata ga lelah liat layar kaca.

    BalasHapus
  43. Digital Savvy banget aku tuh anaknya, apa-apa laptop, apa-apa handphone, kayanya bersama mereka aku bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal. saking optimalnya pertumbuhanku jadi agak cepat jadi menyamping. Kayanya harus dikurangi juga yaa waktu untuk menatap layar ini, biar ga sampai dapat problem mata kering. Gegara ada insto dry eyes, tinggal ditetesin mata bisa nyaman lagi, jadi wee langsung menghadap lappy lagi, happy lagi. Kayak nggak ada kapok2nya, wkwkw.

    BalasHapus
  44. Sebagai penulis SEO dan digital marketer, pasti tidak jauh-jauh dari laptop. Aku coba kemarin pakai dry eyes insto, ademm rasanya

    BalasHapus
  45. Emang sih di era digital savvy harus rajin ngerawat mata agar selalu sehat.

    BalasHapus
  46. enggak anak muda saja, orang tua dan anak-anak juga tidak lepas dari dunia gadget ya mbak. Maklum, jika pekerjaan sekarang memang sangat lekat dengan dunia digital. Harus care sama kesehatan mata. Unutng ada insto dry eyes ya mbak. Bisa jadi teman baik jika ada gangguan mata

    BalasHapus
  47. waduh saya banget ini mbaa.. kadang kalo mata kering paling saya kedipin atau pejamin aja..Padahal sebenarnya mata lagi lelah dan kering... harusnya istirahat atau diberi tetes mata biar adem..

    BalasHapus
  48. Digital Savvy memang sering membuat kita terlena karena keasyikan mengerjakan sesuatu dengan gadget. Tapi, juga perlu diingat kesehatan mata dan tubuh tidak boleh diabaikan. Salah satunya dengan selalu menyediakan Insto Dry Eyes, supaya kalau mata terasa kering, bisa langsung meneteskan ke mata kita.

    BalasHapus
  49. INsto Dry eyes wajib ada di rumah saya nih mbak. Soalnya sebagai pekerja digital, perlu banget insto untuk mengobati mata pegel

    BalasHapus
  50. Klo udah kena mata kering ini susah banget untuk melek,, pernah gini seminggu lebih ngggak buka laptop, hp pun jarang,, klo pake Insto langsung melek gtu ya

    BalasHapus

Posting Komentar