cerita mbun

Ni Luh Gede Eka Yudi Artini - Tidak Ingin Hilang Dari Dunia Digital

6 komentar

 


Ibu yang akrab disapa Eka ini sangat menyukai drama korea. Sampai mempunyai 2 blog yang satunya niche khusus drama korea, film dan bahasa korea. Dari nama lengkanya kita sudah bisa menebak dari mana ibu anak satu ini berasal. Meski berasal dari Bali, tapi Eka ini sekarang tinggal di Cilacap loh, bersama suami dan anaknya.

Jauh dari orang tua dan mertua tak lantas menyulutkan semangtnya untuk ngeblog. Baca Alasan ngeblog ala Ibuk  ini seperti membaca kisahku sendiri. Hampir mirip. Yang membedakan adalah tulisan mbak Eka rapi, sedangkan aku masih berantakan, hehe.

Yuk, kita berkenalan lebih dekat dengan Ibu berusia 29 tahun ini. Kenapa sih dia sampai mau menyibukkan diri di blog? Padahal punya anak usia 3 tahun yang lagi aktif-aktifnya itu sungguh menguras banyak waktu dan tenaga.

Alasan Ibuk Ngeblog

Yuk kita intip apa aja sih alasannya. Siapa tau bisa jadi inspirasi buat kita yang baru mau mulai serius ngeblog. 

1. Menyalurkan Hobi

Berawal dari hobi yang suka menulis sedari kecil, Eka ingin berpenghasilan melalui hobinya. Sambil nekat beli domain sendiri loh. Niat banget belajarnya ya, padahal belajarnya juga otodidak.

2. Ingin Jadi Penulis

Suka nulis cerpen sejak SMP, ia berkeinginan menjadi penulis. Karena menulis buku juga tidak mudah, ia awali dengan mulai menulis blog. Ia harap menulis di blog dapat mengasah kemampuan menulisnya.

3. Tempat bercerita

Blog bagi Eka tempat menceritakan banyak hal. Mulai dari pengalamannya sampai hobinya menonton drakor. Ia ingin berbagi cerita pada semua orang. Merasa senang jika ada yang membaca pengalamannya.

4. Agar Tidak Gaptek

Meski sudah resign dari pekerjaannya sebagai tenaga konrak kantor riset perikanan tuna, Eka tak ingin ilmunya berhenti sampai disitu. Semakin canggih teknologi, ia ingin terus mengupgrade dirinya agar terus berkembang.

Belajar itu tidak ada habisnya. Ilmu selalu berkembang. Kalau kita tidak bisa mengikuti perkembangan jaman maka kita akan tenggelam. Nah aku tidak ingin tenggelam." -Ni Luh Gede Eka Yudi Artini 

5.  Sebagai Rekam Jejak

Eka berharap suatu saat nanti bisa seperti Raditya Dika yang tulisannya tetap ada dari tahun ke tahun. Agar tulisannya tetap bermanfaat bagi pembacanya. Semoga cita-cita mulia Eka terwujud, aamiin.

"Menulis itu menciptakan sejarah. Dengan tulisan kita ada." -Ni Luh Gede Eka Yudi Artini.

 

Mata Semut Kecil

Aku penasaran sekali kenapa Eka menamai blognya dengan Mata Semut Kecil. Kenapa tidak dengan namanya sendiri? Karena kebanyakan blogger menggunakan domain dengan namanya sendiri. Walaupun tidak semua.

Alasannya unik sekali, sama sekali gak ketebak. Terinspirasi dari semut yang kecil. Melihat hal-hal yang kecil untuk bisa jadi tulisan.

Keren sekali ya, apa yang orang lain lihat biasa saja. Melalui sudut pandang Eka, hal kecil bisa menjadi tulisan yang mungkin tidak kita terpikirkan oleh kita untuk menjadi tulisan. 

Matasemutkecil.bogspot.com merupakan adik kedua dari iluhwangbi(dot)com. Blog ini ber tema lifestyle. Alasannya karena blog pertama sudah punya niche tersendiri. Jadi, Eka tidak ingin mencampurnya. 

Blog mata semut kecil ini berisikan tulisan Eka mengenai sudut pandangnya terhadap suatu hal, kuliner dan berbagai tips.


Iluhnuna - Ruang Cerita

Aku juga penasan sama taglinenya. Iluhnuna terdengar asing ditelingaku. Ternyata Iluh itu berasal dari bahasa Bali khususnya panggilan untuk perempuan. Kalau di Jawa itu ada “mbak” dan di Sunda “teteh”. Gitu kali ya?

Sedangkan Nuna dari bahasa Korea khusus untuk panggilan perempuan dari adik laki-laki. Khusus adik laki-laki karena kalau yang manggil adik perempuan, beda lagi. Kebetulan  karena Eka punya adik laki-laki jadi dia menamainya dengan nuna.

Wah keren banget ya namanya. Penggabungan nama dari dua bahasa. Yang satu bahasa lokal dari Indonesia yang satu dari Korea. Gak salah memang Ibuk satu ini suka banget menceritakan tentang drama korea di blog keduanya. Sukses dengan blognya ya!


Sisi Lain Eka

Menulis profil eka jadi ajang aku secara pribadi kenalan dengan Eka. Seperti pribahasa sambil menyelam minum air. Sambil nulis profil, sambil kenalan juga.

Senang berkenalan dengan Eka, punya teman baru. Akhirnya aku punya teman yang bisa aku tanyai tentang blogging. Selama ini temanku didunia nyata gak ada yang suka ngeblog. Jadi bingung mau tanya tentang blog sama siapa kalau bukan sama google.

Eka teman pertamaku yang berasal dari Bali. Kebanyakan temanku dari Jawa dan kalau dari pulau Jawa belum ada yang dari Bali. Jadi penasaran sama kebudayaan Bali, jangan kapok aku tanyain ya, hehe. 

Diam-diam juga aku suka sama blognya Eka. Tulisannya relate banget sama aku, tampilan blognya juga enak dilihat. Tulisan dan tampilannya matching.


Ibuk Pecinta Drakor

Sisi lain dari Eka ini selain menyukai dunia tulis-menulis, Eka juga sangat suka menonton drama korea. Makin deh bertambah kemiripannya sama-sama suka nonton korea. Gak usah pusing cari drama korea terbaru, semua udah lengkap di blognya Eka, hihi.

Bersuyukur banget aku berpartner dengan Eka ini, selain kisahnya mirip juga senang hal-hal yang berkaitan dengan  korea. Berawal dari minta tolong cek blogku apakah sudah benar atau belum di grup, karena aku orangnya segan untuk wa duluan. Untungnya Eka yang wa aku duluan. Dan udah feeling bakal berpartner dengan Eka.


Nonton Drakor Sebagai Sarana Healing

Emang kalau udah cape dan stress banget tuh paling enak nonton drakor. Apalagi kalau drakornya yang bikin penasaran dan ceritanya seru, auto gak rela kalau di paused. Pengennya nonton sampai habis.

Sebagai Sarana Healing, Eka suka drakor karena ceritanya bagus, alur cerita dan jumlah episodenya jelas. 

7 Days Queen jadi drakor yang paling berkesan bagi Eka. Ceritanya yang sedih dan pemainnya yang juara sampai inget terus sampai sekarang.


Hobi Baca Novel

Selain menonton drakor, eka juga senang membaca Novel. Baca buku  memang tidak bisa lepas dari seorang blogger. Membaca dan menulis adalah suatu kesatuan. Membaca jadi hal yang wajib bagi seorang blogger. Jangan ngaku-ngaku jadi blogger kalau baca aja gak suka, begitu kata coach Marita.

Eka suka baca novel bergenre romance dan sekarang senang baca novel yang bikin penasaran pembaca. Dia juga suka novelnya Tere Liye. Wah samaan lagi kita nih mbak, hehe.

"Coba aja dulu, kalau gak dicoba nggak akan tau hasilnya".  -Ni Luh Gede Eka Yudi Artini.

Eka yang mencari kesibukan setelah resign tahun 2020. Disela-sela kesibukannya mengurus anak, memberanikan diri mencoba hal yang baru dan kembali mengasah kemampuan menulisnya untuk kembali mengupgrade blognya yang lama. Kalau kamu hal baru apa yang kamu sudah coba dalam hidupmu?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Posts

6 komentar

  1. Toss dulu para mamak pemuja oppa. Eh mamak pecinta drakor. Hehe. Aku juga hobi nonton drakor mbak. Malahan lebih dulu kenal iluhwangbi.com daripada matasemutkecil nya mbak Eka.. Salut sih, sempat2nya nulis review drama sambil momong anak 👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toooss mbak. Aku jga salut sih sama mbak Eka bisa sambil review juga luar biasa. Aku nonton 1 eps aja skrng di paused nya ga tau berapa kali 😂

      Hapus
  2. Saya punya banyak kesamaan dg mbak Eka. Dari kesukaan nonton drakor, niat ngeblog setelah berhenti kerja sampai bacaan. Sayangnya, saya telat menyadari untuk mengabadikan belasan drakor yang saya tonton. Padahal, kalau ngedrakor mesti maraton sampe subuh. Kudu selesai! Kan sayang kalau tdk diabadikan dlm tulisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaaakk aku jga gak kepikiran. Padahal dulu zaman kuliah update trs drakor wkwk

      Hapus
  3. "Melihat hal-hal yang kecil untuk bisa jadi tulisan." Wah filosofis sekali gak kaget yang sudah berpengalaman begini. Kita wajib terus semangat belajar nih mbak, see you on top

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener mbak, mbak Eka sudah banyak pengalamannya. Bikin kita semakin semangat trs yaa mbak 🤗

      Hapus

Posting Komentar